Freelance adalah: Kelebihan, Kekurangan dan Pekerjaannya

November 24, 2022

Gig economy berkembang pesat di beberapa tahun belakangan. Itulah mengapa kini lebih banyak profesional yang menggunakan keterampilan mereka untuk menjadi freelancer. Faktanya, sebuah studi Upwork mengungkapkan bahwa 59 juta profesional di Amerika terlibat dalam pekerjaan lepas pada tahun 2020 mewakili lebih dari sepertiga tenaga kerja di AS, tapi bagaimana dengan Indonesia?

Apa itu freelancing? bagaimana serta mengapa seseorang harus mempertimbangkan untuk menjadi freelancer? Artikel ini secara lengkap akan menjelaskan apa itu freelancing, kelebihan dan kekurangannya serta menguraikan jenis pekerjaan yang paling banyak membutuhkan freelance.

Freelance adalah: Kelebihan, Kekurangan, dan Pekerjaannya

Key takeaways:

  • Freelance adalah pekerja lepas yang dilakukan tanpa bekerja secara full time dan tidak terikat pada satu perusahaan. Di sisi lain, freelancer adalah sebutan untuk orang yang melakukan pekerjaan lepas, biasanya mengambil beberapa proyek dengan klien yang berbeda secara bersamaan.
  • Keuntungan dari pekerjaan freelance adalah: fleksibilitas, pilihan klien dan project, dapat tetapkan bayaran sendiri, mengembangkan keterampilan serta dapat bekerja dengan merk global. 
  • Kekurangan dari freelance adalah: Isolasi, Keamanan kerja yang tidak pasti/ tidak stabil, tanggung jawab administratif, tidak ada tunjangan yang didanai pemberi kerja.
  • Industri yang memiliki demand atas freelance adalah: development dan IT,  desain dan kreatif, sales dan marketing, admin dan customer support, menulis dan penerjemahan, sumber daya manusia, keuangan dan akuntansi, hukum, teknik dan arsitektur.

Apa Itu Freelance?

Freelance adalah pekerjaan yang dilakukan tanpa bekerja secara full time dan tidak terikat pada satu perusahaan. Di sisi lain, freelancer adalah sebutan untuk orang yang melakukan pekerjaan lepas, biasanya mengambil beberapa proyek dengan klien yang berbeda secara bersamaan. 

Freelancer menangani pekerjaan kontrak secara paruh waktu atau penuh waktu dan sering menandatangani perjanjian kerja sebelum memulai proyek.

Dengan freelancing, klien membayar per proyek, per tugas, atau per jam, tergantung kesepakatan yang dibuat. Pekerjaan freelance ini biasanya merupakan penugasan jangka pendek, meskipun tidak menutup kemungkinan seorang klien akan kembali meminta pekerjaan lanjutan. Sebagian besar pekerjaan freelance tersedia di sektor keterampilan, layanan, industri kreatif; seperti copywriting, pemprograman, teknik dan tenaga pemasaran.

Apa Saja Keuntungan Freelance?

Menjadi seorang freelance–atau yang sering disebut dengan pekerja lepas–berarti Anda adalah bos Anda sendiri. Hal ini tentu memiliki banyak keuntungan, termasuk:

1. Fleksibilitas. 

Sebagai pekerja lepas, Anda dapat memilih jam kerja sendiri serta memutuskan kapan dan di mana akan bekerja. Misalnya, Anda bisa bekerja dari rumah atau bisa saja sambil bersantai di pantai. Fleksibilitas pekerja lepas membantu memberikan keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik.

2. Pilihan klien dan project.

Bekerja sebagai freelancer memungkinkan Anda memilih proyek yang sesuai dengan keahlian dan minat Anda. Anda juga dapat memilih klien yang sesuai dengan kriteria tertentu.

3. Tetapkan bayaran Anda sendiri.

Anda dapat menikmati kontrol yang lebih besar atas potensi penghasilan Anda karena biasanya Anda menetapkan tarif Anda sendiri sebagai pekerja lepas. Jumlah pekerjaan yang dapat Anda tangani setiap hari atau setiap minggu adalah faktor lain yang kemungkinan akan menentukan penghasilan Anda.

4. Mengembangkan keterampilan.

Sebagai pekerja lepas, Anda mungkin memiliki kesempatan untuk mengerjakan proyek yang lebih terspesialisasi, memberi Anda pengalaman yang lebih besar dengan bidang subjek khusus.

5. Bekerja dengan merk global. 

Karena Anda dapat memilih klien dan proyek Anda, Anda memiliki kesempatan untuk mengembangkan hubungan yang lebih berkualitas dengan bisnis dari seluruh dunia.

Kekurangan Freelance

Meskipun pekerjaan freelance menawarkan banyak keuntungan yang menggoda, Anda juga harus mempertimbangkan sisi negatif dari freelance. Berikut ini adalah kekurangan dari freelance

1. Isolasi.

Tidak seperti bekerja paruh waktu atau penuh waktu, memiliki bisnis freelance bisa membuat Anda merasa kesepian, apalagi jika Anda bekerja jarak jauh. Jika Anda terbiasa dengan interaksi dengan rekan kerja di lingkungan kerja, maka Anda mungkin akan merasa freelance adalah pekerjaan yang terisolasi. 

2. Keamanan kerja yang tidak pasti/ tidak stabil.

Pekerjaan freelance bisa menjadi tidak menentu. Di satu saat, Anda mungkin memiliki sangat banyak pekerjaan hingga kewalahan, tetapi di suatu saat mungkin Anda merasa sepi pekerjaan. Anda mungkin perlu terus bekerja di pekerjaan rutin Anda untuk mempertahankan penghasilan tetap pada tahap awal karir lepas Anda.

3. Tanggung jawab administratif. 

Sebagai bos Anda sendiri, Anda perlu menangani dokumen legal, penagihan, pemasaran dan tugas administrasi terkait lainnya. Tanggung jawab ini mungkin memerlukan pengetahuan yang signifikan tentang pembukuan, peraturan pajak dan teknologi kantor serta menghabiskan waktu di luar area fokus Anda.

5. Tidak ada benefit/tunjangan yang didanai pemberi kerja.

Sebagai wiraswasta, Anda tidak memiliki atasan untuk berkontribusi pada asuransi kesehatan, penawaran pensiun dan tunjangan lain yang terkait dengan pekerjaan penuh waktu.

Baca juga: Coworking Space untuk Meningkatkan Produktivitas

9 Jenis Pekerjaan Freelance Paling Dicari 

Pekerjaan freelance yang merupakan salah satu bentuk gig economy yang dapat dikerjakan di mana saja. Jika kamu berminat mencari pekerjaan freelance, di bawah ini, terdapat beberapa kategori pekerjaan populer yang seringkali membutuhkan freelancer menurut upwork.

1. Development dan IT

Karena keahlian khusus yang dibutuhkan tim development dan IT, industri ini seringkali membutuhkan freelancer untuk proyek jangka pendek. Beberapa profesional berfokus pada jaminan kualitas dan peran dukungan teknis tambahan.

  • Developer web. Pekerjaan ini membutuhkan keterampilan penulisan kode untuk layout situs web yang menghasilkan situs web yang berfungsi dengan baik. Developer web bertanggung jawab untuk membuat, memelihara dan mengukur skala situs web klien sesuai dengan permintaan.
  • UX Designer. UX Designer membantu memastikan pengalaman pengguna yang lancar dengan merancang elemen yang mudah digunakan untuk situs web, perangkat lunak, atau aplikasi seluler. Mereka memberikan solusi berdasarkan riset ekstensif dan analisis kompetitor.
  • Programmer. Pemrograman adalah bidang populer yang melibatkan bekerja dengan komputer dan mengembangkan perangkat lunak. Area ini adalah pilihan yang baik jika Anda ahli dalam bidang pemrograman.

2. Desain dan kreatif

Karena industri desain dan kreatif memerlukan keahlian khusus, banyak perusahaan yang mempekerjakan pekerja lepas alih-alih menggunakan pekerja full time. Berikut beberapa pekerjaan di industri ini yang membutuhkan freelancer.

  • Graphic designer/. Jika Anda memiliki keahlian desain grafis, Anda dapat membantu klien membuat logo yang menarik, company branding, atau elemen situs web. Mengingat hal kecil seperti ini merupakan proyek jangka pendek, penggunaan freelancer desain grafis menjadi lebih efektif bagi perusahaan untuk menghemat biaya dan tenaga.
  • Editor video. Bergantung pada ruang lingkup proyek, freelancer editor video dapat menawarkan jasa pengeditan dasar atau lebih komprehensif. Tanggung jawab umum termasuk menyusun grafik, audio dan efek untuk memastikan produk jadi yang menarik.
  • Website designer. Saat Anda bekerja sebagai desainer web lepas, peran Anda adalah membuat dan memelihara website dengan kualitas yang tinggi. Anda membantu klien membuat keputusan yang tepat saat memilih tema, mengintegrasikan plugin, atau memilih sistem manajemen konten (CMS). Selain itu, tugas Anda adalah memperbarui kode dan menyusun elemen desain, seperti banner dan grafik. ‍
  • Fotografer. Fotografer lepas bekerja dengan perusahaan untuk membuat foto terbaik. Biasanya foto ini nantinya yang akan menjadi aset untuk pemasaran, konten situs web, dan tujuan bisnis lainnya. Selain perusahaan, Anda mungkin juga dipekerjakan untuk memotret selama pernikahan, ulang tahun dan acara khusus lainnya.

3. Sales dan marketing

9 Jenis Pekerjaan Freelance Paling Dicari 

Karena bisnis selalu mencari uang, marketer lepas dan profesional pemasaran sangat diminati.

  • Ahli strategi pemasaran. Klien menyewa ahli strategi pemasaran untuk membantu mengembangkan program awareness pelanggan dan kampanye iklan yang memberikan hasil. Bermitra dengan pakar pemasaran lepas yang berpengalaman dapat membuat pencapaian target penjualan menjadi lebih mudah.
  • Manajer kontak pelanggan. Manajer kontak pelanggan memastikan kualitas layanan sesuai dengan harapan pelanggan. Waktu tunggu pelanggan merupakan bagian dari standar pelayanan minimum yang dipantau oleh manajer. Profesional lepas ini juga menetapkan target layanan pelanggan dan membuat rencana pengembangan staf.

4. Admin dan customer support

Kategori ini menawarkan berbagai pilihan peluang kerja di berbagai area fungsional. Contoh posisi lepas di bawah kategori ini termasuk koordinator layanan pelanggan, database manager dan manajer e-niaga.

  • Koordinator layanan pelanggan. Anda dapat berkembang sebagai koordinator layanan pelanggan lepas jika Anda memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Tanggung jawab Anda mungkin termasuk memastikan bahwa pelanggan menerima layanan terbaik, melakukan survei kualitas dan menangani keluhan pelanggan di berbagai channel, salah satunya media sosial.
  • Database manager/Data entry manager. Di bidang ini, peran Anda adalah mengelola database data pelanggan. Anda bertanggung jawab untuk menjaga agar informasi sensitif tetap aman dan tertata dengan baik.
  • Manajer e-commerce. Karena popularitas belanja online, ada kebutuhan yang semakin meningkat akan manajer e-commerce yang berpengalaman. Anda akan bertanggung jawab untuk mengelola inventaris, mengawasi pemeliharaan situs dan mengoptimalkan strategi pemasaran.

5. Menulis dan menerjemahkan

Kategori ini mencakup bidang-bidang seperti penulisan lepas, pengeditan dan terjemahan.

  • Copywriter/Content writer. Sebagai seorang profesional copywriting, Anda mungkin bertanggung jawab untuk membuat buletin, salinan situs web, posting media sosial dan jenis konten lainnya. Tugas Anda adalah menulis konten menarik yang mengajarkan serta menginspirasi pembaca. Beberapa pekerjaan menulis berfokus pada produksi konten yang diterbitkan di media cetak.
  • Editor. Freelancer editor melibatkan peninjauan konten untuk kesalahan ketik, kesalahan tata bahasa dan menjaga keseluruhan konten agar sesuai dengan panduan branding. Anda juga bertanggung jawab untuk pengecekan fakta sebelum menyerahkan dokumen yang telah selesai kepada klien.
  • Penerjemah/translator. Penerjemah lepas disewa untuk mengonversi teks secara akurat dari satu bahasa ke bahasa lain. Konten yang diterjemahkan dapat muncul di situs web, materi pemasaran dan manual produk.

6. Sumber daya manusia

Kategori ini mencakup berbagai spesialisasi, seperti manajer penggajian, perekrut dan pakar SDM umum.

  • Manajer penggajian. Freelancer manajer penggajian membantu klien dalam menangani fungsi penggajian dan memastikan pemrosesan yang efisien dan akurat.
  • Recruiter. Sebagai perekrut lepas, Anda bertanggung jawab untuk menyaring kandidat pekerjaan dan menghasilkan strategi perekrutan. Anda dapat bekerja dengan banyak klien secara bersamaan untuk membantu mereka merekrut kandidat ideal mereka.
  • Pakar SDM umum. Klien menyewa tenaga ahli sumber daya manusia (SDM) lepas untuk membantu dalam mengelola pengembangan pekerja. Dalam beberapa kasus, proyek melibatkan penetapan kebijakan dan prosedur SDM.

7. Keuangan dan akuntansi

Kini banyak ditemukan klien yang mencari ahli keuangan untuk membantu mereka mengatur catatan, membuat keputusan keuangan yang tepat dan mengelola pajak (termasuk mengelola pembayaran pajak gaji serta mengajukan pengembalian pajak penghasilan bisnis).

  • Akuntan. Klien menyewa akuntan lepas untuk membantu menyiapkan pembukuan, mengelola informasi keuangan dan menyusun anggaran. Banyak proyek juga melibatkan persiapan pengembalian pajak, terutama untuk start-up.
  • Penasihat keuangan. Sebagai penasihat keuangan, Anda akan bekerja sama dengan klien untuk membantu mereka mengelola keuangan pribadi atau bisnis. Klien mengharapkan saran yang solid berdasarkan keahlian Anda dan penelitian berkelanjutan.
  • Investor. Banyak klien mencari profesional investasi lepas untuk mendapatkan nasihat ahli sebelum membuat keputusan penting. Dalam banyak kasus, seorang pakar menganalisis ekuitas perusahaan target untuk menentukan kesehatan keuangannya sebelum memberikan rekomendasi kepada klien.

8. Hukum

  • Pengacara. Proyek lepas untuk pengacara memungkinkan Anda bekerja dengan perusahaan, individu dan firma hukum. Tergantung pada spesialisasi Anda, Anda dapat membantu klien dengan masalah hukum perusahaan atau masalah keluarga.
  • Sekretaris. Sebagai sekretaris jarak jauh, Anda dapat mengerjakan proyek yang melibatkan berbagai tugas administratif, seperti menjadwalkan janji temu, mengirim faktur dan mengarsip korespondensi.
  • Paralegal. Klien menyewa paralegal independen untuk membantu menyusun dokumen litigasi dan menangani pengarsipan elektronik. Tugas tambahan dapat mencakup pekerjaan paten, pengelolaan dokumen serta penemuan data elektronik (suatu bentuk penyelidikan digital).

9. Teknik dan arsitektur

Pekerjaan arsitektur serta teknik juga tersedia untuk pekerja lepas (freelance). Temukan proyek untuk arsitek, desainer interior dan insinyur mesin yang bekerja dari jarak jauh (remote).

  • Arsitek. Banyak klien memposting proyek yang mencakup desain bangunan dan pengajuan izin. Sebagai seorang arsitek, Anda dapat memilih proyek yang melibatkan desain struktural atau sipil, tergantung pada pengalaman dan keahlian Anda.
  • Interior desainer. Jika Anda seorang desainer interior, Anda dibutuhkan untuk memberikan rekomendasi tentang tata letak furnitur dan pilihan material. Anda juga dapat menggunakan alat digital untuk visualisasi virtual.
  • Insinyur mekanik jarak jauh. Insinyur mekanik independen membantu klien merancang dan mengembangkan mesin, sensor, dan instrumen. Beberapa proyek melibatkan pemecahan masalah mekanis serta penanganan perbaikan.

Baca juga: Pentingnya Keberadaan Talent Management di Perusahaan

Siap Freelance? Gunakan Appsensi Sebagai Alat Bantuan Anda

Setelah Anda mengetahui jenis pekerjaan lepas yang Anda miliki dan minati, Anda akan dapat menjangkau banyak calon klien dengan menggunakan pasar lepas atau situs web lepas. Namun, tidak semua platform diciptakan sama. Beberapa situs freelance yang dapat Anda kunjungi adalah: Upwork, Sribulancer, Fiverr, dan lain-lain. Situs freelance ini menyediakan berbagai lowongan untuk mencari pekerjaan freelance.

Untuk membantu kerja freelancer, Appsensi hadir untuk Anda! 

Appsensi menyediakan Paket Absensi + Payroll yang memiliki berbagai fitur absensi, juga fitur payroll seperti: 

  • Slip Gaji Online dan Mobile
  • Perhitungan THR dan Bonus
  • Pengaturan Tunjangan
  • Perhitungan Pajak
  • Perhitungan BPJS Kesehatan
  • Perhitungan BPJS Ketenagakerjaan
  • Penggajian Karyawan
  • Laporan Penggajian
  • Komponen Penggajian yang Fleksibel
  • Periode Penggajian yang Fleksibel

Sebagai aplikasi berbasis Cloud yang memberikan solusi untuk mengelola data kehadiran karyawan secara real-time dan akurat, Appsensi akan mempermudah alur kerja Anda.

Yuk, jadikan Appsensi sebagai bagian dari kerja Anda yang lebih efektif, efisien dan mudah. Klik di sini untuk pelajari lebih lanjut serta temukan berbagai kemudahan untuk solusi HR dan manajemen SDM.

Author Profile

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

|

Share this post on

Related Article