Kepribadian ESFJ, Si Ekstrovert yang Bisa Diandalkan

Februari 27, 2023

Kepribadian ESFJ dikenal sebagai orang yang ramah, berhati lembut, dan suka berteman. Oleh karena itu, individu ESFJ mendapat julukan ‘Sang Pengasuh’. ESFJ sendiri merupakan akronim dari Extroverted, Sensing, Feeling, dan Judging. Kepribadian ESFJ merupakan kebalikan dari kepribadian INTP. Setidaknya ada sekitar 6% populasi dunia diperkirakan memiliki kepribadian ESFJ.

Kepribadian ESFJ, Si Ekstrovert yang Bisa Diandalkan

Key Takeaways

  • Kepribadian ESFJ adalah sosok ekstrovert yang ramah, berhati lembut, dan suka berteman.
  • Ada sekitar 6% populasi dunia diperkirakan memiliki kepribadian ESFJ.
  • Keunggulan yang dimiliki, membuat tipe kepribadian ESFJ ini cocok dengan bidang pekerjaan yang yang melibatkan kemampuannya untuk memperhatikan dan memenuhi kebutuhan orang lain.

Bagi Anda yang sudah mengikuti tes kepribadian dan mendapati diri sendiri seorang ESFJ, Tak usah bingung, jika memang belum paham tentang karakter ini. Anda bisa menyimak penjelasan berikut.

Karakteristik utama kepribadian ESFJ

1. Berhati lembut

Orang dengan kepribadian ESFJ biasa dikenal sebagai sosok yang berhati lembut dan sensitif. Umumnya sangat memikirkan perasaan orang lain, sehingga sebisa mungkin memperhatikan ucapan dan tindakannya agar tidak menyinggung atau menyakiti perasaan orang-orang di sekitarnya.

2. Hangat dan ramah

Karakter yang menjadi kelebihan ESFJ adalah kehangatan dan keramahan yang dimilikinya. Mereka sering digambarkan sebagai orang yang berhati hangat dan sering kali menempatkan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan mereka sendiri. Keramahan mereka membuat orang-orang di sekitar merasa nyaman bergaul dengan ESFJ. Makanya tak heran jika bagi mereka beradaptasi dengan lingkungan baru adalah hal yang mudah untuk dilakukan.

3. Suka menolong

Seorang ESFJ dikenal sebagai sosok yang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap sesama. Mereka sangat memperhatikan kesejahteraan orang-orang di sekitarnya. Inilah yang membuat kepribadian ESFJ suka membantu orang lain dengan tulus. Bahkan mereka akan dengan senang hati mendorong orang di sekitarnya untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

3. Bisa diandalkan

Orang dengan MBTI ESFJ adalah orang yang bisa diandalkan, baik dalam keluarga atau komunitas mereka. Ini karena orang dengan kepribadian ESFJ memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dan berusaha memenuhi kewajiban mereka sebaik mungkin. Karakter judging memengaruhi orang dengan tipe kepribadian ini mampu menyelesaikan tugas rutin dan membosankan dalam waktu singkat.

4. Pengamat Sekitar

Secara alami ESFJ diarahkan untuk memahami orang lain. Itu sebabnya mereka mahir dalam mendukung dan mengeluarkan potensi terbaik dari orang lain. Orang-orang merasa tertarik untuk berinteraksi dengan ESFJ karena mereka bisa dengan mudah membuat orang lain merasa nyaman dengan diri mereka sendiri.

5. Gemar menghabiskan waktu bersama orang lain

Sebagai ekstrovert, ESFJ suka menghabiskan waktu bersama orang lain untuk mendapatkan energi dari interaksi sosial.

Kelebihan ESFJ

1. Sangat loyal

Menghargai stabilitas dan keamanan dengan sangat tinggi, para pekerja dengan kepribadian ESFJ sangat ingin mempertahankan status quo, yang menjadikan mereka mitra dan karyawan yang sangat setia serta dapat dipercaya. Sifat ramah dan kebaikan ESFJ merupakan pilar sejati dalam kelompok. Mereka juga termasuk tipe orang yang selalu bisa diandalkan.

2. Memiliki keterampilan praktis yang kuat

Mereka adalah para pekerja serta manajer yang sangat baik dalam mengerjakan tugas sehari-hari. Mereka kerap memastikan orang di sekitar diperlakukan dengan baik.

3. Rasa tanggung jawab yang tinggi

Orang dengan tipe kepribadian ESFJ memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dan selalu berusaha keras untuk memenuhi kewajiban mereka, meskipun terkadang hal ini lebih disebabkan adanya harapan sosial daripada dorongan intrinsik.

Kelebihan ESFJ

Kekurangan ESFJ

1. Tidak Fleksibel

Orang dengan tipe kepribadian ESFJ sangat mementingkan apa yang dapat diterima secara sosial, dan ini membuat mereka sangat berhati-hati, bahkan kritis terhadap perilaku atau hal yang tidak biasa. Orang dengan tipe kepribadian ini terkadang juga memaksakan kehendak mereka agar diterima.

2. Sulit keluar dari zona nyaman

Orang dengan kepribadian ESFJ kurang bisa menerima perilaku “tidak biasa” orang lain. Hal inilah yang membuat ESFJ sulit untuk keluar dari zona nyaman mereka sendiri, biasanya karena takut untuk tampil berbeda. Mereka menyukai sesuatu yang teratur dan terjadwal sehingga tidak menyukai perubahan mendadak dalam rutinitas mereka. Mereka juga terlalu mengikuti aturan sehingga lebih nyaman di zona sendiri, padahal ini bisa membatasi potensi mereka.

3. Tidak suka dikritik

ESFJ biasanya adalah sosok yang tidak suka dikritik, karena ia memiliki perasaan yang sensitif. Pribadi ESFJ bisa menjadi sangat defensif atau bahkan terluka, jika orang lain, terutama orang-orang terdekatnya, mengkritik kebiasaan atau kepercayaan mereka. Hal ini pada akhirnya membuat mereka yang memiliki kepribadian ESFJ sangat menghindari konflik.

4. Terlalu butuh apresiasi orang lain

Seorang MBTI ESFJ selalu apresiasi dari orang lain. Mereka memang senang ketika bisa diandalkan dan dapat membantu orang lain. Tetapi mereka ingin usaha dan apa yang mereka lakukan mendapat pujian dan penghargaan. Ini dilakukan demi memastikan bahwa mereka dihargai.

Partner Alami ESFJ

ESFJ memiliki partner alami, yaitu orang dengan tipe kepribadian ISFP atau INFP.

Karier yang cocok untuk ESFJ

Orang dengan kepribadian ESFJ suka menggunakan keterampilan interpersonal mereka untuk mengatur orang di sekitar. Mereka menyesuaikan diri dengan kebutuhan orang lain dan berusaha menciptakan struktur tersendiri untuk memenuhi kebutuhan orang lain.

ESFJ sering lebih menyukai pekerjaan yang memungkinkan mereka membantu orang dengan cara yang praktis dan dapat dilihat secara langsung. ESFJ menikmati pekerjaan yang memungkinkan mereka untuk menindaklanjuti dan melihat hasilnya, serta lebih menyukai struktur dan organisasi tingkat tinggi.

Mereka akan merasa puas ketika mampu menyelesaikan tugas-tugas dengan perhatian pada urutan dan detail. Oleh karena itu, pekerjaan ideal untuk kepribadian ESFJ adalah pekerjaan yang membutuhkan perhatian pada prosedur dan spesifikasi, dan harus memungkinkan ESFJ untuk bekerja secara metodis untuk mengatur orang dan proses.

Sebagai extrovert, kepribadian ESFJ lebih suka bekerja dengan orang lain, dan diberi energi dengan berpartisipasi dalam tim yang termotivasi, teliti, dan berorientasi pada tindakan. 

Penting bagi seorang ESFJ untuk melakukan pekerjaan yang sesuai dengan nilai-nilai mereka, serta bekerja dengan orang lain yang mendukung dan kooperatif. 

Sementara lingkungan kerja yang ideal untuk ESFJ adalah yang mampu memberikan harapan yang jelas dan suasana yang ramah dan terstruktur, bebas dari konflik atau ketidakpastian.

Sebagai sosok yang sangat perhatian, berhati lembut, dan senang membantu banyak orang, pribadi ESFJ cocok dengan pekerjaan yang melibatkan kemampuannya untuk memperhatikan dan memenuhi kebutuhan orang lain. Berikut profesi yang cocok digeluti oleh ESFJ.

  • Manajer kantor
  • Dokter
  • Resepsionis
  • Admin
  • Perawat
  • Guru
  • Pekerjaan sosial
  • Konselor
  • Babysitter
  • Perencana Keuangan

Tokoh Terkenal Berkepribadian ESFJ

Berikut ini beberapa tokoh yang juga memiliki tipe kepribadian ESFJ.

  • Bill Clinton
  • Nancy Kerrigan
  • Sally Field
  • Terry Bradshaw
  • William McKinley

Saran Pengembangan untuk ESFJ

Ada beberapa saran yang bisa dilakukan oleh orang dengan tipe kepribadian ESFJ untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

  • Sebaiknya pikirkan juga diri sendiri, jangan mengorbankan diri hanya demi menyenangkan orang lain. Anda harus bisa mengukur harga diri, jangan menilai harga diri hanya dari penghargaan, perlakuan, dan pujian dari orang lain.
  • Ketika akan mengambil sebuah keputusan, Anda bisa meminta pendapat orang lain. Belajarlah untuk menjadi sosok yang lebih tegas.
  • Jangan terlalu mengasihani diri sendiri, Anda harus berani menerima tanggung jawab. Ketika ada masalah, hadapilah, alih-alih melarikan diri.
    Sama seperti semua tipe kepribadian MBTI, orang dengan tipe ESFJ memiliki pola preferensi dan perilaku unik mereka sendiri. Mempelajari lebih banyak tentang tipe kepribadian Anda dapat membantu lebih memahami potensi beserta segala kelebihan dan kekurangan.

Dalam pekerjaan identifikasi ini dapat membantu membangun kekuatan dan menemukan potensi yang mungkin selama ini tidak Anda sadari. Klik link ini untuk cari tahu tips-tips lainnya seputar personality dan kepribadian MBTI dari Appsensi.

Author Profile

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments