Kenali Tugas, Tips Serta Pentingnya Menjadi HR Manager yang Baik

Desember 17, 2021

Apa yang dimaksud dengan HR manager? Apakah keberadaannya penting bagi sebuah perusahaan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut ada baiknya jika Anda memahami pengelolaan sumber daya manusia dalam perusahaan terlebih dahulu. Karena hal tersebut sangat berkaitan antara satu dengan lainnya seperti berikut ini :

Pemahaman mengenai SDM di ruang lingkup perusahaan dan pentingnya HR Management

Kenali Tugas, Tips Serta Pentingnya Menjadi HR Manager yang Baik

Keberadaan sumber daya manusia dalam suatu perusahaan termasuk dalam hal yang sangat krusial. Karena perusahaan itu sendiri tentunya tidak akan mungkin berjalan tanpa adanya SDM tersebut. Sementara itu, HR manager adalah bagian yang memiliki peranan penting, karena keberadaannya lah yang dapat mengukur serta mengelola setiap data administrasi dan juga SDM itu sendiri.

Jika melihat pada perkembangan jaman yang semakin hari semakin canggih. Untuk saat ini memang banyak perusahaan yang mengurangi tenaga SDM. Hal ini berkaitan dengan pekerjaan untuk SDM tersebut yang kini dapat dilakukan dengan mudah menggunakan berbagai macam teknologi canggih.

Meski keberadaan SDM terus berkurang, namun penggunaan teknologi tidak terlalu berpengaruh pada level manager. Karena dari sekian banyak teknologi belum ada yang sekiranya mampu menggantikan peran dari sosok HR manager itu sendiri.

Dari penjelasan di bagian atas, dapat Anda lihat bahwa HR memiliki peranan penting dalam sistem pengelolaan SDM yang ada di perusahaan. Namun memang jika dilihat dari praktik pekerjaan yang dimilikinya saat ini. Banyak sekali para Kepala HRD atau manager yang terbantu dengan adanya teknologi terbaru seperti halnya software dan program khusus lainnya.

Tidak hanya itu, jika sebelumnya data yang diterima dalam bentuk analog. Kini banyak sekali yang terbantu dengan adanya data dalam bentuk software khusus. Software tersebut bahkan sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan HR. bahkan untuk kegiatan rekap data pun kini dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Baca juga: Hanya Perusahaan dengan Software HRIS Akan Selamat Masa Pandemi

Tugas dari HR Manager

Untuk Anda yang ingin tahu apa saja tugas HR manager? Berikut ini adalah tiga tugas utama yang wajib untuk dilakukan oleh Manager HR, di antaranya :

  1. Mengurus serta mengembangkan perencanaan dari sumber daya manusia disertai dengan berbagai prosedur yang harus dilakukan dan juga berkaitan dengan setiap staf yang ada di perusahaan.
  2. Melakukan perencanaan, pengaturan, serta memantau setiap aktivitas juga tindakan yang dilakukan dari bagian HR.
  3. Bertanggung jawab atas setiap perencanaan serta pengembangan tujuan dari bagian HR, kemudian tujuan dari sistem atau bahkan prosedur pelaksanaan.

Tiga tugas utama di bagian atas tadi tentunya harus dilakukan oleh mereka yang memiliki kapasitas sebagai seorang manajer dari bidang HR. Dengan demikian, perusahaan pun dapat melakukan pengelolaan SDM dengan lebih maksimal.

Memang jika dilihat dari sudut pandang lain, setiap perusahaan umumnya memiliki perbedaan tugas pada masing-masing manager HR yang dimilikinya. Namun secara ideal tiga pokok tugas di bagian atas tadi adalah garis besar atau tugas paling umum yang sering kali diberikan pada HR manager.

Target atau peranan HR Manager di perusahaan

Selain tugas yang paling utama pada penjelasan tadi, ada pula beberapa tugas dan tanggung jawab HR manager lainnya yang lebih mendetail dan juga spesifik. Seperti halnya penjelasan berikut ini :

  1. Membuat serta merevisi deskripsi tugas dari masing-masing sumber daya manusia.
  2. Melakukan implementasi dan juga revisi untuk program pengupahan yang dilakukan perusahaan.
  3. Melakukan survei dari gaji tahunan.
  4. Menganalisis, mengembangkan juga melakukan pembaruan dari kebijakan yang berkaitan dengan anggaran gaji perusahaan.
  5. Menganalisis, mengembangkan juga melakukan pembaruan untuk program evaluasi yang dimiliki perusahaan.
  6. Melakukan revisi serta pengembangan dari rekomendasi yang diberikan atas kebijakan yang berkaitan dengan staff.
  7. Mengelola standar operasional perusahaan yang disertai dengan prosedur tepat berkaitan dengan SDM.
  8. Melakukan pengawasan pada proses rekrutmen dari setiap bagian. Seperti halnya bagian pembuatan dan juga penempatan untuk iklan lowongan kerja sekali pun.
  9. Melakukan pengelolaan terhadap program onboarding yang ditujukan bagi karyawan baru atau bahkan untuk konseling yang ingin dilakukan para karyawannya.
  10. Pengelolaan laporan dan juga arsip dari setiap bagian atau divisi SDM di lingkungan perusahaan.
  11. Melakukan pengawasan pada wawancara dari SDM yang ingin mengundurkan diri.
  12. Mengikuti kegiatan rapat yang juga dilakukan oleh staf administrasi.
  13. Mengajukan beberapa kebijakan baru, termasuk prosedur baru, hingga pendekatan baru yang ditujukan untuk mengembangkan perusahaan.

Ketiga belas deskripsi tugas di bagian atas tadi, merupakan target utama dan hal yang paling ideal untuk diselesaikan oleh HR manager. Untuk melakukan hal tersebut, tentunya setiap poin pun harus diselesaikan dengan menggunakan basis data yang tepat. Dalam hal ini data yang digunakan tentunya harus aktual dan sesuai dengan kondisi SDM yang ada di perusahaan.

Tujuan dari penggunaan data itu sendiri berkaitan dengan bagaimana manajemen mencoba mengolahnya untuk membuat keputusan yang akan diambil. Keputusan yang akan diambil oleh manajer HR akan jauh lebih bijaksana karena berdasar pada data terbaru dan juga data yang paling mutakhir.

Baca juga: Pemantauan Jobdesk Lebih Mudah dan Aman dengan Appsensi

Tips untuk HR Manager Baru

Tips untuk HR Manager Baru

Jika Anda termasuk dalam salah satu pihak yang baru saja menempati posisi sebagai HR manager. Tentunya akan ada banyak hal yang harus Anda pelajari untuk melakukan tugas lainnya dengan baik. Karena itulah, untuk mempermudah pekerjaan HR manager. Berikut ini terdapat beberapa tips yang dapat Anda ikuti, di antaranya :

1. Ketahui tujuan utama HR

Hal pertama yang harus manajer HR lakukan adalah mengetahui tujuan utama yang dimilikinya, termasuk mengetahui tugas-tugas yang telah disebutkan sebelumnya.. namun bukan hanya itu saja, manajer HR juga sebaiknya memahami 4 objective yang ada di perusahaan, yaitu Personal Objective, Organizational Objective, kemudian Functional dan juga Societal Objective.

2. Ketahui seluk beluk perusahaan

mengetahui seluk beluk perusahaan juga penting untuk dilakukan. karena dengan demikian, setiap target yang ingin dicapai pun dapat diwujudkan dengan lebih mudah.

3. Kompeten dan memiliki standar

Meskipun fungsi HR manager adalah hal baru, namun Anda tetap harus memiliki standar dan kompetensi diri yang berkaitan dengan bidang HR itu sendiri. Seperti halnya pada bidang perencanaan dan rekrutmen, manajemen kinerja, bidang kompensasi serta keuntungan, bidang hubungan industri, atau bahkan training dan juga management development.

4. Memiliki kemampuan manajemen juga networking

Kemampuan manajemen seperti halnya self, task dan juga people management juga menjadi bagian penting yang harus Anda perhatikan. Selain itu pastikan pula bahwa Anda memiliki networking yang luas dan baik dengan orang di sekitar.

5. Kuasai tentang ilmu hukum ketenagakerjaan

Bagian paling akhir dari tips yang harus Anda perhatikan dan coba lakukan adalah menguasai ilmu hukum yang berkaitan dengan ketenagakerjaan. Hal ini penting karena keputusan yang nantinya akan Anda buat umumnya berkaitan dengan konsekuensi hukum yang ada.

Selain beberapa tips di bagian atas tadi, anda juga sebaiknya mengikuti panduan kerja sebagai HR manager dengan tepat.

Appsensi solusi untuk setiap tugas HR Manager

Setelah mengetahui apa itu HR manager, beragam tugas utama, tugas lanjutan serta tips untuk memulainya. ada pula hal penting lainnya yang tidak boleh Anda lupakan. hal tersebut berkaitan dengan penggunaan teknologi canggih yang dapat membuat pekerjaan atau tugas manager HR menjadi lebih mudah.

Appsensi dikenal sebagai solusi tepat bagi HR manager untuk membantu pekerjaan yang dilakukannya dengan mudah. Hadir dalam bentuk aplikasi absensi online, tentunya layanan yang diberikan oleh aplikasi ini pun sangat membantu. Pasalnya aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan secara online saja. melainkan dapat pula digunakan secara langsung.

Bukan hanya memudahkan para pekerja dalam melakukan absen online. Aplikasi ini juga menghadirkan berbagai macam fitur menarik lainnya. Seperti halnya:

  • Laporan aktivitas
  • Pengajuan klaim
  • Manajemen Shifting
  • Face recognition
  • Penanda lokasi
  • Pengajuan cuti
  • Aplikasi Payroll
  • Earned Wage Access

Dengan beberapa fitur menarik di bagian atas tadi, dapat Anda lihat bahwa aplikasi Appsensi sangat membantu tugas seorang manager HR. Bahkan para anggota karyawan atau SDM lainnya pun juga merasakan manfaatnya. Karena dengan penggunaan software tersebut, setiap hal yang berkaitan dengan kebutuhan SDM, seperti pengajuan cuti dapat ditangani dengan mudah.

Itu sebabnya untuk Anda yang baru saja menjabat sebagai HR manager. Pastikanlah untuk memperhatikan tugas, ikuti tips dan juga gunakan aplikasi HR Appsensi sebagai sarana pendukung yang berkualitas.

Baca juga: Mengenal Sistem Penggajian Payroll yang Praktis dan Aman

Author Profile

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments