5 Teknik Bagaimana Cara Pemimpin Mengurangi Tingkat Kesalahan Pegawai

Februari 27, 2021

Pegawai atau karyawan melakukan kesalahan adalah suatu hal yang biasa terjadi dalam perusahaan. Namun, jika kesalahan yang sama terus-menerus terjadi dan terulang tentu hal ini tidak bisa dibiarkan saja. Oleh karena itu, cara pemimpin mengurangi tingkat kesalahan pegawai memang sangat dibutuhkan.

5 Teknik Bagaimana Cara Pemimpin Mengurangi Tingkat Kesalahan Pegawai
source: https://www.lynda.com/

Cara Pemimpin Mengurangi Tingkat Kesalahan Pegawai

Memang Anda tidak bisa menuntut karyawan untuk bekerja 100% tanpa kesalahan, karena terjadinya kesalahan adalah hal yang manusiawi terjadi. Sayangnya, kesalahan yang terus-menerus terjadi dapat menyebabkan kerugian bagi perusahaan jika tidak segera ditangani. 

Lalu bagaimana cara pemimpin mengurangi tingkat kesalahan pegawai?

  1. Cari Tahu Penyebab Kesalahan Bisa Terjadi

Respon pertama yang biasanya akan keluar saat mengetahui karyawan melakukan kesalahan pastinya adalah marah, bingung, dan kecewa. Namun, tidak ada gunanya mengungkit kesalahan secara terus-menerus tanpa mencari solusi sesegera mungkin dari permasalahan tersebut. 

Cari tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkan kesalahan itu terjadi. Bersikaplah tenang dan jangan gegabah dalam mengambil kesimpulan. Jika disebabkan karena kecerobohan karyawan itu sendiri, Anda bisa memberi teguran yang tegas. 

  1. Diskusi dengan Karyawan

Jika sudah mengetahui apa yang menjadi penyebab kesalahan itu terjadi, segera diskusikan dengan karyawan secara baik-baik. Tahan emosi dan minta karyawan untuk mengutarakan sendiri penyebab terjadinya kesalahan. 

Setelah fakta dan bukti penyebab kesalahan tersebut dikumpulkan, Anda bisa mengutarakan pendapat tentang bagaimana mengatasi kesalahan tersebut agar tidak terulang di kemudian hari. Beri karyawan solusi terbaik dan jangan menurunkan mental karyawan dalam sekejap. 

  1. Dilarang Berteriak

Karakter manusia memang berbeda-beda dan tentunya sulit untuk menahan emosi ketika suatu kesalahan terjadi. Apalagi jika kesalahan tersebut dinilai dapat merugikan perusahaan dari sisi finansial. Namun, Anda adalah seorang pemimpin yang bijak yang disegani oleh karyawannya. 

Usahakan untuk tidak langsung berteriak saat memarahi karyawan yang melakukan kesalahan. Bicarakan baik-baik karena jika tidak karyawan akan merasa dibenci dan menjadi kurang nyaman saat bekerja. Hal tersebut juga dapat mempengaruhi tingkat stress karyawan. 

  1. Menegur Tanpa Menunjukannya di Hadapan Orang Lain

Ucapan yang penuh emosi dan kemarahan akan spontan keluar saat seseorang sedang merasa kecewa. Tak jarang mereka juga tak segan untuk memarahi karyawan yang melakukan kesalahan di depan banyak orang. 

Sebisa mungkin hindari hal tersebut karena dapat mempengaruhi mental karyawan. Hal tersebut akan menurunkan rasa percaya diri karyawan karena mereka merasa terintimidasi ketika semua orang tahu kesalahan yang diperbuatnya. 

Boleh membicarakan suatu kesalahan di  hadapan orang lain agar bisa menjadi suatu pelajaran. Tapi, bukan berarti Anda bisa memarahinya di manapun sampai-sampai orang lain melihat karyawan yang melakukan kesalahan tersebut dimarahi habis-habisan. 

  1. Fokus Pada Kesalahan dan Cari Solusi

Usahakan untuk tidak mengungkit kesalahan-kesalahan yang sebelumnya pernah dilakukan oleh karyawan tersebut. Tegur secara baik-baik dan jangan langsung menghakimi pribadi seseorang. Beri solusi agar karyawan tersebut bisa meminimalisir kesalahannya dan tidak mengulanginya lag. 

Jangan sampai Anda mengungkit masalah pribadi karyawan saat kesalahan itu terjadi. Karena hal tersebut dapat menurunkan mental mereka dan membuatnya merasa tidak termotivasi untuk bekerja dengan semangat. 

Cara Pemimpin Mengurangi Tingkat Kesalahan

Ketika seorang pemimpin bisa menanggapi masalah yang terjadi yang diakibatkan oleh kesalahan karyawan, maka tahap selanjutnya adalah cari cara untuk meminimalisir kesalahan tersebut. Menanggapi masalah dengan cara-cara di atas adalah langkah untuk jangka pendek. 

Sementara itu, Anda juga perlu memikirkan langkah jangka panjang agar kesalahan yang dilakukan oleh pegawai dapat diminimalisir. Bahkan lebih bagus lagi jika tidak ada lagi kesalahan yang terjadi. Berikut ini cara pemimpin mengurangi tingkat kesalahan pegawai yang bisa Anda ikuti, yaitu:

  1. Hargai apa yang Dikerjakan Pegawai

Kurangnya apresiasi dari perusahaan kepada karyawan bisa membuat karyawan turun motivasinya. Hal ini dapat berdampak pada tingkat fokus dan semangat dalam bekerja. Sehingga mereka akan merasa biasa saja saat melakukan kesalahan. 

Solusinya, Anda bisa memberi apresiasi dengan pujian atau semangat agar mereka lebih termotivasi lagi dalam bekerja. Cara ini juga akan berdampak pada tingkat produktivitas perusahaan nantinya. Karena pada dasarnya semua manusia itu senang ketika dipuji. 

  1. Jangan Terlalu Mengikat Karyawan dengan Peraturan yang Ketat

Peraturan yang ketat akan membuat seseorang merasa tertekan dan takut untuk berkreativitas dan membuat inovasi baru. Hal ini tentu saja akan membuat karyawan menjadi kurang nyaman dalam bekerja. Bukan tidak mungkin kesalahan malah akan meningkat ketika karyawan dikekang. 

Logikanya, tingkat stress seseorang akan meningkat ketika dalam kondisi tertekan. Mereka akan menjadi sulit fokus sehingga kesalahan pun bisa terjadi. 

  1. Ciptakan Suasana yang Fun dan Menyenangkan

Ketika karyawan happy mereka juga akan maksimal dalam bekerja. Ciptakan suasana kerja yang nyaman dan menyenangkan sehingga mereka tidak merasa tertekan. Karena tekanan yang tinggi dapat menyebabkan seseorang menjadi tergesa-gesa, kurang fokus, dan kurang teliti. 

Tapi, jangan terlalu berlebihan hingga memberi suasana yang tidak masuk akal. Ketika saat senang, namun karyawan melakukan kesalahan jangan segan untuk menegur atau memberi sanksi. Baik sedang ringan ataupun berat.

  1. Beri Pelatihan Kepada Pegawai

Kesalahan yang dilakukan oleh karyawan bisa jadi karena mereka mungkin kurang kompeten dalam mengerjakan tugas dan tanggung jawab tersebut. Anda perlu memberikan pelatihan yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawabnya. 

Tujuannya adalah agar mereka dapat meningkat wawasan dan pengalamannya untuk mengerjakan tanggung jawab mereka. Dalam pelatihan tersebut sebisa mungkin memberi cara kepada karyawan agar mereka bisa bekerja efektif dan efisien dengan kesalahan yang minim. 

5. Beri Beban Kerja Sesuai Porsinya

Bisa jadi karyawan melakukan kesalahan adalah karena terlalu banyak tugas dan tanggung jawab yang diembannya. Hal tersebut membuat karyawan merasa kewalahan dalam mengerjakan tugas sehingga cenderung kurang teliti dan menyebabkan terjadinya kesalahan. 

Solusi atas suatu kesalahan bisa Anda berikan kepada karyawan. Apakah dengan memberikan hukuman tertentu jika karyawan melakukan kesalahan yang sama sehingga mereka lebih berhati-hati. Atau bisa juga dengan meningkatkan kualitas fasilitas yang ada. 

Cara pemimpin mengurangi tingkat kesalahan pegawai tersebut bisa Anda coba praktekkan saat mendapati karyawan terus-menerus mengulang kesalahan yang sama. 

Author Profile

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments