Campus Hiring: Ajang Pencarian Bakat Sesuai Kebutuhan Perusahaan

November 14, 2022

Apakah Anda seorang mahasiswa semester akhir atau fresh graduate yang tengah mencari lowongan pekerjaan? Seorang mahasiswa yang sedang berada di tingkat terakhir pendidikan universitas biasanya sedang masa-masanya aktif mencari lowongan pekerjaan, terlebih mahasiswa tingkat akhir telah memiliki skill dan juga pengalaman yang dibutuhkan oleh berbagai perusahaan.

Terlebih Indonesia saat ini dan beberapa waktu ke depan akan menghadapi peristiwa yang disebut dengan bonus demografi, artinya mayoritas masyarakat Indonesia berada pada usia produktif sehingga siap untuk menjadi tenaga kerja. Adanya bonus demografi ini di satu sisi menjadi sebuah kelebihan dan di satu sisi lainnya menjadi tantangan untuk menyiapkan talent yang memiliki skill serta kualitas yang baik sehingga dapat menarik minat perusahaan sebagai kandidat calon karyawan.

Campus Hiring: Ajang Pencarian Bakat Sesuai Kebutuhan Perusahaan

Saat ini sudah banyak universitas di Indonesia yang memiliki program bernama campus hiring. Tujuannya adalah untuk memberikan wadah bagi para mahasiswa serta menghubungkannya ke deretan perusahaan terbaik. Biasanya dalam acara campus hiring, pihak perusahaan akan langsung mengadakan proses rekrutmen untuk mendapatkan kandidat pelamar terbaik.

Untuk lebih lengkapnya, mari mengenal lebih jauh mengenai apa itu campus hiring, bagaimana melakukan prosess campus hiring, serta manfaatnya.

Key Takeaways:

  • Campus hiring merupakan sebuah program yang diadakan oleh sebuah perusahaan dan beberapa universitas atau kampus untuk merekrut kandidat tenaga kerja atau karyawan di sebuah perusahaan. 
  • Untuk menciptakan campus hiring yang optimal, dibutuhkan beberapa strategi seperti menentukan bagaimana melakukan campus hiring yang baik, meningkatkan brand awareness melalui media sosial, menggunakan teknologi dalam proses rekrutmen, dan memahami kebutuhan kandidat terhadap perusahaan.
  • Manfaat campus hiring adalah dapat menghemat waktu serta tenaga dan berpotensi untuk mendapatkan kandidat yang fast learner & multitasking.

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Campus Hiring

Campus Hiring adalah Sebuah Proses Rekrutmen Antara Perusahaan dan Universitas

Campus hiring merupakan sebuah program yang diadakan oleh sebuah perusahaan dan beberapa universitas atau kampus untuk merekrut kandidat tenaga kerja atau karyawan di sebuah perusahaan. 

Proses rekrutmen melalui campus hiring biasanya diperuntukkan untuk mengisi posisi seperti magang serta posisi entry-level yang diperuntukkan bagi para mahasiswa tingkat akhir atau para fresh graduate. Fenomena campus hiring bukanlah hal baru di Indonesia, melainkan telah menjadi the new best practice tentang bagaimana perusahaan merekrut kandidat karyawan dengan cara yang efisien bahkan juga dapat dilakukan secara online.

Pelaksanaan campus hiring biasanya sangat mudah ditemui, apalagi saat in sudah banyak platform  media sosial yang dapat digunakan sebagai marketing sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan engagement bagi para audiens.

Bagaimana Biasanya Proses Rekrutmen Berjalan?

Proses rekrutmen di dalam tahapan campus hiring secara umum memiliki dua jenis, yaitu offline recruitment dan online recruitment. Berikut ini adalah perbedaan dari kedua jenis proses rekrutmen yang perlu Anda ketahui.

1. Offline Recruitment

Sesuai dengan namanya, offline recruitment adalah proses rekrutmen yang dilakukan oleh pihak perusahaan dengan mendatangi kampus untuk mencari kandidat pelamar yang memiliki skill serta pengalaman yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

2. Online Recruitment

Ketika pandemi COVID-19 melanda seluruh dunia, ada banyak aspek kehidupan yang terpengaruh olehnya, proses rekrutmen misalnya. Proses rekrutmen yang terjadi di dalam campus hiring mengalami perubahan dari offline menjadi online.

Di tahun 2022 ini, semakin banyak perusahaan yang menerapkan online recruitment karena dinilai lebih efisien, walaupun dibutuhkan dengan beberapa tools recruitment untuk menunjang proses rekrutmen supaya berjalan dengan baik.

Proses rekrutmen biasanya dimulai pada saat pelamar mengisi data yang diperlukan oleh perusahaan pemberi kerja, kemudian akan dilakukan screening atau seleksi terhadap data yang diterima serta akan dilanjutkan dengan wawancara.

Apabila dari proses wawancara ditemukan kecocokan, maka kandidat biasanya akan dikirimkan email serta offering letter yang berisikan informasi pekerjaan yang akan kandidat jalani selama bekerja.

Baca juga: 10 Langkah-langkah Proses Rekrutmen yang Terstruktur

Strategi dalam Menerapkan Proses Rekrutmen yang Efisien dan Ideal

Untuk mencapai kegiatan campus hiring menjadi sesuatu yang ideal dan tepat sasaran bagi perusahaan, tentunya dibutuhkan beberapa strategi pengembangan cara menerapkan proses rekrutmen yang baik. Biasanya departemen yang menyusun berbagai strategi rekrutmen akan berada di bawah departemen SDM (Sumber Daya Manusia).

Apa saja strategi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Menetapkan Tujuan Campus Hiring Itu Sendiri

Hal paling utama dan fundamental yang harus perusahaan jalankan adalah menentukan tujuan yang jelas dari kegiatan campus hiring itu sendiri. Penetapan tujuan ini sangat penting karena setiap perusahaan pasti memiliki alasan tersendiri mengapa mengadakan kegiatan tersebut, misalnya saja dengan membuat daftar posisi pekerjaan yang dibutuhkan.

Dengan demikian, perusahaan dapat memiliki angka pasti mengenai berapa banyak kandidat yang dibutuhkan dalam kegiatan campus hiring tersebut.

2. Meningkatkan Brand Awareness Melalui Media Sosial

Di tahun 2022 saat ini, kehadiran media sosial dalam menarik minat audiens harus diakui memiliki peran yang sangat besar tak terkecuali proses pencarian kandidat karyawan. Dahulu mungkin hanya membutuhkan media cetak untuk melakukan job posted, tetapi kini diperlukan cara terbaru seperti meningkatkan brand awareness sebuah perusahaan melalui sosial media untuk menarik minat kaum generasi milennial.

Para generasi milennial cenderung melakukan research melalui berbagai platform media sosial khususnya platform profesional untuk mencari tahu lebih mengenai informasi perusahaan yang akan dilamarnya, sehingga pada akhirnya akan memberikan output berupa kandidat yang memiliki skill serta pengalaman yang work related bagi perusahaan.

3. Menerapkan Teknologi Terbaru Dalam Proses Seleksi Calon Karyawan

Di zaman yang sudah serba modern ini, segala aspek kehidupan tentunya terpengaruh oleh berbagai kemajuan zaman tak terkecuali dalam proses pencarian calon karyawan oleh perusahaan. Kini, Indonesia sedang dan akan menghadapi bonus demografi yang mana usia produktif akan mengalami surplus angka. Hal ini tentunya akan memperbanyak jumlah pelamar yang akan melamar pekerjaan di suatu perusahaan.

Bayangkan jika terdapat ribuan pelamar dan harus dilakukan seleksi secara manual, cukup menguras waktu dan tenaga bukan? Kini perusahaan khususnya departemen SDM perlu mengadopsi teknologi rekrutmen terbaru, misalnya saja software ATS atau Applicant Tracking System yang akan membantu departemen SDM dalam menyeleksi ribuan CV (Curriculum Vitae) pelamar.

4. Memahami Kebutuhan Kandidat Terhadap Perusahaan

Untuk mendapatkan kandidat yang memiliki skill serta pengalaman yang sesuai dengan perusahaan, maka diperlukan untuk memahami kebutuhan dari para kandidat yang melamar pekerjaan.

Keperluan di sini dapat memiliki makna yang beragam, misalnya saja mengenai salary range yang ditawarkan atau bisa juga jenjang karir yang perusahaan tawarkan. Dengan demikian, kandidat memiliki gambaran mengenai kondisi perusahaan yang akan menjadi tempat kerjanya kelak.

Strategi dalam Menerapkan Proses Rekrutmen yang Efisien dan Ideal

Baca juga: Magang alias Internship: Definisi, Peraturan, dan Manfaatnya

Manfaat Campus Hiring yang Harus Anda Ketahui

1. Menghemat Waktu dan Tenaga

Dengan adanya kegiatan campus hiring, perusahaan kini tidak perlu repot-repot untuk menyelenggarakan suatu event massal untuk ajang pencarian calon karyawan. Hal tersebut tentunya tidak hanya akan memakan waktu dan tenaga, akan tetapi juga membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Kini dengan campus hiring, pihak perusahaan dapat bekerjasama sama dengan pihak universitas atau kampus untuk menyelenggarakan ajang pencarian calon karyawan. Tentunya pihak perusahaan dapat membuat daftar kriteria calon karyawan yang dibutuhkan, supaya dapat mencapai tujuan campus hiring secara efektif dan efisien.

2. Berpotensi Mendapatkan Kandidat Yang Fast Learner & Multi-tasking

Selain dapat menghemat waktu dan tenaga, melakukan campus hiring juga memiliki kelebihan lainnya yaitu dalam mendapatkan calon karyawan yang fast learner serta multitasking. Para fresh graduates biasanya cenderung lebih cepat dalam melakukan observasi, memahami suatu hal, serta berpikir out of the box.

Belum lagi perilaku rata-rata milennial dan Gen-Z yang cenderung suka dalam menolong sesama rekan kerja ketika dibutuhkan, karena dianggap sebagai sebuah proses pembelajaran dan dapat memberikan pengalaman bekerja yang baru.

Baca juga: Pengertian Assessment yang Wajib Dipahami Setiap Perusahaan

Permudah Pekerjaan HR Anda Bersama Appsensi

Tidak dapat dipungkiri bahwa kegiatan campus hiring atau seleksi calon karyawan baru akan memakan waktu dan tenaga yang tidak sedikit, maka tak heran kegiatan campus hiring diadakan secara massal sebagai bentuk efisiensi waktu. Departemen SDM yang bertanggungjawab atas seluruh proses seleksi ini tentu saja masih memiliki pekerjaan lainnya selain campus hiring, maka dapat dibayangkan apabila seluruh proses seleksi masuk calon karyawan baru dilakukan secara manual?

Sebagian departemen SDM di beberapa perusahaan telah memanfaatkan aplikasi HRIS (Human Resources Information System) sebagai one-stop solution untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada pada dunia SDM, kini Anda dapat dengan mudah mengurus segala keperluan tersebut bersama Appsensi.

Appsensi merupakan sebuah aplikasi HRIS berbasis mobile dan cloud sehingga mengedepankan fleksibilitas dalam penggunaannya, belum lagi Appsensi dibekali dengan berbagai fitur yang tentunya akan sangat membantu Anda sebagai HR Profesional. Appsensi memiliki beberapa fitur utama, seperti:

Dengan beberapa fitur seperti manajemen data karyawan, Anda akan sangat dimudahkan untuk menyimpan berbagai data karyawan baik untuk calon karyawan atau karyawan yang sudah bekerja. Appsensi juga menyediakan fitur payroll yang tentunya akan memudahkan Anda dalam menghitung gaji bulanan, berbagai jenis tunjangan, potongan, serta perhitungan Pph 21 juga Anda tidak perlu pusingkan.

Tertarik untuk menggunakan Appsensi? Kunjungi website resmi kami di sini dan dapatkan kesempatan untuk coba gratis.

Author Profile

Share this post on

Related Article