Earned Wage Access (EWA) serta 8 manfaatnya yang perlu Anda ketahui

September 28, 2021

Kita hidup di dunia di mana orang mencari kepuasan yang instan di hampir semua bidang kehidupan mereka. Kita juga hidup di dunia di mana banyak orang menghadapi tekanan yang meningkat pada pengeluaran mereka, dan seringkali membutuhkan akses cepat ke penghasilan atau pendapatan mereka untuk memenuhi kewajiban keuangan. Kemampuan Earned Wage Access (EWA) untuk mengatasi kedua tantangan ini, menjelaskan mengapa EWA atau akses gaji menjadi daya tarik di banyak bisnis di seluruh dunia.

Akses gaji yang diperoleh secara cepat merupakan perubahan besar dalam bagaimana cara karyawan dibayar untuk pekerjaan yang mereka lakukan. Alih-alih menerima gaji mereka pada waktu interval tetap yang telah disepakati sebelumnya, biasanya akhir bulan atau di akhir minggu, karyawan dengan menggunakan Earned Wage Access (EWA) dapat memperoleh gaji setiap hari, dengan cara yang sama seperti mereka dapat memperoleh hak cuti berbayar. Kemudian, kapan pun mereka mau karyawan dapat menarik sejumlah dana tertentu dari gaji yang telah mereka peroleh, memberi mereka fleksibilitas dan kendali yang belum pernah ada sebelumnya atas keuangan pribadi mereka.

Baca juga: Apa itu Earned Wage Access dan keuntungan menggunakannya

Cara Kerja Earned Wage Access (EWA)


Dengan EWA, karyawan dapat mendapatkan akses 24/7 ke uang yang telah mereka peroleh. Praktik penggajian tradisional sekarang ini harus berkembang untuk memenuhi permintaan itu: misalnya, ‘menjalankan penggajian’ pada tanggal tertentu, atau pembayaran yang dilakukan pada waktu yang telah ditentukan saja, mungkin tidak lagi praktis.

Demikian pula, infrastruktur penggajian yang ada mungkin tidak disiapkan untuk menangani tuntutan reguler dari karyawan yang harus dibayar. Jika tim penggajian harus menangani setiap pertanyaan secara manual, maka Earned Wage Access (EWA) akan dengan cepat menghabiskan waktu mereka dan mencegah mereka menyelesaikan semua tugas sehari-hari lainnya. Ini berarti bahwa solusi alternatif sangatlah diperlukan dan penting.

Cara ideal untuk menjalankan EWA adalah melalui solusi pergerakan uang berbasis cloud yang dapat diakses oleh karyawan dan mengubah elemen pembayaran karyawan menjadi fungsi yang lebih dinamis. Solusi semacam itu dapat berjalan secara efektif, mari ambil contoh hal ini seperti rekening bank yang melalui portal berbasis web atau aplikasi seluler, karyawan dapat masuk kapan saja, melihat berapa banyak yang telah mereka peroleh dan menarik persentase dari upah yang mereka peroleh pada saat itu juga.

earned wage access illustrate
Sumber : Pexels by @monstera

Bagaimana manfaat Earned Wage Access (EWA)?

Setelah diterapkan dan dijalankan sepenuhnya, EWA atau Akses Gaji yang Diperoleh memberikan manfaat yang dapat menyebar jauh dan luas ke seluruh perusahaan, tidak hanya untuk karyawan, tetapi juga untuk recruiter:

Solusi untuk karyawan

  • Jadwal pembayaran yang fleksibel: Karyawan memegang kendali atas saat mereka dibayar, memungkinkan mereka untuk menyelaraskan tanggal pembayaran mereka sendiri dengan tanggungan dan komitmen keuangan pribadi mereka.
  • Financial safety net: Dengan akses instan ke dana saat dan bila diperlukan, karyawan dapat memperoleh dana darurat jika tagihan atau pengeluaran terjadi secara tiba-tiba, tanpa menimbulkan lebih banyak utang.
  • Kenyamanan aplikasi seluler: Karyawan dapat melakukan seluruh prosedur pembayaran sendiri, dari perangkat mereka sendiri, tanpa perlu intervensi dari tim finance atau payroll.
  • Perhitungan gaji secara berkelanjutan: Karyawan memperoleh gaji setiap hari, yang berarti mereka dapat melihat dana yang dapat diakses tersebut meningkat setiap harinya mereka bekerja.


Untuk recruiter

  • Mendukung rekrutmen yang lebih mudah: EWA atau Akses Gaji yang diperoleh adalah nilai jual utama di pasar kerja yang kompetitif, yang dapat membantu menarik kandidat paling berbakat yang tersedia diluar sana.
  • Meningkatkan reputasi: Bisnis yang dapat menunjukkan komitmen untuk mendukung kesejahteraan finansial para karyawan mereka melalui EWA harus, antara lain, mendapatkan reputasi positif baik dengan karyawan yang ada maupun calon karyawan.
  • Mengurangi ketidakhadiran: Ketika karyawan merasa memiliki kendali atas gaji mereka, mereka menjadi tidak terlalu stres dengan keuangan mereka, terlebih dapat termotivasi untuk masuk kerja, dan bisa lebih produktif ketika mereka berada di sana. Plus, ketika seorang karyawan dapat melihat dampak dari pekerjaan sehari kedalam jumlah, mereka pasti cenderung tidak akan melewatkannya.
  • Memberikan fleksibilitas bisnis secara global: Solusi EWA mudah terintegrasi dan dapat menghilangkan beban administrasi yang signifikan dari sebuah bisnis internasional, yang tim penggajiannya biasanya harus menangani persyaratan penggajian banyak negara yang berbeda.

Baca juga: Solusi Mudah Mengatur Gaji Dengan Menggunakan Sistem Earned Wage Access

earned wage access ewa desk
Sumber : Pexels by @pixabay

Apakah Earned Wage Access (EWA) tepat untuk bisnis Anda?


Apakah EWA atau Akses gaji yang diperoleh adalah ide yang bagus untuk bisnis Anda atau tidak itu tergantung pada berbagai faktor yang berbeda, termasuk:

  • Ukuran tenaga kerja atau SDM Anda
  • Berapa banyak jumlah negara tempat Anda beroperasi?
  • Bagaiamana Skala gaji dan jenis kontrak tenaga kerja Anda
  • Industri tempat Anda beroperasi
  • Perbedaan dalam undang-undang dan persyaratan penggajian di setiap negara tempat Anda beroperasi (misalnya, perbedaan antara Inggris dan Amerika Serikat)

Yang terakhir dari faktor-faktor diatas dan tak kalah penting adalah industri di mana pekerjaan cenderung akan lebih fleksibel merupakan tempat yang ideal untuk bisnis transisi menggunakan Earned Wage Access (EWA).

Pekerja dalam industri startup, fnb, dan retail, misalnya, dapat melihat gaji mereka yang dapat diakses tumbuh secara real time setiap kali mereka masuk kerja, dan jika mereka menginginkannya, mereka dapat menarik penghasilan mereka untuk hari yang sama saat mereka menyelesaikan shift mereka.

Dari perspektif recruiter, Earned Wage Access (EWA) atau Akses Gaji yang diperoleh merupakan cara inovatif untuk mengubah penggajian menjadi lebih baik, merupakan peluang emas untuk menjadi semakin progresif dan berpikiran maju, serta menjadi sarana yang fleksibel untuk mendukung pola kerja dan gaya hidup karyawan yang terus berkembang.

Dalam landscape bisnis di mana pekerjaan jarak jauh sekarang ini menjadi lebih umum, Earned Wage Access (EWA) adalah model penggajian yang secara sempurna dapat melengkapi dunia pasca pandemi. Pelajari lebih lanjut hubungi Appsensi sekarang untuk berbicara dengan konsultan kami untuk kebutuhan Anda mengenai Aplikasi Earned Wage Access

Author Profile

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments