Kepribadian ISFJ yang Paling Umum Ditemui

Januari 5, 2023

Tipe kepribadian ISFJ atau Introverted, Sensing, Feeling, Judging adalah salah satu dari 16 tipe kepribadian yang didefinisikan dalam teori kepribadian Myers-Briggs atau dikenal dengan Myers Briggs Type Indicator (MBTI). Orang dengan tipe kepribadian ISFJ sering disebut sebagai “Defender” atau “Protector” atau Pelindung.

Apakah ISFJ ini merupakan kepribadian yang kamu miliki? Yuk, cari tahu soal kepribadian ISFJ di dunia kerja.

Kepribadian ISFJ yang Paling Umum Ditemui

Key Takeaways

Tipe kepribadian ISFJ akan dikupas tuntas dalam artikel ini. Mulai dari seperti apa orang dengan kepribadian ISFJ, apa kelebihan dan kekurangan, siapa partner alaminya, hingga pekerjaan apa yang cocok untuk seorang ISFJ. Yuk, simak artikel terkait ISFJ berikut ini.

Fakta Terkait Tipe Kepribadian ISFJ

Tipe kepribadian ISFJ memiliki sebutan pelindung karena mereka sangat setia, pekerja keras, dan cenderung memprioritaskan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan mereka sendiri. Mereka cenderung introvert, sensitif, dan mengikuti prosedur.

Mereka juga cenderung sangat terorganisir dan tertib, serta memiliki kemampuan untuk mengingat detail yang sangat baik. Mereka umumnya sangat ramah dan dapat diandalkan, dan cenderung memiliki empati yang tinggi terhadap orang lain. Mereka juga cenderung menghargai tradisi dan mengikuti aturan yang sudah ada.

Baca juga: Seputar Myers Briggs Type Indicator (MBTI), Skala dan Tipenya

Hal yang Disukai oleh Kepribadian ISFJ

Orang dengan kepribadian ISFJ (Introverted, Sensing, Feeling, Judging) biasanya disebut sebagai “Defender” karena mereka adalah tipe kepribadian yang bertanggung jawab, konsisten, dan sangat setia pada orang-orang yang mereka sayangi. Mereka sering merasa terutama nyaman dalam lingkungan yang terorganisir dan teratur, dan cenderung memiliki minat yang kuat terhadap tradisi dan kebiasaan.

Orang dengan kepribadian ISFJ biasanya menikmati melakukan hal-hal yang membantu orang lain dan menjadi sumber daya yang dapat diandalkan bagi keluarga dan teman-teman dekat mereka. Mereka juga mungkin menikmati membuat list dan mengelola tugas-tugas yang membantu menjaga kehidupan mereka teratur.

Selain itu, orang berkepribadian ISFJ mungkin menikmati mengembangkan dan menjaga hubungan interpersonal yang hangat dan dalam, dan sering merasa senang ketika mereka dapat membantu orang lain merasa nyaman dan dihargai. Mereka juga mungkin menikmati melakukan hal-hal kreatif, seperti menata rumah atau memasak makanan yang enak.

Di tempat kerja, orang dengan kepribadian ISFJ mungkin menikmati pekerjaan yang membutuhkan kehati-hatian dan ketelitian, seperti pekerjaan administrasi atau perawatan kesehatan. Mereka juga mungkin menikmati bekerja dengan orang lain dan membantu menyelesaikan masalah yang mungkin terjadi.

Partner Alami Tipe Kepribadian ISFJ

Orang berkepribadian ISFJ memiliki kecocokan dengan orang yang memiliki kepribadian yang komplementer, yaitu orang yang mampu membantu mereka keluar dari zona nyaman mereka dan memberikan dorongan untuk berkembang. Beberapa kepribadian yang mungkin cocok dengan ISFJ adalah:

1. ENFP (Extraverted, Intuitive, Feeling, Perceiving)

ENFP cenderung lebih energik dan kreatif, sementara ISFJ cenderung lebih terorganisir dan rasional. Kombinasi ini dapat menghasilkan pasangan yang menyenangkan dan dinamis.

2. ESFP (Extraverted, Sensing, Feeling, Perceiving)

ESFP dan ISFJ sering memiliki minat yang sama dalam hal kegiatan sosial dan menikmati interaksi dengan orang lain. Kedua tipe kepribadian ini juga sama-sama pekerja keras, sering memiliki kepedulian yang kuat terhadap orang lain, dan memiliki kemampuan untuk membantu menyelesaikan masalah yang mungkin terjadi.

3. INFP (Introverted, Intuitive, Feeling, Perceiving)

NFP dan ISFJ sering memiliki minat yang sama dalam hal kegiatan kreatif dan menyenangkan, serta kepedulian yang kuat terhadap orang lain. Keduanya juga cenderung lebih introvert dan membutuhkan waktu untuk sendiri, sehingga dapat saling memahami dan menghargai kebutuhan satu sama lain.

4. ISTJ (Introverted, Sensing, Thinking, Judging)

ISTJ dan ISFJ sering memiliki minat yang sama dalam hal keorganisiran dan konsistensi, dan mungkin merasa nyaman dalam lingkungan yang teratur. Keduanya juga cenderung lebih rasional dan terstruktur dalam cara berpikir, sehingga dapat saling memahami dan menghargai kebutuhan satu sama lain.

Meskipun demikian, tidak ada kepribadian yang “alami” cocok dengan ISFJ, dan kecocokan tergantung pada banyak faktor, termasuk kepribadian, minat, dan nilai-nilai yang sesuai.

Partner Alami Tipe Kepribadian ISFJ

Baca juga: Kenali Kelebihan dan Kekurangan dari INTP “Si Pemikir Logis”

Kelebihan dan kekurangan ISFJ

Berikut ini adalah beberapa kekuatan atau kelebihan dan kekurangan dari tipe kepribadian ISFJ:

Kelebihan

  • Seorang pekerja keras
  • Sangat bertanggung jawab dan dapat diandalkan
  • ISFJ memiliki sifat sensitif terhadap kebutuhan orang lain dan sering bersedia mengabaikan kebutuhan mereka sendiri untuk membantu yang lain
  • Peduli pada detail dan teliti dalam pekerjaan mereka
  • Pandai mengingat dan mengingat kembali informasi
  • Pandai mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan dan prosedur-prosedur

Kekurangan

  • Mungkin sulit mengungkapkan kebutuhan dan keinginan mereka sendiri, terutama dalam kelompok
  • Mungkin sulit memperjuangkan diri dan menetapkan batas-batas
  • Mungkin sulit menyesuaikan diri dengan perubahan dan mungkin menolak mencoba hal-hal baru
  • Mungkin sulit menangani konflik dan mungkin menghindari konfrontasi
  • Mungkin sulit membuat keputusan berdasarkan analisis logis, dan mungkin lebih mempercayai perasaan dan nilai-nilai mereka saat membuat keputusan

Pekerjaan yang Cocok untuk ISFJ

Ada banyak pekerjaan yang mungkin cocok untuk orang dengan tipe kepribadian ISFJ. Berikut ini beberapa contohnya:

1. Tenaga kesejahteraan sosial

ISFJ sering sangat empati dan sensitif terhadap kebutuhan orang lain, yang dapat membuat mereka cocok untuk karir di bidang tenaga kesejahteraan sosial. Mereka mungkin khususnya cocok untuk peran yang melibatkan bekerja dengan anak-anak atau populasi yang rentan.

2. Guru

ISFJ sering sabar, terorganisir, dan dedikasi, yang dapat membuat mereka menjadi guru yang baik. Mereka mungkin khususnya menyukai bekerja dengan siswa muda dan membantu mereka mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka.

3. Tenaga kesehatan

ISFJ sering peduli dan empati, yang dapat membuat mereka cocok untuk karir di bidang kesehatan. Mereka mungkin menyukai bekerja sebagai perawat, asisten perawat, atau jenis tenaga profesional kesehatan lainnya.

4. Reprentatif layanan pelanggan

ISFJ sering sabar, peduli pada detail, dan baik dalam berkomunikasi dengan orang lain, yang dapat membuat mereka cocok untuk karir di bidang layanan pelanggan. Mereka mungkin menyukai membantu pelanggan menyelesaikan masalah dan menangani kekhawatiran mereka.

5. Akuntan atau penata buku

ISFJ sering terorganisir dan peduli pada detail, yang dapat membuat mereka cocok untuk karir di bidang akuntansi atau penata buku. Mereka mungkin menyukai bekerja dengan angka-angka dan menjaga catatan keuangan dengan urut.

Baca juga: Ini Dia Sosok-Sosok Inspiratif dengan Kepribadian INTJ

Cara Meningkatkan Keterampilan ISFJ

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan kepribadian ISFJ:

  1. Berlatih mengekspresikan perasaan dan pendapat Anda karena ISFJ sering kali mengalami kesulitan dalam mengekspresikan perasaan dan pendapat mereka secara terbuka. Berlatih mengekspresikan perasaan dan pendapat Anda dapat membantu Anda menjadi lebih terbuka dan meningkatkan kepercayaan diri.
  2. Belajar untuk lebih terbuka pada orang lain: Sebagai orang yang cenderung introvert, ISFJ mungkin merasa sulit untuk terbuka pada orang lain. Belajar untuk lebih terbuka dan membuka diri pada orang lain dapat membantu Anda membangun hubungan yang lebih dekat dan mendalam.
  3. Belajar untuk mengatasi konflik: ISFJ sering kali mengalami kesulitan dalam menghadapi konflik. Belajar bagaimana mengatasi konflik dengan cara yang efektif dapat membantu Anda menjadi lebih percaya diri dan efektif dalam mengelola masalah.
  4. Berlatih mengambil keputusan: ISFJ sering kali merasa tidak yakin saat harus mengambil keputusan. Berlatih mengambil keputusan dan mempertimbangkan berbagai faktor dapat membantu Anda menjadi lebih percaya diri dalam mengambil keputusan.
  5. Mencoba hal-hal baru: ISFJ sering kali nyaman dengan rutinitas dan kebiasaan yang sudah ada. Mencoba hal-hal baru dapat membantu Anda mengembangkan kemampuan dan kepercayaan diri Anda.

Demikian adalah pembahasan orang berkepribadian ISFJ, mulai dari fakta-fakta ISFJ, hal yang disukai, partner alami, kelebihan, kekurangan, hingga pekerjaan yang sesuai. Apabila kamu adalah HR yang kesulitan untuk mengurus proses terkait personalia, coba solusi HR bersama Appsensi. Klik link di sini untuk mengetahui lebih lanjut. 

Author Profile

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments