Perkembangan Worksheet dan Implementasinya yang Perlu Anda Ketahui

Agustus 5, 2022

Worksheet secara terminologi dahulu adalah istilah untuk selembar kertas, yang biasanya berisi dengan pertanyaan dan berisi kolom atau ruang untuk jawaban yang akan ditulis atau mungkin termasuk selembar tugas dengan kotak-kotak didalamnya yang dapat di isi langsung untuk menuliskan jawaban. Tapi lebih dari itu kini konsep sebua “worksheet” telah berkembang secara luas, tidak hanya digunakan untuk penulisan tugas, worksheet kini digunakan oleh industri dan bisnis. Sehari-hari digunakan menjadi tools wajib oleh para pekerja baik di role operasional, personalia, hingga finance.

worksheets on spreadsheet startup concept

Apa itu Worksheet?

Worksheet dalam arti utamanya hanyalah selembar kertas yang digunakan untuk mengerjakan tugas. Ini mungkin konsep sesederhana selembar kertas untuk menyelesaikan tugas, lalu digunakan dalam mencatat atau menemani pekerjaan dan biasanya digunakan pada sektor pendidikan seperti sekolah, hingga industri keuangan dan pajak.

Meskipun ini adalah arti paling umum dari kata ‘worksheets’ sebagai hanya selembar kertas kerja, pengenalan perangkat lunak (software) dengan perkembangan teknologi saat ini secara perlahan telah mengubah dan mengambil alih arti dari worksheet sebagai selembar kertas ini juga.

Sejarah dan Perkembangan Worksheet

Secara tradisional, worksheet dahulu digambar menggunakan tangan dan disalin berkali-kali, praktek nya dulu adalah pada institusi pendidikan. Dimana guru memberikan worksheet ini untuk diberikan kepada para siswa, namun, seiring perkembangan signifikan dari adaptasi teknologi saat ini telah mempermudah pembuatan worksheet.

Sekarang tidak jarang tugas pekerjaan rumah dan penilaian diisi di komputer. Nilai dan hasil (rapot) juga biasanya diberikan secara elektronik, membuat seluruh proses kegiatan belajar mengajar benar-benar tanpa menggunakan kertas sedikitpun.

Anda pasti tahu worksheets juga digunakan dalam industri dan sektor keuangan serta pajak.

Dalam dunia akuntansi, worksheets dulu mengacu pada selembar kertas bergaris berwarna hijau yang dapat digunakan oleh akuntan untuk melakukan perhitungan dan mencatat informasi. Jenis ‘worksheets’ ini juga terkadang disebut acolumnar pad.

Dalam perpajakan, seringkali ada banyak angka dan rumus yang terlibat untuk menghitung nilai. Daripada memasukkan perhitungan ini dalam formulir pajak utama (main tax form), mereka biasanya diturunkan ke lembar terpisah untuk mengerjakan nilai-nilai ini, yang disebut ‘worksheet’.

Dalam pengertian sebuah software, spreadsheet biasanya menggantikan fungsi lembar kertas kerja (worksheet) ini. Misalnya, program Microsoft Excel membantu orang membuat spreadsheet mereka sendiri dan digunakan di seluruh dunia untuk berbagai kebutuhan. Untuk alasan ini, spreadsheet online juga sering disebut sebagai ‘worksheets’ dan serangkaian di dalamnya bahkan disebut ‘workbook’.

Dengan banyaknya orang yang memilih untuk tidak menggunakan kertas dalam pekerjaan juga dalam upaya untuk menjadi lebih ramah lingkungan, kata ‘worksheets’ telah memiliki arti yang berubah secara signifikan selama bertahun-tahun.

Adaptasi dan Trend Penggunaan Worksheet

Merujuk pada definisi dan perkembangan tadi mengenai Worksheet. Definisi worksheet sekarang ini di masyarakat adalah halaman dalam file yang dibuat dengan program spreadsheet elektronik seperti Microsoft Excel atau Google Spreadsheet. Buku kerja atau Workbook adalah nama lain yang diberikan kepada file Excel dan berisi satu atau beberapa worksheets. Mari kita ulas lebih lanjut.

Microsoft excel examples

Worksheet: Microsoft Excel

Worksheet dalam pengertian pada Microsoft Excel adalah lembar kerja yang berisi baris dan kolom serta ditandai dengan tab dalam file workbook Excel. Worksheet ini terdiri dari cells yang disusun dalam desain seperti tabel besar. Cells dalam worksheet juga dibentuk oleh semua kumpulan persilangan baris dan kolom.

Sebuah worksheets berisi baris dan kolom dan ditandai dengan tab dalam workbook Excel. Worksheet ini terdiri dari cells yang dirancang dalam pola seperti sebuah tabel yang besar. Cells lembar kerja dibentuk oleh persimpangan baris dan kolom. Cells worksheet dapat mengumpulkan data dan melakukan perhitungan menggunakan metode (rumus). Saat mengetik pengetahuan di lembar kerja Excel, cell terikat oleh indeks baris dan kolomnya.

Misalnya, jika Anda perlu memberi tahu pengguna untuk mengetikkan cell di sebelah “harga” dalam gambar nanti, Anda akan mengetik di cell B1 terlebih dahulu dan menginputnya. Selain hanya sebagai gudang dasar data dan perhitungan, worksheet pada Excel juga dapat berisi diagram tabel, gambar, gambar bentuk, pemformatan bersyarat dan lain-lain. Semua kelengkapan bahan-bahan ini terkumpul di atas worksheet Excel dan dapat dipindahkan melalui kursor mouse. Semua komponen ini dapat digabungkan secara kolektif untuk membuat dasbor yang sangat kuat untuk perhitungan dan kerja di workbook Excel.

Google spreadhsheets illustration

Worksheet: Google Spreadsheet

Sama dengan pengertian worksheet pada Microsoft Excel, pada Google Spreadsheet Anda dapat membuat dan mengedit spreadsheet langsung di browser web tidak memerlukan perangkat lunak (software) khusus yang perlu di instal terlebih dahulu. Penyebutan worksheet pada Google Spreadsheets sering juga disebut dengan kata “sheets”. Beberapa hingga banyak orang dapat bekerja secara bersamaan dan berkolaborasi juga didalam sheets ini, bahkan Anda dapat melihat perubahan orang saat mereka melakukannya, dan setiap perubahan ini disimpan secara otomatis.

Kegunaan Google Spreadsheet untuk membuat dan mengedit sheets secara online. File worksheets dapat dibagikan secara real-time, aman dan dari perangkat apa pun. Dengan Sheet yang Terhubung, Anda dapat mengakses, menganalisis, memvisualisasikan, dan membagikan miliaran baris data BigQuery dari spreadsheet Spreadsheet Anda. Google Spreadsheet mendukung lebih dari 400 fungsi spreadsheet yang dapat digunakan untuk membuat rumus yang memanipulasi data, menghitung angka, dan menghasilkan string.

Spreadsheet dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan organisasi yang gesit. Fitur AI pada Google Spreadsheets memudahkan pekerjaan Anda. Arsitektur berbasis cloud di dalamnya juga memungkinkan Anda berkolaborasi dengan siapa saja, kapan saja, di mana saja.

Spreadshets juga memiliki kompatibilitas dengan sistem eksternal, termasuk aplikasi-aplikasi Microsoft Office, jadi tidak ada gap bekerja dengan banyak sumber data.

Kelebihan Spreadsheets

Dibangun di atas infrastruktur Google, Spreadsheet memberi Anda kebebasan untuk berkreasi, sekaligus membantu menjaga keamanan informasi Anda.

Spreadsheet memberdayakan semua orang di seluruh organisasi untuk bekerja bersama-sama dari data secara real-time. Menyediakan AI untuk dapat mengakselerasi rumus dalam menghemat waktu dan mengurangi kesalahan dengan memunculkan rumus yang relevan saat Anda mencoba mengetik.

Untuk cara yang lebih mudah dalam menavigasi data Anda, klik tombol Jelajahi untuk melihat tren dan visualisasi yang dapat disesuaikan. Atau cukup ketik pertanyaan ke Jelajahi dan minta Google AI mengambil jawaban yang Anda butuhkan.

Spreadsheet menyediakan semua alat yang Anda butuhkan untuk menganalisis, memvisualisasikan, dan mendapatkan wawasan dari data Anda. API dan alat konektor tambahan membantu Anda memproses data dari berbagai sumber dalam CSV, Excel, atau format file lainnya. Dan dengan Sheet yang Terhubung, Anda dapat menganalisis miliaran baris data BigQuery di Spreadsheet, tanpa memerlukan pengetahuan SQL.

Worksheet dapat membantu Anda untuk menyelesaikan pekerjaan, baik itu menggunakan worksheet manual atau kedua pengaplikasian modern worksheet sekarang ini, semua tergantung Anda. Jika Anda memerlukan konsultasi terkait memonitor pekerjaan dan Appsensi tanpa worksheet (otomatis) kami siap mendengar kebutuhan Anda, hubungi kami melalui link di sini.

Author Profile

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments