Coworking Space untuk Meningkatkan Produktivitas

November 25, 2022

Karena harga sewa properti yang terus melambung tinggi, banyak perusahaan mencari tempat kerja atau gedung kantor yang menghemat biaya akan tetapi sesuai kebutuhan. Kini terdapat berbagai jasa sewa tempat untuk bekerja, melakukan aktivitas bisnis, atau kebutuhan mendadak. 

Salah satu tempat yang sering digunakan adalah coworking space. Coworking space merupakan penyewaan ruangan kerja terbuka yang dapat digunakan secara bersama-sama dan dengan waktu yang fleksibel. Coworking space menjadi tempat yang nyaman tidak hanya untuk para karyawan, tetapi juga para pelajar, freelancer, investor, dan lain-lain.

Mereka menggunakan tempat ini dengan tujuan produktif. Coworking space banyak disewakan di kota besar dengan berbagai jangka waktu. Ada yang harian, bulanan, bahkan tahunan.

Mari simak artikel berikut untuk mengetahui lebih lanjut pengertian coworking space, jenis, serta manfaatnya bagi Anda!

Coworking Space untuk Meningkatkan Produktivitas

Key Takeaways:

  • Coworking space merupakan konsep lingkungan yang dirancang dengan tujuan untuk mengakomodasi orang-orang dari berbagai perusahaan yang datang ke lingkungan tersebut untuk bekerja. 
  • Keuntungan  coworking space: tingkat fleksibilitas yang tinggi, membangun rasa kebersamaan dalam berbagi ruang kerja, networking, meningkatkan produktivitas, menambah kreativitas dan mempertemukan kepribadian yang berbeda-beda, terjaminnya keamanan dan kenyamanan

Pengertian Konsep Coworking Space

Secara umum, definisi coworking adalah ketika orang berkumpul di suatu ruangan untuk bekerja secara mandiri atau melakukan kolaborasi pada proyek yang berbeda-beda atau berkelompok pada proyek yang sama. Berbeda dengan ruang kerja kantor pada umumnya, orang yang berada di lingkungan coworking space umumnya tidak bekerja untuk perusahaan yang sama.

Sederhananya, coworking space merupakan konsep lingkungan yang dirancang dengan tujuan untuk mengakomodasi orang-orang dari berbagai perusahaan yang datang ke lingkungan tersebut untuk bekerja. 

Coworking space biasanya dilengkapi dengan fasilitas dan layanan yang memadai. Misalnya Wi-Fi, printer, conference room, menyediakan kopi, teh, dan cemilan ringan. 

Banyak organisasi menggunakan coworking space untuk mengurangi biaya overhead. Biaya overhead yang dimaksud adalah biaya sewa. Pasalnya, semakin berkembangnya zaman, biaya sewa kantor semakin mahal. Oleh sebab itu, untuk tetap menjaga produktivitas karyawan dalam bekerja, perusahaan banyak menggunakan coworking space dalam operasionalnya.

Baca juga: Freelance adalah: Kelebihan, Kekurangan, dan Pekerjaannya

Keuntungan Coworking Space

Meningkatnya jumlah coworking space pada lokasi strategis di seluruh dunia didorong oleh banyak faktor yang berbeda. Salah satu faktor pendorong terbesar yaitu ekonomi. Kehancuran keuangan yang terjadi pada tahun 2008 menyebabkan para wiraswasta dan freelancer membutuhkan tempat baru untuk bekerja. Banyak dari mereka yang terpaksa untuk berkolaborasi di tempat asing. 

Sekarang, pandemi COVID-19 yang mengguncang dunia membuat work from home menjadi tren di seluruh dunia. Hal ini diakibatkan karena diberlakukannya PPKM dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19. Banyak pegawai kini justru lebih menyukai tempat yang fleksibel sebagai pusat berkolaborasi dan kreatif.

Ternyata coworking juga memainkan peran besar dalam strategi perusahaan dalam beralih ke operasional yang lebih fleksibel dan efisien. Dibawah ini merupakan beberapa keuntungan coworking space:

1. Tingkat fleksibilitas yang tinggi

Sebagian besar coworking space tidak mengharuskan adanya kontrak jangka panjang. Untuk menggantikan hal tersebut, para freelancer dan pemula bisa memanfaatkan sewa jangka pendek dan memenuhi persyaratan pembayaran sesuai dengan penggunaannya.

2. Membangun rasa kebersamaan dalam berbagi ruang kerja

Semenjak PPKM tidak diberlakukan lagi, para karyawan membutuhkan sesuatu untuk menghilangkan kebosanan dan kepenatan saat bekerja dari rumah. Untuk itu mereka bergabung dengan coworking space. Anda bisa berkumpul dengan komunitas para profesional yang berbeda kemampuan dan latar belakang. 

3. Networking

Coworking space yang dibuat oleh sebuah perusahaan bisa Anda gunakan bersama rekan kerja sendiri baik dalam satu divisi maupun divisi lainnya. Dengan begitu, peluang potensial akan semakin terbuka dan Anda juga dapat menciptakan hubungan yang lebih baik dalam lingkungan perusahaan.

4. Meningkatkan produktivitas

Menggunakan coworking space sama saja dengan berbagi ruang kerja atau kantor dengan orang lain. Anda akan semakin bersemangat dan fokus dalam bekerja. Produktivitas Anda semakin meningkat. 

5. Menambah kreativitas dan mempertemukan kepribadian yang berbeda-beda

Ketika berada di sekitar banyak orang, Anda akan merasa lebih kreatif. Misalnya dengan bekerja di coworking space industri kreatif, berdiskusi bersama rekan kerja dapat membantu Anda untuk memunculkan ide baru yang kreatif serta memperkenalkan perspektif baru yang belum pernah Anda pertimbangkan. 

6. Terjaminnya keamanan dan kenyamanan

Keamanan dan kenyamanan yang disediakan dalam coworking space sudah tidak perlu diragukan lagi. Kondisi coworking space sangat kondusif untuk bekerja. Selain itu, juga disediakan fasilitas yang biasanya Anda butuhkan untuk bekerja seperti Wi-Fi yang lancar, ruangan bersih, stop kontak, cemilan gratis, dan lain-lain.

Baca juga: Mengenal Hybrid Working, Metode Solutif yang Ramah Karyawan Sejak Pandemi

Tipe Coworking yang tersedia

Ternyata, coworking space tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, Anda perlu memilihnya dengan hati-hati. Beberapa tipe coworking space yang tersedia yaitu:

1. Open workspaces

Open workspaces merupakan istilah coworking space tradisional. Maksud dari tradisional disini adalah seperti kantor pada umumnya memiliki hot desk atau meja kerja dimana anggota dari berbagai perusahaan berbagi ruang bersama. 

2. Private workspaces

Berlawanan dengan open workspaces, coworking space jenis ini bersifat private. Private workspaces dapat berupa kantor atau bahkan suite yang khusus dibuat untuk tim besar. Anggota atau tim sebuah perusahaan akan sharing ruangan khusus yang telah disewa. 

3. Industry-Specific 

Coworking space bersifat vertikal dibangun bagi para karyawan untuk berjejaring dengan individu yang memiliki minat dan pengalaman serupa. Jenis industry-specific melayani anggota yang bekerja di industri yang sama. 

Contohnya, ada coworking space yang dibangun khusus untuk profesi kreatif. Profesi kreatif yang dimaksud bisa berupa desainer grafis, seniman, dna videografer. Uniknya, industry-specific workspace menawarkan open workspace dan private workspace.

4. Venture/Incubators

Jenis venture/incubators merupakan workspace terdiri atas beberapa lingkungan kerja bersama yang paling selektif. Tujuan dibuatnya venture/incubators adalah untuk menarik dan mendanai perusahaan dengan memberikan dukungan yang mereka butuhkan dalam berkembang. 

Selain jenis coworking space yang tersedia, terdapat juga beberapa faktor estetika yang perlu diperhatikan. Suasana coworking space bervariasi mulai dari private office, profesional, funky, hingga santai. Pemilihan ruang perlu diperhatikan dengan baik karena mencerminkan budaya perusahaan Anda. 

Pengguna Coworking Space

Pengguna Coworking Space

Awalnya coworking space kerap didominasi oleh para perusahaan startup dan freelancer. Seiring berjalannya waktu, demografi coworking space berubah. Kini, coworking space modern menarik bagi komunitas yang luas, mulai dari small business hingga ranah internasional.

Misalnya, Microsoft memanfaatkan manfaat coworking space untuk menghemat waktu perjalanan Anda di New York City. Penggunaan coworking space juga menghasilkan peningkatan produktivitas dan akses yang tak terbatas dalam komunitas kolaboratif.

Banyak perusahaan besar selain Microsoft juga menggunakan coworking space seperti IBM, Facebook, Samsung, Verizon, dan bahkan Apple. Apple sempat dilaporkan menggunakan coworking space di Berlin untuk bekerja secara diam-diam mengerjakan proyek yang dirahasiakan pada tahun 2017.

Di negara kita, Yohan Totting merupakan orang pertama yang menerapkan konsep coworking space. Ia saat itu sedang bekerja sebagai freelancer. Setelah pulang dari Singapura, ia terinspirasi untuk merancang coworking space pada tahun 2010. 

Konsep coworking space mulai diterapkan pada beberapa perusahaan besar di Jakarta. Selain itu, Konferensi Coworking Indonesia juga pernah digelar pertama kali pada Februari 2016 di Kota Bali. Melalui acara tersebut, lahir sebuah asosiasi coworking space Indonesia.

Kesimpulan

Coworking space merupakan pusat komunitas, pusat kolaborasi, dan ruang sosial para karyawan dengan berbagai latar belakang dan keahlian. Dengan begitu, perusahaan mengeksplorasi ide-ide baru yang kreatif dan inovatif.

Selain itu, coworking space merupakan cara bagi perusahaan yang ingin berkembang melalui ekspansi ke area baru dan mengakses kumpulan bakat baru tanpa mengeluarkan biaya yang cukup besar atau mengambil risiko sewa jangka panjang. Tempat ini akan terasa nyaman bagi para remote workers untuk terus bertemu dan berkolaborasi dengan rekan kerja. 

Perusahaan juga harus memperhatikan jenis coworking space yang digunakan dan faktor estetika yang ada. Jenis-jenis coworking space yaitu open workspace, private workspace, industry-specific, dan venture/incubators. Bagi Anda yang suka bekerja dengan orang di sekitar atau dirasa familiar, sebaiknya menggunakan private workspace. Namun, jika ingin meng-explore dunia luar dan lingkungan para pekerja lain, maka Anda bisa menggunakan open workspace.

Lalu faktor estetika yang perlu diperhatikan meliputi ambience dari sebuah coworking space yang dipilih. Mulai dari profesional, funky, hingga santai. Faktor tersebut mampu mencerminkan kebudayaan suatu organisasi.

Ketika menggunakan coworking space, Anda juga bisa menikmati fasilitas yang disediakan. Umumnya, ruang kerja ini ditawarkan dalam bentuk paket atau tarif per jam. Beberapa ada yang menyediakan meeting room, ada juga yang menyediakan private room

Menganalisis Kinerja Karyawan Bersama Appsensi

Kini Anda tidak perlu khawatir mengevaluasi kinerja karyawan. Dengan performance management system, Anda dapat mengevaluasi kinerja dan meningkatkan produktivitas karyawan dalam mencapai objektif perusahaan. 

Tentu saja, Appsensi menyediakan solusi terbaik bagi Anda dalam hal ini.

Baca juga: Aplikasi Laporan Kehadiran Karyawan Otomatis, Lebih Akurat!

Appsensi merupakan aplikasi penyedia solusi HR yang memberikan solusi performance management system terbaik di Indonesia. Appsensi menyediakan fitur performance review untuk dapat mengevaluasi kinerja dan kemampuan karyawan secara sistematis, sehingga Anda dapat merencanakan pengembangan karir lebih lanjut. Kami juga sudah berpengalaman bekerjasama dengan banyak perusahaan di berbagai bidang industri.

Tertarik untuk mencoba Appsensi? Klik link ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai solusi manajemen SDM dan meningkatkan kinerja karyawan. 

Author Profile

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments