Ketahui 5 Cara Mengatasi Kinerja Karyawan yang Menurun dengan Efektif

Februari 26, 2021

Tidak ada manusia yang sempurna, begitu pula dalam suatu perusahaan. Tidak ada karyawan yang sempurna mengikuti semua ekspektasi perusahaan. Ada kalanya perusahaan akan menemui kinerja karyawan yang buruk. Bagaimana cara mengatasi kinerja karyawan yang menurun?

Ketahui 5 Cara Mengatasi Kinerja Karyawan yang Menurun dengan Efektif
source: https://www.lynda.com/

Penyebab Kinerja Karyawan Menurun

Ada sebab tentu ada akibat. Tidak mungkin karyawan yang tadinya rajin dan kinerjanya sangat bagus tiba-tiba menurun performanya tanpa ada penyebabnya. Hal ini tentu harus diselidiki oleh perusahaan agar tidak berimbas lebih jauh terhadap produktivitas dan kondisi finansialnya. 

Berikut ini beberapa faktor penyebab yang mungkin saja menjadi penyebab kinerja karyawan menurun, di antaranya:

1. Faktor Internal

Faktor internal merupakan faktor penyebab yang berasal dari internal perusahaan. Penyebabnya tak jauh-jauh dari lingkungan kantor itu sendiri. Baik dari atasan, karyawan, maupun faktor pendukung seperti alat kerja dan lain sebagainya. 

  • Pertengkaran Antar Karyawan

Kejadian seperti ini sering sekali terjadi di antara karyawan yang tidak memiliki pemahaman yang sama. Biasanya disebabkan karena perbedaan pendapat dan argumen yang memicu konflik hingga saling berselisih paham. 

Konflik tersebut bisa terlihat secara terang-terangan atau hanya dipendam oleh masing-masing karyawan yang terlibat sehingga saling bersikap dingin. Hal ini tentu saja akan berdampak pada kerja sama yang kurang baik dan dapat mempengaruhi produktivitas. 

  • Remunerisasi yang Kurang Sesuai

Pendapatan atau gaji yang diberikan kepada setiap karyawannya terkadang dinilai kurang sesuai dengan beban kerja yang mereka kerjakan. Hal ini bisa menyebabkan karyawan menjadi kurang maksimal dalam bekerja karena merasa upah yang didapatkan masih kurang atau minim. 

  • Fasilitas yang Tidak Memadai

Kurangnya fasilitas untuk menunjang pekerjaan karyawan akan sangat berpengaruh terhadap kinerja karyawan itu sendiri. Bisa jadi mereka akan bekerja dengan tidak maksimal dan asal-asalan karena kurangnya fasilitas dan tunjangan. Mereka pun akan bekerja dengan setengah hati. 

  • Minimnya Apresiasi

Apresiasi yang kurang dari perusahaan untuk karyawan bisa menjadi penyebab demotivasi pada karyawan. Mereka akan merasa disepelekan dan kurang bersemangat dalam bekerja karena hasilnya akan sama saja dan tidak akan mendapat apresiasi meskipun bekerja dengan giat. 

2. Faktor Eksternal

Faktor eksternal artinya faktor penyebab yang berasal dari luar lingkungan perusahaan. Faktor eksternal tersebut bisa datang baik dalam diri karyawan maupun tubuh perusahaan secara keseluruhan. 

  • Permasalahan Keluarga

Apa yang terjadi dalam keluarga karyawan akan berdampak juga pada kinerjanya di kantor atau perusahaan. Jika di rumah mereka mengalami suatu masalah, maka tingkat stress mereka akan meningkat dan menyebabkan kurang fokus dalam bekerja. 

  • Karakter Dasar

Setiap manusia memiliki karakter yang berbeda-beda. Sifat dasar manusia dan egoisme yang tinggi dapat mempengaruhi cara mereka bekerja. Sehingga penting untuk mengetahui lebih dalam bagaimana karakter seseorang saat interview kerja. 

  • Motivasi yang Minim

Motivasi adalah suatu alasan seseorang melakukan sesuatu. Ketika motivasi seseorang tinggi maka mereka pun akan lebih semangat dalam bekerja. Sebaliknya, jika motivasi karyawan turun, maka kinerja pun akan menurun. 

Cara Mengatasi Kinerja Karyawan yang Menurun

Cara mengatasi kinerja karyawan yang menurun tidak bisa dilakukan dalam sekejap dan langsung membuahkan hasil. Bagaimanapun juga ada proses dan langkah-langkah yang harus dilalui hingga akhirnya peningkatan kinerja karyawan dapat tercapai. 

Sebagai pimpinan perusahaan atau seseorang yang bekerja di bidang personalia sangat penting untuk mengetahui langkah-langkah apa yang harus dilakukan agar kinerja karyawan tidak menurun. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut, di antaranya:

1. Memberikan Pujian yang Sesuai

Semua orang akan senang jika diberi pujian karena merasa apa yang dilakukannya dihargai dan mendapat apresiasi. Anda bisa memberikan pujian atas prestasi yang telah berhasil dilakukan oleh karyawan. Jangan lupa untuk memberinya semangat juga agar karyawan semakin termotivasi. 

Meskipun terdengar sederhana, memberi pujian dinilai cukup ampuh untuk meningkatkan motivasi seorang karyawan. Apalagi yang memberi pujian tersebut adalah atasannya langsung. Karyawan akan merasa sangat senang dan puas sehingga mereka akan terus meningkatkan kinerjanya. 

2. Memberi Apresiasi Berupa Bonus

Rasa bosan dalam diri karyawan bisa jadi muncul kapan saja. Apalagi jika mereka terus-menerus melakukan rutinitas yang sama dan dengan pendapatan yang sama tanpa adanya peluang untuk mendapatkan apresiasi berupa bonus atau kenaikan gaji. 

Untuk meningkatkan motivasi karyawan yang kinerjanya menurun, Anda bisa memberikan apresiasi berupa bonus atau kenaikan gaji dengan syarat. Misalnya, jika berhasil menyelesaikan proyek tertentu maka karyawan tersebut akan mendapatkan hadiah bonus sebagai bentuk apresiasi. 

3. Mengadakan Gathering

Dalam rangka meningkatkan kekompakan sesama karyawan maupun antara karyawan dan atasannya, Anda bisa mengadakan gathering dengan kegiatan yang seru dan menyenangkan. Bantu karyawan Anda untuk sejenak melupakan kepenatan dari rutinitas sehari-harinya di kantor. 

Acara gathering seperti outbound, travelling bersama, makan siang bersama bisa memperkuat kebersamaan karyawan dalam suatu perusahaan. Mereka pun akan menjadi tim yang solid dan kompak sehingga kerja sama yang baik dapat terjalin. 

4. Memberi Konsultasi

Karyawan juga manusia biasa yang terkadang merasa jenuh sehingga mengalami demotivasi. Tak jarang ada juga yang kinerjanya menurun karena mengalami permasalahan di luar kantor sehingga tingkat stresnya meningkat. 

Anda bisa membantu mereka dengan memberikan konsultasi terlebih dahulu dan mengajak berbincang dengan mereka. Cari tahu akar permasalahannya dan bantu sebisa mungkin. Beri semangat dan motivasi agar karyawan bisa lebih kuat menghadapi masalah yang sedang terjadi. 

5. Meningkatkan Fasilitas

Jaringan internet yang lemot, komputer yang pentiumnya sudah jadul tentu akan sangat mempengaruhi produktivitas kerja karyawan. Pekerjaan mereka menjadi tersendat karena lambannya fasilitas yang mereka miliki. Ada baiknya Anda meningkatkan fasilitas yang memadai. 

Tujuannya agar mereka lebih produktif dan semangat dalam bekerja. Sehingga masalah-masalah sepele seperti komputer yang rusak dan lemot yang seringkali mengganggu mood dalam bekerja dapat diminimalisir. 

Karyawan adalah tonggak penting yang membantu perusahaan mencapai visi-misinya. Sehingga kepuasan dan kesejahteraan karyawan sangat penting untuk diperhatikan. Anda bisa mengikuti cara mengatasi kinerja karyawan yang menurun tersebut jika hal ini terjadi di perusahaan. Oleh karena itu, lakukan dengan baik agar karyawan pun tidak tersinggung. Tetap pantau produktivitas karyawan dan team Anda dengan Appsensi, memonitor kinerja karyawan jadi lebih mudah dan efektif.

Author Profile

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments