Ini Manfaat dan Rekomendasi Outing Kantor!

September 2, 2022

Setiap pegawai memiliki kewajiban untuk bekerja demi perusahaan. Kata bekerja sendiri sudah identik sebagai kegiatan yang penuh tekanan. Terlebih lagi banyak sekali project, meeting, acara yang perlu dihadiri dan dilaksanakan oleh karyawan setiap hari. Hal ini pasti membuat mereka mulai merasa lelah dan penat dengan kegiatan yang hanya itu-itu saja. 

Jika kepenatan ini tidak segera diatasi, maka dapat berdampak bagi kinerja karyawan. Performa kinerja karyawan akan turun dikarenakan semangat mereka untuk bekerja akan berkurang. Bahkan, karyawan bisa mengalami stres, yang tentunya berdampak negatif bagi kesehatan fisik maupun psikis mereka. Tentunya hal ini akan sangat merugikan perusahaan. 

Perusahaan harus segera menanganinya jika ingin bertahan. Selain itu, memang sudah merupakan tanggung jawab perusahaan menjadi wadah bagi para karyawannya untuk berkembang. Diperlukan suatu cara untuk memajukan perkembangan karyawan, bukan menurunkan performa mereka. Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengadakan outing kantor.

Ini Manfaat dan Rekomendasi Outing Kantor!

Istilah ini mungkin terdengar asing bagi Anda. Simak artikel berikut untuk mengetahui lebih lanjut mengenai outing.

Pengertian outing

Outing merupakan aktivitas hiburan yang dilakukan di luar kantor dengan tujuan menyenangkan karyawan. Outing berupa acara yang bisa dijadikan perusahaan sebagai salah satu cara untuk memanjakan karyawan yang telah bersusah payah berkontribusi untuk perusahaan. Dengan adanya outing, karyawan dapat berinteraksi di luar lingkungan kerja tanpa membahas pekerjaan. 

Outing kantor juga merupakan cara efektif dalam mendekatkan sesama karyawan. Tujuan dilaksanakan outing kantor yaitu terjalin solidaritas yang kuat sehingga motivasi dan performa kerja karyawan akan meningkat. 

Biasanya karyawan akan jalan-jalan ke tempat wisata, bermain games, atau makan bersama di sebuah restoran ketika melakukan outing. Outing juga bisa dilakukan dengan piknik atau kemah di alam terbuka, karaoke, barbeque, menonton konser musik bersama, dan lain-lain.

Perlu diingat bahwa outing kantor merupakan salah satu bentuk tanggung jawab perusahaan kepada karyawan. Karena sebagai pemberi kerja, perusahaan perlu menyediakan wadah agar para karyawan bisa berkembang. Melalui outing, produktivitas karyawan bisa meningkat dan juga berkembang.

Baca juga: 10 Game Teamwork Seru dan Sederhana untuk Team Building

Perbedaan Outing, Outbound, dan Gathering

Walaupun ketiganya sama-sama perjalanan rekreasi,tetapi secara teknis mereka memiliki perbedaan:

Outing

Berdasarkan definisinya, outing merupakan sebuah perjalanan yang dapat dilakukan sendiri maupun bersama-sama sebagai rekreasi atau jeda dari rutinitas. Outing dapat dilakukan oleh perusahaan, instansi, maupun organisasi. 

Tujuan dari kegiatan ini yaitu sebagai sarana melepaskan kepenatan setelah seluruh pekerjaan atau kegiatan selama satu tahun kerja. Perbedaan yang mencolok antara outing dan outbound yaitu outing hanya berisi tentang hiburan atau bersenang-senang saja. Kalaupun ada permainan di dalam outing pasti hanya berupa permainan ringan yang tidak melelahkan baik secara fisik maupun mental atau mengasah intelegensi seperti outbound

Gathering

Sama seperti outing, gathering merupakan sebuah perjalanan. Hal yang membedakan diantara antara keduanya yaitu gathering tidak bisa dilakukan hanya oleh satu individu saja. Gathering harus dilakukan secara berkelompok. Kegiatan ini bisa berupa wisata alam terbuka, makan di tempat khusus, acara khusus, permainan, dan lain-lain.

Karena dilakukan berkelompok, gathering membutuhkan kepanitiaan. Kepanitiaan ini dibentuk berdasarkan pihak perusahaan atau bisa juga diserahkan pada pihak lain. Segala sesuatu harus dipersiapkan dan dirincikan dengan seksama karena kegiatan ini melibatkan banyak orang sehingga sedikit lebih rumit daripada outing

Gathering sering digunakan perusahaan dalam ajang bertemu rekan kerja atau klien. Ketika gathering dengan rekan kerja atau klien, diperlukan rasa loyalitas  yang tinggi. Berbeda dengan gathering keluarga yang hanya bertujuan untuk melepas rindu.

Outbound

Berbeda dengan yang lain, outbound bukan hanya tentang bersenang-senang. Kegiatan ini bertujuan untuk menguji fisik, mental, bahkan kepemimpinan seseorang. Di dalam acara outbound juga terdapat petualangan dan berbagai aktivitas yang menantang.

Pilihan yang paling sering digunakan dalam acara outbound yaitu wisata alam seperti gunung dan pantai, seperti paintball, flying fox, adventure rafting, dan lain-lain.

Baca juga: Merasa Overwhelmed saat bekerja? Lakukan Trik ini!

Manfaat outing

Walaupun outing merupakan kegiatan bersenang-senang, ada juga beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh karyawan dan perusahaan. Berikut beberapa manfaat outing kantor:

1. Mempererat Keakraban

Manfaat paling utama yang dapat diperoleh yaitu keakraban. Outing yang berjalan dengan lancar dapat dijadikan sebagai strategi dan wadah untuk membangun team building dan bonding antara karyawan. Dalam konteks ini, outing dijadikan sebagai alat komunikasi antar pegawai di berbeda divisi. Karyawan diharapkan menjadi semakin akrab melalui outing. mempermudah menjalin kerja sama antar divisi, serta menghilangkan kecanggungan antara satu sama lain. Berbagai tingkat jabatan mulai dari pimpinan hingga staf juga bisa saling berkomunikasi satu sama lain.

2. Sarana Melepaskan Stress

Tujuan outing seperti yang telah disebutkan sebelumnya, outing merupakan kegiatan untuk bersenang-senang tanpa melibatkan fisik, pikiran, dan emosional tanpa membahas pekerjaan. Oleh karena itu, outing  sering dijadikan sebagai sarana melepaskan stress atau relaksasi.

3. Bentuk Peduli Terhadap Karyawan

Outing juga dapat dianggap sebagai bentuk peduli perusahaan terhadap karyawannya. Karena outing biasanya dilakukan untuk memotivasi para karyawan agar mereka tidak stress atau kelelahan. Selain itu, perusahaan juga memberi kesempatan bagi karyawan untuk berdiskusi seperti destinasi wisata outing, kegiatan outing, dan lain-lain. Tetapi biasanya disertai ketentuan untuk budget.

4. Memotivasi Karyawan

Manfaat lain dari outing kantor yaitu bisa memotivasi karyawan dalam bekerja sehingga memajukan performa perusahaan. Melalui outing ini, Anda bisa membuat kelompok dengan rekan berbeda divisi. Kemudian mereka dapat berdiskusi, berkenalan satu sama lain, dan bahkan berdiskusi mengenai strategi pekerjaan nantinya.

5. Menyatukan Karyawan

Setiap perusahaan tentu memiliki hierarki dan jabatan tertentu. Hal ini tentu membuat batasan alami baik dalam bersikap dan berkomunikasi. Namun, melalui outing, semua hal tersebut tidak diberlakukan. Kesempatan untuk berkomunikasi diberikan secara bebas dan terbuka antara satu sama lain dalam outing.

6. Mempermudah kerja sama

Karyawan akan semakin mengenal dan akrab antara satu sama lain setelah outing dilakukan. Melalui hal tersebut, tentu kerja sama tim akan lebih mudah diciptakan dan dilaksanakan.

Contoh melalui kegiatan outing karyawan bisa lebih mengenali gaya komunikasi rekan kerjanya, bahkan dari divisi yang berbeda. Hal ini karena mereka menghabiskan waktu bersama saat outing. Mereka jadi lebih akrab dan mengenal satu sama lain, yang mana mempermudah mereka kelak ketika ada proyek bersama.

Manfaat Outing

Tips Mengadakan Outing yang Mampu Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Beberapa tips yang dapat dilakukan HR untuk mengadakan outing yang bermanfaat bagi karyawan:

1. Mengadakan kegiatan yang mengasah kreativitas

Untuk meningkatkan produktivitas karyawan, perusahaan dapat mengadakan kegiatan yang mengasah kreativitas. Karena kreativitas memiliki kaitan erat dengan produktivitas. Hal tersebut bisa dilaksanakan dengan membuat karyawan berkreasi, bertukar pikiran, dan berdiskusi dalam kegiatan outing yang diadakan. Selain itu, dengan berkemah di alam terbuka dan melihat keadaan sekitar juga dapat mengasah kreativitas.

2. Membangun relasi dan interaksi

Produktivitas karyawan juga bisa ditingkatkan melalui relasi dan interaksi. Tips untuk hal ini yaitu dengan mengadakan kegiatan yang melibatkan semua pihak, yang mana membuat mereka saling bekerja sama, membangun hubungan kekeluargaan, dan kebersamaan antara satu sama lain baik dari divisi yang berbeda sekalipun.

3. Membuat karyawan merasa dihargai

Melalui outing, Anda sebagai perusahaan berkesempatan untuk meyakinkan perusahaan bahwa kontribusi mereka amat penting untuk perusahaan dan mengakui bahwa mereka merupakan bagian dari perusahaan. Anda dapat menyampaikan ucapan terima kasih atas semua kontribusi yang telah diberikan melalui acara outing. Anda juga bisa memberikan mereka hadiah atau work values yang layak untuk motivasi dalam bekerja.

3. Mendengarkan pendapat karyawan

Anda bisa menggunakan outing untuk mendengarkan berbagai keluh kesah dari karyawan. Karena dalam kegiatan outing semua bentuk komunikasi terbuka, transparan, dan bebas tanpa adanya batasan jabatan ataupun hirarki. Anda bisa menampung hal tersebut dan jadikan untuk mengembangkan perusahaan.

Baca juga: Mengenal Serikat Pekerja dan Peran Mereka dalam Perusahaan

Rekomendasi Destinasi Outing Kantor

Rekomendasi Destinasi Outing Kantor

Berikut beberapa destinasi yang dapat menjadi pilihan Anda, antara lain :

  1. Kampung Rimba Bogor
  2. Kampoeng Legok Bandung
  3. Kaki Gunung Merapi
  4. Malioboro
  5. Bromo dan kota Malang
  6. Pulau Seribu
  7. Bumi Perkemahan Ragunan
  8. Kampung Main Cipulir
  9. Dufan atau Ancol, dst.

Mudah Merencanakan Outing Menggunakan Appsensi

Di tengah kesibukan pekerjaan kantor ini tentu sulit bagi Anda dalam merencanakan sebuah acara outing. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Appsensi dapat menjadi solusi terbaik bagi Anda.

Appsensi merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada solusi HR (Human Resource) yang berdiri sejak tahun 2019. Appsensi memiliki berbagai macam fitur. Fitur tersebut seperti mengatur jadwal kerja, kalender perusahaan, news feed, pencatatan aktivitas karyawan dan sebagainya. Fitur tersebut dapat Anda gunakan untuk mengatur jadwal outing dalam perusahaan. 

Tidak hanya itu, Appsensi juga dapat mencatat aktivitas karyawan secara real-time. Dengan Appsensi, perusahaan juga mudah untuk melakukan integrasi data dengan software HRIS yang telah dan sedang digunakan. Jasa kami digunakan oleh berbagai perusahaan seperti Shopee Food, BNPB, Bank Indonesia, Metrocom Global Solusi, Trubus Bina Swadaya, D’Crepes, Terralogiq, Bhinneka Life, dan masih banyak lagi. 

Tertarik menggunakan Appsensi? Klik link di sini untuk mengetahui lebih lanjut tentang kami. 

Author Profile

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments