Mengenal Definisi, Tujuan, dan Jenis Anggaran Perusahaan

Juni 8, 2022

Anggaran perusahaan yang benar dapat membantu Anda menjaga bisnis Anda dari hutang atau mengurangi hutang yang akan dihadapi. Tanpa penganggaran dalam bisnis, Anda tidak dapat memahami bagaimana performa bisnis Anda. 

Sebelum membuat anggaran bisnis, pahami terlebih dahulu apa itu anggaran bisnis dan fungsinya, serta apa langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat anggaran perusahaan yang baik. 

Mengenal Definisi, Tujuan, dan Jenis Anggaran Perusahaan

Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai anggaran perusahaan. 

Definisi Anggaran Perusahaan

Anggaran perusahaan, atau diketahui juga sebagai anggaran bisnis (business budget) adalah rencana pengeluaran yang dibuat untuk bisnis berdasarkan pendapatan dan pengeluaran perusahaan yang diharapkan selama periode waktu tertentu. 

Anggaran dapat mengidentifikasi modal yang tersedia dalam bisnis Anda, memperkirakan pengeluaran, dan membantu memprediksi pendapatan, serta mengatasi hambatan jangka pendek dan perencanaan jangka panjang. 

Anggaran juga dapat membantu Anda merencanakan kegiatan bisnis Anda dan dapat bertindak sebagai tolak ukur untuk menetapkan tujuan keuangan. 

Pentingnya Anggaran Bagi Perusahaan

Dengan membuat anggaran, Anda dapat memahami berapa banyak uang yang bisnis Anda miliki, berapa banyak yang telah Anda gunakan, dan berapa banyak uang yang akan Anda perlukan di masa yang akan datang. 

Bagi sebuah perusahaan, penganggaran berfungsi sebagai rencana tindakan bagi manajer serta titik perbandingan pada akhir periode. 

Anggaran tidak hanya digunakan oleh perusahaan, tetapi digunakan juga oleh pemerintah dan rumah tangga. Anggaran merupakan bagian integral dari menjalankan bisnis atau rumah tangga secara efisien. 

Anggaran juga dapat mendorong keputusan bisnis penting seperti mengurangi pengeluaran yang tidak diinginkan, menambah staf, atau membeli peralatan baru. Jika perusahaan Anda tidak memiliki uang yang cukup, anggaran dapat memandu Anda dalam mengubah rencana bisnis Anda atau memprioritaskan pengeluaran Anda untuk kegiatan. 

Dengan rencana penganggaran yang tepat, Anda dapat menjauhkan bisnis Anda dari hutan atau mencari cara untuk mengurangi hutang yang sedang dihadapi saat ini. Anggaran yang komprehensif dapat digunakan untuk memperoleh pinjaman usaha dari bank atau lembaga keuangan lainnya. 

Beberapa alasan mengapa persiapan anggaran penting dilakukan oleh sebuah perusahaan, antara lain: 

  • Anggaran dapat membantu perusahaan untuk melacak kinerja keuangan mereka dengan mengidentifikasi jumlah laba yang mereka hasilkan. 
  • Anggaran dapat menjaga organisasi agar tetap pada jalurnya dengan pembayaran rutin mereka, seperti pembayaran sewa, gaji dan asuransi, sehingga perusahaan dapat meminimalkan dan mencegah kemungkinan pembayaran yang terlewat atau memperoleh hutang. 
  • Anggaran memungkinkan perusahaan untuk memperkirakan pengeluaran yang akan datang, yang dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi di bagian mana Anda dapat menghemat uang. Misalnya, jika perusahaan Anda membayar pembayaran sewa yang sama setiap bulan, Anda mungkin memiliki gagasan yang lebih baik mengenai berapa banyak uang yang dapat Anda simpan untuk ditabung. 

Jenis-jenis Anggaran

Banyak bisnis menggunakan lebih dari satu jenis anggaran. Jenis anggaran yang digunakan oleh sebuah perusahaan tergantung pada kebutuhan, ukuran, dan operasi yang dilakukan oleh perusahaan. 

Beberapa jenis anggaran yang paling umum digunakan oleh perusahaan meliputi:

1. Anggaran Induk

Master budget atau anggaran induk adalah anggaran yang menggabungkan anggaran individu untuk memberikan gambaran keuangan secara keseluruhan kepada perusahaan. Anggaran induk lebih umum untuk bisnis besar yang perlu merincikan keuangannya berdasarkan departemen atau kategori. 

Anggaran induk dapat membantu manajer untuk melihat bagaimana anggaran mereka sesuai dengan rencana keuangan perusahaan sesuai keseluruhan. 

2. Anggaran Operasional

Anggaran operasional menguraikan dana yang dibutuhkan bisnis untuk beroperasi secara efisien. Anggaran ini mencakup semua pengeluaran dan pendapatan selama periode penganggaran. 

Beberapa perusahaan menggunakan anggaran operasional untuk membandingkan angka aktual dan proyeksi. 

3. Anggaran Keuangan

Anggaran keuangan memberikan rincian tentang aset, kewajiban, dan ekuitas. Anggaran keuangan dianggap sebagai barometer kesehatan dan stabilitas keuangan perusahaan. 

Jika perusahaan Anda sedang mencari investor atau berencana untuk menjual saham, anggaran keuangan adalah alat yang berharga untuk dibuat. 

4. Anggaran Kas

Anggaran kas atau anggaran arus kas merupakan anggaran yang mencakup perkiraan uang yang dihabiskan dan diinvestasikan selama periode anggaran bisnis. 

Anggaran ini memberikan rincian yang dapat digunakan untuk membuat keputusan keuangan, mendeteksi kekurangan dan mencegah pengeluaran yang berlebihan. 

5. Anggaran Penjualan

Anggaran penjualan atau sales budget memproyeksikan pendapatan, pengeluaran, dan perkiraan penjualan selama periode anggaran. Anggaran ini membantu perusahaan memastikan adanya bahan dan persediaan untuk memenuhi permintaan pelanggan. 

6. Anggaran Produksi

Anggaran produksi adalah anggaran yang merincikan biaya yang dibutuhkan untuk memproduksi barang atau jasa. Perusahaan dapat menetapkan harga produk yang sesuai dengan menggunakan anggaran produksi. 

Komponen yang mungkin termasuk dalam anggaran produksi antara lain tenaga kerja langsung, bahan langsung, dan overhead

7. Anggaran Tenaga Kerja

Anggaran tenaga kerja digunakan untuk menentukan berapa banyak karyawan yang dibutuhkan untuk menyediakan barang atau jasa. Anggaran tenaga kerja juga membantu merencanakan biaya penggajian. 

8. Anggaran Modal

Capital budget adalah anggaran modal. Anggaran modal digunakan untuk membantu perusahaan merencanakan pembelian atau biaya besar, seperti mesin, kendaraan, atau properti. 

Anggaran ini menguraikan biaya aset, periode pengembalian yang diharapkan dan potensi pengembalian pembelian. 

Langkah-Langkah Persiapan Anggaran Perusahaan

Langkah-Langkah Persiapan Anggaran Perusahaan

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda gunakan dalam menyiapkan anggaran untuk perusahaan Anda. 

1. Tinjau asumsi anggaran sebelumnya

Tinjau asumsi anggaran atau perkiraan biaya keuangan perusahaan Anda pada periode sebelumnya untuk menentukan area mana yang perlu ditingkatkan dan area mana yang dapat tetap sama. Ini dapat membantu Anda menemukan pembaruan yang diperlukan untuk meningkatkan posisi keuangan dan manajemen anggaran perusahaan. 

2. Identifikasi kemacetan

Kemacetan dalam bisnis berarti ketika terjadi masalah dalam pengembangan proyek yang menunda staf dari menyelesaikan proyek. Hal ini sering terjadi ketika staf tidak memiliki akses ke sumber daya yang cukup untuk menyelesaikan proyek. 

Dengan anggaran yang tepat, Anda dapat mencegah terjadinya kemacetan, dan dapat menyelesaikan serta memahami cari mencegah terjadinya kemacetan di masa mendatang. 

Anda dapat memulai dengan mengidentifikasi proyek yang melampaui tenggat waktu penyelesaiannya, lalu tinjau sumber daya yang mengalami kehabisan. Dengan meninjau masalah ini, Anda dapat mencurahkan sebagian besar anggaran perusahaan Anda untuk proyek atau sumber daya tertentu untuk proyek yang lebih membutuhkan. 

3. Prediksi pendapatan yang tersedia

Analisis profitabilitas dan pendapatan yang dihasilkan oleh perusahaan Anda dapat membantu Anda untuk memprediksi pendapatan yang tersedia di tahun depan dengan lebih baik. 

Memiliki prediksi yang akurat dari pendapatan yang tersedia sangat penting bagi anggota perusahaan agar dapat memahami berapa banyak uang yang harus mereka alokasikan untuk setiap aspek dalam anggaran, seperti kebutuhan keuangan departemen dan sumber daya proyek. 

4. Tentukan biaya bertahap (step costs)

Biaya bertahap adalah biaya yang dapat berubah tergantung pada tingkat aktivitas bisnis yang mungkin dikenakan perusahaan saat melakukan operasi bisnis stAndar. 

Dalam menyusun anggaran, penting bagi bisnis untuk mengetahui biaya bertahap sehingga perusahaan dapat menentukan pengeluaran potensial dan mencurahkan sejumlah keuangan tertentu untuk kemungkinan biaya bertahap. Penting bagi perusahaan untuk menemukan nilai pasti dari setiap biaya dan tingkat aktivitas mana yang mungkin dikenakan oleh bisnis. 

5. Tinjau anggaran dengan manajemen

Sebelum mengeluarkan anggaran, penting bagi Anda untuk meninjau semua aspek anggaran dengan anggota manajemen. 

Bidang-bidang yang menjadi perhatian dalam anggaran sangat penting untuk dikomunikasikan, misalnya keterbatasan keuangan atau masalah pendanaan. Setelah disampaikan masalah-masalah yang ada, dapat didiskusikan cara untuk menyelesaikannya. 

Pastikan Anda mencatat semua catatan dan pengamatan yang dibuat oleh manajemen, kemudian buat pembaruan yang diperlukan yang direkomendasikan oleh manajemen. 

6. Buat dan rilis paket anggaran

Paket anggaran adalah dokumen yang berisi informasi rinci tentang anggaran perusahaan yang mencakup informasi tentang perubahan terbaru, perbandingan dari anggaran tahun sebelumnya, solusi kemacetan dan hambatan umum, serta informasi biaya bertahap dan perkiraan pendanaan untuk tahun tersebut. 

Anda dapat membuat paket anggaran dengan menggunakan template atau secara manual. 

Paket anggaran yang telah Anda buat ini dapat Anda rilis ke seluruh perusahaan atau hanya kepada professional keuangan saja. Dengan membagikannya ke seluruh perusahaan, staf dapat merasa lebih terlibat dalam perencanaan keuangan perusahaan, dan juga membantu staf agar tetap sadar akan pengelolaan anggaran perusahaan. 

Anggaran perusahaan dibuat untuk membantu perusahaan dalam menjaga sistem keuangan perusahaan. Anggaran perusahaan juga dapat dibuat untuk memudahkan laporan keuangan

Appsensi adalah aplikasi attendance management dengan fitur utama absensi online yang sangat berguna bagi perusahaan. 

Aplikasi ini juga memiliki fitur payroll yang memungkinkan perusahaan untuk membuat laporan payroll yang komprehensif, akurat, dan bisa diakses kapan saja. Appsensi juga memudahkan perusahaan dalam mengatur komponen payroll yang dinamis secara fleksibel, seperti tunjangan, bonus, dan THR.

Baca juga: Manfaat Aplikasi Payroll Untuk Perkembangan Perusahaan

Komponen-komponen di atas dapat menjadi panduan bagi perusahaan dalam menyusun anggaran dan laporan keuangan. Klik link ini untuk dapat menghubungi kami. Cari penyelesaian untuk masalah HR Anda bersama kami, Appsensi.

Author Profile

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments