Industri yang dapat menggunakan Sistem Absensi Online

Oktober 28, 2021

Bagi perusahaan pada umumnya di saat pandemi Covid-19 saat ini menuntut para pekerja untuk tetap produktif dan selalu efisien dalam bekerja. Perusahaan memerlukan berbagai terobosan dalam mengelola karyawan dengan sebaik-baiknya. Hal ini menjadi isu dan prioritas utama yang harus dilakukan. Adanya sistem pengelolaan karyawan atau SDM yang baik tentu akan menjadi nilai tambah bagi perusahaan serta meningkatkan profitabilitas bagi bisnis.

sistem absensi online

Mari kita lihat beberapa contoh untuk kondisi saat ini, perusahaan seperti yang bergerak di industri jasa, retail, kesehatan, manufaktur, mining & energy, bahkan pemerintah serta swasta lainnya hingga outsourcing harus cerdas dalam mengelola SDM atau karyawannya.

Banyak cara yang dapat digunakan dalam mengelola karyawan, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi absensi dengan berbasis mobile (online).

Tentunya dalam melakukan pekerjaan akan menjadi tantangan tersendiri bagi HR (Human Resource) perusahaan. Apalagi jika perusahaan telah memiliki tenaga kerja dengan jumlah yang sangat banyak, ditambah lagi jika memiliki penempatan operasional yang berada di lokasi yang berbeda-beda. Oleh karena itu jika pengelolaan karyawan masih dilakukan secara manual (konvensional) akan sangat tidak efektif apalagi jika berkaitan dengan kebutuhan-kebutuhan administratif karyawan.

Bahkan tidak menutup kemungkinan, masih banyak perusahaan-perusahaan diluar sana yang menerapkan sistem absensi secara konvensional. Sebab dianggap lebih mudah untuk menggunakannya.

Salah satu yang menjadi aspek penting adalah dalam pencatatan kehadiran karyawan. Bayangkan jika Anda harus melakukan pencatatan kehadiran karyawan secara manual, bahkan menggunakan tools yang juga data nya masih perlu di screening tentu akan banyak menguras tenaga.

Jika masih dilakukan secara manual selain memerlukan waktu yang lama, pekerjaan tersebut juga rawan kesalahan dalam pencatatan kehadiran. Selain itu ditambah dengan aspek lokasi kantor pusat, dengan lokasi karyawan bekerja yang juga berbeda-beda akan menyebabkan sulitnya pemantauan dalam mengelolanya. Aspek lain yang perlu diperhitungkan adalah terutama jika karyawan ingin melakukan izin seperti (cuti/sakit/terlambat dan lain-lain).

Manfaat penggunaan Absensi Online bagi perusahaan pada umumnya

Hadirnya fitur yang ada di aplikasi HRIS sistem absensi online untuk karyawan tentu akan menjadi solusi dan mempermudah Anda sebagai karyawan untuk melakukan absensi, atau HR yang dalam hal ini melakukan pencatatan kehadiran.  

Absensi online untuk karyawan berisi tentang pencatatan kehadiran dengan sistem cloud, yang telah terhubung dengan database secara real-time. Absensi online sistem cloud ini akan menyimpan data absensi secara otomatis. Selain itu data absensi untuk karyawan ini dapat diakses dimana dan kapan saja. Karena yang paling penting kita masih tetap terhubung dengan jaringan internet.

Menggunakan sistem absensi online untuk karyawan untuk merekap absensi akan tinggi manfaat. Di sisi lain sistem absensi online untuk karyawan kini lebih banyak digunakan dan memiliki berbagai nilai tambah yang kian menarik orang untuk menggunakannya seperti fitur laporan payslip melalui smartphone, fitur cuti, claim, task assigment dan masih banyak lainnya.

Untuk pemakaian sistem HRIS ini biasanya terhubung dengan aplikasi (software) khusus pengelolaan absensi. Kesederhanaan absensi online hanya perlu menggunakan smartphone dan internet.

Memungkinkan karyawan melakukan absensi tanpa antri. Sehingga bisa lebih tepat waktu dan meminimalisir keterlembatan. Selain itu untuk tingkat kesalahan yang timbul akan berkurang. Hal ini disebabkan karena absensi dilakukan dengan basis aplikasi dan program khusus. Penggunaan absensi online untuk karyawan ini dapat menjamin tingkat akurasi yang tinggi, serta mengurangi terjadinya suatu kesalahan yang mungkin terjadi karena faktor manusia (human eror).

Penggunaan Absensi Online pada Industri

Sebelum Anda menggunakan aplikasi absensi online untuk karyawan ini. Ada baiknya Anda juga tahu bagaimana penerapan aplikasi online ini cocok digunakan untuk bisnis apa saja? Nah, aplikasi absensi online untuk karyawan ini dapat digunakan untuk berbagai jenis bisnis.

Dengan dilengkapi GPS dan Geo Tagging membuat karyawan tetap bisa melakukan absensi meski sedang bekerja dari rumah. Kelebihan dari aplikasi absensi online ini adalah, Anda bisa mengatur titik lokasi check in serta check out untuk karyawan, dengan membatasan radius (jarak) atau penempatan multiple locations. Mari simak bagaimana berbagai industri menerapkan solusi absensi online berbasis mobile berikut ini:

1. Sektor dan Institusi pendidikan

Untuk absensi online Appsensi ini sangat cocok untuk institusi pendidikan.  Apalagi jika kegiatan belajar dan mengajar yang sedang menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh.  Selain itu sangat diperlukan untuk tenaga-tenaga pengajar yang melakukan video conference dalam kelasnya. Dimana pegawai (guru atau dosen) ini diwajibkan untuk mencatat kehadirannya melalui absensi online. Bahkan absensi online ini juga bisa diterapkan pada organisasi atau mahasiswa juga.

use case institusi pendidikan

2. Institusi dan perusahaan dengan office worker

Kita ketahui dengan kemudahan bekerja dimasa pandemi ini beberapa perusahaan sudah menerapkan bekerja secara Hybrid yaitu menggabungkan bekerja secara WFH dan WFO. Salah satu nya jika perusahaan memiliki kebutuhan dan peraturan WFO yang sudah tersechdule maka Admin HR atau user bisia mencatat kehadiran untuk kebutuhan karyawan-karyawan yang sedang WFO tersebut. Dengan fitur monitoring absensi online dan cangkupan wilayah sesuai kantor, akurasi kehadiran karyawan yang bekerja dari kantor akan tepat dan presisi.

use case - office workers

3. Industri dan Instansi yang menerapkan mobile dan remote working

Biasanya kehadiran tidak menjadi masalah bagi perusahaan yang menerapkan kebijakan remote working.  Karena memang karyawan dapat melakukan absensi jarak jauh. Dimana perusahaan ini dapat memantau keberadaan pegawai melalui GPS tracking yang sudah terintegrasi pada sistem absensi online untuk karyawan.  Salah satu bisnis yang menerapkan hal ini adalah industri media dan startup.

use case - mobile workers

4. Industri dan Instansi yang menerapkan sistem kerja shift

Untuk absensi kehadiran karyawan dengan sistem shift menjadi penting.  Sehingga seringkali HR ini kesusahan dalam merekap pergantian shift karyawan.  Dengan adanya absensi online untuk karyawan ini, maka pegawai bisa melakukan pertukaran shift secara mandiri dengan rekan kerjanya. Dimana data pertukaran shift akan direkam secara otomatis pada sistem absensi online. Sebut saja seperti rumah sakit, retail, bandara dll.

Selain itu bagi perusahaan yang telah menerapkan shift kerja lebih dari satu. Maka sangat cocok untuk menggunakan aplikasi ini. Karena anda bisa membuat jadwal shift kerja secara otomatis di setiap bulannya.  Sehingga anda tidak perlu susah – susah dalam mengatur perputaran shift karena memang semua sudah dilakukan secara otomatis. Hal ini juga berlaku untuk instansi pemerintah yang menerapkan absensi online ASN.

use case - shift workers

Namun tidak semua absensi online memiliki fitur lengkap seperti yang disebutkan diatas. Salah satu aplikasi absensi online yang dilengkapi fitur lengkap Appsensi.

Dengan Appsensi perusahaan disuguhkan beberapa fitur unggulan yang mampu mempermudah pengelolaan karyawan sehingga mampu meningkatkan kualitas karyawan. Kemudahan-kemudahan yang ada juga akan meningkatkan produktivitas HR dalam menjalankan kewajibannya. Tertarik untuk mencoba fitur dan kemudahan Appsensi? Klik link dibawah ini

Coba Gratis 30 hari aplikasi HR Appsensi

Author Profile

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments