8 Target Bisnis Yang Menjadi Fokus Pada Q1 2023

Januari 8, 2023

Menghadapi akhir tahun 2022, para pemimpin bisnis mulai mempersiapkan awal tahun 2023 dengan berfokus pada tujuan atau target bisnis yang akan membawa kesuksesan Perusahaan. Dari memperluas penjualan secara online hingga meningkatkan budaya perusahaan, pemberi kerja harus memanfaatkan pengalaman masa lalu mereka untuk menetapkan tujuan dan harapan agar organisasi tetap berkembang di Kuartal 1 (Q1) dan seterusnya.

target bisnis dan ilustrasinya

Untuk mensukseskan Perusahaan, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda fokuskan saat ini untuk memasuki tahun yang baru.

Keytakeways

  • Perusahaan harus lebih memperhatikan karyawan (SDM) dalam menghadapi tantangan di tahun mendatang
  • Bisnis saat ini beralih dengan dukungan software HRIS untuk meningkatkan keterlibatan karyawan
  • Meningkatkan keberaddan bisnis secara online dan memperhatikan strategi secara berkala menjadi hal yang penting untuk dilakukan

1. Fokus pada kesejahteraan karyawan Anda

Tak perlu dikatakan bahwa karyawan Anda adalah aset terbaik Anda. Oleh karena itu, wajar jika menjaga kesejahteraan mereka harus menjadi prioritas utama Anda untuk tahun baru.

Saat ini, kesejahteraan karyawan telah berkembang melampaui faktor fisik menjadi budaya kesejahteraan menyeluruh, yang mencakup fisik, emosional, sosial, karier, keuangan, tujuan, dan komunitas. Inti dari hal ini adalah meningkatnya kebutuhan akan fleksibilitas dalam cara, di mana, dan kapan karyawan bekerja.

Ketika para pemimpin memprioritaskan kesejahteraan karyawan, mereka menciptakan tenaga kerja yang menarik dan bahagia yang secara signifikan mengurangi stres dan berkontribusi pada tujuan keseluruhan Perusahaan.

2. Tingkatkan budaya tempat kerja Anda

Budaya perusahaan tetap menjadi faktor penting yang harus ditingkatkan oleh setiap bisnis pada tahun 2023. Semua profesional SDM dan pemberi kerja tahu bahwa budaya penting untuk meningkatkan keterlibatan karyawan serta menarik dan mempertahankan karyawan berkinerja terbaik. Hal ini karena karyawan yang merasa selaras dengan budaya organisasinya lebih cenderung menikmati pekerjaan dan merasa lebih bahagia di Perusahaan.

Sebagai permulaan, Anda dapat menyiapkan aktivitas seperti menerapkan hangout membangun tim bulanan atau memberikan lebih banyak peluang pengembangan karyawan.

3. Tingkatkan keberadaan Anda secara online

Sejak pandemi dimulai, bisnis makin beralih ke kancah digital (online) karena pasar berevolusi dari toko fisik atau konvensional. Jika Anda masih perlu melangkah untuk membangun kehadiran online Anda, inilah saatnya Anda mempertimbangkan untuk mendongkraknya di tahun 2023. Ini dapat mencakup strategi seperti membuat postingan media sosial yang lebih menarik atau mengembangkan situs web resmi. Kehadiran online Anda sangat penting untuk menarik pelanggan baru serta meningkatkan kesadaran merek. Ini sangat penting jika Anda ingin mengalami pertumbuhan di tahun baru.

4. Tingkatkan efisiensi dalam sistem

Tujuan setiap pemberi kerja adalah agar perusahaan mereka menjadi efisien dan kuat untuk memaksimalkan potensi penuhnya. Berfokus pada peningkatan sistem dan proses operasional Anda juga penting karena pasar terus beroperasi di saat ketidakpastian.

Namun demikian, memberikan peningkatan pada sistem Anda saat ini juga dapat menimbulkan biaya yang sangat besar. Adalah baik untuk terlebih dahulu menentukan sistem atau proses mana yang memberikan hasil paling banyak dan berusaha memperbaikinya untuk mengoptimalkan anggaran dan sumber daya (SDM) Anda.

5. Izinkan untuk menggerak strategi secara fleksibel

Sasaran bisnis utama lainnya yang menjadi fokus adalah fleksibilitas strategis dalam proses, program dan khususnya dalam perekrutan. Luangkan waktu untuk menyaring melalui latihan desain perusahaan untuk benar-benar mengukur delta antara di mana Anda sebagai perusahaan sekarang vs di mana Anda ingin berada di tahun depan dan seterusnya. Ingatlah untuk realistis tentang kemampuan organisasi untuk mencapai tempat yang ideal, mengingat kendala dan ketidakpastian di pasar masa depan.

6. Fokus pada para pemimpin Anda

Perusahaan harus melatih dan mengembangkan setiap tingkat manajemen tentang cara memimpin anggota tim mereka. Manajer saat ini diharapkan untuk memimpin dengan empati, membentuk ekspektasi yang ringkas dan beban kerja yang seimbang, melakukan check-in secara rutin kepada karyawan, dan pada saat yang sama, mendukung tujuan profesional karyawan. Karyawan yang merasa dihargai dan diperhatikan oleh atasannya cenderung lebih produktif dan terlibat dalam pekerjaan.

7. Tinjau dan perbarui kembali strategi Perusahaan Anda

Menjelang akhir tahun 2022, ada baiknya melakukan penyegaran strategi untuk menyambut target bisnis baru, penentuan metrik operasional, dan KPI serta tujuan yang jelas di tingkat individu dan organisasi. Ini berarti seseorang harus mulai merencanakan dan meninjau sekarang, karena sebagian besar perusahaan berjuang untuk memulai bagaimana mereka ingin beroperasi selama Q1. Baik itu pertumbuhan perusahaan, pengurangan biaya, atau profitabilitas bisnis dan Anda harus mengatur strategi Anda sekarang lebih baik daripada nanti.

8. Fokus pada apa yang benar-benar membawa hasil

Perusahaan harus fokus pada pengurangan hal-hal yang tidak relevan dan menekankan apa yang benar-benar membawa hasil. Misalnya, menambahkan fitur yang memberikan nilai paling besar bagi pelanggan, memilih platform media sosial yang sesuai dengan jangkauan terbanyak, menetapkan strategi penjualan terbaik, atau berinvestasi pada alat yang membantu anggota tim untuk berkolaborasi bersama dengan lebih baik.

Saatnya mencapai target bisnis dengan dukungan software HRIS

Jika Anda belum pernah mengembangkan rencana aksi triwulanan sebelumnya, mungkin sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai. Banyak perusahaan begitu terbiasa dengan gagasan mengembangkan tujuan tahunan yang besar sehingga mereka sering lupa bagaimana memecah tujuan tersebut menjadi bagian-bagian yang lebih kecil – yang merupakan kunci perencanaan kerja secara triwulanan. Mari membahas bagaimana bisnis dan perusahaan Anda bisa berkembang lagi bersama solusi Appsensi untuk manajemen karyawan, aktivitas, tugas, performance hingga payroll.

Author Profile

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments