Kenali Jenjang Karir HRD Beserta Manfaatnya!

Agustus 9, 2022

Seleksi pertama yang dialami oleh para pelamar pekerjaan tentu akan berhadapan langsung dengan Human Resource Development (HRD). Departemen HRD memiliki beragam tugas. Salah satunya yaitu proses perekrutan karyawan. 

Segala hal yang berkaitan dengan perekrutan pegawai baru merupakan hasil departemen HR. Namun, ternyata masih banyak lagi tugas yang dimiliki oleh departemen HR. Simak pembahasan berikut untuk mengetahui lebih dalam tentang pekerjaan HRD.

Kenali Jenjang Karir HRD Beserta Manfaatnya!

Pengertian Human Resource Development (HRD)

Human Resource Development (HRD) merupakan penggunaan terpadu dari pelatihan dan upaya pengembangan karir untuk meningkatkan kinerja individu atau kelompok serta efektivitas organisasi secara keseluruhan. Pengaplikasian HRD mengembangkan kompetensi yang dibutuhkan karyawan dalam melakukan pekerjaannya saat ini dan mempersiapkan mereka untuk peran masa depan melalui kegiatan pembelajaran yang direncanakan. HRD berfokus pada pencocokan kebutuhan individu dan organisasi.

Berbeda dengan departemen HR yang berfokus dalam memilih orang yang tepat dalam suatu pekerjaan, HRD berfokus dalam memotivasi dan mengembangkan karyawan. 

Manfaat Human Resource Development

Pengembangan sumber daya manusia atau HRD dipandang penting dalam organisasi untuk mencapai produktivitas yang lebih tinggi, memaksimalkan profit, dan hubungan antara karyawan yang lebih baik. Berikut beberapa manfaatnya yaitu :

  • Pengembangan keterampilan, sikap, dan pengetahuan yang baru
  • Meningkatkan kepercayaan dan rasa hormat di lingkungan kerja
  • Meningkatkan komitmen untuk pekerjaan
  • Meningkatkan rasa dalam menerima perubahan. Dengan begitu, karyawan dapat menemukan sisi lain dari dirinya yang dilengkapi dengan kemampuan pemecahan masalah
  • Meningkatkan semangat tim dan pertumbuhan karyawan secara keseluruhan
  • Meningkatkan efektivitas organisasi yang lebih besar serta menerapkan budaya efisiensi
  • Meningkatkan partisipasi karyawan dalam proses bisnis
  • Membantu perencanaan sumber daya manusia (SDM) yang lebih baik dalam mengumpulkan data yang berguna dan objektif tentang kebijakan dan program karyawan.

Baca juga: Skill yang Wajib Dimiliki Seorang HRD di Perusahaan

Jenjang Karir Human Resource Development (HRD)

Jenjang karir sumber daya manusia cenderung relatif dan sederhana. Namun setiap perusahaan atau organisasi pasti memiliki perbedaan. Beberapa perusahaan mungkin memiliki semua karir SDM. sementara yang lain hanya menggabungkan deskripsi dari dua pekerjaan menjadi satu peran.

Berikut merupakan jenjang karir HR :

1. HR assistant

Asisten sumber daya manusia atau petugas SDM adalah posisi entry-level yang biasanya memerlukan gelar sarjana untuk melamarnya. Namun tidak harus berhubungan dengan bidang studi terkait SDM. HR assistant memiliki tugas dalam memfasilitasi berbagai proses HR. Tugasnya dapat berupa menyelesaikan dokumen administratif untuk karyawan baru, menangani rencana tunjangan, pemutusan hubungan (PHK), dan tugas legasi lainnya.

Selain itu, asisten SDM juga bertanggung jawab untuk memecahkan masalah umum di tempat kerja seperti absensi, upah, lembur, dan lain-lain. Tidak hanya itu, mereka juga bisa diberikan tugas tambahan seperti mengirim memo atau pengingat, mengatur acara perusahaan, memverifikasi pekerjaan, dan lain-lain.

Gaji rata-rata untuk asisten HR adalah $39.000 per tahun. Beberapa perusahaan juga bisa membayar hingga $47.000 per tahun, tetapi mungkin memiliki peraturan yang ketat mengenai pendidikan dan sertifikasinya.

2. HR coordinator

Koordinator SDM atau sering dikenal sebagai perekrut memiliki tugas sesuai sebutannya yaitu membantu departemen SDM mengenai proses rekrutmen, proses penggajian, catatan karyawan, serta memberikan dukungan administratif. Koordinator SDM diharapkan gesit dalam mencari bakat, mengatur wawancara, memeriksa referensi dan latar belakang pelamar, dan melakukan sesi orientasi. Beberapa UKM juga mendelegasikan tugas asisten SDM atau tugas spesialis SDM kepada koordinator SDM. 

Gaji rata-rata yang didapat oleh jabatan ini adalah $49.000, namun bisa berbeda sesuai perusahaan.

3. HR specialist

Jika Anda sudah mencapai posisi HR specialist, berarti Anda telah secara resmi memfokuskan diri dalam dunia SDM. Di karir ini Anda mulai membagi fungsi-fungsi SDM dan hanya fokus pada beberapa fungsi SDM tertentu. Contoh Anda bisa menjadi pegawai HR spesialis penggajian, manajer pelatihan dan pengempangan, atau manajer hubungan karyawan.

Pada titik ini, keahlian unik yang Anda miliki sangat berperan. Hal ini melibatkan manfaat, pelatihan, perekrutan, atau penggajian beberapa karyawan. Selain tanggung jawab khusus yang Anda miliki, Anda juga diharapkan dapat membantu operasi SDM harian dan praktik organisasi lainnya. 

Pada karir ini, Anda diharapkan setidaknya memiliki gelar sarjana dan pengalaman 3 tahun di bidang SDM. Gaji rata-rata HR specialist sekitar $51.000. Perusahaan besar memiliki tiga tingkatan dalam karir HR specialist yaitu pertama HR Specialist. Kemudian Anda akan dipromosikan dari HR specialist ke Senior HR Specialist. Lalu yang terakhir baru dipromosikan ke posisi HR Generalist. Gaji Senior HR Specialist bisa mendapatkan $65.000 per tahun.

4. HR Generalist

Seorang HR Generalist dapat dianggap sebagai proses pelatihan untuk menjadi manajer SDM. Perusahaan biasanya memperkerjakan seseorang ke bagian HR Generalist dan kemudian baru mempromosikan mereka ke HR Manager, daripada mempekerjakan manajer secara langsung. 

HR Generalist bertanggung jawab hampir semua hal. Mereka membantu perekrutan, pelatihan, tunjangan, penggajian, kepatuhan, dan berbagai hal lainnya. Persyaratan menjadi HR Generalist mirip dengan HR Specialist. Namun gaji HR Generalist rata-rata $53.000 dan jika dipromosikan menjadi Senior HR Generalist dapat mencapai 

5. HR Manager

Manajer SDM bertanggung jawab akan prosedur, kebijakan, dan masalah terkait kepatuhan. Mereka memiliki tugas untuk memastikan bahwa semua kegiatan sesuai dengan undang-undang daerah, negara bagian, dan federal. Selain itu, setiap aspek (cuti orang tua, cuti liburan, program kerja, program asuransi, dan lain-lain) juga diawasi oleh HR Manager agar selalu mematuhi pedoman.

HR Manager juga mengambil peran dalam perencanaan bisnis dan pengembangan anggaran dan bertanggung jawab atas program SDM di seluruh organisasi. Tetapi dalam melakukan hal tersebut, manajer sangat diperlukan untuk memiliki keterampilan pemecahan masalah, kepemimpinan, serta harus terbiasa dengan sistem informasi sumber daya manusia.

Untuk mendapatkan jabatan ini, wajib memiliki gelar sarjana dan pengalaman selama 5 tahun. Gaji untuk HR Manager rata-rata mencapai $76.000 hingga $90.000 untuk Senior HR Manager.

6. HR Director

Posisi direktur SDM memainkan seluruh peran dalam proses SDM. Direktur SDM diharapkan dapat bertindak sebagai mitra strategis bagi seluruh karyawan di perusahaan dan mungkin harus menangani masalah serta keluhan sehari-hari terkait proses SDM. Tidak hanya itu, mereka juga harus berurusan dengan kepatuhan dan masalah hukum. Mereka juga berperan dalam pelatihan, rekrutmen serta kegiatan pembangunan tim. 

Posisi ini memiliki syarat gelar Magister atau S2 dan pengalaman lebih dari tahun 10 tahun. Gaji direktur SDM sekitar $82.000.

7. Vice President of HR

Posisi ini hadir di perusahaan dengan bagian karyawan eksekutif yang berdedikasi. Beberapa perusahaan lain memiliki CHRO setelah posisi direktur SDM. Vice President of HR memiliki tanggung jawab hanya di bagian administratif. Mereka cenderung membuat keputusan kunci dan bertanggung jawab untuk memberikan persetujuan akhir untuk setiap proyek, prosedur, atau program baru. 

Gaji rata-rata seorang Vice President of HR adalah $126.000.

8. Chief HR Officer (CHRO)

Posisi ini merupakan jalur karir sumber daya manusia tertinggi. CHRO bekerja sama dengan CEO dan staf eksekutif lainnya. Mereka memiliki tanggung jawab untuk mengawasi seluruh administrasi SDM, mengusulkan perubahan kepada manajemen senior, menetapkan tujuan, dan memeriksa kepatuhan hukum perusahaan. 

CHRO juga berfokus pada retensi karyawan, pengembangan staf, dan pengembangan program SDM untuk melatih staf-staf SDM. Syarat posisi ini yaitu 15 tahun pengalaman dan memiliki gelar magister khusus. Gaji CHRO sekitar $157.000 per tahun. 

Jenjang Karir Human Resource Development (HRD)

Baca juga: Jenis-jenis dan Tugas Human Capital Management

Keahlian yang Diperlukan Sebagai HR

Para profesional di bidang SDM diharapkan memiliki berbagai keahlian dan keterampilan agar dapat memahami dan mengimplementasikan praktik dan undang-undang SDM. Berikut keterampilan yang diperlukan, antara lain :

1. Kemampuan Organisasi

Tim SDM harus memastikan pengarsipan dan pengelolaan dokumen berjalan efektif seperti perjanjian kerja dan data pribadi. Di sisi lain, mereka juga harus pandai mengatur jadwal sendiri. Pertemuan dengan rekan kerja dan eksekutif, profesional SDM harus melakukan tugas penting lainnya. Keterampilan organisasi yang baik dapat membantu tim HR yang sibuk agar tetap produktif. 

2. Manajemen waktu

Banyak tugas SDM yang sensitif terhadap waktu sehingga manajemen waktu sangat penting.

3. Komunikasi

Karena para profesional SDM memiliki tugas untuk menyelesaikan konflik dan menegakkan standar perusahaan, mereka harus dapat berkomunikasi dengan jelas dan efektif terhadap rekan kerja mereka untuk menghindari kesalahpahaman.

4. Kemampuan beradaptasi

Ketika dihadapi keadaan yang tidak dapat diprediksi, mental seorang profesional HR dapat tergoyah. Untuk menyesuaikan dan memprediksi perubahan, anggota tim SDM perlu beradaptasi dalam pendekatan mereka.

5. Kerja sama tim

Penting bagi para pegawai mampu bekerja secara kohesif dan mendukung satu sama lain di lingkungan kerja. 

6. Kepemimpinan

Keterampilan ini bermanfaat bagi kemajuan karir Anda. Memiliki keterampilan kepemimpinan dapat menunjukkan kemampuan Anda untuk mengambil kendali dan tanggung jawab atas pekerjaan Anda.

Aplikasi Terbaik untuk HR, Appsensi

Banyaknya tugas departemen HR umum membuat tim HR kewalahan dalam melaksanakan tanggung jawabnya. Jumlah karyawan yang harus dimanajemen yang tidak sedikit juga menjadi salah satu hambatan terbesar bagi departemen HR. 

Tapi tidak perlu khawatir, untuk menjawab masalah-masalah yang dialami HR, aplikasi Appsensi menawarkan solusi bagi HR baik untuk skala bisnis hingga perusahaan.

Appsensi adalah aplikasi sistem absensi online yang memberikan banyak kemudahan bagi HR. Tidak hanya sistem absensi online, tetapi juga fitur lain, seperti fitur payroll, pengajuan klaim, pengajuan cuti, daftar karyawan berdasarkan organisasi, dan lain-lain. 

Ingin merasakan sendiri kemudahan yang ditawarkan oleh Appsensi? Klik https://appsensi.com untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Appsensi. 

Author Profile

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments