Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Agar Diterima Perusahaan

Desember 23, 2022

Pada masa setelah lulus kuliah atau ketika mencari pekerjaan baru, sering kali diminta untuk menulis sebuah surat lamaran kerja. Khususnya bagi fresh graduate atau yang baru lulus kerja biasanya akan mengalami kebingungan dalam menulisnya. Padahal, surat lamaran kerja yang baik dan tepat dapat meningkatkan peluang seorang pencari kerja untuk dapat dilirik rekruter. Maka dari itu penting untuk selalu melakukan review berkala untuk surat lamaran kerja.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Agar Diterima Perusahaan

Key Takeaways

Dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat surat lamaran kerja, dan selain itu, akan ada beberapa contoh surat lamaran kerja yang bisa digunakan sebagai acuan dalam membuat surat lamaran kerja. Secara garis besar surat lamaran kerja akan berisi tiga bab utama. Pertama yakni pendahuluan atau pembuka, kemudian isi, dan terakhir adalah penutup. Perlu digaris bawahi, untuk tidak melakukan plagiarisme atau copy paste secara sama persis atas contoh surat lamaran kerja yang ada di bawah. Surat lamaran kerja hasil plagiarisme dan tidak kreatif pasti akan langsung ketahuan oleh rekruter. Seperti contoh surat lamaran kerja di bawah ini, harus selalu disesuaikan dengan kebutuhan pencari kerja.

Manfaat Surat Lamaran Kerja

Ketika melamar pekerjaan, sering kali perusahaan meminta berkas-berkas seperti Curriculum Vitae, Ijazah, SKCK, surat lamaran kerja, hingga paklaring apabila sudah pernah bekerja sebelumnya.

Surat Lamaran Kerja, atau cover letter adalah dokumen yang dikirim sebagai pendukung sebuah Curriculum Vitae (CV). Menurut reed.co.uk, apabila CV akan fokus menyorot skill dan pengalaman, Surat Lamaran Kerja dapat digunakan untuk menekankan hal-hal yang menjadi alasan kenapa pencari kerja sesuai dengan posisi yang dilamar.

Surat Lamaran Kerja yang tepat membuat seorang pencari kerja lebih menonjol dibanding pesaingnya. Dengan adanya Surat Lamaran Kerja, rekruter dapat mengenal kandidatnya dengan lebih baik sehingga peluang untuk dipilih menjadi lebih tinggi. Apabila CV sudah dibuat seringkas dan serapi mungkin, Surat Lamaran Kerja adalah metode yang tepat untuk mempromosikan diri sendiri.

Baca juga: Simak Cara Menulis Daftar Riwayat Hidup Berikut Ini!

Format Surat Lamaran Kerja

Dalam praktiknya, tidak ada surat lamaran kerja standar yang bisa digunakan untuk seluruh lowongan yang tersedia. Seorang pencari kerja tetap harus melakukan update atas Surat Lamaran Kerja yang dimiliki agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan pencari kerja. Meskipun demikian, outline Surat Lamaran Kerja di bawah ini akan memberikan garis besar tentang bagaimana cara menulis dan menyusun sebuah Surat Lamaran Kerja.

1. Pembuka

Dalam paragraf pembuka, sebuah surat lamaran kerja biasanya berisi sapaan pada penerima surat. Kemudian lanjutkan dengan jabatan dan nama perusahaan. Di akhir sertakan juga kota tempat perusahaan beroperasi.

2. Isi 

Bagian berikutnya adalah Isi. Komponen penting dalam isi adalah paragraf pembuka, paragraf inti, dan paragraf tengah.

Paragraf pembuka. Paragraf ini berisikan informasi pribadi seperti nama dan sekilas tentang background diri sendiri, pendidikan, tanggal lahir, dan sebagainya. Kemudian biasanya dicantumkan juga sumber informasi dari mana lowongan kerja ini didapatkan.

Pada paragraf inti, hal-hal seperti latar belakang pendidikan dan pengalaman perlu untuk disorot. Pada bagian ini tekankan juga skill atau kemampuan yang relevan dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Jelaskan pula hal-hal apa saja yang bisa menunjang performa ketika mendapat pekerjaan ini.

Paragraf akhir. Pada paragraf ini, berikan statement atau pernyataan kenapa pelamar pantas atau cocok untuk posisi ini. Pastikan untuk memberi alasan yang tegas dan lugas namun tidak dilebih-lebihkan sehingga terkesan arogan.

3. Penutup

Pada bagian akhir surat lamaran kerja ini, ucapkan terima kasih kepada penerima surat. Berikan juga kontak seperti nomor telepon atau alamat email yang dapat dihubungi. Selain itu sertakan pula bagaimana kamu mengharapkan untuk adanya kesempatan wawancara dengan pemberi kerja.

Baca juga: Kenali Behavioral Event Interview, Metode Wawancara Terbaik!

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Efektif

Sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya, tidak ada Surat Lamaran Kerja yang bisa terus menerus digunakan untuk posisi atau perusahaan yang berbeda. Sekali lagi diingatkan untuk selalu melakukan perubahan pada Surat Lamaran Kerja yang hendak dikirim.

Sebelum mulai menulis, penting untuk melakukan riset mendalam terkait posisi yang dilamar dan tentang perusahaan pemberi kerja. Biasanya informasi lowongan pekerjaan tersebut dapat ditemukan di situs resmi perusahaan. Selain itu, jangan lupa juga untuk melihat media sosial perusahaan. Kemudian, perlu juga untuk melihat-lihat profil karyawan di platform kerja seperti LinkedIn.

Secara teknis, agar surat lamaran kerja lebih efektif, perhatikan hal-hal di bawah ini.

  1. Buat surat lamaran kerja yang jelas namun ringkas.
    Maksudnya adalah, jangan terlalu bertele-tele. Fokus pada tujuan dalam membuat surat lamaran kerja yaitu sebagai bahan pertimbangan rekruter.
  2. Tulis paragraf singkat dan tanpa basa-basi
    Singkat bukan berarti seadanya, tulislah poin-poin penting.
  3. Maksimal jumlah halaman dalam satu surat lamaran kerja adalah satu halaman. Bisa menggunakan bahasa inggris apabila perusahaan memintanya.
  4. Berikan dukungan atau pernyataan pendukung yang cukup kuat untuk meyakinkan rekruter.
  5. Gunakan jenis font yang formal dan profesional
  6. Lakukan preview sebelum surat lamaran kerja dikirim.
  7. Masukkan lampiran yang mendukung seperti curriculum vitae cv, transkrip nilai, fotokopi ktp, kemampuan bahasa inggris, dan pas foto terbaru.

Baca juga: Penilaian Psikotes: Tujuan, Jenis, dan Tips Agar Bisa Lolos

Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja

Di bawah ini terdapat beberapa contoh surat lamaran kerja. Dari fresh graduate hingga surat lamaran kerja untuk yang sudah berpengalaman. Contoh surat lamaran kerja ini harus disesuaikan lagi dengan kebutuhan dari lowongan pekerjaan yang sedang dibuka.

Contoh surat lamaran kerja fresh graduate

Bagi seorang fresh graduate, biasanya akan kesulitan menyusun surat lamaran kerja karena pertama, belum pernah menulisnya, kedua belum ada pengalaman pekerjaan yang nyata. Namun, tidak perlu berkecil hati, berikut adalah contoh surat lamaran kerja yang bisa digunakan untuk melamar pekerjaan.

Berikut adalah contoh surat lamaran kerja bagi fresh graduate.

Jakarta, 12 Desember 2022

Kepada

Rekrutmen PT Semesta Indonesia Berjaya

Jl. Sudirman no 1, Jakarta

Dengan hormat,

Perkenalkan nama saya M Harits Ramadhan, saya bisa dipanggil Harits. Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan dari LinkedIn PT Semesta Indonesia Berjaya yang diunggah pada 1 Desember 2022 dengan posisi Sosial Media Spesialis, dengan ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan dengan posisi tersebut.

Sebagai perkenalan lebih lanjut, berikut data pribadi saya:

nama                                : M Harits Ramadhan

jenis kelamin       : Laki-laki

tempat, tanggal lahir     : Kediri, 19 Januari 1991

alamat                             : Jalan Soekarno Hatta no 1

pendidikan terakhir       : S1 Manajemen

status                               : Belum Menikah

telepon:                           : 0812345678900

email                                : harits@gmail.com

Selama kuliah saya adalah seseorang yang aktif berorganisasi, memiliki keahlian di bidang content creator dan mengelola sosial media. Saya adalah orang yang dapat bekerja secara mandiri maupun tim.

Dalam dokumen ini terlampir dokumen yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan:

  1. Curriculum vitae
  2. Fotokopi ijazah S1 dilegalisir
  3. Fotokopi transkrip nilai
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi transkrip nilai
  6. Fotokopi sertifikat kursus dan pelatihan
  7. Pas foto ukuran 3 × 4 terbaru
  8. Fotokopi SKCK

Demikian surat permohonan pekerjaan ini. Besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara untuk menjelaskan secara detail potensi yang saya miliki. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

M Harits Ramadhan

Contoh surat lamaran kerja untuk lowongan sales

Untuk posisi sales, perlu diperhatikan lagi apa job description yang dibutuhkan perusahaan. Apabila yang dibutuhkan adalah kemampuan negosiasi yang tinggi maka hal tersebut perlu ditonjolkan dalam surat lamaran kerja.

Jakarta, 11 Januari 2022

Kepada

Rekrutmen PT Maju Sukses Bersama

Jalan Karunia No 1, Bogor

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan dari surat kabar Media Indonesia yang ditampilkan pada 2 Januari 2022 dengan posisi Sales, dengan ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan dengan posisi tersebut.

Saya, yang bertanda tangan di bawah ini:

nama                                : M Harits Ramadhan

jenis kelamin                    : laki-laki

tempat/tanggal lahir       : Kediri, 14 Januari 1997

alamat                              : Jl Soekarno Hatta no 1

pendidikan terakhir          : S1 Manajemen

status                               : Belum Menikah

telepon                           : 0812345678900

email                                : mharits14@gmail.com

Sebelumnya, saya merupakan sales dari perusahaan ABC yang bergerak di bidang alat-alat kesehatan. Dalam karir saya, saya 12 kali mendapatkan salesman of the month selama tiga tahun berkarir. Saya dapat bekerja mandiri maupun tim. Saya yakin dengan pengalaman yang sudah saya miliki, saya dapat memberikan kontribusi yang terbaik bagi PT Maju Sukses Bersama.

Sebagai pertimbangan, saya lampirkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Paklaring dari perusahaan sebelumnya
  3. Foto kopi sertifikat pelatihan
  4. Foto kopi surat penghargaan dan piagam
  5. Pas foto ukuran 3 × 4 terbaru
  6. Fotokopi SKCK terbaru

Demikian surat lamaran kerja ini saya tulis dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara untuk menjelaskan secara detail potensi yang saya miliki.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

M Harits Ramadhan

Contoh surat lamaran kerja yang dikirim via email

Berikut merupakan contoh surat lamaran kerja yang bisa digunakan untuk dikirim via email.

From: emailsaya@email.com

To: HRD@perusahaan.com

Subject: Surat Lamaran Kerja Digital Marketing

Dengan hormat,

Bersamaan dengan email ini, izinkan saya memperkenalkan diri:

Nama : M Harits Ramadhan

Usia : 26 tahun

Pendidikan : S1 Manajemen Pemasaran

Nomor Telepon  : 081234567890

Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan dari sosial media, saya bermaksud untuk melamar posisi digital marketing di perusahaan Bapak/Ibu.

Saya memiliki pengalaman kerja di perusahaan digital agency. Saya juga terbiasa untuk menulis content plan, menyusun campaign, dan melakukan eksekusi campaign. Selain itu, saya juga mengerjakan banyak project SEO selama 2 tahun terakhir.

Sebagai bahan pertimbangan, saya telah melampirkan beberapa dokumen penting sebagai berikut:

  1. Curriculum vitae atau daftar riwayat hidup terbaru
  2. Portofolio karya
  3. Scan Surat Keterangan catatan kepolisian (SKCK)
  4. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  5. Scan Ijazah Terakhir
  6. Scan transkrip nilai
  7. Pas foto ukuran 3 x 4 dengan format jpg
  8. Sertifikasi pelatihan
  9. Bukti Penghargaan

Demikian surat lamaran kerja ini saya tulis dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya bahwa Bapak/Ibu di tempat dapat mempertimbangkan saya untuk mengisi posisi yang lowongan tersebut. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

M Harits Ramadhan

Surat lamaran kerja untuk perawat di rumah sakit

Berikutnya adalah surat lamaran kerja di rumah sakit. Cukup banyak orang yang ingin bekerja di rumah sakit sehingga untuk persaingannya pun cukup ketat, khususnya pada bidang-bidang terkait kesehatan, apoteker, kebidanan, dan perawat di rumah sakit.

Berikut merupakan contoh surat lamaran kerja di rumah sakit yang dapat digunakan.

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang diunggah di media sosial Instagram pada tanggal 11 Januari 2022 pada akun Rumah Sakit Sehat Sentosa menyebutkan bahwa saat ini sedang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi perawat. Maka dari itu, melalui surat ini saya bermaksud untuk mengisi lowongan pekerjaan yang Bapak/Ibu sedang tawarkan.

Sebelumnya, izinkan saya memperkenalkan diri,

Nama lengkap : M Harits Ramadhan

Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 11 Maret 1991

Jenis kelamin : Laki-laki

Pendidikan terakhir : Keperawatan

Saya memiliki pengalaman bekerja di klinik kota A selama 2 tahun. Selain itu saya juga menguasai keterampilan perawat dan keterampilan pendukung lainnya. Oleh sebab itu saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi bagi Rumah Sakit Sehat Sentosa.

Besar harapan saya agar saya mendapat kesempatan untuk wawancara agar dapat menunjukkan kemampuan yang saya miliki.

Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan dokumen sebagai berikut:

  1. Surat pengalaman kerja
  2. Daftar riwayat hidup
  3. fotokopi KTP
  4. Fotokopi transkrip nilai
  5. Fotokopi ijazah
  6. Pas foto ukuran 3 x 4 terbaru
  7. Sertifikat pendukung

Demikian surat lamaran kerja ini saya tulis dengan sebenar-benarnya, atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

M Harits Ramadhan

Contoh surat lamaran kerja untuk perusahaan ritel

Yth. PT. Indomarco Aditama

di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Muhammad Hasan

Tempat, tanggal lahir : Bandung, 16 Mei 1995

Alamat : Jl. Kebon Jeruk Raya No. 12, Bandung

Pendidikan terakhir : Sarjana Ekonomi dari Universitas Padjadjaran

Dengan ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya tertarik untuk bergabung di PT. Indomarco Aditama karena perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan terkemuka di bidang retail dan memiliki visi yang sesuai dengan minat dan harapan saya untuk berkontribusi dalam pengembangan bisnis yang berkualitas.

Selain itu, saya juga memiliki pengalaman kerja sebagai kasir di sebuah toko retail selama 1 tahun, sehingga saya memiliki keterampilan dalam bidang pelayanan pelanggan dan pengelolaan keuangan.

Saya yakin bahwa kemampuan dan pengalaman saya akan dapat memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaan.

Demikian surat lamaran kerja ini saya ajukan, atas perhatian dan kebijakan Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Muhammad Hasan

Contoh surat lamaran kerja untuk pilot

Yth. PT. Garuda Indonesia

di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Ahmad Rifai

Tempat, tanggal lahir : Semarang, 22 Agustus 1990

Alamat : Jl. Gajah Mada No. 24, Semarang

Pendidikan terakhir : Sarjana Teknik Penerbangan dari Institut Teknologi Bandung

Dengan ini saya ingin mengajukan lamaran kerja sebagai pilot di PT. Garuda Indonesia. Saya tertarik untuk bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin karena PT. Garuda Indonesia merupakan maskapai penerbangan terkemuka di Indonesia yang memiliki standar pelayanan yang tinggi.

Selain itu, saya juga memiliki sertifikat penerbangan yang diperoleh dari Institut Teknologi Bandung, serta pengalaman bekerja sebagai co-pilot selama 2 tahun di maskapai penerbangan lokal.

Saya yakin bahwa kemampuan dan pengalaman saya dapat memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaan.

Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan beberapa dokumen berikut:

  1. Daftar riwayat hidup
  2. fotokopi KTP
  3. Fotokopi transkrip nilai
  4. Fotokopi ijazah
  5. Sertifikat pendukung (sertifikat bahasa inggris)
  6. Foto ukuran 3 x 4 terbaru

Demikian surat lamaran kerja ini saya ajukan, atas perhatian dan kebijakan Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ahmad Rifai

Contoh surat lamaran kerja bahasa inggris

Dear Hiring Manager,

I am writing to apply for the position of [Position] at [Company]. I am excited about the opportunity to join your team and contribute to the success of your organization.

I am confident that my skills and experience make me a strong fit for this role. [List relevant skills and experience]. In my current position at [Company], I have been able to [list achievements and responsibilities].

I am eager to bring my skills and experience to [Company] and am excited about the possibility of joining your team. Thank you for considering my application. I look forward to the opportunity to discuss how I can contribute to the success of your organization.

Sincerely,

[Your Name]

Contoh surat lamaran kerja singkat

Berikut adalah contoh surat lamaran kerja singkat yang dapat Anda jadikan referensi:

Kepada Yth,

Pimpinan PT. XYZ

Jl. ABC No. 123

Kota A

Dengan hormat,

Saya, [Nama Anda], ingin mengajukan mengajukan diri untuk melamar pekerjaan sebagai [Nama Posisi] di PT. XYZ. Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang saya peroleh, perusahaan ini sedang mencari kandidat yang memiliki kemampuan dan pengalaman yang sesuai dengan posisi tersebut.

Saya merasa memiliki kemampuan yang sesuai dengan persyaratan posisi yang ditetapkan, yaitu [Kemampuan yang Sesuai]. Selain itu, saya juga memiliki pengalaman kerja sebagai [Nama Posisi] di [Nama Perusahaan], yang membantu saya memahami seluk-beluk pekerjaan tersebut dengan lebih baik.

Saya yakin bahwa kemampuan dan pengalaman saya dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi perusahaan. Saya sangat berminat untuk bergabung dengan PT. XYZ dan berharap dapat dipertimbangkan untuk posisi tersebut.

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan. Saya menunggu keputusan dan respon dari perusahaan. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

[Nama Anda]

[Alamat Anda]

[Nomor Telepon]

[Alamat Email]

Contoh surat lamaran kerja untuk restoran

Kepada Yth,

Pimpinan Restoran Sedap Makmur

Jl. Kenyang No. 456

Kota Batu

Dengan hormat,

Saya, [Nama Anda], ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di posisi [Nama Posisi] di Restoran Sedap Makmur. Sesuai dengan informasi yang saya peroleh, restoran ini sedang mencari kandidat yang memiliki kemampuan dan pengalaman yang sesuai dengan posisi tersebut.

Saya merasa memiliki kemampuan yang sesuai dengan persyaratan posisi yang ditetapkan, yaitu [Kemampuan yang Sesuai]. Selain itu, saya juga memiliki pengalaman sebagai [Nama Posisi] di [Nama Restoran] selama [Jumlah Tahun] tahun, yang membantu saya memahami seluk-beluk pekerjaan tersebut dengan lebih baik.

Saya juga memiliki kemampuan dalam menyajikan makanan dengan cara yang estetis dan menyenangkan, serta memiliki kemampuan dalam mengelola inventori bahan makanan. Saya yakin bahwa kemampuan dan pengalaman saya dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi restoran.

Saya sangat berminat untuk bergabung dengan Restoran Restoran Sedap Makmur dan berharap dapat dipertimbangkan untuk posisi tersebut. Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan. Saya menunggu keputusan dan respon dari restoran.

Hormat saya,

[Tanda Tangan]

[Nama Anda]

Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan:

  • Daftar Riwayat Hidup
  • Fotokopi Ijazah
  • Fotokopi KTP
  • Foto Copy Transkrip Nilai
  • Surat Referensi (jika ada)

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan

Tips membuat SURAT lamaran kerja tulis tangan

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti saat melamar pekerjaan dan menulis surat secara tulis tangan:

  1. Gunakan pena dengan tinta hitam atau biru: Penggunaan pena dengan tinta yang jelas akan memudahkan pihak perusahaan dalam membaca surat lamaran kerja Anda.
  2. Gunakan kertas yang berkualitas: Gunakan kertas yang berkualitas tinggi untuk mrmbuat surat lamaran kerja, agar terlihat lebih profesional.
  3. Tulis dengan tangan yang rapi: Pastikan untuk menulis dengan tangan yang rapi dan mudah dibaca. Jangan lupa untuk menggunakan tanda baca yang benar dan hindari kesalahan penulisan.
  4. Jelaskan kemampuan dan pengalaman Anda secara singkat namun efektif: Jelaskan secara singkat namun efektif kemampuan dan pengalaman Anda yang sesuai dengan posisi yang Anda lamar.
  5. Gunakan struktur surat yang sesuai: Pastikan untuk menggunakan struktur surat yang sesuai, yaitu pengantar, isi, dan penutup.
  6. Periksa kembali sebelum mengirimkan: Sebelum mengirimkan surat lamaran kerja Anda, periksa kembali untuk memastikan tidak ada kesalahan penulisan atau kesalahan tata bahasa.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat membuat surat lamaran kerja secara tulis tangan dengan baik dan profesional. Selalu ingat bahwa surat lamaran kerja merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan diri Anda kepada perusahaan, jadi pastikan untuk membuat kesan yang baik.

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan

Kepada Yth,

Bengkel [Nama Bengkel] Jl. [Alamat Bengkel]

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: [Nama Anda]

Tempat/Tanggal Lahir: [Tempat/Tanggal Lahir Anda]

Alamat: [Alamat Anda]

No. Telepon: [Nomor Telepon Anda]

Email: [Alamat Email Anda]

Dengan ini, saya bermaksud melamar pekerjaan di Bengkel [Nama Bengkel] sebagai [Jabatan yang dilamar].

Saya merasa memiliki kemampuan yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan untuk mengisi posisi tersebut. Saya percaya bahwa pengalaman kerja dan pendidikan yang telah saya miliki dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi perkembangan Bengkel [Nama Bengkel].

Selain itu, saya juga memiliki sikap yang ramah dan kerja sama yang baik, serta mampu bekerja dalam tim maupun mandiri. Saya juga memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mampu bekerja di bawah tekanan.

Dengan demikian, saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi yang positif bagi perkembangan Bengkel [Nama Bengkel]. Saya sangat berharap dapat bergabung dengan tim Bengkel [Nama Bengkel] dan mengembangkan karier saya bersama perusahaan ini.

Saya sangat menghargai kesempatan yang diberikan dan menunggu tanggapan positif dari Anda.

Hormat saya,

[Nama Anda]

Contoh surat lamaran kerja untuk lulusan SMA

Kepada Yth,

[Nama Perusahaan] [Alamat Perusahaan]

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: [Nama Anda]

Tempat/Tanggal Lahir: [Tempat/Tanggal Lahir Anda]

Alamat: [Alamat Anda]

No. Telepon: [Nomor Telepon Anda]

Email: [Alamat Email Anda]

Dengan ini, saya bermaksud melamar pekerjaan di [Nama Perusahaan] sebagai [Jabatan yang dilamar].

Saya adalah lulusan SMA [Nama SMA] tahun [Tahun Lulus] dan merasa memiliki kemampuan yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan untuk mengisi posisi tersebut. Saya percaya bahwa pengalaman kerja dan kemampuan yang telah saya miliki dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi perkembangan [Nama Perusahaan].

Selain itu, saya juga memiliki sikap yang ramah, kerja sama yang baik, serta mampu bekerja dalam tim maupun mandiri. Saya juga memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan selalu siap untuk belajar dan berkembang.

Dengan demikian, saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi yang positif bagi perkembangan [Nama Perusahaan]. Saya sangat berharap dapat bergabung dengan tim di [Nama Perusahaan] dan mengembangkan karier saya bersama perusahaan ini.

Saya sangat menghargai kesempatan yang diberikan dan menunggu tanggapan positif dari Anda.

Hormat saya,

[Nama Anda]

Contoh surat lamaran kerja untuk guru

Kepada Yth,

[Nama Sekolah] [Alamat Sekolah]

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: [Nama Anda]

Tempat/Tanggal Lahir: [Tempat/Tanggal Lahir Anda]

Alamat: [Alamat Anda]

No. Telepon: [Nomor Telepon Anda]

Email: [Alamat Email Anda]

Dengan ini, saya bermaksud melamar pekerjaan di [Nama Sekolah] sebagai guru [Mata Pelajaran yang dilamar].

Saya adalah lulusan [Universitas] tahun [Tahun Lulus] dengan jurusan [Jurusan] dan memiliki Sertifikat Pendidik. Selain itu, saya juga memiliki pengalaman mengajar selama [Jumlah Tahun] tahun di beberapa sekolah, yang membuat saya memiliki kemampuan dan pengetahuan yang cukup dalam bidang pendidikan.

Saya percaya bahwa saya memiliki kemampuan yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan untuk mengisi posisi tersebut. Saya juga memiliki sikap yang ramah, kerja sama yang baik, serta mampu bekerja dalam tim maupun mandiri. Selain itu, saya juga memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mampu bekerja di bawah tekanan.

Dengan demikian, saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi yang positif bagi perkembangan [Nama Sekolah] dan mengembangkan potensi siswa-siswi di sekolah ini. Saya sangat berharap dapat bergabung dengan tim di [Nama Sekolah] dan mengembangkan karier saya bersama sekolah ini.

Saya sangat menghargai kesempatan yang diberikan dan menunggu tanggapan positif dari Anda.

Hormat saya,

[Nama Anda]

—-

Semoga beberapa contoh di atas dapat membantu Anda. Contoh di atas hanya sebagai acuan dan dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing. Jangan lupa untuk menyesuaikan isi surat lamaran kerja dengan kemampuan dan pengalaman Anda yang sebenarnya. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa kembali surat lamaran kerja Anda untuk memastikan bahwa tidak terdapat kesalahan ejaan atau tata bahasa yang mengganggu.

Author Profile

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

|

Share this post on

Related Article