Aplikasi Pembuat Jadwal Kerja Untuk Karyawan

September 20, 2022

Saat ini penggunaan aplikasi pembuat jadwal menjadi salah satu kebutuhan untuk setiap orang, mulai dari pelajar hingga karyawan. Ada berbagai bentuk aplikasi pembuat jadwal mulai dari membuat jadwal shift kerja otomatis hingga jadwal to-do list. 

aplikasi pembuat jadwal

Melalui artikel ini, Appsensi akan menjelaskan secara singkat mengenai aplikasi pembuat jadwal yang dapat membantu perusahaan Anda untuk menciptakan proses kerja yang lebih efisien.

Key Take Point

  • Aplikasi pembuat jadwal kerja adalah pengganti terbaik dari spreadsheet excel untuk mengelola jadwal karyawan. 
  • Aplikasi pembuat jadwal memiliki banyak manfaat bagi perusahaan dan dapat terhindar dari masalah yang diakibatkan oleh human-error

Mengenal Aplikasi Pembuat Jadwal

Salah satu aplikasi yang penting untuk meningkatkan produktivitas adalah aplikasi pembuat jadwal. Dengan aplikasi ini, Anda dapat membuat jadwal kerja berdasarkan jam kerat serta pembuat agenda kerja untuk sendiri atau tim Anda. 

Selain itu aplikasi pembuat jadwal ini sangat diperlukan untuk memonitor jam kerja karyawan, terutama untuk yang bekerja secara shifting. Sehingga perusahaan memerlukan aplikasi pembuat jadwal agar bisa menerapkan jam kerja shift secara tepat dan tidak melebihi batas jam kerja. 

Aplikasi pembuat jadwal kerja adalah pengganti terbaik dari spreadsheet excel untuk mengelola jadwal karyawan. Dilansir dari Deputy, manajer kehilangan hingga 20% waktunya atau 140 jam kerja dalam setahun untuk menyusun schedule kerja secara manual. Padahal waktu tersebut bisa dimanfaatkan untuk tugas prioritas lainnya. Sementara itu, karyawan yang tidak memiliki jadwal terstruktur dengan baik mengaku membuang 50% waktu mereka di tempat kerja.

Sehingga dengan penggunaan aplikasi pembuat jadwal kerja pada perusahaan akan membantu Anda untuk merencanakan jadwal shift kerja dengan efektif dan efisien.

Baca Juga: Detail Apa Saja Peraturan Jam Kerja Karyawan Menurut Depnaker

Aplikasi Pembuat Jadwal Untuk Perusahaan

Pertama-tama, keberadaan aplikasi pembuat jadwal ini dianggap sangat penting bagi perusahaan, karena memungkinkan kita untuk secara otomatis membuat jadwal kerja untuk karyawan kita. Ini sangat penting jika perusahaan Anda memiliki shift kerja yang berbeda.

Oleh karena itu, aplikasi ini dapat mencegah setiap karyawan melakukan pergantian shift. Kemudian, jika Anda ingin mengubah shift, Anda dapat melakukannya dengan mudah tanpa merekamnya secara manual.

Karyawan cukup mendaftar secara online melalui aplikasi dan sistem secara otomatis memperbarui jadwal terbaru setelah manajer setuju. Selain itu, aplikasi ini juga berfungsi sebagai aplikasi pencatatan agenda karyawan. Dengan cara ini, karyawan tahu persis apa yang harus mereka lakukan untuk hari itu dan kapan tenggat waktunya.

Apabila perusahaan masih menyusun jadwal kerja secara manual, HR akan menemui beberapa kendala dalam penyusunan jadwal kerja karyawan yaitu diantaranya:

  • Keterbatasan waktu. Jadwal kerja dituntut untuk dibuat sesegera mungkin, padahal Anda harus merencanakan shift kerja pada jauh hari sebelumnya. Tujuannya, agar ada kesempatan untuk semua orang memahami jadwal yang sudah dibuat sebelum memberikan kesediaan untuk bekerja.
  • Penyusunan yang berantakan. Bentuk jadwal yang paling ditakuti karyawan adalah mendapatkan shift malam dan shift pagi pada keesokan hari, artinya mereka bekerja dua shift berturut-turut tanpa pulang ke rumah.
  • Penentuan distribusi shift yang tidak tepat. Menyesuaikan karyawan yang tepat pada setiap shift berdasarkan keahlian mereka cukup “tricky” dilakukan. Anda harus tepat sasaran dalam memilih siapa yang paling cocok untuk bekerja di siang hari, siapa yang bekerja lebih baik di malam hari.
  • Kendala teknologi. Menyusun jadwal kerja secara manual rentan kesalahan dan kesalahpahaman, sebab sulit memantau apakah ada yang namanya tertulis double atau yang jadi overtime. Belum lagi jika ada karyawan yang tidak bersedia, mengubah jadwal yang ada pasti akan lebih rumit.

Selain itu apabila terjadi kesalahan dalam menyusun jadwal kerja dapat menimbulkan dampak yang fatal bagi perusahaan, yaitu:

  • Banyak waktu efektif yang terbuang: menyusun jadwal kerja secara manual membutuhkan waktu yang cukup banyak sehingga HRD tidak bisa fokus mengerjakan pekerjaan lainnya.
  • Banyak turnover yang terjadi akibat kesalahan penyusunan jadwal kerja: Karyawan merasa tidak puas serta merasa pekerjaan terlalu overtime dan berdampak pada kesehatannya/
  • Kerugian nominal: adanya pembengkakan biaya pengeluaran perusahaan akibat tidak bisa mengatur jadwal shifting.

Appsensi Aplikasi Pembuat Jadwal Terbaik

Kehadiran teknologi aplikasi pembuat jadwal kerja adalah solusi terbaik untuk menjawab kesulitan Anda untuk mengatur jadwal kerja. Aplikasi jadwal kerja terbaik yang sangat direkomendasikan untuk Anda adalah Appsensi.

Appsensi terbukti berhasil membantu ribuan perusahaan dalam mengelola jadwal karyawan secara cepat, mudah dan akurat. Appsensi sangat membantu dalam pembuatan jadwal shifting terutama untuk industri-industri Food and Beverage. 

Appsensi memiliki fitur khusus untuk mengatur jadwal kerja karyawan mulai dari jam kerja normal hingga shifting serta terintegrasi dengan fitur absensi digital. Tidak hanya itu saja, Anda dapat memonitor serta membagi tugas secara langsung melalui fitur Task pada aplikasi dan dapat diakses melalui smartphone. Anda juga bisa melakukan perhitungan payroll karyawan secara otomatis, akurat dan tepat, karena sistem absensi dan payroll Appsensi telah terintegrasi. 

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut kemudahan-kemudahan yang disediakan oleh Appsensi? Klik link ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Appsensi. 

Author Profile

Nuritia Ramadhani

Content Manager

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments