Pentingkah Konsep Ikigai dalam Diri Karyawan?

November 19, 2021

Karyawan kerap merasa bosan dengan pekerjaan yang sedang dijalani merupakan sesuatu yang wajar terjadi. Oleh karena itu Anda perlu mempelajari konsep Ikigai agar menemukan semangat sehingga karier dan kehidupan lebih seimbang. 

Ikigai

Apa itu Ikigai?

Jepang dikenal sebagai negara dengan nilai dan budaya warisan leluhur yang masih dilestarikan secara turun temurun hingga kini. Konsep Ikigai adalah sebuah nilai dan budaya warisan yang masih dianut masyarakat Jepang. Kata Ikigai sendiri berasal dari dua kata yakni iki dan gai.

Kata iki memiliki arti sebagai kehidupan, sementara gai memiliki arti sebagai nilai. Jika digabungkan maka Ikigai dapat disebut konsep nilai kehidupan. Masyarakat Jepang hingga saat ini menggunakan konsep tersebut untuk menerapkan kedisiplinan dalam berbagai kegiatan. Mereka mampu menjalani semua tantangan hidup di Jepang yang dikenal ketat dan teratur dengan menerapkan konsep tersebut. 

Filosofi dari konsep itu sendiri tertuju pada kehidupan yang penuh arti, semangat dan seimbang. Anda diharapkan mampu melakukan segalanya dengan senang hati tanpa merasa terbebani dan bosan. Sikap seperti itu akan memberikan kebahagiaan kecil dalam kehidupan sehari-hari sehingga hidup lebih berarti. 

Lantas, mengapa angka bunuh diri di Jepang termasuk tinggi sementara mereka menerapkan konsep Ikigai? Perlu diketahui bahwa dalam penerapan konsep itu terdapat tuntutan dalam diri di mana Anda harus bekerja lebih keras untuk mencapai tujuan dalam kehidupan. Ketika proses dalam mencapai tujuan kehidupan itu berlangsung, maka akan muncul masalah baru yakni Karoshi dan Jisatsu

Kata Karoshi adalah mati karena bekerja dan Jisatsu adalah bunuh diri. Terlepas dari itu semua, pada dasarnya konsep ini memberikan energi positif. Anda hanya perlu mendalami konsep tersebut sewajarnya agar memperoleh kebahagiaan dalam melakukan kegiatan apapun. 

Baca juga: Mana yang lebih produktif antara WFH, WFO, WFA?

Komponen Konsep Ikigai

Ada beberapa komponen konsep Ikigai Jepang yang perlu diketahui, terutama bagi Anda yang kerap merasa bosan dengan pekerjaan. 

1. Passion

Kebahagiaan dalam hidup dapat diraih dengan mengenal passion diri terlebih dahulu. Lakukan pekerjaan yang sesuai dengan passion agar lebih semangat dalam menunjang kehidupan. Contohnya Anda memiliki passion di bidang sastra tulis, maka Anda dapat bekerja sebagai penulis. 

Begitu pula bagi Anda yang memiliki passion di bidang melukis, multibahasa dan lainnya. Passion adalah bagian dari kebahagiaan diri Anda sehingga apabila pekerjaan yang dilakukan maka akan meminimalkan rasa bosan. 

2. Mission

Masing-masing individu tentu memiliki tujuan hidup yang berbeda. Meskipun beberapa orang termasuk Anda belum tahu apa tujuan hidup yang ingin diraih, belum terlambat untuk menentukannya. Setelah menentukan tujuan hidup maka segala pekerjaan yang dilakukan menjadi lebih senang karena dapat memotivasi dalam mencapai tujuan hidup. 

Tanpa tujuan hidup, Anda belum sepenuhnya menerapkan konsep Ikigai dalam diri. Jadi, pastikan Anda menemukan tujuan hidup agar termotivasi dan lebih semangat bekerja. 

3. Vocation

Jika semuanya berjalan lancar, bukan kehidupan namanya. Perjalanan hidup ini memang sulit sehingga Anda kerap menemukan hal yang bertolak belakang dengan keinginan. Namun yang perlu dilakukan hanyalah bersyukur atas apa yang telah ada dalam genggaman. Keluhan tidak dapat memperbaiki keadaan, bukan? 

Contohnya adalah ketika Anda bekerja tidak sesuai dengan minat dan bakat, syukuri saja. Ingatlah bahwa Anda membutuhkan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Yakinkan kepada diri bahwa Anda akan menemukan kebahagiaan di masa depan sehingga hidup menjadi lebih tenang. 

4. Profession

Nikmatilah pekerjaan yang sedang Anda jalani sekarang meskipun sedikit terpaksa. Ada banyak orang diluar sana yang menginginkan profesi seperti Anda. Jalani dengan sepenuh hati dan tekun agar hasil yang dicapai maksimal. Semakin Anda menikmati pekerjaan, maka Anda akan semakin bahagia dalam menjalani hari. Tanamkan dalam diri bahwa usaha tidak akan menghianati hasil. Jika usaha yang Anda lakukan sepenuh hati maka hasil yang diperoleh juga tidak akan setengah hati. Semoga. 

Baca juga: Berikut Soft Skill yang Harus Dimiliki Karyawan

Manfaat Konsep Ikigai

Konsep Ikigai tentu memiliki rangkaian manfaat bagi yang menjalankan, terutama dalam menunjang karier. 

  1. Penerapan konsep ini bermanfaat untuk meningkatkan motivasi kerja. Anda akan menerima dengan mudah segala kondisi yang sedang terjadi lalu meyakini bahwa proses tersebut akan berbuah manis kelak di masa depan. Meskipun terkesan naif, tapi hal ini merupakan wujud syukur atas apa yang telah diraih walau tidak sesuai ekspektasi. 
  2. Penerapan konsep ini juga memudahkan Anda dalam mengambil tindakan. Hal tersebut terjadi karena Anda telah menentukan tujuan dan makna hidup yang akan dicapai. Anda juga akan menghindari banyak kesalahan dalam mengambil sebuah keputusan yang akan menghalangi untuk meraih tujuan dan makna hidup. 
  3. Penerapan konsep ini juga dapat membuat Anda lebih sulit terserang penyakit. Penyebabnya telah dijelaskan pada manfaat sebelumnya. Ketika Anda sudah tahu tujuan dan makna hidup, maka Anda akan berusaha sebaik mungkin dalam mengatasi masalah, terutama hal yang dapat menghalangi dalam mencapai tujuan. 
  4. Penerapan konsep ini dapat memudahkan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Tentu saja disebabkan oleh komponen dalam konsep Ikigai terutama passion dan vocation. Passion untuk Anda yang telah menemukan pekerjaan sesuai kemampuan. Vocation untuk Anda yang terpaksa menikmati pekerjaan untuk memenuhi biaya hidup. 
  5. Penerapan konsep ini dapat menciptakan etos kerja yang baik. Hal itu berasal dari dalam diri yang merasa ingin bermanfaat bagi orang lain. Anda akan terus berusaha melakukan yang terbaik dengan senang hati tanpa paksaan dan tekanan dari luar. 
Ikigai

Cara Menerapkan Konsep Ikigai

Terapkan beberapa cara menemukan Ikigai berikut agar hidup Anda lebih bersemangat. 

1. Tujuan Hidup

Tentukan tujuan hidup Anda terlebih dahulu karena ini merupakan kunci awal dari konsep Ikigai. Apabila Anda menemukan tujuan hidup, maka Anda enggan untuk merasa gagal dalam melakukan banyak hal. Anda juga akan terus semangat untuk mencapai tujuan hidup dan menghindari masalah yang dapat menjadi hambatan.

2. Lakukan Sesuatu

Setelah mengetahui tujuan hidup, segera lakukan sesuatu agar tujuan tersebut tercapai. Jangan berpikir terlalu lama karena yang dibutuhkan adalah gerakan untuk mencapai tujuan. Anda harus tahu bahwa orang yang telah berhasil mencapai tujuan hidupnya telah melalui jalan panjang yang penuh liku. Tidak ada hal yang diperoleh secara instan karena semuanya butuh proses. Anda dapat memulai semuanya dari hal yang sederhana. 

3. Komunikasi bersama Orang dengan Passion yang Sama

Jalinlah komunikasi bersama orang yang memiliki kesamaan passion dengan Anda. Akan lebih baik lagi jika orang tersebut telah berpengalaman jauh di atas Anda. Sering menjalin komunikasi dengan mereka yang memiliki berpengalaman dan memiliki kesamaan passion akan membantu Anda dalam memahami arti hidup. 

4. Rintangan dalam Mencapai Tujuan Hidup

Proses dalam mencapai tujuan hidup memang tidak mudah. Bahkan tidak ada orang yang mampu mencapai tujuan dengan mulus, walau presiden sekalipun. Semuanya butuh proses, baik itu rintangan maupun tantangan. Tujuan yang dicapai dengan proses itu sangat berarti. 

Analoginya seperti Anda yang ingin naik ke lantai 10 sebuah gedung dengan menggunakan tangga. Ketika tiba di lantai 9, Anda terjatuh maka posisi tidak akan terlalu jauh dari lantai 9. Sementara jika Anda naik ke lantai 10 menggunakan lift dan mencapai lantai 9, ketika lift jatuh maka posisi Anda bisa jadi lebih jauh dari lantai 9. 

Jadi, Anda pilih yang mana? Menaiki tangga dengan tenaga ekstra atau menaiki lift yang mulus tapi sekalinya rusak bisa membuat Anda jatuh terperosok ke lantai dasar. Ketika merasa lelah dengan berbagai rintangan, maka ingatlah bahwa tidak ada yang instan dalam hidup ini karena segalanya butuh proses. Kesabaran juga akan berbuah manis. 

Contoh Ikigai seseorang dapat dilihat dari adanya semangat hidup, tujuan, misi dan kehidupan yang jelas sebagai alasan untuk hidup. Orang dengan semangat Ikigai juga dapat ditandai dengan rasa takut akan kematian, tingkat kecemasan tinggi tapi tidak berpikir untuk bunuh diri. Mereka yang memilih bunuh diri termasuk dalam daftar orang yang telah hilang semangat Ikigai-nya. 

Karyawan yang memiliki semangat Ikigai dalam dirinya dapat bekerja lebih energik sehingga menguntungkan perusahaan dan dirinya sendiri. Software Appsensi hadir dengan fitur andalan yang mendukung kinerja dan produktivitas karyawan sehingga semangat Ikigai-nya tidak hilang. Ada berbagai kelebihan Appsensi yang bisa langsung dirasakan manfaatnya. 

Baca juga: Ini 5 Cara Menghilangkan Kejenuhan Dalam Bekerja

Author Profile

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments