Berikut Soft Skill yang Harus Dimiliki Karyawan

Mei 7, 2021

Setiap profesional saat ini dituntut untuk mempunyai soft skill yang mumpuni agar bisa bersaing didunia kerja. Pasalnya, nilai akademik dan hard skill saja tentunya tidak cukup. Dari berbagai penelitian menunjukan bahwa, saat ini soft skill karyawan cenderung lebih penting dari pada hard skill. Kenyataanya kesuksesan jangka panjang seseorang ditentukan oleh soft skill yang mereka miliki, percaya?

Source : pixabay.com

Berikut tim Appsensi rangkum beberapa soft skill, yang harus di miliki oleh karyawan dan seorang profesional saat ini :

Komunikasi yang Baik

Karyawan yang baik harus tahu bagaimana melakukan komunikasi baik dengan rekan kerja, atasan maupun pelanggan. Keterampilan soft skill karyawan seperti kecapakan komunikasi secara personal sangat dibutuhkan untuk melancarkan pekerjaan secara baik seperti saat presentasi, negosiasi dan sebagainya.

Organisasi dan Manajemen

Memiliki kemampuan berorganisasi bisa membantu pekerjaan Anda menjadi lebih baik dalam menerima tanggung jawab. Selain itu skill Manajemen dapat membuat Pekerjaan Anda lebih tertata dari mengelola waktu, tugas dan aktivitas.

Negosiasi 

Negosiasi berperan penting dalam hal pekerjaan, terutama Untuk Anda yang dilibatkan dengen sebuah proyek untuk menghandle customer.

Berpikir Kritis 

Mampu berpikir kritis membuat Anda dapat menganalisa, menemukan solusi dalam pemecahan masalah di lingkungan kerja serta membantu Anda dalam mengambil keputusan secara bijak karena itulah soft skill karyawan ini wajib Anda miliki.

Kerja Sama 

Seorang karyawan harus bisa bekerja sama dengan atasan maupun tim, hal ini perlu untuk mendapatkan produktivitas tim yang handal. Tentu ketika pekerjaan dalam tim mampu diselesaikan dengan cepat akan membuat Anda bisa menyelesaikan tugas lainnya, selain itu dapat bekerja sama dengan baik akan mempengaruhi perkembangan perusahaan kedepannya.

Percaya diri

Sebagian orang rasa memiliki rasa percaya diri dalam lingkungan pekerjaan sulit untuk diterapkan, padahal skill ini diperlukan agar menunjang Karir Anda seperti presentasi, diskusi dengan rekan kerja sampai membawakan acara kantor.

Untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda dapat memulai latihan dibeberapa bidang yang Anda mau. Semakin sering berlatih pada bidang tersebut maka rasa percaya diri Anda akan terus terbangun.

Menguasai Teknologi

Dalam era modernisasi peran teknologi sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, banyak lini perusahaan hampir selalu mencari kandidat yang dapat menguasai teknologi. Sehingga soft skill karyawan ini sangat penting karena sudah menjadi bagian dari suatu pekerjaan.

Untuk Anda seorang profesional HR tentu perlu mengatur absensi karyawan sampai laporan setiap bulannya yang harus valid, Appsensi menawarkan kemudahan seperti :

  1. Data absensi karyawan real-time
  2. Memudahkan monitoring karyawan
  3. Laporan yang memudahkan

Fleksibilitas

Dunia kerja selalu menghadirkan orang dengan sifat yang berbeda sehingga Anda harus dapat membedakan sifat dan perlakuan setiap karyawan dengan khusus, disinilah Anda perlu fleksibilitas dalam diri Anda. 

Selain itu saat ini beberapa perusahaan tidak hanya mengandalkan satu produk saja, untuk bisa bersaing dengan kompetitor biasanya perusahaan menghadirkan produk terbaru, Anda sebagai karyawan dituntut Untuk bisa menyesuaikan diri dengan cepat.

Mengelola Waktu

Skill Anda dalam mengelola waktu menjadi suatu acuan agar Anda dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu sehingga tidak terlambat. Karena bagaimanapun perusahaan memiliki target yang harus dicapai, sehingga Anda sebagai karyawan harus dapat mengelola waktu dengan sebaik mungkin serta disiplin.

Kreatif

Orang kreatif selalu dibutuhkan perusahaan dalam menemukan inovasi baru, banyak karyawan yang kreatif akhirnya mampu berkembang dan memajukan perusahaan, karyawan seperti ini selalu berusaha mencari solusi terbaik dalam setiap pekerjaan yang dilakukanya. Tidak jarang mereka yang kreatif lebih cepat naik posisi jabatan.

Diantara 10 soft skills diatas apakah Anda punya salah satunya dan sudah diaplikasikan dalam dunia kerja?

Pantau produktivitas karyawan dan team Anda dengan Appsensi, gunakan fitur task assignment dan schedule report. klik tombol dibawah :

Baca artikel lainnya :

Dunia HR Prediksi Tahun 2021

Author Profile

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments