Jenis-jenis dan Tugas Human Capital Management

April 11, 2022

Definisi human capital management

Human Capital Management adalah sebuah cara mengelola sumber daya manusia dengan menentukan investasi perusahaan pada penambahan nilai ekonomis karyawannya. Human capital management mengubah fungsi administrasi lama menjadi sebuah peluang yang dapat mendorong keterlibatan, produktivitas, dan nilai bisnis karyawan suatu perusahaan. Berdasarkan kacamata human capital management, karyawan di perusahaan bukan hanya sekedar tenaga kerja melainkan aset bisnis inti yang dapat dioptimalkan melalui investasi dan management strategis seperti aset-aset lainnya.

Semakin tinggi nilai yang dimiliki karyawan maka perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dalam bisnisnya. Nilai ekonomis karyawan sebagai aset perusahaan diukur dari pengetahuan, keterampilan, dan skill yang dapat dibangun melalui perekrutan, training, development, gaji, kompensasi, dan manajemen kinerja karyawan. Seluruh biaya yang dikeluarkan dalam rangka peningkatan nilai karyawan dihitung sebagai investasi oleh perusahaan. Beberapa tanggung jawab dari human capital management adalah rekrutmen, onboarding, training and development, dan lain sebagainya. 

Jenis-jenis dan Tugas Human Capital Management

Perbedaan human capital management dengan human resource management

Meski terdengar mirip, human capital management dan human resource management memiliki perbedaan yang cukup besar. Human capital management berfokus pada investasi perusahaan dengan menambahkan nilai ekonomis karyawannya. Human resources management adalah manajemen sumber daya manusia melalui program-program yang dapat memberikan fasilitas kepada karyawan maupun perusahaan agar dapat mencapai tujuannya. Human resource management memandang sumber daya manusia sebagai aset pendukung perusahaan dalam mencapai tujuannya. Sedangkan, human capital management memandang sumber daya manusia sebagai aset kunci dalam perusahaan.

Baca juga: Apa Itu HRD? Pengertian, Fungsi, hingga Tugasnya di Perusahaan

Manfaat human capital management di perusahaan

Keberadaan human capital management memberikan beberapa manfaat bagi perusahaan sebagai berikut,

1. Memperkuat budaya perusahaan (organizational culture)

Berinvestasi pada sumber daya manusia mampu memperkuat organizational culture karena kepuasan dan keterlibatan karyawan yang lebih baik akan membangun budaya perusahaan yang positif seperti karyawan yang selalu ingin belajar, diberikan kesempatan untuk pengembangan karir, dan nyaman bekerja di perusahaan. Hal-hal tersebut dapat membuat karyawan lebih bahagia sehingga mampu meningkatkan produktivitas karyawan.

2. Meningkatkan rekrutmen menjadi lebih baik

Investasi perusahaan pada pengembangan sumber daya manusia dapat menarik kandidat hebat dari luar perusahaan. Tak hanya kompensasi, kandidat yang hebat membutuhkan kesempatan untuk maju. Perusahaan akan sulit mendapatkan kandidat tersebut jika hal tersebut tidak termasuk dalam tawaran kerja. Kesempatan untuk terus belajar dan berkembang juga menjadi fokus utama bagi millennial ketika melamar kerja. Millennial yang mendominasi angkatan kerja ingin bekerja untuk perusahaan yang mau berinvestasi pada sumber daya manusianya.

3. Meningkatkan return of investment (ROI)

Program pengembangan karir, gaji, dan tunjangan karyawan merupakan bentuk investasi perusahaan dalam hal sumber daya manusia. Investasi tersebut memberikan keterampilan dan skill baru bagi sumber daya manusia yang akan membantu meningkatkan produktivitas, daya saing, inovasi, dan profit perusahaan. Investasi tersebut akan mendatangkan keuntungan atau return of investment. Human capital management memahami bahawa strategi bisnis pada manusia memberikan pengaruh pada perkembangan perusahaan dalam jangka pendek maupun panjang. Sebab itulah, perusahaan global yang berinvestasi kepada sumber daya manusianya memiliki profit yang tinggi.

4. Meningkatkan engagement dan retensi

Peluang untuk tumbuh dan berkembang sangatlah penting. Kurangnya kesempatan untuk terus bertumbuh dan berkembang dapat menyebabkan perasaan kurang dihargai dan menjadi salah satu sumber stress dalam pekerjaan. Kurangnya pengembangan juga dapat menjadi salah satu alasan utama untuk meninggalkan posisi pekerjaan seseorang.

Karyawan yang diberikan pendidikan dan pengembangan secara profesional cenderung tidak mencari peluang lain dalam bekerja. Jadi, investasi perusahaan dengan mengembangkan karyawannya dapat meningkatkan retensi dan menghemat biaya pergantian (turnover). Karyawan yang bertahan di perusahaan bisa membantu menumbuhkan keterlibatan atau engagement sehingga karyawan akan menjadi lebih produktif dan loyal terhadap perusahaannya.

5. Meningkatkan kesejahteraan karyawan

Komitmen perusahaan akan pengembangan professional sangatlah penting bagi kepuasan kerja karyawan. Investasi perusahaan terhadap pengembangan sumber daya manusia dapat meningkatkan kepuasan kerja karyawannya. Karyawan yang merasa perusahaan tempatnya bekerja peduli akan pengembangan karirnya akan merasa lebih puas dengan pekerjaan mereka. maka dari itu, kebutuhan akan program training dan pengembangan karir sama pentingnya dengan kompensasi karyawan.

Baca juga: Skill yang Wajib Dimiliki Seorang HRD di Perusahaan

Jenis-jenis human capital management

Dalam sebuah perusahaan terdapat beberapa jenis human capital management sebagai berikut,

1. Company specific human capital

Pada company specific human capital, karyawan dituntut untuk selalu beradaptasi dengan segala hal yang termasuk dalam ketentuan internal perusahaan tempatnya bekerja. Dengan begitu, diharapkan seluruh karyawan dapat bekerja dan bertanggungjawab sesuai dengan visi dan misi, serta mengarah pada perkembangan perusahaan. Jenis human capital management ini, berkaitan erat dengan struktur dan budaya kerja dari suatu perusahaan.

2. Relationship human capital

Jenis human capital management ini berfokus pada peningkatan kecerdasan sumber daya manusia dalam aspek komunikasi dan interaksi yang baik serta efektif dengan orang lain. Dengan begitu, pekerjaan menjadi lebih lancar dan performa karyawan maupun perusahaan semakin berkembang.

Jenis-jenis human capital management

3. Industry human capital

Industry human capital terdiri dari supplier, teknis, dan regulasi dalam industry. Jenis human capital management ini berkaitan dengan segala pengetahuan dalam bidang industri.

4. Strategic human capital

Strategic human capital meliputi keahlian dan keterampilan strategis yang berasal dari pengalaman sumber daya manusia dalam menghadapi suatu situasi dan kondisi. Keterampilan yang dikembangkan pada jenis human capital management ini adalah kemampuan strategis untuk mengatur dan mengelola keuangan secara efisien.

5. General human capital

General human capital memiliki fokus pada pengembangan kompetensi kepemimpinan, manajerial, keahlian fungsional, dan pengambilan keputusan. Jenis human capital management ini memiliki sasaran sumber daya manusia yang berada di tingkat manajemen dan jabatan yang lebih tinggi. 

Tugas human capital management

1. Mengelola data

Human resource management dan human capital management memiliki akses penuh kepada data seluruh karyawan di sebuah perusahaan. Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, data-data tersebut diperlukan untuk melakukan review, memprediksi turnover, menilai keterampilan, dan membuat strategi bisnis yang lebih efektif.

2. Menilai kinerja karyawan

Human capital management bertugas untuk memberikan penilaian dan evaluasi pada seluruh karyawan untuk meningkatkan produktivitas kerja mereka. penilaian juga berfungsi untuk memberikan feedback kepada karyawan. Penilaian dilakukan dengan tujuan dan survei. Dengan penilaian, human capital management dapat mengidentifikasi kesenjangan keterampilan, training, skill, kepuasan kerja, dan lain sebagainya.

3. Mempertahankan karyawan

Agar perusahaan tidak kehilangan karyawan terbaiknya, human capital management akan berupaya mendukung karyawan untuk mengerahkan seluruh pengetahuan dan skill dalam berkontribusi di perusahaan. Penghargaan berupa apresiasi maupun insentif dari performa karyawan dapat diberikan oleh human capital management. Dengan begitu karyawan akan merasa lebih dihargai oleh perusahaan dan timbul kepuasan kerja.

4. Pelatihan dan pengembangan

Human capital management memiliki tugas untuk memberikan pelatihan untuk membantu seluruh karyawan agar memiliki kinerja yang baik. Dengan pelatihan, para karyawan dapat mengasah keterampilan dan mendapatkan skill baru sehingga dapat lebih berkembang pada karirnya.

5. Perekrutan

Human capital management memiliki tanggungjawab terhadap rekrutmen kandidat yang sesuai dengan kriteria perusahaan agar dapat membantu mencapai tujuan bisnisnya. Perusahaan akan menyediakan alat untuk membantu proses rekrutmen agar berjalan dengan lancar dan dapat memperoleh talent yang ideal dengan perusahaan. Human capital management bertanggung jawab mulai dari membuat iklan lowongan pekerjaan di berbagai platform, penyortiran kandidat, wawancara kerja, hingga penandatanganan kontrak kerja.

Baca juga: Kenali Tugas, Tips Serta Pentingnya Menjadi HR Manager yang Baik

Appsensi, aplikasi absensi online

Dari pemaparan di atas mengenai human capital management, begitu besar tanggungjawab dan begitu banyak tugas yang harus dilakukan oleh human capital management. Namun, kehadiran teknologi mampu meringankan pekerjaan mereka dan meminimalisir kesalahan yang terjadi akibat tanggungjawab yang berlebih.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi yang bisa membantu pekerjaan human capital management. Salah satu aplikasi terbaik adalah Appsensi. Appsensi merupakan aplikasi absensi online yang dapat diakses secara mobile, mudah digunakan oleh siapa saja dan di mana saja. Appsensi dapat digunakan di berbagai usaha, mulai dari usaha kecil hingga perusahaan besar bahkan lembaga pemerintah, hanya dengan menggunakan smartphone.

Berbagai kemudahan diberikan Appsensi seperti integrasi dengan HCMS, fitur absensi yang dilengkapi dengan GPS dan real time record, jadwal kerja karyawan, koreksi kehadiran, pengajuan cuti, monitoring kinerja karyawan, dan masih banyak lagi fitur yang tersedia di aplikasi Appsensi. Kerjasama Appsensi dengan banyak perusahaan besar membuktikan Appsensi yang tidak perlu diragukan lagi. 

Kerja lebih ringan dengan Appsensi, klik Appsensi untuk informasi lebih lanjut.

Author Profile

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments