Memahami Apa itu Manajemen Pegawai dalam Usaha

Januari 3, 2022

Banyak perusahaan akan mati jika kehilangan pegawainya. Tanpa pegawai, pemilik perusahaan terbatas dalam mengatur dan mengembangkan usaha. Untuk merekrut dan memastikan pegawai mau bekerja untuk perusahaan, manajemen soal pegawai harus bagus. Apa itu manajemen pegawai ini? Walaupun penting, masih sedikit orang yang paham soal ini. Karena itu, mari bahas bersama topiknya pada artikel berikut ini!

Definisi Manajemen Dalam Lingkup Perusahaan

Memahami Apa itu Manajemen Pegawai dalam Usaha

Pada dasarnya manajemen adalah istilah pengaturan tertentu pada bagian perusahaan. Contohnya bagian organisasi mengatur keuangan perusahaan disebut manajemen keuangan perusahaan. Dalam perusahaan, banyak aspek yang harus diatur. Karena itu, departemen khusus ini juga harus dibentuk.

Jenis manajemen tentu ada banyak, tapi biasanya tergantung dengan lingkup kerja yang mereka pegang. Contoh saja manajemen marketing, manajemen logistic dan manajemen produksi. Arti dari ini adalah mereka yang mengatur tentang marketing, logistik barang perusahaan dan juga produksi barang untuk dijual.

Memahami Manajemen Human Resource

Setelah tahu bahwa manajemen adalah mengatur sesuatu, Anda tidak perlu bingung tentang apa itu manajemen seputar pegawai. Hal ini adalah semua pengaturan pegawai yang dibuat menjadi bagian khusus perusahaan.

Hal seperti pengajian pegawai, pemecatan, kenaikan pangkat dan bahkan rekrutmen semua dilakukan pada manajemen HR. Bagian ini dipisah sendiri dengan manajemen lain karena lingkup pengurusannya yang penting dan lepas dari berbagai aspek perusahaan lain.

Mengapa Peran HR Begitu Penting?

Manajemen human resource atau kepegawaian memegang peran penting pada perusahaan. Hal ini berhubungan dengan bagaimana perusahaan sebagai organisasi tidak bisa berjalan sendiri. Karena menggunakan kumpulan banyak pegawai untuk berjalan, tentu saja harus ada departemen perusahaan khusus yang mampu mengurusi para pegawai.

Di era sekarang, pegawai yang tidak mendapatkan perhatian pasti akan memilih berhenti dan bekerja di perusahaan lain. Karena faktor ini, perusahaan tidak boleh meremehkan hubungannya dengan para karyawan.

Adanya manajemen HR juga memudahkan komunikasi antara pegawai dengan perusahaan. Contoh saja saat ada pegawai yang sakit dan ingin izin tidak bekerja. Pegawai cukup hubungi HR untuk urusan ini. Nantinya HR akan hitung lama izin ini sebagai hari tidak bekerja dan memotong upah pegawai tersebut. Jika tidak ada manajemen HR, tentu saja para pemimpin perusahaan akan kewalahan harus urus ini sendiri.

Berbagai Kelebihan yang Didapat dengan Manajemen Pegawai yang Bagus

Jika sudah tahu pentingnya dan arti apa itu manajemen, Anda bisa bayangkan kelebihan yang didapat dengan melakukan pengaturan pegawai yang baik. Pada bagian ini mari lihat bersama kelebihan jika utamakan pentingnya manajemen HR di perusahaan!

1. Memastikan Moral Kerja Pegawai Positif

Bekerja dengan moral tinggi memastikan hasil yang lebih bagus. Produktivitas di perusahaan sangat tergantung bagaimana HR mengurus pegawainya. Jika tidak adil dan hanya memandang keuntungan perusahaan, produktivitas pegawai bisa menurun drastis.

2. Mencegah Pegawai Berkualitas Pergi Ke Perusahaan Lain

HR harus mampu menyeimbangkan komunikasi dan upah untuk menjaga pegawai puas. Jangan sampai ada pegawai dengan skill tinggi tidak puas dan malah pergi menguntungkan perusahaan pesaing. Untuk puaskan pegawai, hal seperti upah yang adil dan berbagai layanan kesejahteraan pegawai harus dipikirkan juga.

3. Mengarahkan Pegawai Untuk Mendukung Perkembangan Perusahaan

Pentingnya manajemen human resource juga dilihat dari cara mereka membuat pegawai mendukung perusahaan. Pegawai harus diarahkan untuk merasa pentingnya perusahaan bagi mereka. Jika mereka merasa perusahaan bisa bangkrut jika pegawai tidak berjalan maksimal, tentu saja para pegawai ini akan lebih serius bekerja.

Tips yang Dapat Digunakan Dalam Kelola HR

Tips yang Dapat Digunakan Dalam Kelola HR

Setelah tahu apa itu manajemen, sekarang waktunya aplikasi ilmu HR ini ke dalam usaha Anda. Untuk membantu Anda mengetahui cara yang pas untuk hal ini, berikut adalah tips yang bisa dipakai:

1. Integrasikan Komunikasi yang Baik

Komunikasi yang baik adalah syarat utama dalam kelola HR. Pastikan pegawai tidak merasa canggung mengadu masalah mereka dengan pihak perusahaan. Pegawai harus mampu memberikan input dan kritik secara terbuka tanpa harus mendapatkan hukuman karena hal tersebut.

Tentu saja HR tidak semerta – merta menerima semua komplain dan aduan tersebut. HR tetap harus menyaring aduan mana yang konstruktif dan mampu perbaiki kemampuan perusahaan untuk berkembang dan sejahterakan pegawai.

Apapun prosesnya, cara pertama yang wajib dilakukan adalah komunikasi. Jangan asal ubah aturan seperti gaji, jam kerja atau hal sejenisnya jika tanpa diskusi dengan pihak karyawan secara menyeluruh. Pastikan dulu keputusan perusahaan tidak berimbas negatif pada para pegawai.

2. Pastikan Buat Perspektif yang Balance

Fungsi manajemen HR dalam perusahaan adalah mengatur pegawai untuk memajukan perusahaan. Tapi jangan salah artikan ini. Pegawai yang bisa memajukan perusahaan adalah mereka yang mendapatkan perlakukan baik

Jika ada kasus atasan menyalahgunakan kekuasaan misalnya, jangan langsung memilih lindungi atasan. Memang atasan memiliki peranan lebih daripada pegawai biasa, tapi secara etika, HR harus objektif melihat siapa yang salah.

Banyak kasus HR selalu memihak atasan dan mengurus pegawai secara tidak adil. Hal ini sebaiknya dihindari.

3. Gunakan Tool Modern Untuk Bantu Manage Pegawai

Untuk permudah mengatur keperluan pegawai, Anda bisa pakai teknologi modern. Contoh saja masalah absen. Jika menggunakan program otomatis yang terhubung dengan aplikasi, para pegawai bisa mudah memberi kabar cuti, masuk ataupun izin karena masalah mendadak.

Tool seperti Appsensi adalah salah satu contohnya. Program ini memiliki fitur mobile attendance untuk pegawai, payroll calculation untuk bantu penghitungan gaji serta layanan update akses gaji transparan untuk pegawai. Fitur – fitur ini akan permudah hubungan HR dan pegawai di perusahaan untuk urusan absen dan gaji.

4. Jangan Takut Investasi ke Pegawai

Banyak perusahaan merasa sayang untuk lakukan pengeluaran demi pengembangan pegawai. Hal seperti memberi pelatihan, kursus skill baru dan bahkan memberikan bantuan pendidikan S2 bisa jadi contoh pengembangan ini. Sayangnya perusahaan selalu pandang hal ini sebagai beban tanpa hasil. Padahal melakukan hal ini bisa tingkatkan loyalitas para pegawai.

Berbagai Kesalahan HR yang Wajib Dihindari!

Manajemen pekerja tidak mudah di era sekarang ini. Jika menggunakan tenaga kerja dengan kemampuan tinggi, Anda tidak boleh semena – mena memperlakukan mereka. Kehilangan pekerja yang berkemampuan tinggi bisa berefek negatif pada performa perusahaan jangka panjang.

Kebanyakan perusahaan sayangnya lupa hal ini dan lebih memilih memaksimalkan pendapatan. Memang menekan gaji pegawai agar rendah bisa perbanyak nilai keuntungan. Tapi dalam jangka panjang, para pegawai yang merasa tidak puas dengan gaji ini bisa pergi ke perusahaan pesaing yang berani bayar lebih.

Posisi manajemen yang bagus harus berusaha seimbangkan antara kepuasan pegawai dan juga kemampuan perusahaan buat keuntungan. Di era modern sekarang, nilai loyalitas antara pegawai dan perusahaan sangat kurang. Karena perusahaan tidak bisa memberikan yang terbaik untuk pegawai, mereka jadi sering loncat ke perusahaan lain. Hal ini tentu sangat disayangkan apalagi jika pegawai memiliki kemampuan tinggi.

Dari segi keuntungan, memang mengganti pegawai yang minta bayar mahal dengan pegawai baru yang mau dibayar rendah lebih baik. Tapi hal ini kurang etis dan bahkan mempengaruhi image perusahaan. Sebagai contoh Anda bisa baca bahasan Activision Blizzard tentang layoff besar

Pemberitaan ini berasal dari pekerja freelance yang akan direkrut sebagai pegawai tetap setelah proyek software game selesai dibuat. Tapi karena pembiayaan, Activision Blizzard memutuskan melepas kontrak pada freelancer ini. Setelah digali, ternyata Activision Blizzard tidak punya masalah biaya, mereka bahkan memiliki report keuntungan besar di akhir tahun 2021. Info ini membuat para pegawai perusahaan ini marah.

Hampir 200 pegawai dalam proyek boikot tidak kerja selama beberapa hari sampai pihak perusahaan menepati janjinya. Kehilangan 200 pekerja dalam proyek yang butuh 500 orang tentu sangat menyulitkan. Jika tidak mau hal seperti ini terjadi pada perusahaan Anda, pastikan perlakukan pegawai Anda lebih baik dan jangan sekedar kerja untung.

Apakah Sudah Jelas?

Dari bahasan di atas, sekarang Anda lebih tahu apa itu manajemen tenaga kerja dan betapa pentingnya hal ini dalam usaha. Baik usaha kecil maupun perusahaan besar, jika menggunakan pegawai minimal harus memikirkan manajemen seputar ini.

Mudah-mudahan bahasan ini sudah membantu Anda lebih paham seputar bagian manajemen perusahaan. 

Baca juga: Tips Membuat Struktur Organisasi Perusahaan yang Efektif dan Efisien

Author Profile

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments