10 Game Teamwork Seru dan Sederhana untuk Team Building

Juni 20, 2022

Dalam membangun kekompakan karyawan, kegiatan team building menjadi salah satu acara yang ditunggu-tunggu. Selain menjadi ajang refreshing, membangun koneksi antar divisi, memberikan kenangan baru bahkan kenangan lucu, game teamwork dapat menjadi kegiatan yang menjadi hiburan dalam acara rapat tahunan, rapat divisi, acara hari-hari besar (17 Agustus, ulang tahun kantor, dsb). 

Mungkin Anda termasuk salah satu panitia dari acara tersebut? Tentu tidak jarang penyelenggara acara team building kehabisan ide baru untuk permainan pada acara-acara tersebut. Mengingat sekarang banyak juga perusahaan yang menerapkan sistem remote-working, berikut sepuluh rekomendasi game teamwork yang dapat Anda lakukan saat bertatap muka dan bagi perusahaan Anda yang menerapkan remote-working.

10 Game Teamwork Seru dan Sederhana untuk Team Building

1. The Mine Field

Permainan ini dapat diterapkan dalam kelompok berjumlah banyak. Bagi tim ke dalam beberapa kelompok. Anda dapat melakukannya di lokasi dengan area luas seperti lapangan, lahan parkir kosong, taman, atau area yang cukup luas jika indoor.

Cara bermain:

Pada area yang telah ditentukan, sebar barang-barang seperti bola, botol, sepatu, sendal, dan sebagainya yang dapat menjadi objek dalam permainan, kemudian buat rute tertentu sebagai titik mulai dan selesai bagi pemain. 

Buatlah tim dalam jumlah genap, kemudian tentukan satu orang yang akan ditutup matanya. Anggota tim lainnya akan berperan sebagai pemandu, tugasnya mengarahkan anggota yang matanya ditutup agar berjalan dari satu titik mulai ke selesai tanpa menginjak benda-benda yang telah disebar. 

2. Tebak Gambar atau Foto

Permainan ini cukup mudah namun menantang. Anda dapat membagi karyawan ke dalam beberapa tim, maupun dimainkan secara individu. Lebih enak bermain dalam ruangan indoor, dengan menyediakan laptop dan proyektor. Permainan dapat meningkatkan rasa kebersamaan antar karyawan, menunjukkan seberapa dekat setiap karyawan.

Cara bermain:

Kumpulkan foto karyawan, Anda dapat mengambilnya dari foto profil, foto gathering, dan sebagainya. Crop foto sehingga hanya tersisa bagian tubuh tertentu, seperti tangan, mata, rambut, alis, kuping, jidat, sesuai kreativitas Anda. 

Anda dapat membuat tiga level, dimana level satu hanya tampil satu bagian tubuh saja namun dengan hadiah paling besar, level dua menampilkan dua clue, dan level tiga menampilkan tiga clue, dimana semakin banyak clue foto yang ditampilkan, semakin sedikit hadiah yang akan didapatkan peserta. Tampilkan setiap potongan foto tersebut, dan biarkan para karyawan menebak potongan foto siapa yang ditampilkan pada layar. 

Baca juga: Mengenal Organizational Culture dan Manfaatnya di Perusahaan

3. Temukan 10 Kesamaan

Permainan ini tidak membutuhkan properti atau peralatan. Dapat dilakukan baik indoor maupun outdoor. Melalui permainan ini diharapkan timbul rasa kebersamaan karena adanya kesamaan antar anggota.

Cara bermain:

Bagi karyawan dalam beberapa tim berjumlah besar. Akan lebih baik apabila pembagian dilakukan berdasarkan divisi kerja, dimana setiap kelompok terdiri dari berbagai macam divisi. Tugas permainan ini cukup sederhana, yaitu setiap kelompok harus lebih dulu menemukan 10 kesamaan yang ada pada satu kelompok. 

4. Siapa nama saya?

Permainan ini dapat dimainkan dalam ruangan dengan berapapun jumlah karyawan. Properti yang digunakan dapat berupa kertas atau post it dan pulpen. Tujuan permainan adalah menebak identitas orang dengan mencari petunjuk melalui pertanyaan format jawaban “Iya” dan “Tidak”.

Cara bermain:

Isi post it atau kertas yang akan ditempelkan dengan nama karyawan, mitra atau klien perusahaan, artis, orang terkenal, dan sebagainya sesuai tema yang Anda tetapkan. Kemudian tempelkan kertas tersebut di punggung salah satu peserta, peserta tersebut harus menjawab dengan tepat nama orang yang ada pada kertas tersebut. Untuk mendapatkan petunjuk, orang yang ditempel kertas dapat menanyakan pertanyaan pada peserta lainnya, dimana peserta lain hanya dapat menjawab “Iya” atau “Tidak”. 

5. Tebak Gaya

Permainan ini melatih daya telepati setiap karyawan. Bagi karyawan ke dalam beberapa tim. Permainan dapat dimainkan baik indoor maupun outdoor. Tujuan permainan ini adalah menebak sebuah kata melalui yang diperagakan oleh setiap pemain. 

Cara bermain:

Kocok urutan tim yang akan maju secara bergiliran. Setelah ditentukan minta tim pertama maju ke depan. Minta tim menentukan urutan dalam berbaris. Kemudian minta setiap peserta mendengarkan lagu kecuali orang pertama dalam urutan berbaris. 

Berikan kata pada orang pertama, dimana kata tersebut harus dideskripsikan melalui gerakan tubuh kepada pemain selanjutnya, tidak boleh menggunakan gerakan mulut. Lagu digunakan agar pemain selanjutnya tidak mendapatkan clue melalui apa yang diucapkan pemain sebelumnya jika pemain sebelumnya gagal menjawab. Semakin cepat anggota tim dapat menjawab kata yang dimaksud, semakin besar hadiah yang didapat. 

6. Dua Kebohongan, Satu Kebenaran

Permainan ini dapat dimainkan secara tatap muka maupun virtual. Jika dilakukan secara virtual Anda dapat menggunakan aplikasi online meeting atau jika secara langsung dilakukan dalam ruangan bersama-sama.

Cara bermain:

Tunjuk satu orang, kemudian minta orang tersebut menyebutkan dua kebohongan dan satu kebenaran tentang diri mereka. Diharapkan melalui permainan ini setiap karyawan akan semakin mengenal satu sama lain dan memancing obrolan.

7. Sketch It!

Jika perusahaan Anda menerapkan sistem remote working, Permainan ini akan cocok dimainkan ketika sedang meeting online bersama tim. Tujuannya adalah untuk membangun komunikasi yang efektif dan jelas antar tim.

Cara bermain:

Setiap orang harus menyediakan alat untuk menggambar. Kemudian tunjuk satu orang untuk mendeskripsikan seseorang atau sebuah objek. Menggunakan deskripsi yang diberikan, anggota lainnya harus menggambarkan apa yang telah disebutkan. Setelah sesi petunjuk habis, masing-masing orang menunjukkan hasil gambar mereka, dan dipilih mana yang paling mendekati jawaban yang benar. 

Baca juga: Berikut Soft Skill yang Harus Dimiliki Karyawan

8. Kategorikan Benda

Permainan ini cocok dimainkan oleh perusahaan Anda yang melakukan kegiatan offline, dengan menggunakan benda-benda yang tersedia di kantor. 

Cara bermain:

Tentukan kategori benda yang harus dikumpulkan karyawan, misalkan berdasarkan warna, fungsi, komposisi, atau kemiripan bentuknya. Kemudian bagi karyawan ke dalam beberapa tim dan minta setiap tim mengumpulkan 20 – 30 benda yang ada di sekitar kantor. 

Tentukan waktu dan area mana saja yang dapat dijelajahi oleh karyawan. Setelah semua benda terkumpul, minta setiap tim mengumpulkan benda sesuai kategori yang telah ditentukan. Tim dengan benda terbanyak di setiap kategori akan mendapatkan poin.

10 Game Teamwork Seru dan Sederhana untuk Team Building

9. Buat Cerita

Permainan ini juga dapat dilakukan bagi perusahaan Anda yang menerapkan remote working. Tujuannya adalah melatih kreativitas karyawan dan membangun tim yang kompak. Selain itu permainan ini dapat melatih komunikasi efektif dalam tim.

Cara bermain:

Buat beberapa tema cerita yang menarik, mungkin berkaitan dengan pekerjaan, karyawan, hobi, dan sebagainya. Kemudian tentukan urutan peserta. Minta orang pertama menyebutkan satu kalimat, kemudian orang selanjutnya mengulang kalimat yang telah disebutkan dan menambahkan satu kalimat lagi. Hingga pada orang terakhir akan tercipta sebuah cerita yang bisa jadi menarik dan lucu. 

10. Cerdas Cermat Kantor

Mungkin perusahaan Anda sedang membuat kebijakan baru, atau sudah saatnya merefresh kembali pengetahuan karyawan tentang perusahaan. Permainan ini cocok digunakan bagi karen hanya membutuhkan list pertanyaan yang dapat Anda sediakan dalam bentuk presentasi ataupun diucapkan dengan lisan. Permainan ini dapat Anda gunakan untuk mensosialisasikan mengenai kebijakan perusahaan, menambah pengetahuan karyawan tentang perusahaan, menambah kedekatan antar divisi, dan sebagainya. 

Cara bermain:

Bagi setiap karyawan ke dalam beberapa tim. Anda dapat mencampur anggota tim dari bermacam divisi. Buat pertanyaan yang berkaitan dengan kantor, seperti prosedur, job desc divisi lain, trivia mengenai kantor, dan sebagainya. Ajukan pertanyaan satu demi satu, dan minta setiap tim menjawab dengan cepat. Tim yang dapat menjawab dengan tepat terlebih dahulu dan meraih skor tertinggi akan menjadi pemenang. Kegiatan ini akan semakin seru apabila setiap tim mempunyai yel-yel atau bunyi bel yang lucu.

Itu dia 10 Game Teamwork sederhana yang dapat Anda gunakan dalam kegiatan perusahaan. Menggunakan permainan memang menjadi salah satu cara kreatif dalam melakukan manajemen karyawan. Selain menjadi ajang refreshing, kegiatan game teamwork dapat meningkatkan kedekatan antar karyawan maupun divisi dalam suasana yang cair dan menyenangkan. 

Mengatur keseruan dalam bekerja dan mengelola kehadiran, payroll, serta memberikan karyawan kemudahan dalam mengakses rincian gaji secara mudah juga sama pentingnya. Appsensi sebagai aplikasi penyedia jasa Absensi Online, Tarik Gaji dan Payroll yang sudah menjadi mitra berbagai UMKM, perusahaan, dan pemerintahan, menyediakan layanan yang dapat memudahkan integrasi absen karyawan dengan perhitungan gaji. Appsensi dapat membantu perhitungan komponen gaji lainnya seperti BPJS Ketenagakerjaan dan PPh 21, sehingga proses payroll dapat dilakukan secara otomatis.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai layanan yang disediakan Appsensi seperti slip gaji online, perhitungan THR dan bonus, pajak, dan laporan penggajian, Anda dapat mengunjungi appsensi.com, atau segera terhubung dengan tim kami melalui link berikut.

Author Profile

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments