Bagaimana Penerapan E-Kinerja di Pemerintah

Mei 21, 2022

E-Kinerja saat ini tengah diterapkan oleh Pemerintah baik di daerah dan kota untuk menciptakan sistem pemerintahan yang e-government yang akuntabel dan meningkatkan pendapatan resmi PNS atau ASN sesuai dengan kinerja dan beban kerja pegawai.

penerapan e kinerja di pemerintah

Laporan yang diunggah ke aplikasi E-Kinerja tidak hanya aktivitas yang dilakukan oleh pegawai tetapi menilai output hasil pekerjaannya walaupun absensinya sudah 100 persen. Selain itu ada beberapa indikator yang digunakan untuk mengukur kinerja pegawai agar mendapatkan tunjangan secara penuh, indikator yang digunakan adalah:

a.     TPP berdasarkan beban kerja.

b.     TPP berdasarkan prestasi kerja.

c.     TPP berdasarkan tempat bertugas.

d.     TPP berdasarkan kondisi kerja.

e.     TPP berdasarkan kelangkaan profesi, dan/atau

f.      TPP berdasarkan pertimbangan objektif lainnya.

Selain untuk meningkatkan kinerja organisasi dan aparatur, E-Kinerja memiliki tujuan lain yaitu sebagai salah satu instrumen dalam penataan dan penyempurnaan organisasi, alat ukur prestasi kerja organisasi dan aparatur serta untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai.

Penerapan E-Kinerja sendiri diharapkan dapat mendorong terciptanya kompetisi sehat antara aparatur, meningkatkan kompetensi SDM, menumbuhkan kreativitas dan inovasi kerja lebih tinggi serta merekam pekerjaan harian aparatur sesuai dengan jabatan dan beban kerja masing-masing.

Alur Validasi TPP ASN dan PNS

Alur untuk mendapatkan validasi TPP ASN meliputi permohonan usul persetujuan kepada Direktorat Jenderal (Ditjen), Bina Keuangan Daerah (Keuda) tembusan biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Kemendagri. Dilanjutkan Pemda melakukan input penjabaran TPP di Sistem Informasi Monitoring dan Pelaksanaan Anggaran (SIMONA) atau E-Kinerja.

Sementara itu, dokumen yang perlu disiapkan untuk melakukan validasi antara lain Surat Keputusan (SK) Tim TPP, Peraturan Kepala Daerah tentang TPP, Excel Penjabaran TPP dan Evidence Tahun 2022, dan rekomendasi dari Kementerian PANRB terkait dengan hasil evaluasi jabatan Pemerintah Daerah. 

Baca Juga: Ini dia bentuk laporan Harian TPP Pemerintah dan Fungsinya

Lalu evidence tambahan jika terdapat kondisi di mana kelas jabatan tertentu mendapatkan TPP lebih besar dibandingkan kelas jabatan di atasnya. Selain itu juga evidence tambahan jika terdapat kondisi kelas jabatan yang sama pada OPD tertentu mendapatkan TPP yang lebih besar. Terakhir, surat pertanggungjawaban mutlak bahwa data yang disampaikan adalah data yang sebenarnya.

Persingkat Waktu Kelola TPP dengan E-Kinerja Appsensi

Dalam mendapatkan perhitungan TPP yang sesuai, dibutuhkan laporan hasil kinerja harian untuk direkap bulanan terlebih dahulu. Hasil rekap tersebut akan menjadi dasar pembayaran tunjangan kinerja.

Untuk membuat rekapan data hasil kinerja dan menghitung data-data pegawai selama sebulan tentunya dibutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk mengolah data dan sangat rawan adanya kesalahan hitung atau human-error. Sehingga jam kerja pegawai yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk mengerjakan pekerjaan lain menjadi tersita dan mengurangi produktivitas pegawai.

Appsensi sebagai aplikasi E-Kinerja, memberikan solusi terbaik untuk menjawab keresahan dalam pengolahan data karyawan dan menghitung E-TPP sesuai dengan beban kerja karyawan.

Data absensi online Appsensi telah terintegrasi dengan aplikasi E-Kinerja sehingga perhitungan TPP jadi lebih mudah, transparan dan otomatis. Dengan Appsensi, perusahaan tidak perlu mengganti semua system, Appsensi akan melakukan integrasi data dengan software HR baik dari mulai Master Data Karyawan, Kustomisasi Laporan, Persetujuan dan lain sebagainya hanya dalam satu aplikasi.

Sistem yang serba otomatis tersebut tentunya akan mempersingkat waktu untuk perhitungan TPP pegawai menjadi lebih cepat dan tepat. Tidak hanya itu, laporan dan perhitungan yang disediakan oleh Appsensi akan terjamin lebih akurat dan terhindar dari human-error.

Bersama Appsensi, diharapkan lingkungan kerja e-government akan semakin terbentuk pada setiap pemerintahan di Indonesia.

Author Profile

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments