Jika Kamu INFP, Hindari Beberapa Tipe Pekerjaan Ini!

Desember 30, 2022

INFP merupakan salah satu dari antara 16 tipe kepribadian dari MBTI (Myers Briggs Type Indicator). Dikenal sebagai pribadi yang pemikir dan imajinatif, membuat INFP memiliki karakter yang unik. Karakter tersebut dapat membuat INFP memiliki kecenderungan untuk cocok dengan tipe pekerjaan tertentu. Apa saja kah itu? Tipe pekerjaan apa saja yang tidak cocok dan sebaiknya dihindari oleh INFP?

Jika Kamu INFP, Hindari Beberapa Tipe Pekerjaan Ini!

Key Takeaways

Artikel ini membahas seputar karakter dari tipe kepribadian INFP dari ciri utama hingga ciri khasnya, kemudian dilanjutkan dengan rekomendasi pekerjaan yang cocok dan sebaiknya dihindari oleh orang dengan kepribadian INFP.

Karakter Utama INFP

INFP adalah tipe kepribadian yang tergolong dalam tipe “pemikir idealis” menurut Model Kepribadian Myers-Briggs. Orang-orang dengan tipe kepribadian INFP sering dijuluki sebagai “pemikir filsuf” karena mereka memiliki minat yang kuat dalam filsafat dan ide-ide abstrak. Mereka juga dikenal sebagai orang yang emosional dan cenderung memiliki pandangan yang idealis tentang dunia.

INFP merupakan singkatan dari Introversion (I), Intuition (N), Feeling (F), dan Perceiving (P).

Berikut ini adalah beberapa ciri dan karakter utama dari orang dengan kepribadian INFP:

1. Intuitif

INFP cenderung lebih mengandalkan intuisi daripada fakta dan data yang dapat diukur secara objektif. Mereka cenderung memiliki ide-ide yang kreatif dan inovatif, dan sering memiliki kemampuan untuk “melihat” gambaran yang lebih besar dari sebuah masalah.

2. Berfokus pada keintiman

Kepribadian INFP cenderung lebih memperhatikan hubungan dan koneksi emosional dengan orang lain daripada faktor-faktor lainnya. Mereka cenderung memiliki hubungan yang dekat dan intens dengan orang-orang yang penting bagi mereka.

3. Idealis

Tipe kepribadian INFP cenderung memiliki standar tinggi tentang bagaimana dunia seharusnya berjalan, dan mereka akan berusaha keras untuk mencapai tujuan ideal mereka. Mereka juga cenderung memiliki pandangan yang positif tentang orang lain dan berusaha untuk melihat kebaikan dalam setiap orang.

4. Sensitif

Orang dengan kepribadian INFP cenderung memiliki empati yang tinggi dan mudah terpengaruh oleh perasaan orang lain. Mereka cenderung memiliki perasaan yang kuat dan emosional, dan bisa terganggu oleh kekerasan apa pun.

5. Individualis

Seorang yang memiliki kepribadian INFP cenderung memiliki gaya hidup yang unik dan tidak mau terikat oleh aturan atau norma-norma sosial yang diterima. Mereka cenderung menghargai kebebasan pribadi dan mengekspresikan diri secara individual.

Baca juga: Seputar Myers Briggs Type Indicator (MBTI), Skala dan Tipenya

Karakter Khas INFP

Setelah mengetahui karakter dan kepribadian INFP secara umum, berikut merupakan karakter khas dari INFP yang tidak semua orang tahu.

1. Seorang Pengamat

Sebagai seorang dengan kepribadian introvert yang pendiam, ketika berada ada dalam kerumunan orang banyak orang dengan kepribadian INFP akan cenderung lebih banyak mengamati dan larut dalam pikiran dibandingkan berbicara.

Mereka akan berbicara hanya dengan orang-orang tertentu yang mereka anggap dekat, namun bukan berarti mereka tidak peduli dengan sekitarnya.

2. Pendengar yang Baik

Karena kepribadian INFP yang secara natural lebih mendengarkan dan mengamati ketimbang berbicara, tak heran mereka menjadi sosok yang nyaman untuk diajak bercerita.

Orang dengan kepribadian INFP akan dengan senang hati menjadi pendengar cerita dan keluh kesahmu mulai dari hal sehari-hari hingga topik-topik seputar nilai kehidupan yang rumit.

3. Senang Berimajinasi

Sisi intuitif kepribadian INFP membuat mereka menjadi tipe orang yang tak terkalahkan ketika berkhayal dan berimajinasi. Orang dengan kepribadian INFP dikenal cenderung menciptakan imajinasi yang dibuat sesuai dengan suasana hati mereka.

4. Kreatif dan Inovatif

Karakter orang dengan kepribadian INFP yang imajinatif membuat mereka cenderung memiliki kemampuan yang baik dalam menemukan ide-ide baru dan mencari solusi yang kreatif untuk masalah yang ada.

Mereka sering memiliki minat yang kuat dalam seni, musik, atau bidang-bidang yang membutuhkan kreativitas.

5. Seorang Mediator dan Penyembuh Luka yang Empatik

Menurut introvertdear.com, orang yang memiliki kepribadian INFP merupakan orang yang empatik dan peduli dengan emosional batin orang lain. Seringkali juga INFP menjadi seorang mediator yang bagi orang terdekatnya. INFP juga sangat mudah untuk memahami perasaan lawan bicaranya.

Karenanya, para INFP dengan sepenuh hati akan berusaha membantu ketika teman maupun orang terdekatnya berada dalam suatu masalah.

Layaknya INFP yang menjadi mediator yang solutif untuk suatu masalah, Appsensi juga merupakan layanan solutif yang menjembatani pengusaha dan UMKM dengan solusi manajerial mulai dari presensi karyawan hingga sistem payroll.

Pekerjaan yang Cocok untuk INFP

Orang dengan kepribadian INFP biasanya cocok untuk pekerjaan yang menuntut kreativitas dan kemampuan untuk berpikir secara abstrak.

Mereka juga cenderung cocok untuk pekerjaan yang mengharuskan mereka bekerja dengan orang lain secara emosional dan membantu menyelesaikan masalah secara bersama-sama.

Berikut ini adalah beberapa contoh pekerjaan yang mungkin cocok untuk INFP:

1. Seniman

Orang dengan kepribadian INFP cenderung memiliki minat yang kuat dalam seni, musik, atau bidang-bidang kreatif lainnya, sehingga mungkin cocok untuk pekerjaan sebagai seniman.

2. Penulis

INFP memiliki kemampuan yang baik dalam mengekspresikan ide-ide mereka secara lisan atau tertulis, sehingga mungkin cocok untuk pekerjaan sebagai penulis.

3. Konsultan

INFP cenderung memiliki kemampuan yang baik untuk memahami perasaan orang lain dan membantu menyelesaikan masalah secara bersama-sama, sehingga mungkin cocok untuk pekerjaan sebagai konsultan.

4. Pendidik

INFP merupakan sosok introvert yang memiliki empati yang tinggi dan mempunyai kemampuan yang baik untuk membantu orang lain belajar dan tumbuh, sehingga mungkin cocok untuk pekerjaan sebagai pendidik. Selain pendidik, empatinya yang kuat dan kesenangannya untuk membantu orang lain membuat INFP juga cocok menjadi seorang yang berkarir dalam HRD.

5. Terapis

Seringkali disebut sebagai mediator, INFP memiliki kemampuan yang baik untuk memahami perasaan orang lain dan membantu menyelesaikan masalah emosional, sehingga mungkin cocok untuk pekerjaan sebagai terapis.

Pekerjaan yang Cocok untuk INFP

Tipe Pekerjaan yang Sebaiknya Dihindari INFP

Setelah mengetahui kepribadian dan karakter dari seorang INFP, sudah bisa mempertimbangkan karir yang cocok maupun kurang sesuai dengan tipe kepribadian ini. Apakah kamu salah satu yang sedang mencari tahu?

Kepribadian INFP cenderung tidak cocok untuk pekerjaan yang terlalu kompetitif atau yang membutuhkan tingkat stres yang tinggi.

Maka tipe pekerjaan yang bisa dihindari di antaranya:

1. Eksekutif perusahaan

Walaupun introvert, INFP cenderung lebih suka bekerja dengan orang lain secara kooperatif dan mungkin tidak cocok untuk karir yang terlalu kompetitif atau yang membutuhkan tingkat persaingan yang tinggi.

2. Pekerjaan yang terlalu stres

Kepribadian INFP cenderung lebih sensitif terhadap stres dan mungkin tidak cocok untuk karir yang membutuhkan tingkat stres yang tinggi atau yang mengharuskan mereka bekerja dalam situasi yang tekanan.

3. Pekerjaan yang terlalu terikat oleh aturan

INFP cenderung lebih suka kebebasan untuk mengekspresikan diri secara individual dan mungkin tidak cocok untuk karir yang terlalu terikat oleh aturan atau prosedur yang ketat.

4. Pekerjaan yang terlalu fokus pada detail

INFP lebih mengandalkan intuisi dan pandangan yang lebih besar dari sebuah masalah, sehingga mungkin tidak cocok untuk karir yang terlalu fokus pada detail atau yang membutuhkan kemampuan untuk memecahkan masalah secara analitis.

5. Pekerjaan yang membutuhkan rutinitas yang tinggi

Kepribadian INFP lebih suka variasi dalam pekerjaan mereka dan mungkin tidak nyaman dengan rutinitas yang terlalu tinggi atau karir yang terlalu terstruktur.

Setelah mengetahui seluk beluk kepribadian INFP, perlu diingat bahwa setiap orang adalah individu yang unik dan tidak semua orang dengan tipe kepribadian INFP akan merasa tidak nyaman dalam semua karir yang tercantum di sini. Sebagian besar tipe kepribadian adalah spektrum, dan setiap orang memiliki kombinasi yang unik dari karakteristik yang membuat mereka unik.

Untuk membantu mengelola karyawan yang ada, Appsensi hadir dengan HR Tools yang memiliki banyak manfaat yang akan sangat menguntungkan dan memudahkan pekerjaan HRD dalam mengelola sumber daya manusia yang ada. Hubungi kami untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Appsensi.

Author Profile

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments