Hero Blog HR Tips

Apa itu Job Seeker? Berikut Adalah Penjelasannya! 

September 1, 2023

Article by Carissa

Apakah Anda seorang job seeker yang sedang mencari pekerjaan? Apakah Anda merasa bingung apa saja yang perlu dipersiapkan seorang job seeker sebelum mencari pekerjaan?  Tujuan utama job seeker adalah untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan, minat, dan pengalaman mereka serta memenuhi kebutuhan finansial dan karir mereka. Baca lebih lanjut artikel ini untuk mengetahui apa itu job seeker.

job seeker adalah

Key takeaways: 

  • Job seeker adalah seseorang yang sedang mencari pekerjaan atau mencari kesempatan untuk memulai karir baru
  • 4 langkah penting sebelum Anda mulai mencari kerja bisa dengan tentukan apa yang Anda inginkan dari pekerjaan baru, perbaiki resume Anda, perbaharui kontak Anda, dan siapkan elevator pitch.

Definisi Job Seeker

Job seeker adalah seseorang yang sedang mencari pekerjaan atau mencari kesempatan untuk memulai karir baru. Job seeker bisa berupa mahasiswa yang baru lulus, seseorang yang ingin berpindah karir, atau seseorang yang kehilangan pekerjaan.

Di mana para job seeker aktif mencari dan melamar pekerjaan?

Job seeker yang aktif mencari pekerjaan umumnya fokus mencari melalui situs dan platform pekerjaan online. Bergantung pada jenis peran yang mereka minati, mereka mungkin menggunakan situs pencarian kerja generalis dengan posting pekerjaan di semua bidang atau papan pekerjaan spesialis yang ditargetkan untuk keterampilan atau industri tertentu. 

Sebagian besar papan lowongan kerja online memudahkan pencari kerja untuk mempersempit pencarian mereka dengan filter untuk kata kunci, jabatan, tingkat pengalaman, lokasi, kisaran gaji, dan banyak lagi.Job seeker  sering kali dapat mengatur peringatan dan mendapatkan pemberitahuan tentang lowongan kerja baru yang memenuhi kriteria mereka. Sebagian besar papan lowongan kerja online juga memudahkan pencari kerja untuk membuat akun dan mengunggah resume dan melamar langsung dari halaman deskripsi pekerjaan. 

Job seeker semakin sering menggunakan perangkat mobile untuk mencari dan melamar pekerjaan. Papan lowongan kerja yang ramah seluler atau memiliki aplikasi yang dapat diunduh memiliki keunggulan dibandingkan situs lain yang kurang kondusif untuk perekrutan seluler.

4 Langkah Penting Sebelum Anda Mulai Mencari Kerja

Sebelum Anda mulai melihat-lihat situs karier untuk mencari perusahaan Anda berikutnya, siapkan beberapa hal. Hal terakhir yang Anda inginkan adalah terlihat tidak terorganisir dan tidak terhubung. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan diri:

Tentukan apa yang Anda inginkan dari pekerjaan baru 

Luangkan waktu untuk memutuskan apa yang ingin Anda lakukan. Apa yang Anda kuasai dan apa yang Anda sukai? Apakah Anda ingin tetap bekerja di industri yang Anda kuasai, atau Anda ingin merambah ke bidang baru? Budaya perusahaan seperti apa yang Anda inginkan? Mengetahui hal ini akan membantu Anda mempersempit pencarian kerja.

Perbaiki resume Anda

Meskipun ada beberapa alternatif, kebanyakan orang memilih CV atau resume untuk menggambarkan merek pribadi mereka. Ada berbagai macam struktur resume yang bisa dipilih. Temukan yang menurut Anda paling mewakili diri Anda. 

Jujurlah. Apakah perusahaan terakhir tempat Anda bekerja memiliki reputasi buruk atau Anda memiliki catatan kriminal, kebenaran akan terungkap. Ada perekrut yang berpikiran terbuka yang akan mempertimbangkan keadaan saat mempertimbangkan Anda. Dan jangan takut untuk menyertakan hobi Anda karena beberapa perekrut menganggap informasi ini cukup terbuka.

Jika Anda sudah memiliki lowongan pekerjaan yang spesifik, sertakan kata kunci dari iklan tersebut dalam resume Anda. Banyak perusahaan menggunakan sistem pelacakan pelamar untuk menyaring resume yang tidak sesuai dengan kriteria. 

Perbaharui kontak Anda

Beritahukan bahwa Anda siap untuk pekerjaan baru. Tempat yang baik untuk memulai adalah menghubungi teman, keluarga, kolega, dan mantan koneksi kuliah Anda. Referensi dari karyawan atau kontraktor yang sudah ada akan menghemat waktu dan uang perusahaan yang mempekerjakan Anda sehingga mereka akan bersemangat untuk mengikuti jejak Anda. 

Siapkan elevator pitch

Elevator pitch adalah pidato 40 detik yang menjelaskan siapa Anda, apa yang sedang Anda kerjakan, dan apa rencana masa depan Anda. Tidak hanya akan membantu Anda mempersempit apa yang Anda inginkan, tetapi juga berguna untuk digunakan di bursa kerja, acara networking, dan bahkan di profil online Anda. Ini adalah cara yang ringkas dan informatif untuk memperkenalkan diri Anda dan menjawab pertanyaan “Ceritakan tentang diri Anda” yang ditakuti dalam sebuah wawancara.

Bagaimana status pekerjaan Anda mempengaruhi pencarian kerja Anda 

Tergantung pada status pekerjaan Anda saat ini, pendekatan Anda terhadap pencarian kerja mungkin berbeda dari pencari kerja yang menganggur. Berikut ini adalah beberapa contoh situasi yang dapat mempengaruhi cara Anda melakukan pendekatan dalam pencarian kerja, dan apa yang harus dilakukan untuk melakukannya dengan benar:

Anda saat ini sudah bekerja dan sedang mencari pekerjaan baru

Ketika Anda mulai aktif mencari pekerjaan, lakukanlah dengan perangkat dan waktu Anda sendiri. Tergantung pada sifat hubungan Anda dengan atasan Anda, Anda mungkin harus berhati-hati dan hanya menggunakan mantan atasan sebagai referensi. Pastikan untuk mempertahankan sikap positif di tempat kerja Anda saat ini dan terus bekerja keras.

Anda kembali bekerja setelah jeda karier

Entah Anda berhenti bekerja untuk menjadi orang tua yang tinggal di rumah atau mengambil cuti panjang, masuk kembali ke dunia kerja bisa jadi merupakan sebuah tantangan. Menurut Wall Street Journal, meningkatnya biaya hidup memaksa para pensiunan untuk bergabung kembali ke dunia kerja. 

Pastikan resume Anda mencerminkan kursus atau pekerjaan sukarela yang Anda lakukan selama cuti. Ikuti perkembangan tren terbaru di industri Anda dan lakukan wawancara pura-pura dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan wawancara yang umum. Jangan menghindar untuk menjelaskan kekosongan pekerjaan Anda (masukkan tautan untuk “Cara menjelaskan kekosongan pekerjaan dalam wawancara”) – jujur dan terus teranglah tentang hal ini sambil menjelaskan bagaimana Anda memanfaatkan waktu Anda.

Anda berada di tahun terakhir kuliah Anda 

Jangan menunggu sampai lulus untuk mulai mencari pekerjaan. Entah itu magang atau pekerjaan paruh waktu saat Anda belajar, pengalaman kerja akan membantu Anda membangun resume yang kuat dan memberikan wawasan tentang apakah ini adalah industri yang cocok untuk Anda. Dapatkan referensi dari profesor Anda untuk lebih memperkuat CV Anda dan manfaatkan pusat bimbingan karier di kampus Anda yang dapat menempatkan Anda di jalur yang tepat untuk bidang yang Anda pilih. Setelah Anda lulus, sibukkan diri Anda dengan mengikuti lokakarya dan kursus singkat sambil mencari pekerjaan.

Appsensi Membantu Perusahaan Dalam Menilai Karyawan Berdasarkan Keaktifan

Selain menilai karyawan ketika mereka mendaftar pekerjaan, perusahaan juga perlu melakukan penilaian terhadap karyawan yang sudah bekerja pada perusahaan tersebut. Hal ini diperlukan untuk mengukur produktivitas kerja masing-masing karyawan.

Agar lebih mudah menilai karyawan, Anda bisa melihat berdasarkan keaktifan mereka di kantor. Lihat seberapa sering mereka telat atau tidak masuk kerja.

Dalam hal ini, Anda bisa mempercayakan pada aplikasi Appsensi. Dibekali dengan fitur presensi online yang mudah di tracking, Appsensi bisa jadi solusi bagi perusahaan untuk melihat keaktifan karyawan.

Dapatkan informasi lebih lanjut tentang Appsensi melalui appsensi.com

Carissa

Carrisa merupakan Marketing Communication Appsensi dengan pengalaman 4 tahun serta memiliki minat pada industri IT dan tech.

Artikel Terkait

Top Artikel

Tulis Komentar

Nama

Email

Komentar

TOC Icon