Kelebihan & Kekurangan dari Kepribadian INTP “Si Pemikir Logis”

Januari 3, 2023

INTP merupakan salah satu dari 16 tipe kepribadian MBTI (Myers Briggs Type Indicator) yang dikenal sebagai pribadi yang pemikir. Layaknya tipe kepribadian lainnya, tipe kepribadian INTP juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Apa saja kah itu? Tipe pekerjaan yang seperti apakah yang sesuai setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan INTP?

Kenali Kelebihan dan Kekurangan dari INTP “Si Pemikir Logis”

Key Takeaways

Dalam artikel ini akan dijelaskan seputar karakteristik dan kepribadian INTP mulai dari karakter utama, karakter khas, kelebihan dan kekurangan, serta rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk orang dengan kepribadian INTP.

Karakteristik Utama INTP

Berdasarkan 16 tipe kepribadian dari 16 personalities, INTP merupakan singkatan dari Introverted, Intuitive, Thinking, dan Perceiving.

Penjelasan dari masing-masing dimensi karakter utama INTP ialah sebagai berikut.

1. Intovert (I)

Tipe kepribadian INTP merupakan pribadi yang merasa lebih berenergi saat sendiri. Introvert menyukai kondisi tenang dan intim. Ia menyukai interaksi dengan sedikit orang namun berkualitas.

2. Intuition (N)

INTP memiliki kepribadian cenderung berpikir abstrak, berimajinasi, dan mengandalkan intuisi.

3. Thinking (T)

Tipe kepribadian yang logis dalam mengambil keputusan. Tipe thinking juga menggunakan kekuatan analisis berpikir dan konsisten dalam setiap keputusan.

4. Perceiving (P)

Tipe kepribadian Perceiving cenderung fleksibel, adaptif, bahkan dengan hal-hal yang belum pernah dihadapi maupun terlintas di pikiran sebelumnya. 

Baca juga: Seputar Myers Briggs Type Indicator (MBTI), Skala dan Tipenya

Karakteristik Khas INTP

Setelah mengenal pribadi INTP secara umum, berikut ini adalah karakteristik khas INTP yang tidak semua orang tahu.

1. Intelektual

Orang dengan kepribadian INTP merupakan orang yang cerdas, sering memiliki minat yang kuat terhadap masalah teoritis dan konseptual, dan biasanya memiliki kemampuan analitis yang kuat. Mereka senang belajar dan mengeksplorasi ide-ide baru.

2. Logis dan Objektif

Sebagai sosok yang memiliki karakteristik thinking, orang yang memiliki kepribadian INTP cenderung memiliki kemampuan yang baik dalam memecahkan masalah secara logis dan rasional. Mereka biasanya menggunakan pendekatan yang sistematis untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

3. Terorganisir

Kepribadian INTP memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola waktu dan mengorganisir pekerjaan mereka dengan efisien. Mereka cenderung menyukai struktur dan rutinitas yang teratur.

Jika INTP adalah seorang pengusaha atau karyawan yang bertanggungjawab atas manajerial perusahaan, sifat terorganisirnya akan cenderung memilih solusi solutif yang efisien seperti Appsensi yang menawarkan solusi produktivitas untuk manajemen perusahaan yang lebih baik.

4. Konsentrasi yang tinggi

Orang dengan tipe kepribadian INTP biasanya memiliki kemampuan yang baik dalam mengonsentrasikan diri pada sesuatu yang mereka lakukan, dan dapat bekerja dengan baik dalam situasi yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi walaupun untuk memahami atau mengerjakan hal yang kompleks sekalipun.

5. Fleksibel dan selalu terbuka pada hal baru

Walaupun tipe kepribadian INTP cukup terorganisir dan terencana, namun mereka memiliki sifat fleksibel yang tetap terbuka terhadap ide-ide baru dan mempertimbangkan berbagai pendapat dengan seksama sebelum membuat keputusan. Mereka sering mempertanyakan status quo dan mencari cara untuk meningkatkan sesuatu yang ada.

6. Pendiam dan penyendiri

Orang dengan tipe kepribadian INTP cenderung lebih suka menghabiskan waktu sendiri atau bersama orang-orang terdekat mereka daripada bergaul dengan orang yang tidak mereka kenal dengan baik. Sebagai pemikir, mereka cenderung lebih nyaman di dalam kepala mereka sendiri dan membutuhkan waktu untuk merenung dan memproses ide-ide baru.

7. Tidak suka konflik

Orang dengan tipe kepribadian INTP lebih menghindari konflik sosial dan cenderung tidak suka terlibat dalam perdebatan atau perselisihan. Mereka lebih suka mencari solusi yang win-win daripada terlibat dalam perdebatan yang tidak produktif.

8. Cenderung idealis

Orang dengan kepribadian INTP cenderung memiliki standar yang tinggi untuk diri mereka sendiri dan orang lain, dan sering mencari cara untuk meningkatkan sesuatu yang mereka lakukan. Mereka cenderung memiliki visi dan pemikiran yang jelas tentang tujuan hidup yang mau mereka capai dan raih.

Dengan sifat idealisnya, jika INTP adalah seorang karyawan dalam suatu perusahaan, mereka akan berusaha sebaik mungkin melakukan yang terbaik untuk menata karier dan mencapai goals yang mereka inginkan seperti naik jabatan, mendapatkan promosi, maupun mendapatkan pengakuan dari team dan atasan.

Baca juga: Jika Kamu INFP, Hindari Beberapa Tipe Pekerjaan Ini!

Kelebihan dan Kekurangan INTP

Setelah mendalami tipe karakter INTP, kepribadian mereka terlihat kompleks dan kontradiktif dalam beberapa poin, namun demikianlah spektrum karakter manusia dan hal tersebut juga yang membuat setiap individu merupakan pribadi yang unik, termasuk orang dengan kepribadian INTP.

Kelebihan dan Kekurangan INTP

Jika kamu adalah recruiter atau orang yang sedang mencoba memahami orang dengan kepribadian INTP, berikut adalah beberapa poin kelebihan dan kekurangan sifat mereka untuk jadi pertimbanganmu.

Kelebihan INTP

  • Kemampuan analitis yang kuat: Kepribadian INTP memiliki kemampuan analitis yang kuat dan mampu memecahkan masalah secara logis dan rasional.
  • Berpikir kreatif: Dengan kekuatan logika yang intuitif, tipe kepribadian INTP memiliki kemampuan yang baik dalam menghasilkan ide-ide baru dan kreatif. Mereka ahli dalam mencari cara untuk meningkatkan sesuatu yang ada dengan cara yang inovatif.
  • Kemampuan belajar yang tinggi: Kepribadian INTP secara natural suka memusatkan pikirannya pada hal logis, memiliki minat yang kuat terhadap pengetahuan dan senang belajar. Mereka cenderung mudah memahami konsep-konsep baru dan mampu menyerap informasi dengan cepat.
  • Kemampuan konsentrasi yang tinggi: Secara natural, INTP memiliki kemampuan yang baik untuk berpikir logis dan menempatkan diri untuk berkonsentrasi pada sesuatu yang mereka lakukan. Mereka juga tetap dapat bekerja dengan baik dalam situasi dan lingkungan yang penuh tekanan.
  • Fleksibel dan terbuka: Tipe kepribadian INTP yang logis akan tetap terbuka terhadap ide-ide baru dan mempertimbangkan berbagai pendapat dengan seksama sebelum membuat keputusan. Dengan catatan teori yang mereka dapatkan bisa dicerna dan diterima secara logika.
  • Loyal dan Setia: Jika sudah memberikan kepercayaannya, orang dengan kepribadian INTP merupakan pribadi yang setia baik itu orang maupun lembaga. Dapat dikatakan INTP merupakan tipe teman yang setia kawan dan karyawan yang loyal terhadap perusahaannya.

Kekurangan INTP

  • Kurang efektif dalam komunikasi: Karena karakternya yang pendiam dan pemikir, tipe kepribadian INTP cenderung lebih suka menyimpan ide-ide mereka sendiri daripada berbicara dengan orang lain, sehingga memungkinkan mereka kurang efektif dalam berkomunikasi terlebih dalam hal personal.
  • Kurang bergaul: Kepribadian INTP yang introvert lebih suka menghabiskan waktu sendiri atau bersama orang-orang terdekat mereka daripada bergaul dengan orang yang tidak mereka kenal dengan baik. Sifat yang cukup selektif ini dapat membuat mereka kurang terbuka terhadap ide-ide orang lain dan kurang bergaul dengan orang lain.
  • Kurang emosional: Memiliki tipe kepribadian yang lebih sering bertumpu pada fakta dan logika, INTP cenderung lebih rasional dan logis dibandingkan emosional, sehingga kerap kurang mampu mengungkapkan perasaan mereka dengan jelas atau memahami perasaan orang lain.
  • Kurang taat dengan peraturan: Merasa peraturan membatasi kebebasan mereka, orang dengan kepribadian INTP terkadang memiliki kesulitan dalam usaha untuk mengikuti aturan terlebih jika aturan tersebut tidak sesuai dengan akal mereka.

Baca juga: Ini Dia Sosok-Sosok Inspiratif dengan Kepribadian INTJ

Pekerjaan yang Cocok untuk INTP

Memiliki kecenderungan untuk berpikir logis dan objektif adalah salah satu keunggulan seorang INTP. Seorang INTP menikmati konsep teoretis dan abstrak serta relevan dengan keterampilan penalaran yang kuat.

Kedua hal tersebut juga berhubungan dengan sains dan berpikir kreatif. Kebebasan dan otonomi pribadi juga menjadi kekuatan seorang INTP, sehingga pekerjaan seorang INTP umumnya harus fleksibel dan penuh kemandirian.

Berikut adalah rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk INTP:

1. Pekerjaan yang Membutuhkan Penelitian dan Pemecahan Masalah yang Rumit

Contohnya ialah peneliti, ahli matematika, dan ilmuwan.

2. Pekerjaan yang Melibatkan Proses Pemecahan Masalah Teknis

Contohnya ialah engineer, software developer, dan programer komputer.

3. Pekerjaan yang Membutuhkan Analisis Detail dan Perencanaan Terperinci

Seperti akuntan, business analyst, dan ilmuwan forensik.

4. Pekerjaan yang Meliputi Analisis Serta Pemecahan Masalah yang Rumit

Misalnya dokter dan astronom.

5. Pekerjaan yang Membutuhkan Konsentrasi Tinggi yang Konsisten

Contohnya seperti ahli bedah dan programmer.

Apakah kamu sudah lebih memahami orang dengan kepribadian INTP? Atau kah kamu adalah salah satu orang yang memiliki kepribadian INTP dan sudah menentukan jalan karirmu?

Untuk membantu mengelola karyawan yang ada, Appsensi hadir dengan HR Tools yang memiliki banyak manfaat yang akan sangat menguntungkan dan memudahkan pekerjaan HRD dalam mengelola sumber daya manusia yang ada. Hubungi kami untuk mengetahui lebih lanjut mengenai aplikasi HR terbaik Appsensi.

Author Profile

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments