Surat Keputusan Pengangkatan Karyawan Tetap: Panduan dan Contohnya

Juli 27, 2022

Salah satu prestasi yang didapat untuk karyawan berprestasi dan yang masih terikat dalam masa kontrak atau PWKT adalah memperoleh status sebagai Karyawan Tetap atau lebih familliar dengan sebutan “Kartap”. Jika Anda seorang HR dan perlu mengirim surat keputusan pengangkatan karyawan untuk perusahaan Anda, berikut dalam artikel ini Anda akan menemukan salah satu contoh suratnya, mari kita bahas lebih mendalam.

Surat Keputusan Pengangkatan Karyawan Tetap visual appsensi

Apa itu karyawan tetap?

Karyawan tetap adalah status karyawan yang bisa didapatkan setelah melewati masa percobaan di perusahaan dan memenuhi syarat-syarat tertentu untuk menjadi karyawan tetap. Syarat-syarat ini telah ditetapkan pada Pasal 52 Undang-Undang Ketenagakerjaan mengatur perihal perjanjian kerja dimana harus dibuat berdasarkan hal-hal berikut ini:

  1. Terjadi kesepakatan antara pihak perusahaan dengan karyawan.
  2. Sudah cukup umur dan memiliki kemampuan melakukan perbuatan hukum. Dalam hal ini, kedua pihak adalah orang yang tidak memiliki gangguan jiwa dan berusia minimal 18 tahun.
  3. Ada objek pekerjaan yang dijanjikan. Di dalam surat perjanjian harus tersedia keterangan posisi atau pekerjaan yang ditawarkan.
  4. Pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan sifatnya legal dan tidak bertentangan dengan norma, kesusilaan, dan undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Keempat syarat tersebut wajib dipenuhi oleh setiap pihak, apabila ada poin yang tidak bisa dipenuhi maka perjanjian kerja pun bisa dibatalkan.

Surat Pengangkatan Karyawan Tetap

Kenapa Anda perlu mengirim surat keputusan pengangkatan untuk karyawan tetap?

Dalam pengangkatan karyawan tetap, HR memerlukan Surat Keputusan Pengangkatan Karyawan atau disingkat dengan SK Pengangkatan Karyawan dan harus disetujui oleh Direktur, CEO atau orang menjadi kuasanya. 

SK Pengangkatan Karyawan ini diberikan kepada karyawan sebagai bukti bahwa karyawan tersebut sudah melewati masa kerja percobaan. Selain itu surat tersebut pun memiliki peran sebagai bukti hukum dan hak karyawan pun sudah dilindungi oleh hukum. 

Contoh Surat Keputusan Pengangkatan Karyawan Tetap

Surat pengangkatan karyawan yang diterbitkan oleh setiap perusahaan akan berbeda satu sama lain tergantung kebijakan dan peraturan perusahaan. Namun, elemen-elemen atau keterangan yang wajib tercantum di dalam surat pengangkatan karyawan secara umum adalah sama.

Surat Pengangkatan Karyawan Tetap

Berikut adalah contoh surat pengangkatan karyawan atau surat keputusan yang diterbitkan perusahaan dan diberikan kepada karyawan baru yang akan diangkat menjadi karyawan tetap, Klik di sini untuk memperoleh contoh surat dan draft nya seperti di atas.

Etika dan format baku untuk Surat Keputusan Pengangkatan Karyawan Tetap

Secara khusus, surat pengangkatan menjadi karyawan tetap dibuat dengan menggunakan PKWTT yang diatur juga dalam Pasal 63 ayat 1 Undang-Undang Ketenagakerjaan yang berisi:

“Dalam hal perjanjian kerja waktu tidak tertentu dibuat secara lisan, maka pengusaha wajib membuat surat pengangkatan bagi pekerja/buruh yang bersangkutan.”

SK pengangkatan karyawan tetap pun dibuat dengan menggunakan PKWTT yang telah diatur dalam Pasal 63 ayat 2 Tentang Undang-Undang Ketenagakerjaan. Pada pasal ini, dalam pembuatan SK pengangkatan karyawn harus mencakup beberapa hal dibawah ini:

  1. Nama dan alamat karyawan.
  2. Tanggal karyawan mulai bekerja di perusahaan.
  3. Jenis pekerjaan karyawan.
  4. Nominal gaji atas jenis pekerjaan karyawan.
  5. Peraturan dan kebijakan perusahaan yang haris dipatuhi oleh karyawan.
  6. Kewajiban karyawan yang ahrus dipenuhi selama bekerja di perusahaan.
  7. Hak-hak yang diterima oleh karyawan selama bekerja.
  8. Tanda persetujuan yang ditandatangani oleh kedua belah pihak yaitu perusahaan dan karyawan yang bersangkutan.

Membuat SK pengangkatan karyawan tetap secara baik sesuai hukum yang berlaku akan menunjukkan bahwa perusahaan anda sangatlah transparan bagi karyawan dan bisa mendapatkan ekspetasi sesuai yang mereka harapkan dari perusahaan. 

Sebagai karyawan tetap, selain hak karyawan atau keuntungan yang diberikan oleh perusahaan terdapat beberapa peraturan yang juga harus dipenuhi. Hal ini bervariasi berdasarkan peraturan yang diberlakukan oleh perusahaan. Pada dasarnya, berikut beberapa poin peraturan yang harus dipenuhi karyawan:

  1. Telah menjalani masa percobaan maksimal 3 bulan dengan riwayat pekerjaan yang baik atau memuaskan.
  2. Patuh terhadap peraturan yang dibuat oleh perusahaan dan menjalani konsekuensi bilamana melanggar peraturan yang berlaku.
  3. Memiliki kewajiban untuk menjaga rahasia perusahaan.
  4. Wajib memiliki loyalitas dan mendukung visi dan misi perusahaan.

Untuk itu surat pengangkatan karyawan tetap sangatlah penting baik bagi karyawan dan perusahaan. Dengan adanya SK pengangkatan karyawan, maka berkemungkinan karyawan anak semakin loyal dan mempercayai perusahaan untuk perkembangan karir kedepannya. Selain itu SK pengangkatan karyawan ini pun akan sangat bermanfaat bagi karyawan ketika melakukan negosisasi gaji dengan perusahaan baru apabila diperlukan.

Semoga dengan artikel ini dapat menambah referensi Anda mengenai sumber kelengkapan file untuk manajemen SDM atau personalia. Contoh surat keputusan pengangkatan karyawan tetap ini bisa Anda gunakan untuk perusahaan atau institusi Anda. Jika Anda ingin memudahkan pengaturan waktu dan manajemen SDM Anda. Mari menggunakan solusi dari Appsensi. Klik di sini untuk pelajari lebih lanjut atau untuk mencoba trial gratis aplikasi mobile HR lengkapi informasi pada form berikut ini:

Author Profile

Nuritia Ramadhani

Content Manager

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments