Apa Itu Absensi Mobile? Simak Penjelasan Selengkapnya di Sini

Oktober 7, 2021

Kemajuan teknologi yang begitu pesat membuat semua hal yang biasanya dilakukan dengan konvensional mampu teratasi. Salah satu contoh dari kemajuan teknologi yang semakin lama mulai menggantikan sistem konvensional adalah absensi mobile.

absensi mobile by Appsensi

Apa itu absensi mobile

Sebelum Anda mempelajari lebih lanjut tentang absensi mobile atau online ini. Sebaiknya Anda juga mengetahui apa sebenarnya maksud dari absensi secara mobile. Seperti namanya absensi secara mobile adalah sebuah sistem absensi yang dilakukan secara online.

Bahkan sistem absensi tersebut bisa dilakukan dimana saja. Namun mungkin Anda bertanya tanya jika apakah datanya bisa tertukar dengan peserta absensi lainnya. Jika memang tidak ada kebocoran data atau hacking data dari seorang oknum.

Maka bisa dikatakan data yang ada di dalam sistem absensi online atau mobil ini tidak akan bocor kemanapun. Bahkan untuk tertukarnya data sepertinya mustahil. Sebab setiap peserta memiliki data diri yang berbeda.

Sebagai contohnya adalah ketika melakukan absensi online dengan sistem pengenalan sidik jari peserta yang bersangkutan. Tentunya setiap orang akan memiliki jenis sidik jari yang berbeda. Hal inilah yang bisa dikatakan jika sistem online dari absensi yang dilakukan tidak akan tertukar.

aplikasi absensi mobile

Perbedaan dengan absensi online dan absensi konvensional

Jika Anda masih bingung membedakan antara absensi online dengan konvensional. Maka Anda bisa membaca penjelasan pada poin ini.

Secara sederhana absensi online dilakukan secara online. Sedangkan untuk sistem absensi konvensional akan dilakukan secara manual. Lalu untuk kecepatan dari keduanya juga berbeda.

Tentunya sistem online lebih cepat dibandingkan dengan sistem konvensional. Sebab setiap peserta yang akan melakukan sistem absensi tidak perlu menunggu peserta lain. Jika pada sistem absensi konvensional biasanya setiap peserta harus melakukan proses absensi secara antre dan tentunya membutuhkan waktu yang begitu lama.

Lalu risiko kecurangan yang dimiliki oleh kedua sistem absensi tersebut terbilang cukup berbeda. Kecurangan lebih besar bisa didapatkan ketika seseorang melakukan proses absensi konvensional. Hal ini disebabkan oleh adanya beberapa oknum yang biasanya melakukan penitipan absensi.

Sedangkan untuk sistem online, kegiatan absensi hanya bisa dilakukan oleh mereka yang bersangkutan. Tentunya keamanan yang diberikan oleh sistem online terbilang lebih terjamin daripada sistem absensi konvensional.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Absensi Karyawan Manual

Manfaat dari absensi mobile

Baik itu mobile maupun konvensional, keduanya memiliki manfaatnya masing-masing. Tentunya bagi orang yang sudah pernah melakukan sistem absensi dari kedua sistem tersebut bisa menyadari akan manfaat yang diberikan.

Namun artikel ini akan memberikan penjelasan terkait dengan manfaat yang diberikan oleh sistem absensi online. Berikut adalah penjelasan selengkapnya dari manfaat yang diberikan oleh sistem absensi online.

  1. Hemat pengeluaran

Hal pertama yang bisa didapatkan dari sistem absensi online adalah adanya hemat biaya yang diberikan. Sistem absensi online tidak memerlukan penggunaan perangkat fisik. Sehingga hanya bermodalkan smartphone bisa tercover proses absensi.

Berbeda dengan sistem absensi konvensional yang membutuhkan beberapa perangkat fisik pendukung agar proses absensi yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar.

  1. Kecurangan yang lebih sedikit

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika proses absensi yang dilakukan secara online bisa dibilang mampu memperkecil risiko kecurangan. Sistem absensi yang bisa dilakukan dimana saja mungkin banyak orang meragukan keakuratan yang diberikan.

Namun tahukah Anda jika sistem online bisa melakukan pelacakan suatu tempat melalui fitur gps. Tentunya para peserta absen bisa diketahui telah melakukan proses absensi dimana tempatnya.

  1. Selalu update

Sistem online juga bisa di konektifitas LAN dengan beberapa sistem lain seperti penggajian. Sistem penggajian yang berdasarkan penilaian kehadiran dan kerajinan. Bisa memanfaatkan konektivitas pada sistem absensi online.

Tentunya keterlambatan, pulang lebih awal, hingga tidak masuk tanpa alasan bisa diketahui lewat absensi online. Tentunya para pekerja yang bertugas melakukan proses rekap data untuk gaji juga akan lebih mudah menangani proses penggajian.

Dan data dari absensi online selalu update data terbaru setiap ada peserta yang melakukan proses absensi tanpa menghapus data sebelumnya. Tentunya hal ini juga bisa dibilang data yang diberikan benar-benar realtime.

  1. Keakuratan terbukti

Berikutnya absensi sistem online terbilang cukup akurat sekali. Hal ini dikarenakan sistem online mampu merekap jam prosesi absensi yang dilakukan oleh peserta. Tentunya dari jam absensi saja juga sudah bisa dilihat bagaimana hasil yang didapatkan oleh setiap pekerja dalam suatu perusahaan.

  1. Sistem rekap lebih mudah

Terakhir pada sesi perekapan data, sistem online biasanya akan lebih mempermudah proses perekapan data yang dilakukan oleh para peserta absensi. Sebab semua data yang tersimpan dalam sistem online akan tertata rapi sesuai form yang tersedia dalam sistem tersebut.

Secara mudahnya setiap data akan berada di tempatnya masing-masing. Ketika proses perekapan, pekerja yang melakukan rekap bisa melihat secara detail kebutuhan informasi dari absensi tersebut.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Absensi Online Untuk Karyawan

Keuntungan dari menggunakan sistem absensi mobile

Selain memiliki banyak manfaat yang diberikan, ternyata sistem online yang digunakan untuk absensi juga bisa memberikan banyak keuntungan. Meskipun begitu, ada beberapa orang yang tak menyadari akan hal tersebut.

Appsensi - aplikasi absensi online

Lantas apa saja manfaat yang diberikan oleh absensi sistem online ? Berikut adalah penjelasan selengkapnya terkait hal tersebut.

  1. Tidak membutuhkan banyak tenaga

Sistem online yang sudah bisa diaplikasikan lewat sebuah smartphone ternyata bisa mengurangi penggunaan tenaga kerja khusus absensi. Itu artinya perusahaan bisa memangkas pengeluaran yang dikhususkan hanya untuk proses absensi.

  1. Akurasi yang begitu tepat

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika proses absensi yang dilakukan secara online mampu mengurangi risiko kecurangan. Tentunya hasil rekap data yang didapatkan memang memberikan keaslian data dengan cukup baik. Hal ini juga begitu menguntungkan bagi perusahaan.

  1. Mudah terintegrasi

Tak hanya bisa berjalan sendiri saja, namun  sistem online pada absensi bisa dilakukan integrasi dengan sistem lain. Artinya hasil dari sistem absensi online ini bisa dikirimkan pada sistem lain. Dan hal ini juga akan mempercepat kinerja bidang lain.

Baca juga: Aplikasi Laporan Kehadiran Karyawan Otomatis, Lebih Akurat

Tips memilih aplikasi absensi mobile

Meski saat ini banyak sekali aplikasi absensi sistem online atau mobile. Namun jika Anda memang ingin mendapatkan aplikasi absensi online dengan kondisi terbaik. Maka proses pemilihan yang dilakukan tak boleh secara asal.

Sebab tak semua aplikasi bisa memberikan kualitas kinerja terbaiknya. Maka dari itu cobalah untuk lakukan pemilihan aplikasi dengan beberapa tahapan berikut ini.

  1. Cocok untuk semua jenis smartphone

Kemajuan teknologi tak bisa dipungkiri sebegitu cepatnya. Sehingga perkembangan dalam bidang tersebut setidaknya dalam jangkauan waktu tertentu akan mendapatkan update. Hal ini juga sering terjadi pada smartphone yang Anda miliki.

Mulai dari fitur, sistem operasi, tipe, hingga memory, dan beberapa hal lainya. Tentunya untuk aplikasi pun begitu. Ada beberapa aplikasi yang dikhususkan untuk suatu sistem operasi saja. Padahal dalam kenyataan di lapangan tak semua pemilik smartphone memiliki sistem operasi yang sama.

Tentunya untuk meminimalkan ketidakmampuan aplikasi tersebut diinstal pada suatu sistem operasi smartphone. Anda bisa mencoba untuk meminta kepada pihak developer aplikasi absensi online agar aplikasi tersebut bisa cocok untuk semua jenis sistem operasi sekaligus tipenya.

Dengan begitu kemungkinan besar peserta absensi bisa dengan mudah menggunakan aplikasi tersebut tanpa ada kendala terkait dengan sistem operasi.

  1. User friendly

Tak semua aplikasi absensi online memiliki kemampuan mudah digunakan oleh para pengguna. Artinya meskipun aplikasi tersebut bisa diinstall. Namun tak menutup kemungkinan jika tampilan dari aplikasi tersebut begitu rumit, maka bisa jadi para pengguna akan merasa kesusahan. Tentunya Anda bisa memilih aplikasi dengan sistem yang begitu user friendly.

  1. Fitur yang memadai

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika setiap aplikasi absensi memiliki fitur yang berbeda antara satu sama lain. Tergantung dari pihak customer yang meminta dibuatkan aplikasi tersebut.

Anda sebagai calon pengguna aplikasi bisa request terkait dengan fitur yang harus ada dalam aplikasi tersebut. Contohnya adalah adanya sistem rekap data yang bisa terkoneksi ke beberapa aplikasi atau software lain.

  1. Biaya

Jika tiga poin di atas sudah terpenuhi. Berikutnya dari segi biaya. Dalam hal ini Anda bisa melakukan negosiasi. Biasanya biaya tergantung dari lama pembuatan, fitur, kesulitan, hingga tampilan, dan beberapa hal lainnya.

Anda bisa menyiapkan dana sesuai dengan referensi yang sebelumnya telah didapatkan. Selain itu cobalah untuk memilih aplikasi sesuai kebutuhan agar dana yang dikeluarkan bisa lebih tertolong.Jika memang Anda bingung akan memilih dari sekian banyaknya aplikasi absensi mobile. Maka tak ada salahnya untuk menggunakan appsensi. Semua kebutuhan terkait dengan sistem absensi online bisa Anda dapatkan di Appsensi. Isi from dibawah ini untuk mencoba GRATIS 30 HARI aplikasi Absensi Online dan HR dari Appsensi:

Author Profile

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments