Hero Blog HR Tips

13 Situs Test Kepribadian Online untuk Kembangkan Karier

Februari 21, 2023

Article by Marketing Appsensi

Ingin mengetahui tentang karakter diri? Kehadiran berbagai situs tes kepribadian telah membantu banyak orang untuk lebih mengenal diri sendiri. Tes kepribadian (personality test) tak hanya mengungkap mengenai karakter, kepribadian, dan emosional Anda, tapi juga memberi gambaran pekerjaan apa yang cocok dengan Anda. Ada 13 situs tes kepribadian online yang bisa Anda coba untuk kembangkan karier.

Key Takeaways

  • Mengetahui potensi kelebihan, kelemahan serta karakter pribadi akan membantu untuk mengembangkan dan memetakan karir.
  • Terdapat 13 situs tes kepribadian yang bisa diakses secara online dan gratis. Masing-masing dapat mengungkap kepribadian Anda namun dengan metode yang berbeda. 

16 Personalities (16personalities.com)

16 personalities adalah salah satu website populer yang banyak diminati untuk melakukan tes kepribadian online secara gratis.  Seperti Namanya situsnya, terdapat 16 julukan/nama yang dipakai untuk merangkum tipe-tipe kepribadian manusia, seperti commander, protagonist, campaigner, logician, dan sebagainya. 

Tes pada website ini menggunakan metode Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) sebagai dasar pengukuran karakteristik seseorang. Mulai dari kelebihan, kekurangan, sampai rekomendasi karier yang sesuai.

Pada tes ini, Anda harus memberikan jawaban yang paling sesuai dengan kepribadian Anda. Terdapat pilihan dengan tingkat kecocokan yang berbeda-beda, mulai sangat tidak setuju hingga sangat setuju. Hanya dibutuhkan waktu kurang dari 13 menit untuk menjawab. Nantinya akan muncul hasil akhir yang sesuai. 16 personalities banyak digunakan oleh perekrut di perusahaan untuk mengetahui karakter kandidat karyawannya.  

Tes Kepribadian MBTI (mbti.anthonykusuma.com)

Tes kepribadian lain yang bisa Anda ikuti berikutnya adalah MBTI. Tersedia tes dalam Bahasa Indonesia yang bisa Anda akses secara gratis di situs mbti.anthonykusuma.com. Tes kepribadian online ini terdiri dari 60 pertanyaan sederhana. Anda harus memilih jawaban yang jujur dan paling sesuai dengan diri Anda.

Menyelesaikan tes ini akan membantu mengenal diri sendiri secara lebih detail. Mulai dari tipe kepribadian, ciri-ciri tipe kepribadian, saran pengembangan diri, dan profesi apa yang cocok untuk Anda.

Tes Kepribadian MBTI

Baca juga: Kepribadian ISFJ yang Paling Umum Ditemui

Kepribadianku (kepribadianku.com)

Situs tes kepribadian selanjutnya yaitu Kepribadianku. Menurut tes ini, tipe kepribadian manusia dibagi menjadi empat macam, yaitu koleris, sanguinis, plegmatis, dan sanguinis. Menyelesaikan tes ini akan membantu mengungkap tipe kepribadian paling dominan dalam diri Anda. Anda juga akan akan mengetahui tentang bagaimana cara Anda bertindak dan menyesuaikan diri dengan orang lain serta bagaimana Anda mengambil keputusan dalam bertindak.

PsychCentral (psychcentral.com)

Psych Central adalah sebuah platform yang membahas berbagai hal terkait psikologi, mental health, relationship, dan hal lain seputar sosial manusia. Selain menerbitkan informasi berupa artikel yang menarik yang menambah wawasan, Psych Central juga menyediakan banyak tes kepribadian online berupa kuis dengan berbagai topik, seperti indikasi kondisi terkait kesehatan mental, tes karier, tipe emosional, tes kepribadian, hingga tes terkait parenting. 

Bahkan berbagai masalah mental seperti mood, kecemasan, bipolar, depresi, schizophrenia, gangguan makan, atau procrastination, bisa terdeteksi lewat tes kepribadian ini. Sebelum mengikuti beberapa tes kepribadian secara online di situs ini, Anda perlu mendaftar dan membuat akun terlebih dahulu. 

Test Color (testcolor.com)

Test Color merupakan tes kepribadian yang digagas oleh Carl G. Jung. Tes kepribadian menggunakan Test Color ini cukup unik dan menarik. Tipe kepribadian, sifat dan karakteristik akan diprediksi berdasarkan pilihan warna.

Pada tes ini Anda akan diminta mengurutkan warna dari yang paling disuka sampai yang paling tidak disuka. Anda juga akan mendapatkan hasil seputar kepemimpinan, management, hingga tingkat imajinasi Anda.

Crystal Knows (crystalknows.com)

Crystal Knows adalah sebuah situs tes kepribadian online untuk mengenali kepribadian seseorang dengan menggunakan metode DiSC. Menurut metode ini  kepribadian dibagi kedalam 4 tipe, yaitu dominance, submission, influence dan juga compliance. Tes ini akan membantu mengetahui tipe kepribadian serta ciri perilaku individu berdasarkan tipe-tipe yang tersebut. Metode DiSC sendiri menjadi cara yang banyak digunakan setelah MBTI. 

Pada tes ini akan ada 4 pernyataan yang ditampilkan. Anda hanya perlu memilih mana yang paling sesuai dan paling tidak sesuai dengan diri Anda. Tiap soal dilengkapi penjelasan. Jadi jika Anda tidak memahami apa yang dimaksudkan, Anda bisa melihat penjelasan pada simbol di sebelah tiap pernyataan. Hasil dari tes kepribadian ini menarik untuk dipahami.

Interpersonal Skills Self-Assessment (skillsyouneed.com)

Salah satu tes kepribadian yang bisa Anda coba adalah interpersonal skills self assessment dari Skills You Need. Tes ini menilai aspek keterampilan Anda dalam bersosial, berkomunikasi, dan bekerja secara tim. Selain membantu mengenal diri secara lebih mendalam, Anda juga akan mendapatkan saran yang bisa Anda lakukan agar menjadi lebih baik kedepannya.

Emotional Intelligence Quiz (ihhp.com)

Kecerdasan emosi menjadi salah satu hal yang penting untuk diketahui selain kepintaran seseorang. Dengan mencoba emotional intelligence quiz dari IHHP, Anda bisa mengetahui seberapa baik kecerdasan emosi Anda serta mendapatkan saran mengenai hal yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan kecerdasan tersebut.

Psychology Today (psychologytoday.com)

Seperti PsychCentral, Psychology Today juga bisa menjadi alternatif untuk  mengetahui tentang kesehatan mental. Disamping itu, situs ini juga dilengkapi dengan tes kepribadian. Tes tersebut dibagi ke dalam lima kategori, yakni IQ, karier, kesehatan, relationship, dan personality.

Psychology Today

EQ Test Goleman (arealme.com)

Tes kepribadian ini dirancang berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Daniel Goleman, seorang psikolog dan jurnalis sains New York Times. Goleman juga dikenal melalui bukunya yang membahas kecerdasan emosional, berjudul Emotional Intelligence: Why It Can Matter More than IQ. Tes EQ Test Goleman membahas bagaimana kecerdasan emosional membentuk kepribadian dengan menyajikan pertanyaan dalam bentuk studi kasus.

My Next Move O*NET Interests Profiler (mynextmove.org)

O*NET Interests Profiler merupakan tes kepribadian yang dirancang oleh Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat. Melalui tes ini Anda bisa mengetahui di mana minat karier Anda. Anda juga akan diarahkan ke jalur karir apa saja yang sesuai dengan minat tersebut. Sekaligus memberikan Anda informasi mengenai apa saja yang perlu Anda lakukan agar bisa menjalani karier tersebut.

Hexaco Personality Inventory (hexaco.org)

Tes kepribadian Hexaco Personality Inventory membagi tipe kepribadian dalam 6 dimensi. Dimensi tersebut adalah honesty-humility, emotionally, extraversion, agreeableness, conscientiousness, and openness to experience. 

Sonaku

Sonaku adalah situs yang digunakan sebagai alat penilaian karier dan tes kepribadian, menganalisis latar belakang, minat, dan tujuan Anda untuk menentukan jalur karier yang ideal. Setelah menyelesaikan tes ini, Anda akan memperoleh gambaran kepribadian yang dapat disortir untuk menjelajahi berbagai pilihan karier dan tempat kerja sebelum menentukan rencana karir Anda.

Baca juga: Mentoring: Jenis, Tipe, Tahapan dan Bedanya dengan Coaching

Itulah beberapa rekomendasi situs tes kepribadian terpercaya yang dapat Anda akses di internet. Mengetahui tentang potensi diri secara mendalam akan memudahkan anda dalamĀ  pengembangan karir kedepannya. Tak perlu menunggu lama, hasil dari tes kepribadian melalui situs di atas bisa langsung Anda ketahui begitu Anda menyelesaikan tes. Klik di sini untuk cari tahu seputar tes kepribadian lainnya dari Appsensi.

Marketing Appsensi

HR Software Solutions

Artikel Terkait

Top Artikel

TOC Icon