16 Ciri-Ciri Kepemimpinan yang Baik dan Wajib Dimiliki

Mei 31, 2022

Apa itu kepemimpinan? Apa saja kualitas dan ciri-ciri seorang pemimpin yang baik? Adakah yang bisa menjadi pemimpin yang hebat? Yuk, cari tahu selengkapnya di artikel ini.

Menjadi seorang pemimpin tentunya tidak mudah. Terlepas dari kerja kerasnya, ada sesuatu yang sangat menginspirasi dari seorang pemimpin di mata timnya. 

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa hanya orang-orang tertentu yang bisa menjadi pemimpin baik. Namun, kenyataannya adalah sebagian besar sifat kepemimpinan dapat dipelajari dan diasah dengan waktu dan latihan.

Permudah kinerja HR dan SDM Anda

Apa Saja Ciri Pemimpin yang Ideal?

Pemimpin yang baik sadar akan dirinya, mendorong pemikiran strategis, dan memotivasi tim untuk melakukan yang terbaik.

Selain itu, 3 dari 4 karyawan juga berpendapat bahwa komunikasi yang terbuka dan transparan adalah karakteristik terpenting yang harus dimiliki setiap pemimpin.

Sebuah survei dari Center for Creative Leadership menunjukkan bahwa 38% pemimpin baru akan gagal dalam 18 bulan pertama mereka bekerja. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ini bisa dihindari.

Keterampilan kepemimpinan dapat dipelajari untuk menghindari kegagalan tersebut. Berikut ini terdapat beberapa ciri pemimpin baik yang bisa Anda dalami.

1. Bisa Memberdayakan Anggota Tim

Bisa memberdayakan orang lain harus menjadi salah satu tujuan terpenting Anda sebagai seorang pemimpin. Kewajiban Anda adalah membantu tim belajar dan berhasil. Itu dimulai dengan motivasi harian, membangun hubungan, menunjukkan rasa hormat, dan menciptakan solusi bersama untuk masalah ketika masalah itu muncul.

Tim harus merasa diberdayakan oleh kepercayaan Anda pada mereka. 

Baca juga: Cara Memotivasi Karyawan untuk Meningkatkan Kinerja agar Maksimal

2. Berkomunikasi Secara Terbuka

Komunikasi adalah bagian kunci dari tim yang sukses. Kurangnya keterampilan komunikasi yang baik dapat mengakibatkan kinerja yang buruk atau kurangnya kejelasan organisasi.

Komunikasi Anda juga harus efektif, artinya disampaikan secara langsung, tetapi personal. Ini termasuk berkomunikasi tentang proyek, serta terhubung sebagai tim.

3. Bertanggung Jawab dan Dapat Diandalkan

Contoh ciri-ciri kepemimpinan yang baik adalah memiliki rasa tanggung jawab dan dapat diandalkan. Tidak hanya menunjukkannya dalam pekerjaan pribadi, tetapi juga menunjukkannya dalam interaksi Anda dengan orang lain. 

Anggota kelompok Anda juga perlu tahu bahwa mereka dapat bergantung pada Anda. Selain itu, karyawan juga menginginkan Anda untuk mendukung mereka melalui masa-masa sulit, serta membantunya memenuhi tujuan bersama dan individu.

4. Memiliki Integritas

Integritas adalah kualitas utama yang harus dimiliki setiap pemimpin. 

Tidak peduli seberapa sulit situasinya, seorang pemimpin yang baik menginspirasi dengan prinsip-prinsipnya. Mereka menahan diri dari membuat janji palsu atau mengambil jalan pintas, serta tidak mencari keuntungan pribadi. 

5. Kreatif Dan Inovatif

Pemimpin harus memiliki keberanian untuk mengambil risiko eksperimen dan mendorong kreativitas. Melakukan hal ini akan mendorong inovasi yang mengarahkan organisasi Anda ke tujuan baru.

Kuncinya adalah untuk selalu gigih dalam mengejar target Anda, serta berpikiran terbuka dan fleksibel dalam cara Anda mencapainya. Dorong orang-orang di sekitar Anda untuk menghabiskan setidaknya 15 persen waktu mereka untuk mengeksplorasi ide-ide baru melalui brainstorming.

6. Jujur

Contoh kualitas kepemimpinan yang penting adalah memiliki kejujuran. Jika Anda ingin mendapatkan kepercayaan dan rasa hormat karyawan, kejujuran adalah kuncinya. 

Selain itu, mereka akan mencari orang-orang yang setia pada kata-katanya dan bertanggung jawab. Dengan demikian, kejujuran adalah sifat yang paling dihargai bagi setiap pemimpin pada umumnya.

7. Mendorong Pemikiran Strategis

Para pemimpin terus mencari cara untuk membuat kru mereka terus bergerak maju. Ini bisa berupa apa saja, mulai dari proses internal seperti mindmaps, analisis SWOT, dan semacamnya.

Dari teknik brainstorming hingga memprioritaskan tugas proyek, seorang pemimpin yang baik akan memotivasi anggota timnya untuk berpikir dengan strategi. 

8. Bersikap Adil

Pemimpin yang baik harus bisa bersikap adil terhadap karyawan dan proses organisasi. Mereka mengakui kebaikan dan selalu memberi ruang bagi semua orang untuk berkembang bersama.

Mereka memahami bahwa tidak ada hal signifikan yang pernah dicapai dengan sikap yang tidak adil dan bias. Pemimpin yang baik akan menjauhkan bias dan ketidakadilan.

9. Peduli pada Orang Lain

Pemimpin yang baik dapat memahami nilai work life balance. Mereka tahu bahwa kesehatan dan kesejahteraan orang-orang yang terkait dengan organisasi memainkan peran penting dalam mencapai kesuksesan.

Oleh karena itu, pemimpin  wajib memahami pentingnya menghargai karyawan dan menciptakan rasa saling mengerti dalam kelompok.

Pemimpin bekerja untuk memberikan lingkungan di mana setiap orang dapat berkembang.

16 Ciri-Ciri Kepemimpinan yang Baik dan Wajib Dimiliki

Baca juga: Sudah Tau Cara Menjadi Atasan yang Baik dan Disukai Bawahan?

10. Memiliki Kemampuan Problem-Solving

Dari semua kualitas kepemimpinan, memiliki keterampilan memecahkan masalah adalah satu ciri-ciri kepemimpinan yang baik.

Ada kemungkinan di mana bawahan akan mendatangi Anda untuk menanyakan suatu masalah. Dan, ini menjadi kewajiban Anda untuk bisa memberikan saran yang tepat untuk membantunya.

Bukan berarti Anda harus memiliki semua jawaban setiap saat. Sebaliknya, Anda harus siap dengan sumber daya yang dapat memberdayakan tim Anda untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri.

Singkatnya berikan mereka bimbingan yang tepat.

11. Pendengar yang Aktif

Menjadi seorang pemimpin berarti lebih banyak mendengarkan daripada berbicara. Salah satu tugas Anda adalah memperhatikan pemikiran anggota kru Anda.

Penting untuk mendengarkan orang-orang di sekitar Anda untuk menunjukkan rasa hormat dan empati.

12. Dapat beradaptasi

Saat berada dalam posisi kepemimpinan, Anda adalah orang pertama yang tahu tantangan. Anda juga diharapkan menjadi salah satu orang pertama yang meresponsnya. 

Namun, tanggapan Anda harus logis dan bijaksana, tidak impulsif atau berdasarkan emosi. Ini mungkin tidak mudah dilakukan, tetapi Anda bisa mencoba untuk belajar menerima perubahan serta berani mengambil risiko dan keluar dari zona nyaman.

13. Seorang Visioner

Pemimpin visioner akan berpandangan jauh ke depan. Pemimpin ini akan bekerja keras untuk kebaikan yang lebih besar dan terus memperbarui diri dengan waktu dan perubahan. 

Seorang pemimpin visioner juga tidak menahan diri untuk mengambil risiko dan keputusan yang tidak konvensional.

14. Berpikir Positif 

Para pemimpin menginspirasi tim mereka tidak berdasarkan tujuan atau hasil mereka sendiri, tetapi pada perilaku, pandangan hidup, dan sikap yang mereka tunjukkan dalam situasi apapun.

Menjadi positif selama situasi stres adalah tanda dari kekuatan. Ini adalah pertanda bahwa meskipun segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana, Anda masih bisa tetap fokus dan memandu anggota Anda.

15. Memiliki Kepercayaan Diri

Untuk menjadi pemimpin yang ideal, Anda perlu percaya pada diri sendiri. Artinya, Anda harus percaya diri untuk memimpin, mengetahui bahwa rencana dan visi Anda adalah keputusan yang terbaik.

Percaya diri dalam setiap situasi adalah contoh kualitas kepemimpinan yang harus Anda kembangkan. Pemimpin yang benar-benar hebat bisa percaya diri dalam situasi apapun bahkan ketika mereka merasa takut atau tidak nyaman.

16. Mau Terus Belajar dan Mengembangkan Diri

Pemimpin sejati tahu bahwa kesempurnaan itu hanya mitos. Akan selalu ada ruang untuk perbaikan di semua tingkatan, dari pribadi hingga organisasi secara keseluruhan. 

Seorang pemimpin ideal akan selalu bersedia untuk:

  • Membantu anggota tim menemukan cara untuk mengembangkan keterampilan baru atau memperbaiki kelemahannya
  • Mengidentifikasi dan menerapkan strategi untuk membantu kelompok tumbuh secara keseluruhan.
  • Mencari dan menemukan area yang ingin mereka perbaiki dan menindaklanjutinya.

Baca juga: 5 Teknik Bagaimana Cara Pemimpin Mengurangi Tingkat Kesalahan Pegawai

Apa Saja Ciri Pemimpin yang Ideal?

Apa yang Tidak Boleh Dilakukan oleh Seorang Pemimpin?

Selain harus memiliki karakteristik di atas, pemimpin ideal juga tidak boleh memiliki sifat negatif berikut ini.

  • Gagal menetapkan tujuan yang jelas untuk tim mereka.
  • Menghina atau merendahkan orang.
  • Bertindak tidak pantas atau menunjukkan perilaku yang tidak Anda harapkan dari anggota tim.
  • Tidak mengadakan pertemuan rutin dengan bawahannya.
  • Gagal mengambil tindakan tegas.
  • Bersikap keras atau kurang empati.

Saatnya Memimpin Menuju Kesuksesan

Dengan mengasah ciri-ciri kepemimpinan baik di atas, Anda juga dapat belajar bagaimana memimpin secara efektif dan memotivasi tim untuk melakukan yang terbaik. Selain 16 ciri di atas, seorang pemimpin yang ideal juga perlu memahami teknologi secara memadai untuk bisa memimpin perusahaan. Mereka tahu alat apa yang tepat untuk mengelola timnya.

Salah satu teknologi yang bisa Anda gunakan untuk mengelola karyawan dengan lebih baik adalah dengan Appsensi. Appsensi adalah teknologi yang fokus pada solusi HR (Human Resource). Ini akan membantu Anda untuk memonitor aktifitas karyawan.

Selain itu, fitur Appsensi telah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, terutama perusahaan yang memiliki banyak pegawai dengan mobilitas tinggi, tetapi tidak dapat memantau kehadiran mereka secara efektif. Appsensi juga akan memberikan laporan aktivitas. Ini akan memungkinkan Anda untuk membuat strategi yang lebih baik di waktu yang akan datang.

Tertarik untuk mengimplementasikan software ini ke perusahaan Anda? Yuk, klik link ini untuk mengetahui lebih lanjut atau isi form dibawah ini:

Author Profile

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments