5 Hal Yang Diperlukan Untuk Menerapkan Absensi Marketing Secara Tepat

November 10, 2022

Kegiatan marketing berhubungan erat dengan pemasaran produk atau jasa yang disediakan perusahaan, untuk itu tidak heran apabila pekerjaannya seringkali mengharuskan karyawan untuk bekerja diluar kantor. Namun, bagaimana cara mengetahui pekerjaan karyawan yang bekerja diluar kantor? Bagaimana dengan absensinya? Mari kita bahas mengenai absensi marketing secara lebih lanjut pada artikel ini. 

absensi marketing

Key Take Points

  •  Efisiensi waktu dalam melakukan absensi untuk para tim marketing yang sering bekerja diluar kantor
  •  Terdapat beberapa manfaat lainnnya yang perlu Anda ketahui untuk para tim sales dan marketing

Sistem Kerja Marketing

Dalam berbisnis, memiliki divisi marketing sangatlah penting sebab memiliki dampak yang sangat besar bagi perusahaan. Apabila marketing tidak mampu menjual produk atau jasa perusahaan, maka akan berdampak pada jalannya sebuah perusahaan. 

Marketing memiliki beberapa tugas penting sebagai pemasar produk perusahaan. Yaitu mulai dari mempromosikan produk atau jasa, berperan sebagai sales untuk mendatangkan penjualan, mendalam riset dan pengembangan, serta sebagai perwujudan konsep marketing communication dengan menjaga dan menjalin komunikasi dengan konsumen, masyarakat dan lingkungan sekitar perusahaannya. 

Pekerjaan marketing yang bermacam-macam tentunya tidak mewajibkan anggotanya untuk bekerja di kantor saja, melainkan juga menjalankan tugas dinas keluar untuk menemui klien ataupun mendatangi distributor untuk investigasi penjualan. 

Seringkali pertemuan dengan klien atau vendor dapat dilakukan dengan lokasi yang jauh dari kantor pusat, sehingga apabila para tim marketing mengharuskan untuk melakukan absensi di kantor, tentunya akan cukup menyulitkan serta memangkas waktu dan biaya lebih. Time management menjadi hal yang paling diperhatikan oleh HRD. 

Untuk itu diperlukan efisiensi waktu dalam melakukan absensi untuk para tim marketing yang sering bekerja diluar kantor, yaitu dengan cara menggunakan absensi online. Penggunaan absensi online yang praktis memiliki banyak manfaat yang sangat berguna untuk divisi sales dan marketing. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai manfaat dan implementasi absensi online untuk tim sales dan marketing. 

Manfaat Absensi Marketing 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, penggunaan absensi online sangatlah meningkatkan efektivitas waktu untuk tim sales dan marketing dalam melakukan absensi secara mudah serta menghadirkan jam kerja yang lebih luas. 

Namun absensi online ini tidak terbatas hanya untuk itu saja, terdapat beberapa manfaat lainya yang perlu Anda ketahui untuk para tim sales dan marketing, yaitu:

  1. Menghemat energi: Tim sales dan marketing dapat melakukan absensi tanpa harus berada di kantor, sehingga tidak menjadi masalah apabila diperlukan untuk menemui klien pada pagi hari. 
  2. Mencegah karyawan korupsi waktu seperti tidak kembali ke kantor apabila meeting sudah selesai. Dengan hal ini maka perusahaan dapat memastikan karyawannya tidak melanggar ketentuan jam kerja yang telah dimuat dalam Undang-undang ketenagakerjaan. Sebab apabila perusahaan diaudit dan ditemukan pelanggaran jam kerja, maka perusahaan bisa mendapatkan masalah besar. Untuk itu, diperlukan fungsi check in dan check out untuk absensi secara tepat waktu. 
  3. Memangkas biaya, khususnya biaya closing deal. Sebab apabila terlalu lama untuk melakukan closing deal, semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. 
  4. Mudah dalam monitoring pekerjaan sales darimana saja dan kapan saja dengan fitur geotagging dengan akurasi tinggi. Hal ini tentunya memudahkan tim HRD ataupun manajer untuk melakukan monitoring dari kantor pusat dan mengetahui posisi karyawan secara tepat dengan lokasi GPS. 
  5. Mudah melakukan rekap absensi dan laporan kerja tim. Hanya dengan satu dashboard, baik HRD dan manajer dapat melakukan rekap absensi serta merekap laporan kerja karyawan baik dalam hitungan harian, mingguan, bulanan maupun tahunan. Tentunya hal ini sangat mempermudah kinerja HRD dalam mengelola karyawan yang bekerja diluar.

Berbagai manfaat ini dapat Anda rasakan ketika Anda memilih aplikasi absensi online yang tepat dan memiliki fitur lengkap seperti  Appsensi. 

Appsensi adalah aplikasi absensi online yang dapat menunjang kinerja tim sales dan marketing secara mudah. Fitur-fitur yang dibutuhkan untuk membantu kinerja tim sales dan marketing perusahaan telah tersedia pada Appsensi. Mulai dari monitor kehadiran karyawan hingga penghitungan gaji serta tunjangan karyawan telah tersedia pada fitur-fitur Appsensi.

Mulai dari Fitur Absensi Online, Fitur Payroll, Earned Wage Access (EWA), Live-Tracking, Manajemen Shifting, Pengajuan Cuti dan Lembur, Perhitungan Pajak PPh21 terbaru hingga klaim cuti atau klaim reimburse dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, appsensi memiliki fitur Activity yang berfungsi sebagai laporan hasil kerja karyawan ketika sedang bekerja diluar kantor. Karyawan dapat melakukan dokumentasi atau mengirimkan draft sampel dokumen yang perlu disiapkan oleh kantor dalam menunjang kinerja karyawan. 

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut kemudahan-kemudahan yang disediakan oleh Appsensi? Klik link ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Appsensi. 

Author Profile

Nuritia Ramadhani

Content Manager

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments