Contoh Format Slip Gaji Sederhana untuk Anda

Agustus 3, 2022

Salah satu tugas HR atau finance adalah mengurusperihal Payroll atau dalam hal ini pemberian slip gaji kepada karyawan. Slip gaji tersebut sendiri terdiri dari rincian gaji karyawan, yang meliputi penghasilan seperti upah dasar, tunjangan transportasi, tunjangan kesehatan, tunjangan khusus, BPJS dan pengurangan lainnya seperti pajak, atau rincian pinjaman dan potongan lainnya. Dalam artikel ini berikut salah satu contoh format slip gaji sederhana yang bisa Anda gunakan.

Contoh Format Slip Gaji

Di dalam isi format slip gaji harus ada apa saja?

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kita mengenal slip gaji lebih dekat. Slip gaji adalah salah satu dokumen resmi yang dapat menjadi bukti pembayaran upah pegawai dari perusahaan yang berisi rincian penghasilan dan potongan yang diberikan karyawan dari perusahaan.  Hal ini tertulis dalam PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, pasal 17 ayat 2 menyebutkan bahwa pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah yang diterima oleh pekerja buruh pada saat upah dibayarkan.

Slip gaji ini dibuat dengan tujuan sebagai bkti tertulis perihal transaksi pembayaran hak-hak yang harus diterima karyawan. Dokumen ini akan menjadi bukti kuat apabila karyawan ingin mendapatkan informasi mengenai hak dan kewajiban yang harus dibayarkan dan berkaitan dengan perusahaan.

Slip gaji pada umumnya memiliki format sebagai berikut:

  1. Nama perusahaan
  2. Pernyataan kerahasiaan dokumen
  3. Data karyawan, mulai dari nama, nomor pegawai, nomor NPWP dan data umum seputar nama divisi serta jabatannya. Selain itu terdapat rincian pembayaran yang meliputi nominal penghasilan termasuk gaji pokok, tunjangan serta insentif lainnya jika ada sedangkan nominal potongan meliputi premi BPJS kesehatan dan iuran lainnya yang disesuaikan dengan kebijakan setiap perusahaan. 
  4. Tanggal pembayaran gaji
  5. Keterangan pembayaran lengkap, berisi uraian lengkap pendapatan sebelum pajak tahun berjalan, pendapatan setelah pajak tahun berjalan, pajak bulan berjalan, total pendapatan karyawan serta nama bank sebagai lembaga pembiayaan. 

Kenapa karyawan memerlukan slip gaji?

Perusahaan wajib memberikan slip gaji kepada karyawan karena memiliki manfaat lain yang sangat menguntungkan bagi karyawan. Salah satu manfaatnya tersebut adalah slip gaji dapat dijadikan syarat penting untuk karyawan mengajukan KPR Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) ataupun Kredit Kendaraan Bermotor (KBB). Selain itu, slip gaji sendiri sangat bermanfaat untuk melakukan negosiasi gaji dengan perusahaan baru apabila karyawan mengundurkan diri dan mengajukan kartu kredit apabila diperlukan.

Oleh karena itu, slip gaji sangatlah dibutuhkan oleh karyawan. Namun perlu diperhatikan juga bahwa slip gaji harus disimpan dengan baik dan dipergunakan dengan bijak karena bersifat confidential. 

Apabila karyawan tidak memiliki slip gaji, maka karyawan akan mengalami kesusahan untuk mengajukan KPR ataupun kredit lainnya karena slip gaji adalah syarat umum yang akan ditanyakan. Namun apabila tidak ada slip gaji, alternatif untuk dokumen pendukung yang digunakan adalah dengan melampirkan rekening koran 3 bulan terakhir. 

Contoh format slip gaji

Contoh Format Slip Gaji

Membuat slip gaji tentunya membutuhkan format khusus dalam bentuk doc, docx, excel, word ataupun online. 

Untuk itu berikut ini adalah contoh format slip gaji sederhana yang bisa anda jadikan referensi untuk membuat slip gaji pada perusahaan Anda.

Anda bisa mendownload slip gaji tersebut pada link berikut ini: Format Slip Gaji Sederhana

Manfaat memberikan slip gaji kepada karyawan secara tepat waktu

Berdasarkan peraturan PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, pasal 17 ayat 2 menyebutkan bahwa pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah yang diterima oleh pekerja buruh pada saat upah dibayarkan. Untuk itu perusahaan harus menyiapkan dokumen slip gaji untuk karyawan ketika menerima gajian. 

Peraturan Pemerintah tersebut juga mencantumkan bahwa bukti pembayaran upah harus menyertakan rincian upah yang diterima karyawan di periode tersebut. Jenis upah yang wajib dibayarkan adalah mencangkup ke dalam:

  • Upah tanpa tunjangan
  • Upah pokok dan tunjangan tetap
  • Upah pokok, tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap

Dengan memberikan slip gaji kepada karyawan secara tepat waktu, maka berkemungkinan adanya rasa loyalitas dan kepercayaan tinggi dari kepada perusahaan.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang mulai menggunakan slip gaji secara online dimana karyawan dapat melihat sendiri slip gajinya melalui aplikasi. Tentunya cara ini jauh lebih efektif dan bermanfaat bagi perusahaan serta karyawan. 

Manfaat dari slip gaji online sendiri adalah untuk mengurangi penggunaan kertas, karyawan dapat mengakses slip gaji di mana pun dan kapan pun, mudah untuk back up secara cepat, mudah dikirimkan kepada pihak yang membutuhkan dengan cepat, dan adanya jaminan privasi dan keamanan data karyawan.

Semoga dengan artikel ini dapat menambah referensi Anda mengenai sumber kelengkapan file untuk manajemen SDM atau personalia. Contoh format slip gaji karyawan ini bisa di aplikasikan untuk kebutuhan bisnis maupun perusahaan. Jika Anda merasa menggunakan form manual ini cukup sulit dan tidak mudah. Anda bisa menggunakan solusi dari Appsensi. Klik di sini untuk pelajari lebih lanjut mengenai kemudahan kelola Absensi online secara otomatis.

Author Profile

Nuritia Ramadhani

Content Manager

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments