Intip Ucapan Promosi Jabatan Yang Bisa Anda Tiru Di Kantor

Oktober 12, 2022

Kenaikan jabatan adalah salah satu hal yang di idam-idamkan khususnya bagi para pekerja, pegawai maupun karyawan. Sebagai bentuk apresiasi atas pencapaian tersebut, tidak ada salahnya Anda memberikan ucapan selamat secara langsung ataupun melalui caption di sosial media. 

ucapan promosi jabatan

Mengingat mendapatkan promosi jabatan berarti akan mendapatkan pangkat tinggi, secara otomatis gaji, tunjangan dan fasilitas yang diberikan pun akan ikut naik. Selain itu, karyawan yang berhasil mendapatkan promosi jabatan akan semakin dikenal dan disegani oleh orang-orang di kantor. 

Bagi Anda yang ingin mengucapkan selamat kepada rekan kerja atau atasan Anda atas promosi jabatannya namun bingung menyusun kalimatnya, Anda tidak perlu risau. Artikel ini akan memberikan Anda beberapa referensi ucapan yang sangat cocok untuk semua industri. 

Key Take Notes

  • Memberikan ucapan selamat kepada rekan kerja menunjukkan bagaimana sikap Anda terhadap pencapaiannya tersebut.
  • Terdapat beberapa tips untuk mengucapkan selamat kepada rekan kerja Anda.

Tips memberi ucapan promosi

Memberikan ucapan apresiasi kepada rekan kantor dapat menunjukkan bagaimana sikap Anda terhadap rekan kerja yang mendapatkan promosi jabatan. Selain itu, Anda juga bisa menambah erat tali silaturahmi dengan rekan kerja Anda dan menunjukkan bagaimana bangganya Anda terhadap pencapaiannya. 

Agar Anda tidak canggung mengucapkan selamat kepada rekan kerja Anda, ada baiknya anda mengikuti tips-tips berikut ini:

  1. Pikirikan hubunganmu dengan rekan kerja tersebut

Sebelum memberikan ucapan selamat kepada rekan kerja, ada baiknya Anda memikirnya seberapa dekat hubungan dengan rekan kerja Anda. hal ini penting agar Anda dapat menentukan gaya bahasa yang pas, terutama bila ingin mengucapkan selamat melalui email atau chat. Apabila hubungan Anda cukup dekat, Anda bisa menggunakan bahasa yang sedikit informal. Namun apabila tidak terlalu dekat, usahakan untuk menggunakan bahasa yang profesional.

  1. Sampaikan secepatnya 

Ketika Anda mendapatkan kabar mengenai kenaikan jabatan dari rekan kerja Anda, usahakan untuk mengucapkan selamat sesegera mungkin. Usahakan untuk tidak lebih dari 2 minggu agar tidak membingungkan rekan kerja Anda serta menunjukkan kepedulian Anda terhadap kenaikan jabatannya. 

  1. Tidak bertele-tele

Apabila ingin mengucapkan selamat secara tertulis, ada baiknya Anda menuliskannya secara singkat dan to the point. Hal ini dimaksudkan karena ada kemungkinan sang penerima bisa saja terlalu sibuk dan tidak memiliki waktu untuk membaca dan merespons pesanmu. 

  1. Mulailah dengan sapaan ringan 

Sebelum mengucapkan selamat, mulailah dengan sapaan ringan. Anda bisa menentukan sapaan berdasarkan seberapa dekat Anda dengan rekan kerja Anda. Kalau hubungan Anda tidak terlalu dekat, maka Anda bisa mulai menulis email yang diawali dengan “Dear Mr./Mrs.” atau “Teruntuk Pak/Bu”

Sebaliknya, apabila hubungan Anda termasuk dekat, anda bisa langsung memulainya dengan mengucapkan nama secara langsung dan memberikan sapaan yang lebih kreatif seperti, “Kamu keren sekali!!” atau “Tadi saya baru dapat kabar baik!”

  1. Ucapkan selamat secara tulus

Jangan lupa untuk mencantumkan ucapan selamat secara jelas ketika menulis email untuk rekan kerja. Pastikan tidak menulis terlalu panjang agar terdengar lebih tulus.

  1. Berikan ucapan yang penuh dukungan 

Menunjukkan dukungan kepada rekan kerja saat mengucapkan selamat juga sangatlah penting. Kalimat-kalimat tersebut akan menunjukkan bagaimana antusias Anda dan turut merayakan kesuksesannya.

  1. Berikan masukan atau tawarkan bantuan

Apabila Anda berada di posisi yang didapatkan rekan kerjamu setelah promosi terlebih dahulu atau lebih tinggi, Anda bisa memberikan masukan untuk mengakhiri ucapan selamat. Anda dapat menawarkan bantuan ke rekan kerjamu apabila telah mendapatkan promosi terlebih dahulu. 

Contoh Ucapan Promosi Jabatan 

Berikut ini beberapa referensi ucapan untuk rekan kerja Anda yang telah mendapatkan promosi jabatan;

  • “Selamat Bapak atau Ibu, semoga sukses di posisi yang baru dan amanah menjalankan tugas”
  • “Selamat bapak atau ibu atas dilantiknya menjadi (jabatan) semoga amanah dan berkah selalu”
  • “Selamat bapak atau ibu. Semoga sehat selalu dan sukses selalu”
  • “Selamat ya bapak atau ibu. Semoga semakin sukses dan jaya selalu”
  • “Selamat untuk promosinya ya bapak atau ibu, saya doakan semoga sehat dan sukses selalu”
  • “Semoga berkah selalu di jabatan yang baru bapak atau ibu!”
  • “Selamat atas jabatan barumu! Anda sudah bekerja keras dan pantas mendapatkannya. Semoga amanah”
  • “Saya tahu bagaimana perjuangan Anda mendapatkan posisi tersebut, Anda memang hebat!”
  • “Selamat atas pelantikan Anda sebagai [Jabatan], semoga bertanggung jawab dan amanah dalam tugasnya”
  • “Selamat atas jabatan baru Anda! Semoga membantu teman-teman yang lain menjadi lebih baik dan berjiwa pemimpin”
  • “Selamat untuk Bapak/Ibu yang telah bersedia menerima jabatan ini untuk dipercayai menjalankan lembaga dengan amanah dan memotivasi para pegawai”

Itu dia beberapa kalimat referensi yang bisa Anda gunakan untuk memberikan ucapan selamat ke rekan kerja yang mendapatkan promosi jabatan. Anda perlu mengingat bahwa memberikan ucapan secara tulus dan ikhlas akan membentuk hubungan yang baik dengan rekan kerja tersebut.

Author Profile

Nuritia Ramadhani

Content Manager

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments