Hero Blog HR Tips

Intip Proses Perancangan Manajemen Karir untuk Masa Depan

Maret 27, 2023

Article by Marketing Appsensi

Semua orang yang ingin sukses pasti memiliki strategi khusus. Salah satu strategi yang sering digunakan adalah membuat perencanaan karir yang akan dilakukan di masa depan. Strategi ini akan memuat apa-apa saja yang akan dilakukan oleh seseorang untuk mencapai kesuksesan dan mewujudkan tujuan hidupnya.

Perencanaan karir ini banyak—tidak hanya berlaku bagi individu saja. Perusahaan juga kerap menawarkan jenjang karir bagi karyawannya, bahkan sejak mulai interview kerja. Perencanaan karir ini kemudian lebih sering disebut dengan istilah “manajemen karir”. Seperti apa manajemen karir bekerja? Temukan jawabannya pada artikel ini.

Key Takeaways:

  • Manajemen karir adalah proses perencanaan karier yang dibuat oleh seseorang untuk mencapai karir impian di masa depan.
  • Bagi perusahaan, manajemen karir diperlukan untuk menentukan jenjang karir karyawan sebagai salah satu strategi mewujudkan tujuan perusahaan.
  • Proses perencanaan karir ini biasanya dilakukan secara bertahap mulai dari bawah dan menanjak ke posisi yang lebih tinggi dengan tanggung jawab dan bonus yang lebih besar.

Apa Itu Proses Manajemen Karir

Dilihat dari definisinya, career management atau manajemen karir adalah proses perencanaan karir yang dilakukan oleh individu atau perusahaan dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Rencana karir ini biasanya dibuat dalam bentuk organisasional dan berisi step-by-step jabatan yang bisa diraih oleh individu.

Dalam proses membentuk rencana karir, perusahaan dan individu wajib bekerja sama dengan baik serta menjalin komunikasi yang lancar. Hal ini diperlukan untuk memenuhi syarat yang diperlukan untuk bisa naik ke jenjang karir yang lebih tinggi secara berkala.

Manajemen karir memiliki manfaat yang berbeda baik bagi individu maupun bagi perusahaan. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh individu maupun perusahaan ketika membuat manajemen karir.

Manfaat Manajemen Karir Bagi Individu

Membuat perencanaan karir adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap individu. Hal ini tentu dilakukan salah satunya untuk menyiapkan diri menghadapi perubahan dunia yang sangat cepat.

Beberapa manfaat manajemen karir bagi individu adalah sebagai berikut.

1. Mengembangkan potensi diri

Bekerja sesuai passion tentu impian semua orang. Hal ini tak jarang juga menjadi tujuan sebagian orang untuk membuat manajemen karir dalam hidupnya.

Dengan adanya manajemen karir ini, setidaknya seorang individu punya panduan yang bisa menjadi motivasi untuk meningkatkan potensi diri dan mengembangkan passion yang dimiliki.

2. Menjalin relasi yang semakin luas

Semakin banyak relasi, maka semakin mudah pula menyelesaikan berbagai masalah di masa depan. Relasi akan membantu individu untuk survive di situasi-situasi menyulitkan.

Oleh karena itu, menjalin relasi menjadi salah satu tujuan penting dari manajemen karir. Semakin banyak relasi, maka akan semakin mudah untuk meningkatkan kualitas diri Anda.

3. Meningkatkan kesejahteraan hidup

Sebagai manusia tentu semua menginginkan untuk mendapatkan kesejahteraan hidup yang semakin baik setiap harinya. Hal ini bisa diwujudkan dengan cara membuat perencanaan karir yang akan dicapai di masa depan.

Semakin tinggi jabatan Anda, semakin baik kinerja Anda, maka semakin besar pula potensi untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi dan gaji yang lebih besar.

Baca juga: Kenali Definisi, Tujuan, dan Proses Perencanaan Kinerja

Manfaat Manajemen Karir Bagi Perusahaan

Selain bagi individu, mengelola manajemen karir juga memberikan manfaat yang besar bagi perusahaan. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh perusahaan.

1. Bentuk rasa tanggung jawab perusahaan terhadap karyawan

Menjamin kesejahteraan karyawan selama bekerja adalah tanggung jawab setiap perusahaan. Salah satu cara untuk menunjukkan hal tersebut adalah dengan mengusahakan pengembangan karir melalui program manajemen karir kepada setiap karyawan.

Dengan memberikan jenjang karir yang jelas, karyawan akan merasa lebih nyaman dalam bekerja dan merasa perusahaan telah bertanggung jawab terhadap kesejahteraannya.

2. Membantu karyawan menggali potensi dan skill yang dimiliki

Setiap karyawan punya potensinya masing-masing. Agar potensi ini terus berkembang dan bermanfaat bagi perusahaan, maka adanya manajemen karir sangat diperlukan.

Melalui perencanaan karir yang benar, banyak potensi karyawan yang akan muncul. Tidak jarang juga akan turut muncul inovasi-inovasi terbaik bagi perusahaan.

Baca juga: Berikut Soft Skill yang Harus Dimiliki Karyawan

3. Mendorong tercapainya tujuan perusahaan

Memiliki sumber daya manusia (SDM) yang baik adalah harta berharga bagi perusahaan. Melalui perencanaan karir yang disusun dengan tepat, perusahaan akan mendapatkan karyawan dengan kinerja yang baik. Jika sudah begitu, tujuan perusahaan akan lebih cepat tercapai.

Step-by-Step Proses Manajemen Karir Masa Depan

Step-by-Step Proses Manajemen Karir Masa Depan

Proses perencanaan karir tidak bisa instan. Diperlukan prosedur tertentu agar Anda bisa mendapatkan karir impian. Berikut adalah tahapan proses manajemen karir yang bisa Anda lakukan.

1. Menentukan tujuan karir

Step pertama adalah menentukan tujuan karir yang akan dicapai. Bisa dibilang Anda perlu membuat goals karir impian Anda.

Buatlah pula alasan kenapa Anda harus menempati karir tersebut. Hal ini penting dilakukan untuk menentukan langkah selanjutnya.

2. Merencanakan jenjang karir yang harus dilalui

Step kedua yakni merencanakan jenjang karir yang harus dilalui. Maksudnya adalah, Anda perlu membuat semacam jalur karir yang harus dilalui untuk mencapai tujuan karir impian Anda. Misalnya dari staff, ke kepala divisi, kemudian ke manager, baru ke COO.

3. Pengembangan karir masa depan

Step ketiga adalah pengembangan karir. Dalam pengembangan karir ini, Anda perlu memaksimalkan setiap potensi dalam diri Anda. Mulai dari skill, kinerja, hingga hal-hal lain yang menunjang produktivitas di perusahaan.

Semakin tinggi kualitas diri Anda, maka akan lebih mudah dalam menduduki setiap jenjang karir yang sudah direncanakan dari awal.

Baca juga: 10 Langkah-langkah Proses Rekrutmen yang Terstruktur

Kesimpulan

Manajemen karir adalah proses perencanaan karir yang dilakukan oleh perusahaan atau individu untuk mencapai tujuan karir yang dikehendaki. Proses pengelolaan karir ini akan sangat membantu karyawan dalam mencapai tujuan karir yang diimpikan serta membantu perusahaan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang dimilikinya.

Dalam menentukan manajemen karir, perusahaan bisa mewujudkannya dengan cara membuat jalur karir yang akan ditempuh oleh setiap karyawannya. Tentukan pula standar-standar khusus yang perlu dicapai karyawan untuk menduduki jabatan tersebut. Dengan begitu, kinerja karyawan akan meningkat dan akan mendukung terwujudnya tujuan perusahaan.

Lebih Mudah Mengukur Kinerja Karyawan dengan Appsensi!

Ketika menentukan manajemen karir, perusahaan perlu mengukur kinerja karyawan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melihat kehadiran karyawan tersebut. Namun hal ini sulit dilakukan jika menggunakan metode manual.

Oleh karena itu, kehadiran fitur presensi online otomatis sangat membantu para HRD dan pihak perusahaan dalam menganalisa karyawannya.

Dalam hal ini, Appsensi adalah solusi yang tepat. Dilengkapi dengan fitur presensi otomatis dengan keakuratan tinggi, Appsensi siap membantu para HRD dalam melihat keaktifan karyawannya.

Cari tahu mengenai informasi dan layanan aplikasi absensi online terbaik, Appsensi, melalui website appsensi.com.

Marketing Appsensi

HR Software Solutions

Artikel Terkait

Top Artikel

TOC Icon