Tentang Gaji UMR yang Harus Para Pekerja Ketahui

Oktober 1, 2021

Apakah UMR menjadi hal yang penting saat anda menentukan tempat kerja? Mungkin sebagian besar orang akan menjawab ya. Upah Minimum Regional menjadi hal yang sering diperhitungkan sebelum seseorang mulai bekerja. Artikel ini akan membahas mengenai upah minimum regional dan berbagai dampak yang ditimbulkan.

UMR

Apa Itu UMR?

Upah Minimum Regional menjadi hal yang penting dalam menentukan peluang kerja. Sehingga, penting bagi anda untuk mengetahui skema penetapan upah di daerah tempat anda bekerja. 

Sebagai informasi untuk anda, istilah UMR sudah diganti dengan UMP yaitu Upah Minimum Provinsi. Namun, dikalangan masyarakat masih dikenal dengan UMR. Istilah ini biasa digunakan untuk merujuk istilah UMP dan UMK dalam kehidupan sehari-hari.

Nominal upah minimum regional dari setiap wilayah memiliki jumlah yang berbeda-beda. Anda perlu memperhatikan dengan cermat sebelum mempertimbangkan lokasi kerja supaya gaji anda bisa sesuai dengan gaji UMR 2021.

Cara Penentuan UMR

Seperti sudah dijelaskan bahwa istilah UMR sudah digantikan dengan UMP dan UMK. Sehingga dalam penentuan besaran UMP diatur di dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 7 Tahun 2013. 

Perlu anda ketahui bahwa besaran jumlah UMP ditentukan berdasarkan perhitungan kebutuhan kehidupan yang layak selama satu bulan. Berdasarkan hal tersebut, maka beberapa provinsi yang memiliki upah tertinggi sebagai berikut:

  1. DKI Jakarta dengan nominal UMP sebesar Rp 4.416.186
  2. Papua dengan nominal UMP Rp 3.516.700
  3. Sulawesi Utara dengan nominal UMP Rp 3.310.723
  4. Bangka Belitung dengan nominal UMP Rp 3.230.023
  5. Sulawesi Selatan dengan nominal UMP Rp 3.165.870

Sehingga, jika dilihat dari nominal tersebut, maka Jakarta menduduki upah minimum provinsi. Kondisi berbeda, jika kita melihat dari data UMK atau Upah Minimum Kabupaten. UMK tertinggi disandang oleh Kabupaten Karawang dengan nominal Rp 4.798.312.

Berdasarkan data tersebut, maka UMR tertinggi di Indonesia jika dilihat dari UMP adalah DKI Jakarta, sedangkan jika dilihat dari UMK disandang oleh kabupaten Karawang. Jadi, penting bagi anda untuk mencari peluang di wilayah ini jika berminat.

Apakah UMR Selalu Mengalami Kenaikan?

Jika anda bertanya “apakah UMR 2021 naik?” Untuk menjawab hal tersebut, penting sekali untuk memahami bahwa UMR ditentukan oleh biaya hidup. Jadi, skemanya akan selalu begini. Jika biaya hidup meningkat, maka UMR akan meningkat.

Mengenai nominal peningkatannya disesuaikan dengan kebutuhan hidup di setiap daerah. Sehingga, tidak bisa disamakan dari satu daerah dengan daerah yang lain. Jadi, anda tidak bisa memaksakan kompensasi anda bekerja di Bali dengan kompensasi anda di Jakarta.

Meningkatnya UMR selalu mengikuti kebutuhan hidup masyarakat di daerah tersebut. Nominal UMR di setiap daerah tidak selalu meningkat, namun hal itu disesuaikan dengan biaya hidup. Jika biaya hidupnya tidak meningkat, maka UMR tidak akan meningkat. 

Namun, jika dilihat dari kondisi kehidupan dan teknologi yang semakin canggih, maka wajar saja jika ada peningkatan UMR. Hal ini disebabkan biaya hidup yang dibutuhkan semakin meningkat. Maka, bisa dikatakan bahwa UMR tidak selalu meningkat, namun wajar jika terjadi peningkatan. 

UMR

Faktor yang Mempengaruhi Kenaikan Nominal UMR

Sebelum mulai menentukan lokasi kerja anda dimana, sebaiknya anda perlu mengetahui mengenai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi nominal UMR. Hal ini penting supaya anda tidak mudah salah paham dan terlalu menuntut gaji sesuai yang anda inginkan. Ingat semuanya pasti sudah diatur dan ada aturannya.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kenaikan UMR 2021, sebagai berikut:

1. Biaya Hidup

Hal pertama yang menjadi dasar penentuan upah minimum regional yaitu biaya hidup. Jika anda masih menanyakan mengapa upah yang diberikan kepada karyawan berbeda-beda di setiap daerahnya? Jawabannya karena biaya hidup yang dibutuhkan di setiap daerah berbeda-beda.

Kebutuhan yang banyak juga menyebabkan biaya hidup yang lebih tinggi. Penentuan UMR berdasarkan tunjangan kelayakan hidup pekerja. Sehingga, bagi perusahaan yang mengembangkan bisnis di wilayah dengan kebutuhan yang besar, maka harus memberikan gaji pokok dan kompensasi yang sesuai.

2. Peraturan Pemerintah

Supaya memperjelas mengenai UMR ini, maka pemerintah membuat peraturan perundang-undangan tentang upah. Misalnya, jika perusahaan anda ingin memberikan kompensasi kepada karyawan, maka harus disesuaikan dengan upah minimum yang diberlakukan di daerahnya. 

Perusahaan dilarang memberikan gaji dibawah dari nominal upah minimum provinsi (UMP) ataupun upah minimum kabupaten (UMK). Jika anda memberikan upah yang sesuai UMR anda tidak akan diganggu oleh masalah UMR Karyawan. Sehingga, karyawan anda akan rajin dan semangat bekerja.

3. Kemampuan Perusahaan

Pemberian kompensasi juga dipengaruhi oleh kemampuan anggaran perusahaan. Jika anda bekerja di perusahaan yang besar, maka anda akan mendapatkan gaji, fasilitas dan berbagai tunjangan. 

Hal tersebut berbeda, jika perusahaan masih tergolong menengah. Anda tidak bisa memaksakan untuk mendapatkan kompensasi yang besar, karena hal tersebut disesuaikan dengan finansial perusahaan. Namun, dapat dipastikan jika anda akan mendapatkan gaji sesuai dengan nominal UMR yang berlaku.

Anda tidak perlu ragu, jika anda bekerja dengan rajin, maka gaji akan mengikuti anda. Pastikan anda kehadiran anda tidak pernah bolong, sehingga gaji anda mendarat dengan aman di rekening.

4. Peranan Serikat Buruh

Peranan serikat buruh juga mempengaruhi nominal kompensasi yang akan anda dapatkan. Tunjangan dan tuntutan yang diminta oleh serikat buruh dapat membantu dalam pembuatan perjanjian kerja sama antara pekerja dan perusahaan.

5. Jenis Pekerjaan dan Tanggung Jawab

Anda perlu tahu, bahwa penentuan kompensasi yang akan dapatkan sebagai karyawan akan disesuaikan dengan jenis pekerjaan dan tanggung jawab yang anda emban. Semakin berat pekerjaan anda, maka semakin besar tanggung jawab anda. Semakin tinggi tanggung jawab anda, maka kompensasi anda akan semakin meningkat.

Kerajinan anda dalam bekerja memiliki pengaruh yang besar, apalagi masalah absensi. Absensi menjadi hal yang riskan yang dapat mempengaruhi penilaian kerja anda. Terkadang alat absensi yang error, bisa menyebabkan kehadiran anda tidak terekam.

Jika hal tersebut menimpa anda, maka penting bagi anda untuk menyarankan penggunaan aplikasi absensi yang memberikan kemudahan saat absensi. Anda bisa menyarankan untuk menggunakan aplikasi appsensi. Untuk mendapatkan informasi lebih jelas anda bisa mengunjungi https://appsensi.com/

Aplikasi appsensi dapat membantu menyelesaikan masalah absensi anda, sehingga kinerja dan tanggung jawab anda semakin meningkat. Jadi, anda tidak perlu khawatir lagi dengan kompensasi. Selama absen anda aman, maka gaji anda akan mendarat dengan selamat. Pastikan juga anda bekerja dengan baik.

Baca juga: Panduan Lengkap Perhitungan PPh 21 yang Harus Anda Ketahui

absensi teratur dengan aplikasi absensi online

Tips Bekerja Menemukan Tempat Kerja dengan UMR Tinggi

Setelah anda mengetahui seluk beluk UMR, hal yang perlu anda ketahui adalah tips memilih tempat kerja yang memiliki UMR tinggi. Beberapa langkah yang bisa anda lakukan, sebagai berikut:

1. Teliti dengan Baik

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah mencari informasi mengenai lowongan kerja atau perusahaan yang menawarkan pekerjaan sesuai dengan kemampuan anda. Telitilah dalam menentukan tempat kerja karena anda akan menghabiskan waktu disana.

Pastikan anda bekerja di perusahaan yang memiliki kredibilitas yang baik dan sesuai dengan perkembangan karir anda. Anda juga perlu mencari informasi mengenai kesejahteraan karyawan yang bekerja di kantor tersebut. 

2. Pastikan Gaji Sesuai dengan UMR

Setelah anda membaca mengenai UMR di atas, maka anda tidak boleh kecolongan tentang hal ini. Pastikan perusahaan tersebut memberikan gaji sesuai dengan UMR yang berlaku di daerah tempat anda bekerja. Jangan sampai melupakan hal penting ini.

3. Budaya Kerja yang Sehat dan Terbuka

Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah budaya kerja yang berlaku di perusahaan tersebut. Bukankah anda akan merasa nyaman jika bekerja di tempat yang memiliki budaya kerja yang bagus? Nah, hal itu menjadi nilai tambah yang perlu anda pertimbangkan dalam menentukan tempat kerja.

Budaya kerja yang penting untuk diterapkan adalah disiplin. Lingkungan kerja yang disiplin akan menciptakan keteraturan. Sehingga, anda bisa bekerja dengan giat dan bersemangat. Pastikan anda hadir tepat waktu dan jangan bolong absen.  

Demikianlah, pembahasan mengenai UMR yang bisa anda jadikan pertimbangan dalam menentukan tempat kerja. Gaji sesuai UMR bisa mendarat ke rekening anda dengan selamat, jika absensi anda aman di kantor. Jika anda mengalami kendala tentang absensi, pastikan anda menggunakan aplikasi appsensi dan mengunjungi https://appsensi.com/. Absensi aman, UMR mendarat dengan selamat.

Baca juga: Mengenal Sistem Penggajian Payroll yang Praktis dan Aman

Author Profile

Belinda Halim

Finance Officer

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments