Hero Blog General

4 Strategi Bayar Invoice ke Supplier Agar Tidak Didenda

Oktober 31, 2023

Article by Nuritia Ramadhani

Sebagai seorang pengusaha, bayar invoice tepat waktu menjadi kewajiban yang harus berjalan dengan baik. Namun, kita juga sering memiliki tagihan lain yang mungkin membuat pembayaran invoice online dari supplier tertunda.

Keterlambatan ini tidak hanya dapat mengancam cash flow bisnismu, tetapi juga dapat mempengaruhi hubungan jangka panjang yang telah kamu bangun dengan mitra bisnis, termasuk supplier. Oleh karena itu, menghindari denda karena keterlambatan pembayaran adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kelangsungan bisnis.

Berikut adalah 4 strategi untuk menghindari denda akibat keterlambatan pembayaran invoice online kepada supplier.

Atur Cash Flow Dengan Baik

Cobalah untuk membuat anggaran yang rinci dan alokasikan dana untuk pembayaran kepada supplier sebelum jatuh tempo. Mulailah dengan meninjau semua pemasukan dan pengeluaran yang diharapkan dalam periode tertentu, dan analisis sumber pendapatan, biaya operasional, dan kewajiban pembayaran kepada supplier.

Setelah anggaran yang rinci telah dibuat, alokasikan dana untuk pembayaran kepada supplier sebelum jatuh tempo. Artinya, ketika kamu menerima invoice online dari supplier, kamu telah memiliki dana yang siap digunakan untuk membayar tagihan.

Nego Dengan Supplier

Terkadang, keterlambatan pembayaran disebabkan oleh kurangnya komunikasi yang efektif antara kamu dengan supplier. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga komunikasi yang terbuka dengan supplier.

Jika kamu menghadapi kendala atau hambatan dalam hal pembayaran, cobalah untuk berkomunikasi dengan mereka untuk mencari solusi yang menguntungkan kedua belah pihak. Ingat, bekerja sama untuk menemukan solusi akan lebih baik daripada menunda pembayaran tanpa memberi tahu pihak yang bersangkutan.

Gunakan Aplikasi Invoice Digital

Sebagai pengusaha yang cerdas, pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi invoice yang dilengkapi dengan otomatisasi pembayaran. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan pemberitahuan yang jelas tentang jatuh tempo pembayaran, memungkinkan kamu untuk melakukan pembayaran tepat waktu.

Pilih aplikasi invoice yang menawarkan berbagai metode pembayaran, seperti transfer bank, QRIS, kartu kredit, Virtual Account, dan lainnya. Hal ini akan memudahkan kamu dalam melakukan pembayaran sesuai dengan preferensi kamu sendiri.

Bayar Supplier Dengan Kartu Kredit

Kartu kredit seringkali menawarkan fleksibilitas dalam mengatur dan memperpanjang tempo pembayaran jika dibandingkan dengan pembayaran tunai, yang terbatas pada kesepakatan antara kamu dan supplier.

Dengan kartu kredit, kamu dapat memperpanjang waktu pembayaran, biasanya antara 30 hingga 45 hari tergantung pada jenis kartu kredit yang kamu gunakan. Ini akan memberi kamu lebih banyak waktu untuk mengumpulkan dana yang diperlukan.

Itulah empat strategi untuk menghindari keterlambatan pembayaran invoice online kepada supplier. Menghindari denda pembayaran tagihan kepada supplier tidak hanya berhubungan dengan aspek keuangan, tetapi juga mencerminkan profesionalisme, integritas, dan komitmen kamu dalam menjaga hubungan bisnis yang saling menguntungkan.

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan Appsensi

Nuritia Ramadhani

Content Manager

Artikel Terkait

Business Strategy - November 17, 2023

Pentingnya Menerapkan Core Value dalam Bisnis

Top Artikel

Tulis Komentar

Nama

Email

Komentar

Artikel Terkait

Business Strategy - November 17, 2023

Pentingnya Menerapkan Core Value dalam Bisnis

TOC Icon