Mengenal Human Resources Business Partner dan Fungsinya

April 12, 2022

Apa itu human resources business partner?

Saat ini, tugas seorang HR tidak hanya berhenti sampai pada tugas administrasi maupun tugas bulanan seperti penggajian dan penghitungan cuti. Kini, HR juga berperan sebagai mitra bisnis strategis yang dikenal sebagai human resources business partner (HRBP).

Human resources business partner diharapkan memiliki pemahaman akan aspek bisnis, strategi operasional, dan penyusunan anggaran. Selain itu, mereka juga diharapkan untuk selalu memiliki ide dan solusi dalam memecahkan masalah yang berhubungan dengan bisnis, memiliki keterampilan berkomunikasi, negosiasi, dan dapat menangani keluhan dengan baik.

Seorang human resources business partner perlu memiliki pemahaman tentang selera pasar, kebutuhan dan kepuasan pasar, dan area bisnis yang paling menguntungkan bagi perusahaan. Keterampilan human resources business partner mencakup keterampilan yang dimiliki oleh manajemen sumber daya manusia dan manajemen bisnis.

Mengenal Human Resources Business Partner dan Fungsinya

Peran strategis human resources business partner

Human resources business partner berperan sebagai mitra bisnis dan konsultan bagi top management perusahaan. human resource business partner adalah jembatan antara unit kerja bisnis dan fungsi sumber daya manusia. Peran ini membuat HR ikut mendorong terjadinya peningkatan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Human resources business partner membutuhkan kemampuan dan kemauan untuk berkomunikasi dengan orang-orang secara luas untuk membangun ikatan bisnis sebagai salah satu strategi perusahaan. Cara tersebut disebut sebagai hubungan strategis, yaitu hubungan member dan menerima antara kedua belah pihak sehingga tercapai win-win solution antara kedua pihak tersebut.

Hubungan tersebut akan memberikan kontribusi pada rekatnya jalinan antar unit atau departemen dalam sebuah perusahaan. Di sini, human resources business partner berfungsi untuk mengisi celah jarak antar departemen, sehingga seluruh departemen dapat bersatu demi mencapai tujuan perusahaan bersama-sama.

Dengan adanya kehadiran human resources business partner di perusahaan, diharapkan dapat membantu meningkatkan performa dan profit perusahaan dengan meminimalisir rasa kurang nyaman dari sumber daya manusia, sehingga dapat tercipta budaya yang sehat dalam bekerja. Lingkungan kerja yang kondusif pun akan tercipta dan tentunya menguntungkan bagi seluruh karyawan dan pihak perusahaan. Human resources business partner menjadi pilar awal dalam kemajuan perusahaan dengan perannya dalam skema bisnis bukan hanya fokus pada sumber daya manusia saja. 

Perbedaan HR manager dengan human resources business partner

Human resources business partner tidak memiliki tanggung jawab administratif dari sebuah departemen. Fokus utamanya adalah bekerjasama dengan tim eksekutif dan manajer untuk membuat strategi bisnis perusahaan secara keseluruhan. Sementara, HR berfokus pada pengembangan sumber daya manusia, kebijakannya, dan menggunakan hukum tenaga kerja sebagai acuan. HR bertanggung jawab atas penggajian, rekrutmen, penilaian kinerja, dan lain sebagainya.

Baca juga: Kenali Tugas, Tips Serta Pentingnya Menjadi HR Manager yang Baik

Fungsi human resources business partner di perusahaan

Human resources business partner memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

  1. Evaluasi dan pemantauan program pelatihan
  2. Analisis tren dan metric dalam kemitraan untuk kebutuhan pengembangan solusi, program, dan kebijakan
  3. Memberikan panduan kinerja sehari-hari untuk manajemen lini seperti pembinaan, konseling, pengembangan karir, dan disipliner
  4. Mengembangkan persyaratan kontrak kerja bagi karyawan baru, promosi karyawan, dan transfer karyawan
  5. Memberikan masukan dan arahan terkait restrukturisasi unit bisnis, perencanaan tenaga kerja, dan suksesi
  6. Identifikasi kebutuhan pelatihan unit bisnis dan pembinaan individu
  7. Meningkatkan hubungan kerja, semangat kerja, produktivitas, dan retensi
  8. Bermitra dengan departemen hukum
  9. Investigasi masalah secara efektif, menyeluruh, dan objektif
  10. Memberikan panduan sumber daya manusia

Peran utama human resources business partner di perusahaan

Keberadaan human resources business partner di perusahaan memiliki peran utama sebagai berikut,

1.     Administrative expert

Human resources business partner sebagai administrative expert berperan sebagai pengelola sumber daya manusia secara efisien dan efektif terkait rekrutmen, training, pengembangan, dan peningkatan kinerja karyawan.

2.     Employee champion

Dalam berperan sebagai employee champion, human resources business partner akan bertindak mengelola permasalahan dan kebutuhan sumber daya manusia, mengembangkan komitmen, dan tujuan untuk mendukung pencapaian tujuan organisasi.

3.     Agent of change

Sebagai agent of change, human resources business partner berperan untuk mengelola setiap perubahan (transformasi) dalam perusahaan, seperti budaya kerja dan membantu perusahaan untuk beradaptasi dalam menghadapi berbagai perubahan seiring berjalannya waktu.

4.     Business partner

Ketika bertindak sebagai business partner, human resources business partner bertugas untuk menyelaraskan strategi dan praktik sumber daya manusia dengan strategi bisnis perusahaan. Human resources kali ini bertugas sebagai mitra strategis dari top management untuk mendorong peningkatan kinerja sehingga perusahaan dapat mencapai target bisnisnya.

Baca juga: Berikut Definisi Human Resource Management dan Implementasinya

Kemampuan yang harus dimiliki human resources business partner

Kemampuan yang harus dimiliki human resources business partner

Untuk menjadi seorang human resources business partner yang handal, diperlukan beberapa kemampuan sebagai berikut:

1. Stakeholder management

Stakeholder atau pemangku kepentingan yang dimaksud pada poin ini adalah stakeholder dari sebuah perusahaan (C-suite). Seorang human resources business partner harus mampu mempromosikan inisiatifnya kepada stakeholder tersebut. Dengan begitu, seorang human resources business partner diharapkan untuk memiliki stakeholder management yang baik sebagai cara untuk menjaga hubungan baik dengan orang-orang yang memiliki dampak paling besar di sebuah perusahaan. komunikasi dan kolaborasi dengan para stakeholder perusahaan adalah bagian yang paling penting dalam membangun perusahaan dalam inisiatif yang strategis.

2. Analytical skill

Salah satu tugas dari human resources business partner adalah menganalisa dan membuat perencanaan demi tercapainya tujuan perusahaan. Dengan begitu, seorang human resources business partner diharapkan dapat menggunakan dashboards dan mampu memberikan wawasan serta kesimpulan dari data tersebut.

3. HR understanding

Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang human resources business partner adalah pemahaman mendalam mengenai proses dan kreativitas dari human resources itu sendiri. Seorang human resources business partner diharapkan mampu memberikan saran kepada perusahaan terkait bisnis dan mengimplementasikan perencanaan yang sudah dibuat dan harus bisa menghubungkan tantangan bisnis, aktivitas, dan hasil dari sumber daya manusianya.

4. Strategic leadership

Strategi penilaian talent yang baik penting untuk dilakukan seorang human resources business partner. Human resources business partner diharapkan memiliki kemampuan berpikir akan perusahaan secara luas dan bagaimana cara untuk mencapai tujuannya.

5. Business acumen

Human resources business partner diharuskan untuk mempu mengetahui keunggulan bisnis yang sedang ditangani dan melakukan perbandingan dengan perusahaan lain. Mulai dari aspek teknologi hingga market share. Selain itu, human resources business partner harus memiliki pemahaman yang kuat terkait fungsi dan prioritas bisnis yang dilakukan perusahaannya.

6. Pemahaman bisnis dan selera pasar

Seorang human resources business partner harus mampu berbicara dalam hal bisnis untuk membuktikan kredibilitasnya, hal ini dilakukan dengan mengetahui detail bisnis perusahaannya. Human resources business partner harus aktif dalam mencari tahu tentang bisnis untuk membentuk perusahaan melihat peluang yang ada dan tidak terlihat oleh peran HR secara umum. Hal ini diperlukan karena dalam satu tugas human resources business partner adalah mempertimbangkan strategi bisnis yang sama dengan pihak manajemen perusahaan. 

7. Communication skill

Komunikasi memegang peran penting dalam segala aspek kehidupan tak terkecuali dalam aspek bisnis perusahaan, seorang human resources business partner diharapkan dapat menjadi negosiator dan komunikator yang ahli. Hal ini dibutuhkan karena salah satu fungsi utama dari human resources business partner adalah memberikan fasilitas komunikasi antara karyawan dengan perusahaan. komunikasi secara verbal dan tertulis digunakan untuk menyampaikan pesan di semua tingkatan jabatan di perusahaan. Human resources business partner bekerjasama dengan berbagai unit bisnis dan departemen di perusahaan maka dari itu dibutuhkan communication skill yang baik. Selain itu, kemampuan dalam berkomunikasi juga digunakan untuk membangun hubungan dengan karyawan atau stakeholder perusahaan yang memiliki pengetahuan dan kekuatan dalam pengambilan keputusan.

Baca juga: Jenis-jenis dan Tugas Human Capital Management

Mudahkan pekerjaan Anda dengan Appsensi

Agar dapat bertugas sebagai human resources business partner dengan efektif, pekerjaan HR dapat diringankan dengan menggunakan aplikasi yang memberikan fitur-fitur yang memudahkan pekerjaan HR.

Appsensi merupakan aplikasi absensi online yang dapat diakses secara mobile, memiliki user interface yang mudah digunakan oleh siapa saja dan di mana saja. Appsensi dapat digunakan di berbagai usaha, bahkan lembaga pemerintah, hanya dengan menggunakan smartphone.

Berbagai kemudahan diberikan Appsensi seperti fitur absensi yang dilengkapi dengan GPS dan real time record, jadwal kerja karyawan, koreksi kehadiran, pengajuan cuti, pemantauan kinerja karyawan, dan masih banyak lagi fitur yang tersedia di aplikasi Appsensi. Appsensi aplikasi terpercaya dibuktikan dengan berbagai perusahaan besar yang bekerjasama dengan Appsensi.

Ingin tahu lebih banyak tentang Appsensi? Kunjungi Appsensi untuk informasi lebih lanjut.

Author Profile

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments