Harus Tau Ini Dia Cara Memotivasi Karyawan untuk Meningkatkan Kinerja agar Maksimal

Februari 12, 2021

Motivasi yang menurun atau demotivasi saat sedang bekerja adalah suatu hal yang wajar. Jika karyawan Anda mengalami hal tersebut, tentu hal ini harus segera diatasi agar tidak mempengaruhi produktivitas. Oleh karena itu, ketahui dahulu apa saja cara memotivasi karyawan untuk meningkatkan kinerja.

Penyebab Motivasi Karyawan Menurun

Seorang pemimpin perusahaan yang baik akan menyadari bahwa motivasi karyawan adalah salah satu kunci sukses yang akan mempengaruhi kinerja perusahaan. Motivasi yang tinggi juga sumber semangat karyawan. Lalu, apa yang bisa menyebabkan motivasi karyawan menurun?

1. Kurangnya Apresiasi

Jenjang karir yang terus meningkat dengan peluang naik gaji atau jabatan adalah harapan semua karyawan yang bekerja dalam suatu perusahaan. Sehingga dapat memotivasi karyawan untuk melakukan yang terbaik dan terus semangat dalam bekerja. 

Jika perusahaan tidak bisa memberi apresiasi dan peluang kepada karyawannya untuk maju, maka wajar jika karyawan lama-lama merasa jenuh dan enggan meningkatkan kinerjanya dengan baik. Karyawan perlu ruang yang leluasa untuk berkreativitas dan berhak untuk mendapatkan apresiasi. 

2. Adanya Diskriminasi di Kantor

Perlakuan diskriminasi biasanya terlihat saat pimpinan membeda-bedakan perlakuannya kepada para karyawan. Ada yang diunggulkan dan diperlukan dengan sangat baik, ada juga yang diabaikan. Karyawan yang diabaikan akan merasa didiskriminasi dan tak dianggap oleh atasan. 

Sehingga hal tersebut dapat memicu motivasi untuk bekerja menjadi menurun. Karena menurut karyawan mau rajin atau tidak rajin bekerja akan sama saja. Hal ini lantaran pimpinan bersifat diskriminatif dan tidak memandang kerja keras karyawan yang sudah bekerja maksimal. 

3. Tidak Ada Peningkatan Karir

Semua karyawan tentu berharap mendapatkan pekerjaan yang memiliki jenjang karir tinggi. Perusahaan harus memberi peluang kepada semua karyawannya agar mau maju dan meningkatkan kinerjanya sehingga bisa mendapatkan karir yang lebih baik. 

Namun, jika tidak ada peluang untuk meningkatkan karir baik dari segi jabatan maupun peluang karena ada praktek nepotisme atau faktor lain misalnya, maka hal tersebut akan menurunkan motivasi. Karyawan cenderung akan kurang bersemangat dalam bekerja dan tidak termotivasi lagi. 

4. Tidak Ada Jaminan yang Jelas

Perusahaan wajib memberikan hak-hak karyawan termasuk di dalamnya gaji, fasilitas, dan tunjangan-tunjangan lainnya. Jaminan akan kesehatan dan kesejahteraan karyawan juga wajib diberikan agar karyawan merasa terlindungi selama bekerja di perusahaan tersebut. 

Hak-hak karyawan tersebut diatur dalam peraturan perundang-undangan tentang ketenagakerjaan. Jika perusahaan tidak bisa memenuhi hak-hak karyawan secara mutlak, karyawan bisa saja menjadi tidak termotivasi dan kurang bersemangat dalam bekerja. 

5. Pekerjaan yang Monoton 

Rutinitas yang monoton dan itu-itu saja yang dilakukan di kantor setiap harinya dapat memicu rasa bosan dalam diri karyawan. Apalagi jika dalam pekerjaan tersebut tidak ada tantangan baru yang bisa memotivasi karyawan. 

Karyawan perlu mendapatkan peluang untuk mencoba hal-hal baru yang menantang agar energinya terus meningkat setiap harinya. Mereka akan lebih bersemangat karena hari-hari yang dihadapinya tak lagi membosankan. 

6. Kebutuhan akan Pengakuan

Sudah menjadi tabiat setiap orang yang memiliki rasa ingin dihargai dan mendapatkan pengakuan dari orang-orang sekitar khususnya pimpinan dan rekan kerja. Pujian yang tulus dan pengakuan akan kinerja yang telah dilakukannya dapat memberi arti tersendiri bagi karyawan. 

Sebaliknya, jika karyawan terus-terusan diomelin dan dimarahin atas kesalahan yang masih bisa ditolerir, mereka akan merasa tidak dianggap dan kurang termotivasi lagi saat bekerja. Meskipun hal sederhana, apresiasi memiliki arti penting bagi karyawan. 

Harus Tau Ini Dia Cara Memotivasi Karyawan untuk Meningkatkan Kinerja agar Maksimal
source: https://www.kajianpustaka.com/

Cara Memotivasi Karyawan untuk Meningkatkan Kinerja

Ada banyak cara memotivasi karyawan untuk meningkatkan kinerja yang bisa dilakukan oleh perusahaan. Karyawan yang memiliki motivasi dan semangat yang tinggi akan mempengaruhi tingkat produktivitas yang tinggi. Berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan motivasi:

1. Hargai Ide-ide Karyawan

Beri kesempatan kepada karyawan untuk menyampaikan ide-ide briliannya demi kemajuan perusahaan. Dengarkan setiap ide yang disampaikan dan hargai dengan baik meskipun ada sedikit rasa tidak setuju. 

Karyawan akan merasa dihargai dan dianggap karena ide-idenya didengarkan dengan baik oleh atasannya. Motivasi untuk bekerja pun akan meningkat sehingga karyawan bisa lebih semangat dalam bekerja dan produktivitas perusahaan pun akan meningkat. 

2. Bantu Perencanaan Karir Karyawan

Sudah menjadi hal yang lumrah jika karyawan menginginkan jenjang karir yang bagus saat bekerja di suatu perusahaan. Anda sebagai atasan harus mampu melihat kemampuan karyawan yang berpotensi maju dan bantu mereka untuk merencanakan jenjang karirnya. 

Sesuaikan keterampilan yang karyawan miliki dengan jabatan yang bisa Anda berikan melalui penilaian yang objektif. Karyawan yang tadinya mungkin merasa bosan akan lebih termotivasi lagi karena ada harapan karir dan gajinya bisa meningkat di masa depan. 

3. Memberikan Apresiasi

Apresiasi untuk karyawan dari atasan bisa dalam berbagai bentuk. Mulai dari kata-kata pujian karena telah melakukan kerja dengan baik, pemberian bonus, insentif, atau kenaikan jabatan dan gaji. Beri apresiasi sesuai dengan performa karyawan agar tidak menimbulkan rasa iri karyawan lain. 

Lakukan pengamatan yang adil dan apresiasi harus tepat sasaran. Adanya apresiasi-apresiasi tersebut dapat membuat karyawan termotivasi untuk terus meningkatkan kinerjanya dengan baik. 

4. Buat Suasana Kerja yang Nyaman dan Menyenangkan

Suasana kerja yang nyaman dan menyenangkan akan mempengaruhi mood karyawan dalam bekerja. Suasana tersebut bisa tercipta tidak hanya dalam bentuk fasilitas, namun juga atasan yang baik serta rekan kerja yang solid akan membuat karyawan merasa betah. 

Bantu karyawan untuk merasa nyaman menyampaikan aspirasinya hingga tak perlu ada kecanggungan. Namun, sebagai pemimpin Anda harus tetap tegas dan berwibawa agar tetap disegani oleh para karyawan. 

5. Buat Kegiatan yang Seru 

Pekerjaan yang monoton setiap harinya di kantor cenderung menimbulkan rasa bosan dalam diri karyawan. Ada kalanya Anda perlu mengadakan kegiatan yang seru dan menyenangkan di luar kantor dan melibatkan semua karyawan. 

Kegiatan-kegiatan tersebut bisa berupa outbound untuk meningkatkan kekompakan, outing, gathering, piknik bersama, makan siang bersama, atau seminar motivasi. Sesekali karyawan perlu refreshing agar bisa sejenak melupakan kepenatan sehingga dapat membangkitkan motivasi kembali. 

Perusahaan perlu menyadari bahwa karyawan adalah aset berharga yang dimiliki sehingga harus diperlakukan dengan sebaik mungkin. Ketika motivasi para karyawan turun, maka perusahaan perlu bertindak dengan mengikuti cara memotivasi karyawan untuk meningkatkan kinerja di atas. 

Author Profile

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments