Ini Dia Sosok-Sosok Inspiratif dengan Kepribadian INTJ

Januari 2, 2023

INTJ adalah salah satu dari enam belas tipe kepribadian yang diidentifikasi dalam model kepribadian Myers-Briggs Type Indicator. INTJ adalah singkatan dari Introverted, Intuitive, Thinking, Judging, yang merupakan empat karakteristik utama dari tipe kepribadian ini.

Orang-orang dengan tipe kepribadian INTJ sering dianggap sebagai pemikir yang abstrak dan analitis, serta cenderung memiliki kemampuan untuk melihat gambaran besar suatu situasi dan menemukan solusi yang inovatif untuk masalah yang dihadapi.

Tergolong cukup langka, berikut ini orang-orang inspiratif dengan tipe kepribadian INTJ.

Ini Dia Sosok-Sosok Inspiratif dengan Kepribadian INTJ

Key Takeaways

Artikel ini akan memberikan insight singkat mengenai tipe kepribadian INTJ dan contoh sosok- sosok inspiratif dalam berbagai jenis karir yang bisa menjadi gambaran dan pengetahuan bagi mereka yang berkepribadian sama dan sedang mencari pekerjaan maupun mereka yang bekerja bersama dengan sosok karakter INTJ.

Karakter Utama INTJ

Memiliki julukan ‘The Architect’ alias ‘Sang Arsitek’, INTJ memiliki karakter utama Introversion, Intuitive, Thinking, dan Judging.

1. Introversion

berarti seseorang dengan kepribadian ini bersifat introvert atau lebih senang menghabiskan waktunya sendirian atau bekerja sendiri dan membutuhkan waktu untuk mengisi ulang energi mereka setelah banyak interaksi sosial.

2. Intuition

berarti orang dengan kepribadian ini berfokus pada ide dan konsep atau melihat gambaran besar daripada informasi detail yang kecil.

3. Thinking

berarti INTJ lebih menekankan hal yang rasional, logis, dan informasi objektif daripada emosi atau perasaan subjektif saat membuat keputusan.

4. Judging

berarti orang dengan kepribadian ini lebih suka sesuatu yang direncanakan dan diatur, sehingga INTJ lebih memilih untuk membuat rencana yang matang dari jauh-jauh hari.

Berdasarkan Ball State University, populasi orang dengan kepribadian INTJ cukup jarang ditemukan. Hanya sekitar 2,1 persen orang di dunia yang memiliki kepribadian ini. Dari jumlah tersebut, sebanyak 60 persennya berjenis kelamin pria, sedangkan sisanya merupakan wanita.

Karakter Khas INTJ

Dikenal sebagai salah satu tipe kepribadian Myers Briggs Type Indicator yang ambisius dan kaku, sebenarnya ada banyak kepribadian khas dari INTJ yang tidak banyak orang cermati.

1. Intuitif

Orang dengan kepribadian INTJ juga cenderung memiliki kemampuan intuisi yang kuat, yang berarti mereka dapat memahami konsep abstrak dengan mudah dan sering memiliki ide-ide yang inovatif.

2. Rasional dan Logis

Orang-orang dengan tipe kepribadian INTJ juga cenderung berpikir secara rasional dan logis, dan mampu mengambil keputusan berdasarkan analisis yang teliti daripada perasaan atau emosi. Mereka juga cenderung bertindak dengan tertib dan teratur, menyukai ketertiban dan mengatur kegiatan mereka dengan baik.

3. Analitis dan Solutif

Kombinasi dari karakteristik-karakteristik ini membuat orang-orang dengan tipe kepribadian INTJ dianggap sebagai pemikir yang abstrak dan analitis, serta mampu menemukan solusi yang inovatif untuk masalah yang dihadapi. Namun, mereka juga dapat terlihat dingin dan kaku di mata orang lain, dan sering kali dianggap tidak emosional atau bahkan sombong.

4. Strategis dan Berorientasi pada Tujuan

Secara umum, tipe kepribadian INTJ adalah tipe kepribadian yang unik dan kompleks, dan orang-orang dengan tipe kepribadian ini sering memiliki potensi yang besar untuk menjadi pemimpin dan pemikir yang inovatif. Namun, mereka juga perlu belajar untuk lebih terbuka dan fleksibel, dan mengembangkan kemampuan emosional mereka untuk dapat bekerja secara efektif dengan orang lain.

Baca juga: Seputar Myers Briggs Type Indicator (MBTI), Skala dan Tipenya

Kelebihan dan Kekurangan INTJ

Berdasarkan kepribadian INTJ tersebut, layaknya manusia biasa tipe kepribadian ini juga memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Kelebihannya di antaranya:

  • Logis.
  • Objektif.
  • Rasional.
  • Mandiri.
  • Punya standar yang tinggi.
  • Pekerja keras dan tekad mencapai tujuan.
  • Dapat memecahkan masalah secara kreatif.
  • Ambisius dan punya motivasi yang kuat untuk berprestasi.
  • Percaya diri yang tinggi.
Kelebihan dan Kekurangan INTJ

Dengan kelebihan yang dimilikinya, INTJ merupakan sosok pemikir yang selalu berusaha memberikan hasil yang maksimal baik ketika mengejar pendidikan, karir, atau tujuan apapun yang ingin mereka tuju. INTJ sangat konsisten dan disiplin dengan prinsip-prinsipnya.

Sedangkan kekurangan INTJ di antaranya:

  • Karena cukup introvert, cenderung tertutup untuk mengungkapkan perasaannya, sehingga sulit didekati dan berkomunikasi dengan orang lain.
  • Kaku dan tidak fleksibel.
  • Pribadi yang perfeksionis.
  • Tidak sabar dengan orang lain yang bekerja lambat dan tidak efisien.
  • Sulit bekerja dengan orang lain yang yang kurang kompeten.
  • Cenderung suka mengabaikan hal-hal kecil.

Sosok Inspiratif dengan Tipe Kepribadian INTJ

1. Mark Zuckerberg

Dikenal memiliki sifat ambisius, percaya diri, dan pemikir. Tentu Facebook tidak akan tercipta jika Mark tidak memiliki ketiga sifat tersebut. Mark sendiri memiliki kepribadian INTJ. Mark tidak ragu untuk keluar dari Harvard demi mengembangkan Facebook (Meta) hingga menjadi sebesar sekarang.

2. Elon Musk

Elon Musk dikenal sebagai terkadang sangat ‘nyeleneh’ dan tidak biasa. Namun, nyatanya Elon merupakan orang dangan tipe MBTI INTJ dengan sifat intuitif yang sangat tinggi. Ia memiliki kemampuan observasi dan kreativitas yang sangat baik serta kemampuan berlogika. Keinginan Elon Musk untuk tinggal di Mars sangat mencerminkan sosok INTJ yang sering berpikir out of the box.

3. Jay-Z

Musisi sekaligus suami dari Beyonce ini memiliki kepribadian MBTI INTJ. Jay-Z adalah sosok musisi jenius yang tidak hanya membuat musik untuk sebatas masuk Billboard atau menang Grammy. Jay-Z selalu sukses mengembangkan ide-idenya ke dalam musik yang bisa dinikmati oleh seluruh orang.

4. Isaac Newton

Tokoh dunia yang tidak asing terutama dalam bidang fisika, Isaac Newton. Ia adalah sosok yang berjasa dalam penemuan teori gravitasi.

Sosok Inspiratif dengan Tipe Kepribadian INTJ

Tidak hanya soal teori gravitasi, Isaac Newton juga berjasa dalam terciptanya kalkulus. Pelajaran yang cukup bikin pusing tapi sebenarnya menyenangkan kok jika kamu paham. Seorang pemikir yang menciptakan berbagai teori dalam kesendiriannya, Isaac memiliki katakter khas INTJ yang kuat.

Baca juga: Jika Kamu INFP, Hindari Beberapa Tipe Pekerjaan Ini!

Karir yang Cocok untuk INTJ

Apakah kamu juga orang dengan kepribadian MBTI INTJ? Sebagai salah satu tipe kepribadian yang kritis, analitis, dan mandiri, INTJ akan lebih nyaman jika bekerja pada lingkungan yang memberinya kebebasan untuk berpikir secara independen dan memberinya kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya dalam beranalisis.

Berikut adalah beberapa opsi pekerjaan yang cocok dengan karakteristikmu:

  • Ilmuwan
  • Arsitek
  • Ahli matematika
  • Insinyur
  • Dokter gigi
  • Dokter
  • Guru atau dosen
  • Pengacara
  • Auditor keuangan
  • Akuntan
  • Analis anggaran
  • Hakim

Apabila kamu memiliki minat dalam karir yang memungkinkan kamu untuk mengelola kebutuhan usaha dengan lebih efisien, kamu bisa menggunakan Appsensi untuk keperluan presensi karyawan hingga sistem payroll yang sangat memudahkan jalannya bisnis.

Author Profile

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments