6 Cara Menjadi Karyawan yang Baik dan Disayang Bos

Februari 14, 2021

Memiliki karyawan yang baik dan berkualitas adalah harapan semua perusahaan. Karyawan yang baik dan loyal akan membantu sebuah perusahaan untuk mencapai visi-misinya. Sebagai karyawan pun tentu ingin mengupayakan yang terbaik. Bagaimana cara menjadi karyawan yang baik?

6 Cara Menjadi Karyawan yang Baik dan disayang Bos
source: https://www.groupe.io/

Ciri-ciri Karyawan yang Baik

Sebelum mengetahui bagaimana cara menjadi karyawan yang baik, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri karyawan yang baik. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Jujur

Kinerja yang baik saja tidak cukup untuk menunjukkan bahwa Anda adalah seorang karyawan yang baik. Salah satu sikap dan karakter baik yang harus dimiliki oleh karyawan adalah jujur. Tak hanya disukai oleh perusahaan, orang jujur juga akan disukai oleh orang lain yang berhubungan dengannya.

Karyawan yang jujur biasanya juga akan selalu mendapatkan kepercayaan yang lebih dari perusahaan untuk menerima tanggung jawab yang lebih. Karena karyawan yang jujur biasanya lebih bisa diandalkan dan dinilai tidak akan mengambil langkah yang merugikan perusahaan. 

2. Disiplin

Disiplin dan tepat waktu baik saat berangkat kerja maupun dalam mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya merupakan karakter yang harus dimiliki oleh seorang karyawan jik aingin sukses. Sikap disiplin menjadi salah satu karakter yang sangat disukai oleh pimpinan atau atasan. 

Karyawan yang disiplin memiliki kecenderungan untuk mengerjakan pekerjaan tepat waktu tanpa ada delay, tidak suka menunda pekerjaan, dan menyelesaikan tanggung jawab dengan baik. Pimpinan pun akan mengapresiasi karyawan yang senantiasa disiplin dan tidak malas-malasan. 

3. Pekerja keras

Karakter lain yang menjadi ciri karyawan yang baik dan disukai oleh pimpinan adalah kerja keras. Kegigihan seorang karyawan ditunjukkan dari bagaimana sikapnya dalam bekerja. Kerja keras dalam diri karyawan akan mempengaruhi tingkat produktivitas perusahaan. 

4. Sopan santun

Karyawan yang baik harus memiliki etika yang baik di depan rekan kerja, atasan, maupun klien. Sikap sopan santun menjadi nilai tambah pada seorang karyawan. Mereka biasanya juga akan mudah untuk mengikuti kebijakan dan aturan yang berlaku di perusahaan tersebut. 

Tidak boleh lancang dan merasa paling benar apalagi dengan senior atau bahkan pimpinan. Jangan bersikap sombong dan merendahkan junior. Serta jangan merasa paling benar di antara rekan kerja lainnya. Tempatkan diri dengan sebaik mungkin terhadap semua posisi di perusahaan. 

5. Dapat berkomunikasi dengan baik

Menjaga komunikasi yang baik antar rekan kerja maupun dengan atasan sangatlah penting untuk dilakukan seorang karyawan. Komunikasi yang baik akan menciptakan suasana kerja yang nyaman dan team work yang solid. Permasalahan seperti miss communication pun dapat diminimalisir. 

6. Mampu bekerja sama dalam tim

Bekerja dalam suatu perusahaan artinya harus siap berhubungan dengan banyak orang karena Anda tidak bekerja secara independen. Akan banyak momen yang menuntut karyawan untuk bekerja dalam tim. Sehingga seorang karyawan harus mampu bekerja sama dengan baik bersama timnya. 

7. Mudah beradaptasi

Wajar jika saat awal masuk kerja seorang karyawan akan merasa canggung dan bingung akan melakukan apa jika tidak disuruh. Sebagai karyawan yang baik Anda harus belajar beradaptasi dan aktif mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan.

Cara Menjadi Karyawan yang Baik

Penilaian seseorang sudah menjadi karyawan yang baik atau belum bisa dilihat dari hasil kinerja dan karakter yang dimiliki oleh karyawan tersebut. Sehingga bagaimana cara Anda bekerja harus selaras dengan karakter baik seorang karyawan. Berikut ini cara-cara menjadi karyawan yang baik, yaitu:

1. Profesionallah dalam bekerja

Seorang karyawan dituntut untuk selalu bersikap profesional dalam bekerja. Artinya saat waktunya bekerja Anda harus fokus bekerja dan mengurus hal-hal yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh pimpinan. 

Jangan campur adukkan urusan di rumah dengan urusan pekerjaan. Meskipun sedang ada masalah di luar kantor, usahakan untuk tidak bawa-bawa masalah tersebut di dalam perusahaan. Minimalisir melakukan hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan saat sedang bekerja.  

2. Aktif dan pelajari hal-hal baru

Selalu aktif dan tangkas dalam bekerja adalah salah satu cara menjadi karyawan yang baik yang bisa Anda lakukan. Tak perlu ragu untuk belajar banyak hal yang ada di perusahaan tersebut selama tidak menyalahi aturan dan masih berhubungan dengan bidang pekerjaan Anda. 

Dengan selalu aktif dan mempelajari banyak hal-hal baru, skill Anda pun dapat meningkat. Ketika kemampuan sudah meningkat, maka besar kemungkinan produktivitas pun akan meningkat. Karyawan yang seperti ini biasanya bakal disukai oleh pimpinan. 

3. Jangan menolak saran dan kritik

Tidak semua orang bersedia menerima saran dan kritik dari orang lain, apalagi jika ada karakter egois dan selalu merasa paling benar dalam diri orang tersebut. Berusahalah untuk menjadi karyawan yang bisa menerima semua saran dan kritik yang membangun. 

Baik saran dari pimpinan atau atasan, senior, maupun sesama rekan kerja. Jangan pernah menolak saran atau kritik selama itu dapat membangun perkembangan karir yang bagus di depan. Jadikan saran dan kritik tersebut sebagai motivasi untuk menjadi karyawan yang lebih baik lagi. 

4. Selesaikan tugas melebihi ekspektasi perusahaan

Mengerjakan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya dan bisa selesai tepat waktu adalah hal yang bagus dan perusahaan tentu akan mengapresiasinya. Namun, lebih bagus lagi jika Anda dapat menyelesaikan pekerjaan lebih dari ekspektasi yang diberikan oleh perusahaan. 

Misalnya Anda menemukan solusi-solusi tertentu yang dapat berdampak bagus untuk kemajuan perusahaan. Atau bisa juga dengan menyelesaikan tugas jauh sebelum deadline, rapi, efektif, dan efisien. Dengan cara bekerja seperti ini akan membantu Anda untuk meningkatkan karir nantinya.

5. Jalin hubungan dan komunikasi yang baik dengan atasan maupun rekan kerja

Komunikasi adalah salah satu kunci penting yang harus dikuasai saat bekerja. Apalagi jika pekerjaan Anda berhubungan dengan banyak orang. Bersikaplah dengan baik kepada semua orang, hindari bergosip, dan bangun kedekatan tanpa ada keinginan untuk menjilat. 

6. Jadilah mentor yang baik bagi junior

Untuk menjadi karyawan yang baik, Anda harus mampu menempatkan diri sebaik mungkin baik di depan atasan, senior, maupun junior. Jangan mudah merendahkan junior atau bawahan dan jadilah mentor yang baik untuk mereka. Cara menjadi karyawan yang baik tersebut dapat Anda coba untuk dipraktekkan saat bekerja. Berikan yang terbaik semaksimal mungkin jika ingin dihargai dan mendapatkan karir yang bagus di perusahaan.

Author Profile

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments