E-Kinerja: Aplikasi Monitoring bantu ukur kinerja dan disiplin pegawai

Mei 22, 2022

Salah satu program pemerintah yang saat ini tengah dilirik adalah mewujudkan praktik good governance dalam penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan untuk dilakukan secara profesional, transparan dan akuntabel sehingga sesuai dengan aturan pokok yang ditetapkan dalam undang-undang.

Ada nya peningkatan kinerja dan kebutuhan para ASN membutuhkan satu platform yang bisa mengakomodir kebutuhan itu semua. Aplikasi monitoring untuk ASN atau saat ini yang dikenal dengan e-kinerja menjadi salah satu solusi yang dibutuhkan untuk pemerintah baik di kabupaten, daerah, ataupun kota. Aplikasi E-Kinerja ini diciptakan dengan harapan dapat mewujudkan keinginan tersebut dengan berdasarkan pada:

·       Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara

·       Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil

·       Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil

tampilan e-kinerja

·       Peraturan Menteri Keuangan Nomor 72 Tahun 2016 tentang Uang Makan Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara

·        PermenPAN dan RB Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja, dan Tata Cara Reviu Atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah

·       PermenPAN dan RB Nomor 25 Tahun 2016 tentang Nomenklatur Jabatan Pelaksana Bagi Pegawai Negeri Sipil  di Lingkungan Instansi Pemerintah

·        Peraturan Kepala BKN Nomor 20 Tahun 2011 tentang Pedoman Penghitungan Tunjangan Kinerja PNS

·       Peraturan Menteri tentang Tunjangan Kinerja masing – masing Kementerian/Lembaga

·        Peraturan Menteri Keuangan tentang Standar Biaya Masukan yang berlaku sebagai acuan perhitungannya maka dibuat suatu aplikasi Sistem Elektronik Kinerja (E-KINERJA) Pemerintah yang merupakan program aplikasi komputer untuk mendukung dan mempermudah satuan kerja dalam melakukan pencatatan serta pelaporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan kinerja aparatur sipil negara (ASN).

E-Kinerja dan tujuannya

E-Kinerja atau Aplikasi Elektronik Kinerja adalah sebuah aplikasi berbasis web yang digunakan oleh Pemerintah baik Kabupaten maupun Kota untuk membantu proses analisis kebutuhan jabatan, beban kerja jabatan dan beban kerja/unit satuan kerja sebuah organisasi.

E-Kinerja ini dibangun dengan tujuan untuk memudahkan penyimpanan dan pengelolaan data kinerja pegawai ASN dengan memanfaatkan teknologi informasi secara terinci.

Data yang dikelola oleh E-Kinerja

Data-data yang dikelola oleh E-Kinerja adalah sebagai berikut:

·       Absensi kehadiran secara elektronik serta rekap kehadiran

·       Rekap pembayaran uang makan, tunjangan kinerja serta entry data ASN

·       Laporan penyusunan sasaran kinerja pegawai (SKP) para ASN

·       Laporan penilaian prestasi kerja ASN tahunan

Dengan adanya E-Kinerja, waktu yang dibutuhkan untuk membuat laporan, baik laporan absensi kehadiran hingga laporan penilaian prestasi kerja ASN, dapat secara otomatis direkap dan dapat diambil sesuai kebutuhan per bulanan, per triwulan, per semester ataupun per tahun secara elektronik.

Baca Juga: Bagaimana penerapan e kinerja di pemerintah

Manfaat E-Kinerja

E-Kinerja secara teknis memiliki beberapa manfaat selain untuk meminimalisir kecurangan, yaitu sebagai alat monitoring serta evaluasi dan tolak ukur tingkat kedisiplinan pegawai negeri sipil. Selain itu, E-Kinerja memiliki manfaat lainnya untuk Pemerintahan yaitu:

·       Monitor untuk control kehadiran pegawai

E-Kinerja adalah solusi baru untuk para pemimpin lembaga untuk memonitor kehadiran setiap pegawainya. Aplikasi dibentuk dan disesuaikan dengan kemampuan penggunanya hingga mudah digunakan.

·       Mampu tingkatkan kinerja pegawai

Dengan data absensi tersusun dengan baik, para pegawai dapat melihat hasil tunjangan kinerja mereka berdasarkan persentase penilaian di aplikasi, sehingga hal ini akan mendorong kinerja pegawai menjadi jauh lebih baik.

·       Mempersingkat Manajemen Birokrasi

Setiap informasi yang masuk kedalam aplikasi akan memudahkan para SKPD untuk menginput data secara otomatis sehingga pembuatan rekap bulanan data pegawai beserta tunjangannya akan semakin singkat dan tepat

·       Indikator Pemberian Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP)

E-Kinerja membuat para pegawai menjadi lebih rajin dan produktif sehingga setiap pegawai akan diberikan upah sesuai dengan kinerjanya masing-masing.

Baca Juga: Aplikasi TPP dari Appsensi

Appsensi sebagai E-Kinerja

Fitur-fitur yang dibutuhkan oleh Pemerintahan untuk membentuk good governance tersedia pada Appsensi. Mulai dari monitor kehadiran karyawan hingga penghitungan gaji serta tunjangan karyawan telah tersedia pada fitur-fitur Appsensi.

Mulai dari Fitur Absensi Online, Fitur Payroll, Earned Wage Access (EWA), Live-Tracking, Manajemen Shifting, Pengajuan Cuti dan Lembur, Perhitungan Pajak PPh21 terbaru hingga klaim cuti atau klaim reimburse dan lain sebagainya.

Dengan Appsensi, semua proses birokrasi administrasi akan semakin mudah, singkat, tepat dan terotomasi, sehingga Anda tidak perlu khawatir adanya kesalahan akibat human-error ataupun salah input data.

Baca Juga: Maksimalkan Kinerja ASN dan PNS Dengan E-TPP

Author Profile

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments