Simak Cara Menulis Daftar Riwayat Hidup Berikut Ini!

Desember 26, 2022

Dalam membuat surat lamaran kerja, biasanya dibutuhkan berkas pendukung seperti daftar riwayat hidup. Apa itu daftar riwayat hidup, seperti apa contoh daftar riwayat hidup, dan mengapa daftar riwayat hidup dibutuhkan akan dijelaskan satu persatu.

Simak Cara Menulis Daftar Riwayat Hidup Berikut Ini!

Key Takeaways

Daftar riwayat hidup adalah sebuah dokumen yang menjelaskan perjalanan hidup dari pendidikan formal, pendidikan non-formal pengalaman organisasi, hingga dunia kerja dari seseorang. Daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan dapat dibuat dengan satu standar atau format yang sama. Di bawah ini juga diberikan contoh daftar riwayat hidup yang dapat digunakan sebagai acuan.

Pengertian daftar riwayat hidup

Menurut indeed.com, daftar riwayat hidup atau CV (curriculum vitae) adalah sebuah dokumen yang menjelaskan tentang latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, serta kualifikasi yang dimiliki oleh seseorang. Daftar riwayat hidup ini biasanya dibuat oleh para pelamar kerja untuk melamar pekerjaan di perusahaan atau instansi tertentu.

Menurut ahli psikologi industri dan organisasi, daftar riwayat hidup adalah sebuah dokumen yang menjelaskan tentang identitas, kualifikasi, serta kompetensi seseorang. Daftar riwayat hidup ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada perusahaan atau instansi yang bersangkutan mengenai latar belakang pendidikan, pengalaman, serta keahlian yang dimiliki oleh pelamar kerja.

Menurut seorang ahli karier, daftar riwayat hidup adalah sebuah dokumen yang menjelaskan tentang riwayat pendidikan, pengalaman kerja, serta keahlian yang dimiliki oleh seseorang. Daftar riwayat hidup ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada perusahaan mengenai kualifikasi yang dimiliki oleh pelamar kerja dan bagaimana kualifikasi tersebut dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya.

Agar lebih jelasnya, dapat melihat contoh daftar riwayat hidup yang nanti akan ditampilkan.

Perbedaan daftar riwayat hidup dengan resume

Daftar riwayat hidup ditulis secara lebih mendetail dan rinci, mulai dari latar belakang pendidikan, pengalaman , serta kualifikasi yang dimiliki oleh seseorang.

Di samping itu, resume menurut indeed.com adalah dokumen formal yang berisi riwayat profesional seseorang dan kemampuan yang relevan dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Daftar riwayat hidup dan resume adalah dua jenis dokumen yang sering digunakan dalam proses rekrutmen di perusahaan. Meskipun kedua hal ini memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menjelaskan tentang diri Anda dan menunjukkan kemampuan Anda, terdapat beberapa perbedaan antara daftar riwayat hidup dan resume.

Daftar riwayat hidup adalah dokumen yang lebih lengkap dan detail dibandingkan dengan resume. Daftar riwayat hidup mencakup informasi tentang riwayat pendidikan, riwayat profesional, kegiatan dan organisasi yang Anda ikuti, serta referensi orang yang bisa dihubungi. Sedangkan resume adalah dokumen yang lebih singkat dan terfokus pada informasi penting yang relevan dengan posisi yang dilamar. Resume biasanya hanya mencakup informasi tentang riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, dan kemampuan yang Anda miliki.

Selain itu, daftar riwayat hidup umumnya ditulis dalam bentuk paragraf, sedangkan resume ditulis dalam bentuk bullet points agar lebih mudah dibaca.

Dalam proses rekrutmen, perusahaan biasanya akan meminta Anda untuk mengirimkan daftar riwayat hidup atau resume terlebih dahulu sebagai bahan pertimbangan sebelum mengundang Anda untuk mengikuti tahap seleksi selanjutnya. Oleh karena itu, pastikan untuk membuat daftar riwayat hidup atau resume yang menarik, akurat, dan sesuai dengan posisi yang dilamar.

Tidak perlu bingung, karena di bawah nanti akan ada contoh daftar riwayat hidup. Namun, perlu diingat bahwa contoh daftar riwayat hidup ini hanya digunakan sebagai acuan dan tetap harus menyesuaikan kebutuhan atau format daftar riwayat hidup dari posisi yang dibutuhkan.

Baca juga: Kenali Behavioral Event Interview, Metode Wawancara Terbaik!

Untuk apa daftar riwayat hidup?

Daftar riwayat hidup adalah berkas yang digunakan untuk menjelaskan tentang diri Anda, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, kegiatan dan organisasi yang Anda ikuti, serta skill yang Anda miliki.

Membuat daftar riwayat hidup memiliki beberapa keuntungan, di antaranya:

  1. Menunjukkan kepada HRD tentang skill dan pengalaman Anda yang relevan dengan posisi yang dilamar. Dengan membuat daftar riwayat hidup yang baik, Anda dapat menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk posisi tersebut.
  2. Mempermudah HRD dalam melakukan seleksi terhadap banyak pelamar kerja. Dengan adanya daftar riwayat hidup, HRD dapat dengan mudah membandingkan skill dan pengalaman dari para pelamar dan memilih yang terbaik.
  3. Memperlihatkan komitmen dan profesionalisme Anda. Dengan membuat daftar riwayat hidup yang rapi dan jelas, Anda dapat menunjukkan bahwa Anda serius dan profesional dalam melamar sebuah posisi.
  4. Menambah wawasan dan pengetahuan Anda tentang diri Anda sendiri. Dalam proses membuat daftar riwayat hidup, Anda akan mempelajari kembali tentang diri Anda, mulai dari riwayat sekolah, pengalaman kerja, hingga skill yang Anda miliki. Ini dapat membantu Anda untuk lebih mengenal diri dan meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Bagaimana cara untuk memulai menulis daftar riwayat hidup

Setelah melihat alasan menulis daftar riwayat hidup, mari kita beranjak ke bagaimana cara menulis daftar riwayat hidup. Untuk menulis sebuah daftar riwayat hidup, Anda membutuhkan beberapa hal berikut ini:

  1. Informasi mengenai latar belakang sekolah Anda, mulai dari sekolah dasar hingga terakhir yang Anda selesaikan.
  2. Informasi mengenai pengalaman kerja yang pernah Anda miliki, mulai dari pekerjaan pertama hingga pekerjaan terakhir.
  3. Informasi mengenai keahlian dan skill yang Anda miliki.
  4. Informasi mengenai tujuan Anda melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.
  5. Pengetahuan mengenai tata tulis dan tata letak yang baik untuk membuat CV yang rapi dan profesional.
  6. Keterampilan menulis yang baik, dengan menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menulis daftar riwayat hidup

Membuat sebuah daftar riwayat hidup yang baik dan menarik merupakan salah satu cara untuk menunjukkan kepada perusahaan bahwa Anda memiliki kualifikasi yang sesuai dengan posisi yang ditawarkan. Untuk membuat sebuah daftar riwayat hidup yang baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya:

1. Pastikan untuk menyertakan informasi-informasi penting seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email.

2. Sebutkan latar belakang pendidikan yang telah Anda tempuh, mulai dari sekolah dasar, pengalaman organisasi, hingga yang terakhir yang Anda selesaikan. Jelaskan juga jurusan yang Anda ambil dan prestasi yang pernah Anda raih selama menempuh pendidikan.

3. Tuliskan pengalaman kerja yang pernah Anda miliki, mulai dari pengalaman pertama hingga yang terakhir. Jelaskan juga tanggung jawab yang pernah Anda emban di setiap pengalaman tersebut, serta prestasi yang pernah Anda raih.

4. Sertakan informasi mengenai keahlian dan skill yang Anda miliki. Ini bisa berupa kemampuan mengoperasikan komputer atau software tertentu, skill bahasa asing, atau kemampuan lain yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

5. Jelaskan tujuan Anda melamar posisi perusahaan tersebut. Ini bisa berupa kesempatan untuk mengembangkan karier, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, atau bahkan untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya.

6. Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Pastikan untuk menggunakan bahasa yang formal dan sopan, serta hindari penggunaan bahasa gaul atau slang yang tidak pantas.

Tidak perlu bingung, untuk menulis daftar riwayat hidup tulis. Pada bagian bawah akan ada contoh daftar riwayat hidup.

Baca juga: Penilaian Psikotes: Tujuan, Jenis, dan Tips Agar Bisa Lolos

Cara menulis daftar riwayat hidup

Untuk menulis sebuah daftar riwayat hidup, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buatlah sebuah header yang mencantumkan nama Anda, alamat, nomor telepon, dan email.

2. Tuliskan ringkasan atau profil singkat tentang diri Anda, yang menjelaskan tentang keahlian dan kelebihan Anda serta mengapa Anda cocok untuk posisi yang dilamar.

3. Buatlah daftar riwayat pendidikan Anda, mulai dari pendidikan terakhir hingga pendidikan pertama. masukkan nama sekolah, tahun lulus, pengalaman organisasi, dan program studi.

4. Buatlah daftar riwayat pekerjaan Anda, mulai dari pekerjaan terakhir hingga pekerjaan pertama. Include nama perusahaan, tahun bekerja, dan posisi yang Anda tempati.

5. Tuliskan kegiatan dan organisasi yang Anda ikuti selama di sekolah atau di tempat kerja.

6. Tuliskan kemampuan bahasa asing yang Anda miliki, jika ada.

7. Tuliskan referensi pekerjaan atau karakter dari orang-orang yang bisa dihubungi untuk memberikan informasi tentang Anda, jika diperlukan.

Pastikan untuk menyusun daftar riwayat hidup Anda dengan rapi dan jelas, serta hanya mencantumkan informasi yang relevan dan akurat. Jika Anda merasa perlu, Anda juga dapat menambahkan sebuah bagian tambahan seperti keterampilan yang pernah dipelajari atau sertifikat yang Anda miliki.

Contoh daftar riwayat hidup

Contoh daftar riwayat hidup

Berikut beberapa contoh daftar riwayat hidup yang dapat digunakan sebagai acuan dalam menuliskan daftar riwayat hidup Anda sendiri.

Contoh daftar riwayat hidup bagi orang dengan pengalaman

Berikut di bawah adalah contoh daftar riwayat hidup yang digunakan untuk melamar di perusahaan ritel.

Nama : Muhammad Hasan

Tanggal lahir : 30 Maret 1998

Alamat : Jl. Kebon Jeruk Raya No. 12, Bandung

Jenis kelamin : laki-laki

Status : Lajang

Telepon : 022-123456

Email : muhammadhasan@gmail.com

Ringkasan:

Saya adalah lulusan Sarjana Ekonomi dari Universitas Padjadjaran yang memiliki pengalaman kerja sebagai kasir di sebuah toko retail selama 1 tahun. Saya memiliki kemampuan dalam bidang pelayanan pelanggan dan pengelolaan keuangan. Saya berkomitmen untuk bekerja keras dan belajar sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

Riwayat Pendidikan Formal

  • Sarjana Ekonomi, Universitas Padjadjaran, Bandung (2016-2020)
  • SMA Negeri 1 Bandung (2013-2016)
  • SMP Negeri 1 Bandung (2010-2013)
  • SD Negeri 1 Bandung (2004-2010)

Riwayat Profesional

  • Kasir, PT. Indomarco Aditama (2020-sekarang)
  • Magang sebagai Customer Service, PT. Telkom Indonesia (2019)

Kegiatan dan Organisasi

  • Anggota OSIS SMA Negeri 1 Bandung (2014-2016)
  • Ketua Panitia Pameran Ekonomi SMA Negeri 1 Bandung (2015-2016)

Kemampuan Bahasa

  • Bahasa Indonesia (aktif)
  • Bahasa Inggris (pasif)

Referensi

  • Bapak Susanto (Kepala Toko, PT. Indomarco Aditama)
  • Ibu Rini (Kepala Cabang, PT. Telkom Indonesia)

Hormat saya,

[tanda tangan]

Muhammad Hasan

Contoh daftar riwayat hidup untuk fresh graduate

Meskipun baru lulus kuliah, tidak ada alasan untuk tidak membuat daftar riwayat hidup. Berikut adalah contoh daftar riwayat hidup bagi fresh graduate. Contoh daftar riwayat hidup ini dapat digunakan untuk acuan berkas lamaran kerja bagi fresh graduate yang baru saja lulus kuliah.

Nama : Dewi Surya

Tanggal lahir : 2 Januari 1997

Alamat : Jl. H. Agus Salim No. 56, Yogyakarta

Jenis kelamin : Perempuan

Status : Menikah

Telepon : 081-23456789

Email : dewisurya@gmail.com

Ringkasan Saya adalah lulusan Sarjana Ilmu Komputer dari Universitas Gadjah Mada yang memiliki pengalaman magang sebagai programmer di sebuah perusahaan teknologi. Saya memiliki skill dalam bidang pemrograman dan teknologi informasi. Saya berkomitmen untuk terus belajar dan meningkatkan skill saya sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi.

Riwayat Pendidikan Formal

  • Sarjana Ilmu Komputer, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta (2016-2020)
  • SMA Negeri 1 Yogyakarta (2013-2016)
  • SMP Negeri 1 Yogyakarta (2010-2013)
  • SD Negeri 1 Yogyakarta (2004-2010)

Riwayat Profesional

  • Magang sebagai Programmer, PT. XYZ (2019-2020)

Kegiatan dan Organisasi

  • Anggota Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer (HIMAKOM), Universitas Gadjah Mada (2018-2020)
  • Ketua Departemen Teknologi Informasi, Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer (HIMAKOM), Universitas Gadjah Mada (2019-2020)

Bahasa

  • Bahasa Indonesia (aktif)
  • Bahasa Inggris (pasif)
  • Bahasa Jepang (pasif)

Referensi

  • Bapak Dono (Kepala Divisi IT, PT. XYZ)
  • Ibu Yuli (Dosen Pembimbing Akademik, Universitas Gadjah Mada)

Hormat saya,

[tanda tangan]

Dewi Surya

Contoh daftar riwayat hidup seorang sales

Nama : Syafira Nurul

Jenis kelamin : Perempuan

Status : Lajang

Tanggal lahir : 1 Agustus 1998

Alamat : Jl. H. Moh. Ramdan No. 12, Jakarta

Telepon : 085-67890456

Email : syafiranurul@gmail.com

Ringkasan Saya adalah lulusan Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia yang memiliki pengalaman kerja sebagai sales di sebuah perusahaan produk elektronik selama 2 tahun. Saya memiliki kemampuan dalam bidang penjualan dan pelayanan pelanggan. Saya berkomitmen untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan saya sesuai dengan tuntutan perkembangan bisnis.

Pendidikan

  • Sarjana Ekonomi, Universitas Indonesia, Jakarta (2015-2019)
  • SMA Negeri 1 Jakarta (2012-2015)
  • SMP Negeri 1 Jakarta (2009-2012)
  • SD Negeri 1 Jakarta (2003-2009)

Riwayat Pekerjaan

  • Sales, PT. ABC (2019-sekarang)
  • Magang sebagai Customer Service, PT. XYZ (2018)

Kegiatan dan Organisasi

  • Anggota UKM Ekonomi, Universitas Indonesia (2016-2019)
  • Ketua Panitia Pameran Ekonomi, UKM Ekonomi, Universitas Indonesia (2018-2019)

Bahasa

  • Bahasa Indonesia (aktif)
  • Bahasa Inggris (pasif)
  • Bahasa Jepang (pasif)

Referensi

  • Bapak Budi (Kepala Divisi Sales, PT. ABC)
  • Ibu Maya (Dosen Pembimbing Akademik, Universitas Indonesia)

Contoh di atas merupakan beberapa referensi untuk penulisan mengenai daftar riwayat hidup. Bagi HRD yang membutuhkan fitur atau aplikasi yang dapat mendukung kinerja dan produktifitas karyawan serta cocok untuk pekerja work from home (WFH) dan pekerja lapangan dapat menggunakan produk Appsensi.

Hubungi kami lebih lanjut jika Anda memerlukan panduan dan tertarik untuk mempelajari produk dan fitur otomasi HR bersama Appsensi.

Author Profile

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments