Kreatif dan Energik, Berikut Sifat Kepribadian ENFP di Kantor!

Januari 4, 2023

ENFP (Extroverted, Intuitive, Feeling, Perceiving) adalah tipe kepribadian yang dikenal sebagai ‘pemimpin visi’ karena mereka cenderung memiliki ide-ide yang kreatif dan inovatif dan mampu memotivasi orang lain untuk mewujudkannya. Dalam karir, bagaimana sih sifat-sifat mereka dan rekomendasi pekerjaan apa kah yang cocok untuk ENFP?

Kreatif dan Energik, Berikut Sifat-sifat ENFP di Kantor!

Key Takeaways

Artikel ini akan membahas seputar ciri dan karakter dari orang dengan tipe kepribadian ENFP, dan karakter khas mereka, dan dilanjut dengan rekomendasi pekerjaan yang sesuai dengan karakteristik ENFP.

Karakter Utama ENFP

ENFP adalah salah satu dari 16 tipe kepribadian yang didefinisikan dalam teori kepribadian Jungian. Singkatan ENFP berarti Extraverted, Intuitive, Feeling, Perceiving.

Dikenal dengan julukan ‘Juru Kampanye’, karakter utama dari seseorang yang memiliki tipe kepribadian ENFP adalah:

1. Extraverted (E)

ENFP adalah tipe kepribadian yang cenderung mengarah ke orang lain dan suka bersosialisasi. Mereka sangat terbuka dan mudah bergaul dengan orang lain.

2. Intuitive (N)

ENFP memiliki kemampuan intuitif yang kuat dan cenderung berfokus pada masa depan dan potensi. Mereka memiliki kemampuan untuk melihat pola dan hubungan yang tidak terlihat oleh orang lain.

3. Feeling (F)

ENFP mengutamakan perasaan dan emosi dalam mengambil keputusan. Mereka memiliki kepekaan yang tinggi terhadap perasaan orang lain dan cenderung memahami perspektif mereka.

4. Perceiving (P)

ENFP adalah tipe kepribadian yang suka menyukai hal fleksibel dan tidak suka terikat dengan struktur dan aturan yang ketat. Mereka lebih suka mengikuti intuisi mereka dan bersikap terbuka terhadap berbagai opsi.

Secara keseluruhan, ENFP adalah tipe kepribadian dengan karakteristik yang kreatif, enerjik, dan penuh gairah. Mereka sering memiliki banyak ide dan keinginan untuk mencoba hal-hal baru. Mereka juga dikenal sebagai pemimpin yang efektif karena kemampuan mereka untuk memotivasi orang lain dan menciptakan suasana yang positif. Namun, ENFP juga dapat menjadi mudah terdistraksi dan kadang-kadang merasa sulit untuk memfokuskan perhatian mereka pada satu hal.

Baca juga: Seputar Myers Briggs Type Indicator (MBTI), Skala dan Tipenya

Kelebihan dan Kekurangan ENFP

Sebelum mengenal lebih secara spesifik sifat-sifat orang dengan kepribadian ENFP, berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari tipe kepribadian ENFP:

Kelebihan:

1. Kreatif dan inovatif

Kepribadian ENFP memiliki kemampuan intuitif yang kuat dan cenderung berfokus pada masa depan dan potensi, sehingga mereka sering memiliki ide-ide kreatif dan baru.

2. Bersikap terbuka terhadap perubahan

ENFP adalah tipe kepribadian yang cenderung fleksibel dan tidak suka terikat dengan struktur dan aturan yang ketat, sehingga mereka cenderung terbuka terhadap perubahan dan suka mencoba hal-hal baru.

3. Penuh gairah dan energi

ENFP adalah tipe kepribadian dengan semangat yang tinggi sehingga mereka sering memiliki kemampuan untuk memotivasi orang lain dan menciptakan suasana yang positif. Secara sosial orang dengan tipe kepribadian ENFP yang penuh antusias pun sangat mudah bergaul dengan orang baru dan menyebarkan aura positifnya.

4. Peka terhadap perasaan orang lain

Kepribadian ENFP memiliki kepekaan yang tinggi terhadap perasaan orang lain dan dapat memahami perspektif mereka, sehingga mereka dapat menjadi pemimpin yang efektif dan bertanggung jawab terhadap orang lain. Karakter mereka yang sosialis juga membuat mereka menjadi pribadi yang peduli akan sesamanya.

Kekurangan:

1. Mudah terdistraksi

Kepribadian ENFP sering terdistraksi oleh banyak ide dan keinginan untuk mencoba hal-hal baru, sehingga seringkali mereka mungkin merasa sulit untuk memfokuskan perhatian mereka pada satu hal.

2. Kurang struktur dan disiplin

Orang dengan kepribadian MBTI ENFP tidak suka terikat dengan struktur dan aturan yang ketat, sehingga mereka mungkin kurang disiplin dan sulit mengelola waktu dengan baik.

3. Kurang detail-oriented

Tipe kepribadian ENFP lebih suka mengikuti intuisi mereka daripada mengikuti aturan dan prosedur yang ketat, sehingga mereka mungkin kurang detail-oriented dan mungkin mengabaikan rincian kecil.

4. Kurang realistis

Walaupun juru kampanye ini merupakan tipe kepribadian yang sering berfokus pada masa depan dan potensi, mereka mungkin kurang realistis dan sulit menghadapi kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan mereka.

Baca juga: Jika Kamu INFP, Hindari Beberapa Tipe Pekerjaan Ini!

Sifat-sifat ENFP di Kantor

1. Kepemimpinan yang Kuat

Tipe kepribadian ENFP sering memiliki kemampuan untuk menginspirasi orang lain untuk mengikuti visi mereka dan mendorong orang lain untuk mencapai tujuan bersama.

2. Kreatif dan Inovatif

Kepribadian ENFP memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi solusi yang tidak biasa dan menemukan cara untuk mengatasi masalah dengan cara yang tidak terduga. Mereka cenderung memiliki banyak ide yang berbeda dan mampu menemukan cara untuk mengimplementasikannya dengan cepat. Karakter mereka yang imajinatif juga membuat mereka senang terlibat dalam kegiatan-kegiatan artistik.

3. Berorientasi Pada Orang Lain

Orang dengan kepribadian ENFP cenderung memiliki empati yang kuat dan mampu memahami perspektif orang lain. Mereka mungkin terlibat dalam proyek-proyek yang menunjukkan kepedulian terhadap kebutuhan orang lain.

4. Berfokus pada Masa Depan

Kepribadian ENFP cenderung memiliki keterampilan untuk melihat dalam pandangan jangka panjang dan mampu melihat potensi masa depan yang luas. Mereka mungkin terlibat dalam proyek-proyek yang membantu perusahaan atau organisasi mencapai tujuan jangka panjang.

5. Adaptif

Tipe kepribadian ENFP cenderung mampu beradaptasi dengan cepat terhadap situasi yang berubah dan memiliki kemampuan untuk mengatasi tantangan dengan cara yang tidak terduga. Mereka mungkin merasa nyaman dengan perubahan dan mampu menemukan cara untuk mengoptimalkan situasi yang tidak stabil.

Baca juga: Kenali Kelebihan dan Kekurangan dari INTP “Si Pemikir Logis”

Pekerjaan yang Cocok untuk ENFP

Setelah mengenal dan memahami karakter ENFP, berikut rekomendasi pekerjaan yang sesuai untuk tipe MBTI ini!

1. Pekerjaan Kreatif

Sebagai orang dengan tipe kepribadian yang menyukai atensi dan keramaian, ENFP cocok menggeluti pekerjaan seni yang memungkinkan mereka menjadi pusat perhatian. Selain itu kemampuan intuitif mereka yang kuat juga membuat mereka sangat imajinatif untuk menghasilkan karya.

Pekerjaan yang membutuhkan kreativitas dan inovasi, seperti seniman, desainer, atau penulis cocok dengan karakteristik yang dimiliki oleh ENFP.

2. Pekerjaan Pemasaran dan Penjualan

ENFP adalah tipe kepribadian yang cenderung terbuka dan mudah bergaul dengan orang lain, sehingga mereka mungkin cocok dengan pekerjaan yang membutuhkan kemampuan untuk berkomunikasi dan membangun hubungan dengan orang lain, seperti pemasaran atau penjualan.

3. Pekerjaan Pendidikan

Pekerjaan yang Cocok untuk ENFP

Orang dengan kepribadian ENFP memiliki kepekaan yang tinggi terhadap perasaan orang lain dan cenderung memahami perspektif mereka, sehingga mereka mungkin cocok dengan pekerjaan yang membutuhkan kemampuan untuk bekerja dengan anak-anak atau orang dewasa dalam situasi belajar, seperti guru, dosen, konselor, atau pekerja sosial.

4. Pekerjaan yang Membutuhkan Kemampuan Mengelola Proyek

ENFP adalah tipe kepribadian yang cenderung fleksibel dan tidak suka terikat dengan struktur dan aturan yang ketat, sehingga mereka mungkin cocok dengan pekerjaan yang membutuhkan kemampuan untuk mengelola proyek dengan cepat dan efektif, seperti manajer proyek atau analis bisnis.

Namun ingatlah bahwa tipe kepribadian hanyalah salah satu faktor yang mempengaruhi kecocokan pekerjaan, dan tidak ada pekerjaan yang ‘sempurna’ untuk semua orang. Sebaiknya pertimbangkan juga kemampuan, minat, dan pengalaman kamu saat memilih pekerjaan yang tepat untuk mu.

Jika kamu adalah salah satu orang dengan kepribadian ENFP dan tertarik untuk terjun dalam dunia karir yang memungkinkan kamu untuk memaksimalkan kemampuan mengelola dan manajerial, bisa coba aplikasi absensi online terbaik Appsensi yang menyediakan berbagai layanan manajerial efisien untuk bisnis dan perusahaan.

Author Profile

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments