Hero Blog HR Tips

Tertarik Jadi Marketing Executive? Kuasai 5 Skill Wajib Ini!

Juli 10, 2023

Article by Ricky Caesar Sam

Belakangan ini, posisi marketing executive memang cukup digandrungi para jobseeker atau para pencari kerja. Pasalnya, posisi ini cukup menantang dan menawarkan jenjang karir yang baik. 

Selain ramai peminat, dari sisi perusahaan posisi ini juga banyak dibutuhkan karena hampir semua bisnis mikro maupun makro memerlukan marketing executive dalam membuat, menerapkan, dan menjalankan strategi pemasaran untuk layanan atau produk perusahaan.

Seorang marketing executive secara umum merupakan pakar pemasaran (marketing) yang bertanggung jawab meneliti dan menganalisis pasar, membuat skema pemasaran, menjalankan kampanye pemasaran, menilai hasil pemasaran, dan berkolaborasi dengan tim penjualan dan departemen perusahaan lainnya untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan. Ketika membaca ini mungkin Anda sudah bisa membayangkan apa saja peran yang dijalankan seorang marketing executive

Tertarik Jadi Marketing Executive? Kuasai 5 Skill Wajib Ini!

Namun, sebelum Anda betul-betul memutuskan untuk terjun sebagai seorang marketing executive, pastikan Anda memiliki beberapa skill marketing executive yang wajib dimiliki agar dapat menjalankan peran dan mencapai target perusahaan. Ingin tahu lebih lengkap terkait marketing executive? Yuk, simak artikel berikut sampai habis!

Key Takeaways:

  • Seorang marketing executive secara umum merupakan pakar pemasaran yang bertanggung jawab meneliti dan menganalisis pasar, membuat skema pemasaran, menjalankan kampanye pemasaran, menilai hasil pemasaran, dan berkolaborasi dengan tim penjualan dan departemen perusahaan lainnya untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan.
  • Posisi Marketing executive menawarkan cukup banyak kelebihan seperti kreativitas, pengaruh strategis, peluang belajar yang berkelanjutan, tantangan yang menarik, dan potensi pertumbuhan karir yang luas.
  • .Namun, jika Anda seorang jobseeker yang tertarik menjadi marketing executive, juga perlu memperhatikan sejumlah tantangan yang harus dihadapi seperti tekanan kerja yang tinggi, persaingan ketat di pasar, dan target perusahaan karena merupakan salah satu divisi yang paling krusial. 
  • Terdapat sejumlah skill yang wajib Anda kuasai jika berkecimpung sebagai marketing executive seperti kepemimpinan, teamwork, berpikir kritis, analitis, komunikatif, dan lainnya. 

Peran Marketing Executive

Di beberapa organisasi, marketing executive masuk sebagai tim strategis perusahaan. Marketing executive mengawasi prosedur pemasaran suatu organisasi, termasuk menentukan kebutuhan konsumen dan mengembangkan strategi untuk menembus pasar. Seorang marketing executive memastikan keberhasilan kampanye pemasaran dengan bekerja sama dengan berbagai divisi meliputi departemen pemasaran, departemen promosi, dan tim penjualan dalam merencanakan desain, prosedur, metode, dan media kampanye yang digunakan untuk memaksimalkan konversi.

Sehari-hari marketing executive melakukan riset pemasaran dan persaingan untuk mempresentasikan temuan mereka terhadap kompetitor dan kondisi pasar kepada para eksekutif perusahaan. Melalui riset yang dilakukan, seorang marketing executive dapat menentukan tujuan pemasaran perusahaan mereka.

Dalam menjalankan perannya, tak jarang pula marketing executive mungkin harus melakukan perjalanan dalam maupun luar kota bahkan luar negeri untuk menghadiri rapat, bertemu dengan klien, atau menghadiri pameran dagang. Peran seorang marketing executive melibatkan berbagai tanggung jawab dan tugas yang terkait dengan upaya pemasaran dan promosi perusahaan. Berikut adalah beberapa peran utama yang dapat diemban oleh seorang marketing executive:

1. Mengembangkan dan Melaksanakan Strategi Pemasaran

Seorang marketing executive bertanggung jawab untuk merancang dan mengimplementasikan strategi pemasaran yang efektif. Ini melibatkan melakukan analisis pasar, penentuan target pasar, penelitian kompetitor, dan pengembangan rencana pemasaran yang komprehensif.

2. Mengelola Kampanye Pemasaran

Marketing executive bertanggung jawab untuk merencanakan, mengelola, dan melaksanakan kampanye pemasaran. Ini melibatkan identifikasi saluran pemasaran yang tepat, pengembangan pesan yang relevan, produksi materi promosi, pelaksanaan iklan, dan evaluasi hasil kampanye.

3. Pemantauan dan Analisis Kinerja Pemasaran

Seorang marketing executive harus memantau dan menganalisis kinerja kampanye pemasaran. Ini melibatkan pengumpulan dan analisis data, seperti data penjualan, data konversi, dan data pelanggan. Tujuan utamanya adalah untuk mengevaluasi efektivitas strategi pemasaran dan melakukan perbaikan yang diperlukan.

4. Riset Pasar

Seorang marketing executive harus melakukan riset pasar untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan, tren industri, dan pangsa pasar potensial. Ini melibatkan pengumpulan data, analisis pesaing, survei, wawancara, dan pengamatan konsumen.

5. Manajemen Merek

Seorang marketing executive berperan dalam membangun dan mengelola citra merek perusahaan. Ini melibatkan pengembangan identitas merek, mengawasi penggunaan merek secara konsisten dalam semua materi promosi, dan memastikan merek perusahaan membangun hubungan yang positif dengan pelanggan.

6. Hubungan Pelanggan

Marketing executive harus membangun dan menjaga hubungan yang kuat dengan pelanggan. Ini melibatkan komunikasi yang efektif, responsif terhadap pertanyaan dan masalah pelanggan, serta memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan.

7. Kerjasama Tim

Seorang marketing executive harus bekerja sama dengan berbagai tim internal, seperti tim penjualan, tim kreatif, tim produksi, dan tim manajemen. Kerjasama yang baik dan koordinasi yang efektif diperlukan untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan.

8. Mengelola Anggaran

Marketing executive bertanggung jawab untuk mengelola anggaran pemasaran perusahaan dengan bijaksana. Ini melibatkan alokasi dana yang tepat untuk berbagai inisiatif pemasaran, pemantauan pengeluaran, dan mengoptimalkan penggunaan anggaran untuk mencapai hasil yang optimal.

9. Mengikuti Perkembangan Industri

Seorang marketing executive harus tetap terkini dengan tren dan perkembangan terbaru dalam industri pemasaran. Ini melibatkan belajar tentang teknik pemasaran baru, alat digital, dan strategi yang relevan dengan perkembangan industri.

Baca juga: Wajib Tau! Kenali Fungsi dan Tugas Sekretaris di Dunia Kerja

Keterampilan eksekutif pemasaran

Seorang marketing executive sangat perlu untuk memiliki sikap kritis, analitis, komunikatif dan keterampilan lainnya. Berikut ini adalah beberapa keterampilan paling penting yang diperlukan untuk karier yang sukses sebagai eksekutif pemasaran:

Keterampilan eksekutif pemasaran

1. Kemampuan analisis

Agar efektif dalam peran ini, seorang marketing executive membutuhkan keterampilan analitis yang baik untuk merencanakan kampanye pemasaran dan melaksanakannya. Mereka harus menganalisis data yang relevan dari tahap perencanaan hingga tahap pelaksanaan.

2. Berpikir Kritis

Merencanakan, merancang, dan menyusun strategi untuk tetap berada di depan pesaing membutuhkan keterampilan berpikir kritis. Misalnya, marketing executive harus mampu mempelajari data yang tersedia, menganalisisnya, dan membuat keputusan dari data tersebut. Kemampuan mengambil keputusan membutuhkan pemikiran kritis.

3. Komunikatif

Peran marketing executive melibatkan penyampaian informasi yang relevan kepada tim, pemangku kepentingan, dan klien yang sesuai. Keterampilan komunikasi yang baik diperlukan untuk menyampaikan informasi yang relevan.

4. Keterampilan Penjualan yang Baik

Peran marketing executive adalah merencanakan kampanye yang menjual secara efektif. Anda hanya dapat mengembangkan keterampilan ini dari pengalaman pemasaran selama bertahun-tahun dengan bekerja dalam peran serupa.

5. Keterampilan Teknis

Seorang marketing executive membutuhkan keterampilan teknis yang diperlukan untuk merencanakan kampanye pemasaran yang efektif. Ini termasuk perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan (CRM) dan perangkat lunak manajemen basis data (DBM). Dalam beberapa kondisi, seorang marketing executive juga membutuhkan keterampilan ilmu komputer, seperti desain grafis dan pengembangan web, untuk mengedit grafik ataupun sekedar memberi arahan atas desain grafis yang dibutuhkan guna menyesuaikan dengan strategi yang ingin dijalankan.

6. Berorientasi Pelanggan

Kemampuan untuk memahami kebutuhan pelanggan sangat penting untuk menjadi sukses dalam peran ini. Marketing executive membutuhkan pengetahuan tentang bagaimana pelanggan memandang layanan atau produk perusahaan, membangun kepercayaan dan loyalitas dengan pelanggan, dan menyediakan layanan dan produk yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

7. Manajemen Proyek

Dalam menjalankan strategi pemasaran, marketing executive perlu mengelola kampanye pemasaran bersama tim desain dan tim lainnya. Oleh karena itu diperlukan keterampilan manajemen proyek. 

8. Keterampilan Penganggaran

Kemampuan untuk mengalokasikan anggaran untuk biaya kampanye, iklan, dan setiap aspek kampanye lainnya adalah keterampilan yang diperlukan marketing executive

9. Kreativitas

Kreativitas adalah kemampuan untuk memunculkan ide-ide baru. Marketing executive dituntut mampu mengembangkan ide-ide baru begitu strategi pemasaran dinilai kuno atau tertinggal agar tetap mencapai peningkatan persaingan. Kreativitas juga diperlukan untuk merancang dan mengedit kampanye pemasaran, termasuk cetak biru, proses, dan grafik.

10. Kepemimpinan

Posisi ini membutuhkan jiwa kepemimpinan. Marketing executive bertanggung jawab untuk mengawasi anggota lain dari tim pemasaran untuk mencapai target perusahaan. Aktualisasi ini membutuhkan kemampuan untuk memiliki keterampilan mendengarkan, empati, fleksibilitas, dan keterampilan delegasi yang baik. Menjadi pemimpin yang baik melibatkan mengambil inisiatif, memanggil orang lain untuk bertindak, dan mencari solusi untuk masalah.

11. Interpersonal

Marketing executive memiliki peran utama seperti menghadiri rapat perusahaan untuk membangun hubungan dengan calon klien dan pemangku kepentingan. Mereka juga membentuk hubungan dengan pelanggan dan bawahan mereka.

Baca juga: Public Relation: Strategi Meningkatkan Citra Perusahaan

Gaji Rata-Rata Marketing Executive

Anda mungkin bertanya-tanya berapa rata-rata gaji nasional untuk marketing executive? Di Indonesia range raji marketing executive berkisar di angka Rp5.000.000-Rp10.000.000 juta per bulan. 

Namun lagi-lagi rentang gaji ini menyesuaikan sejumlah faktor seperti industri pekerjaan, lokasi geografis, pengalaman kerja, sampai tingkat pendidikan Anda. Umumnya, semakin banyak pengalaman dan tingginya pendidikan seseorang, maka semakin tinggi juga gaji yang akan diberikan perusahaan kepada Anda sebagai seorang marketing executive.

Appsensi Solusi Absen Masa Kini 

Bila ditarik benang merah, tanggung jawab seorang marketing executive secara keseluruhan mencakup perencanaan strategi pemasaran, pengembangan layanan maupun produk, riset pasar, bahkan periklanan. Di tengah perkembangan bisnis saat ini, marketing executive sendiri dapat bekerja secara eksklusif untuk satu perusahaan sebagai bagian dari departemen pemasaran atau bekerja untuk banyak organisasi untuk menyelesaikan berbagai proyek dan sasaran pemasaran.

Beberapa tahun terakhir, khususnya setelah pandemi Covid-19, semakin banyak perusahaan yang menerapkan sistem kerja fleksibel bagi karyawannya termasuk posisi marketing executive. Kebutuhan bertemu calon klien, menjalankan strategi pemasaran, menjalin hubungan dengan customer, dan lainnya kerap mengharuskan karyawan mengerjakan tugasnya di luar kantor. 

Nah, untuk menyesuaikan itu semua, sudah saatnya bagi perusahaan menerapkan sistem absensi digital agar sistem kerja fleksibel ini dapat berjalan lancar. Atas tingginya kebutuhan tersebut, Appsensi hadir sebagai aplikasi absensi mobile yang memberikan win to win solution bagi perusahaan dan karyawan melalui berbagai fitur menarik dan bermanfaat seperti absensi online, laporan kehadiran, pengajuan cuti dan lembur, pengajuan klaim, payroll, laporan aktivitas, dan masih banyak fitur lainnya.

Jika tertarik untuk melihat bagaimana Appsensi dapat mempermudah pekerjaan saat ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui  link ini dan konsultasikan apa yang menjadi kebutuhan perusahaan Anda.

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

Artikel Terkait

Top Artikel

Tulis Komentar

Nama

Email

Komentar

TOC Icon