Ternyata Sangat Mudah! Ini 5 Cara Menghilangkan Kejenuhan Dalam Bekerja

Februari 11, 2021

Merasa bosan dan jenuh mengerjakan rutinitas yang itu-itu saja setiap harinya adalah hal yang wajar. Apalagi jika Anda telah menjalaninya bertahun-tahun karena tuntutan pekerjaan, tentu bukan hal yang mudah. Bagaimana cara menghilangkan kejenuhan dalam bekerja?

Ternyata Sangat Mudah! Ini 5 Cara Menghilangkan Kejenuhan Dalam Bekerja
source: https://telisik.id/

Penyebab Rasa Jenuh di Kantor

Sebelum mengetahui bagaimana cara menghilangkan kejenuhan dalam bekerja ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkan rasa jenuh itu timbul. Berikut ini beberapa penyebab rasa jenuh di kantor yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. Pola Kerja yang Monoton dan Berulang

Rasa bosan biasanya timbul karena terus-menerus melakukan pekerjaan yang sama setiap harinya tanpa ada celah untuk melakukan hal yang berbeda. Wajar jika sesekali Anda merasa bosan saat sedang bekerja karena setiap hari harus bekerja dengan rutinitas yang sama. 

Anda dituntut untuk melakukan pola kerja yang monoton dan berulang setiap hari dari waktu ke waktu. Jika Anda bisa bertahan lama hingga hitungan tahun, hal tersebut bisa dibilang sesuatu yang luar biasa. Tak heran jika kadangkala ada yang memilih resign hanya karena sudah merasa jenuh. 

2. Menganut Nilai Budaya di Rumah yang Berbenturan dengan Nilai Kantor

Sudah menjadi rahasia umum jika dalam suatu perusahaan pasti ada nilai kompetisi antar rekan kerja. Entah demi jabatan atau karena menginginkan kenaikan gaji. Agar kompetensi yang dimiliki terlihat di depan pimpinan, maka harus sedikit cari muka agar mendapat perhatian. 

Jika Anda ketika di rumah terbiasa dengan budaya yang saling berbagi antar anggota keluarga tanpa adanya rasa persaingan, mungkin suasana kerja yang penuh persaingan akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Tak heran jika rasa bosan pun akan mulai timbul saat sedang bekerja. 

3. Kurangnya Apresiasi 

Apresiasi yang kurang dari perusahaan terhadap kinerja yang dilakukan oleh karyawan seringkali menimbulkan rasa down dan demotivasi. Hal ini tentu akan mempengaruhi tingkat kejenuhan karyawan karena merasa apa yang dikerjakan tak akan menghasilkan peningkatan. 

Seorang pemimpin harus lebih peka dengan kebutuhan karyawan agar mereka tidak merasa jenuh dan bosan dengan rutinitas kerja yang berulang namun kurang dihargai dan diapresiasi oleh pimpinan. Reward atau hadiah bisa dipertimbangkan untuk mengatasi rasa bosan pada karyawan. 

4. Kurang Tantangan/Challenge

Bagi karyawan yang menyukai tantangan, maka bekerja dengan pola yang sama terus-menerus akan semakin menimbulkan kebosanan saat bekerja. Karyawan juga tidak memiliki peluang untuk mengeksplor kemampuan yang dimiliki dan hanya stuck di situ-situ saja. 

Sehingga perlu adanya tantangan yang tidak biasa misalnya karyawan diberi target baru dalam bidang pekerjaan yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Bisa juga dengan memberi peluang kepada karyawan untuk belajar skill baru yang berkaitan dengan bidang pekerjaannya. 

5. Minat Kerja Karyawan yang Rendah

Di luar faktor eksternal yang bisa menimbulkan kebosanan dalam diri karyawan, ada juga faktor penyebab yang berasal dari internal karyawan itu sendiri. Artinya karyawan memiliki karakter yang mudah bosan dan minat kerja yang rendah. 

Jika ada karyawan yang demikian maka besar kemungkinan orang seperti itu akan menjadi seperti kutu loncat dan mudah berpindah tempat kerja. Mereka juga cenderung kurang mampu menyesuaikan diri dengan perubahan teknologi yang berkembang sangat pesat saat ini. 

Cara Menghilangkan Rasa Jenuh saat Bekerja

Perusahaan patut mengapresiasi karyawan yang bisa bertahan lama, loyal, dan tidak mudah bosan.. Namun, ada juga karyawan yang memang merasa tidak ada pilihan lain dan harus memilih tetap bekerja di situ hingga sering merasa bosan. Berikut ini cara menghilangkan rasa jenuh saat kerja:

1. Mengambil Waktu Cuti

Ketika Anda sudah mulai merasa sangat suntuk dan bosan dengan rutinitas, sudah saatnya untuk mencari suasana baru dengan cara ambil libur atau cuti yang menjadi haknya. Ambil waktu sejenak untuk diri sendiri dan cari tempat untuk refreshing. 

Saat mengambil cuti, usahakan untuk tidak memikirkan pekerjaan. Sehingga Anda bisa lebih rileks dalam menenangkan pikiran dan bisa lebih menikmati liburan. Waktu cuti yang diambil bisa dimanfaatkan untuk travelling, bersantai di rumah, kumpul dengan teman, eksplor hobi, dan lainnya. 

2. Ubah Tatanan Ruang Kerja

Rasa bosan yang timbul saat bekerja bisa juga disebabkan karena suasana dan lingkungan kerja yang itu-itu saja. Sedikit merubah tatanan ruang kerja akan membantu Anda untuk mengatasi kejenuhan. Setidaknya Anda akan melihat suasana baru yang cukup berbeda dari biasanya. 

Anda bisa mengubah posisi meja kerja, mengubah posisi aksesoris dan alat tulis di atas meja, menambahkan kata-kata motivasi di komputer, dan lainnya. Menambahkan bunga atau tanaman hidup dalam pot mini yang ditaruh di atas meja akan membuat ruangan kerja menjadi lebih fresh. 

3. Belajar Ilmu Baru dan Eksplor Kreativitas

Jika merasa stagnan dengan hal-hal itu saja yang dikerjakan setiap hari, Anda bisa mencoba untuk mempelajari ilmu baru yang dapat menimbulkan tantangan baru. Pelajari ilmu yang sesuai dengan minat dan keinginan sehingga Anda bisa merasa senang dan antusias saat melakukannya. 

Terus eksplor hal-hal baru yang dapat meningkatkan inovasi dan kreativitas Anda. Dengan mengeksplorasi hal-hal baru, sejenak Anda akan lupa dengan rasa bosan saat bekerja. Rutinitas yang membosankan akan berubah menjadi rasa antusias baru ketika bekerja. 

4. Berdiskusi dengan Rekan Kerja

Jangan membiasakan diri untuk memendam apa yang Anda rasakan. Carilah rekan kerja untuk diajak diskusi sehingga bisa saling memberi saran untuk mengatasi rasa bosan yang tengah mendera. Anda bisa sharing, saling curhat, atau membicarakan hal-hal yang lucu. 

Selain bisa mengatasi rasa jenuh, mengobrol dengan teman juga dapat meningkatkan keakraban sehingga bisa saling membantu saat bekerja. Coba ajak rekan kerja Anda untuk diskusi sambil makan atau sambil melakukan kegiatan positif yang bermanfaat lainnya. 

5. Melakukan Hal Positif

Saat sudah tidak bisa mengatasi rasa bosan di lingkungan kerja, Anda bisa mencoba mengantisipasinya dengan melakukan kegiatan yang seru dan menyenangkan di luar. Usahakan untuk tetap profesional dengan tidak memikirkan pekerjaan saat sedang di rumah. 

Lakukanlah hal yang positif seperti menonton film, melakukan hobi yang disenangi, mengikuti pengajian, ikut acara sosial charity, dan kegiatan positif lainnya. Dengan demikian Anda akan merasa lebih bersyukur dan bisa memiliki wawasan yang lebih luas tentang kehidupan. 

Cara menghilangkan kejenuhan dalam bekerja di atas bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Author Profile

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments