Hero Blog General

Bagaimana Permasalah logistik di Indonesia?

Agustus 15, 2023

Article by Carissa

Masalah logistik di Indonesia semakin menjadi perhatian masyarakat dan perusahaan yang membutuhkan untuk mendistribusikan produknya. Meski Indonesia telah menggunakan teknologi online untuk mengatur, memantau, dan membongkar, masyarakat masih menghadapi masalah logistik. Keluhan ini tentunya menjadi perhatian bagi jasa pengiriman untuk terus mengembangkan proses pengirimannya agar lebih mudah mengirimkan barang ke pelanggannya.

Tantangan logistik yang dihadapi layanan pengiriman sering berkisar pada pengiriman barang, seperti pengiriman tepat waktu, penetapan harga yang sesuai, meminimalkan kerusakan produk selama transit, dan pada akhirnya, masalah metode pengiriman. Biasanya, masalah ini dihadapi oleh pengiriman ekspedisi logistik jenis ini dari pembelian produk e-commerce. Tidak hanya itu, ada beberapa masalah logistik lainnya yang perlu dibenahi, agar bisa kita jadikan pelajaran dan segera dicarikan solusinya. 

Road Map adalah: Pengertian, Product, dan Cara Membuatnya

Key takeaways:

  • Masalah logistik di Indonesia semakin menjadi perhatian masyarakat dan perusahaan yang membutuhkan untuk mendistribusikan produknya
  • Permasalahan logistik di Indonesia di sebabkan oleh minimnya informasi dan komunikasi dan permasalahan infrastruktur
  • Beberapa permasalahan logistik yang dialami oleh pebisnis antara lain biaya pengiriman yang cukup mahal, tidak Tersedianya tracing online, pelayanan, dan minimnya informasi dan komunikasi.

Permasalahan logistik di Indonesia

Di Indonesia sendiri biaya logistik telah mencapai 23% PDB Nasional, sementara di negara maju hanya 10% dari PDB. Hal ini tentu menjadi perhatian bagi pemerintah untuk terus mengupayakan penyesuaian biaya logistik nasional. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan upaya yang menyeluruh dari perencanaan hingga implementasinya sehingga ekosistem logistik nasional bisa tumbuh dengan baik dan optimal. Hal ini diperlukan arah kebijakan yang tepat dalam pembangunan bidang transportasi laut tahun 2020-2024 untuk mendukung konektivitas maritim nasional seperti, peningkatan konektivitas sarana dan prasarana, pengembangan pelabuhan hub internasional, regulasi, teknologi informasi, dan berkolaborasi dengan kementerian lain.

Namun sebenarnya apa saja masalah logistik di Indonesia yang sering dihadapi oleh perusahaan? 

Minimnya Informasi dan Komunikasi

Beberapa perusahaan logistik pasti pernah mengalami hambatan dalam hal informasi dan komunikasi. Maksudnya adalah, sebagian perusahaan masih menggunakan sistem manual atau paper based system.

Menjadikan permasalahan seperti barang yang dikirimkan mengalami hambatan yang semestinya diketahui oleh penerima atau pengirimnya.

Namun karena perusahaan tersebut memiliki keterbatasan jangkauan terhadap konsumen maka informasi tersebut jadi tidak sampai, sehingga menimbulkan permasalahan baru yang seharusnya dapat diselesaikan dengan hanya sekejap saja.

Permasalahan seperti inilah yang membuat perusahaan logistik terkadang dianggap buruk di mata masyarakat sehingga menjadikan konsumen tidak mempercayainya lagi.

Permasalahan Infrastruktur 

Kasus lain yakni tentang permasalahan infrastruktur, bahwasannya permasalahan ini adalah yang paling berat di Indonesia jika dibandingkan dengan negara lain.

Permasalahan infrastruktur tersebut terbagi menjadi beberapa aspek, diantaranya mengenai pelabuhan di Indonesia dan prasarana jalan.

Infrastruktur pelabuhan

Kasus utama dalam permasalahan pelabuhan adalah, belum tersedianya pelabuhan hub internasional di Indonesia. Bahwasannya peningkatan perdagangan secara global terus meningkat kedepannya sehingga harus diantisipasi dengan baik.

Infrastruktur prasarana jalan

Pendistribusian barang akan terhambat jika kondisi jalan atau kedisiplinan pengendara masih belum terselesaikan. Contoh dari kasus ini adalah lintas ekonomi Jawa dan Sumatera yang membutuhkan perbaikan pada jalur utama perekonomian sehingga kegiatan distribusi barang lebih efektif.

Permasalahan Logistik yang Dihadapi oleh Pebisnis

Terdapat beberapa permasalahan logistik yang cukup umum terjadi di Indonesia yang dihadapi oleh pebisnis. Beberapa diantaranya: 

Biaya pengiriman yang cukup mahal

Permasalahan kali ini seringkali dirasakan oleh konsumen yang menggunakan jasa pengiriman barang antar pulau. Luasnya kepulauan di Indonesia menjadi penyebab mahalnya pendistribusian barang. Seperti yang diketahui, bahwasannya pendistribusian barang antar pulau harus menggunakan alat transportasi laut, yakni kapal. 

Tidak Tersedianya tracing online (Cek resi Online)

Sebagai konsumen dari jasa pengiriman barang, pastinya Anda ingin mendapatkan pengalaman yang baik dari perusahaan penyedia jasa tersebut. Salah satu cara yang dapat memuaskan hati konsumen yakni dengan diperlihatkan posisi barang kiriman secara real time dan berkala.

Pelayanan

Pelayanan yang disediakan oleh perusahaan atau organisasi pengiriman jasa logistik seringkali belum memenuhi standar atau SOP yang sudah ditentukan, seperti

  • Kurir ekspedisi yang tidak memakai sepatu dan baju yang rapi
  • Sering terlambat dalam proses delivery
  • Pelayanan customer service kurang sopan

Minimnya informasi dan komunikasi

Beberapa perusahaan logistik pasti pernah mengalami hambatan atau kesulitan dalam hal informasi dan komunikasi. sebagian perusahaan masih menggunakan sistem manual atau paper based system. Permasalahan seperti barang yang dikirimkan mengalami hambatan atau keterlambatan yang semestinya diketahui oleh penerima atau pengirimnya. Namun karena perusahaan tersebut memiliki keterbatasan jangkauan terhadap konsumen maka informasi tersebut jadi tidak sampai.

Solusi Permasalahan Logistik di Indonesia

Jika Anda sudah memahami apa saja contoh masalah logistik di Indonesia, sekarang saatnya mengetahui apa saja solusinya.

Pengelolaan Armada yang Terorganisir

Armada merupakan transportasi penting yang dapat mendukung kegiatan pendistribusian barang, maka dari itu sebagai perusahaan logistik yang memenuhi standar, Anda harus memperhatikan armada dalam kondisi baik. Selain itu, pastikan untuk memaksimalkan keberadaan armada, sehingga ketika perusahaan mengirimkan barang, tidak ada kekosongan muatan yang dapat merugikan biaya operasional perusahaan.

Gunakan Asuransi

Sebagai perusahaan yang baik, sebaiknya mengedukasi konsumennya dengan menghimbau untuk menggunakan asuransi. Terutama jika konsumen sering menggunakan jasa pengiriman dengan bobot atau jumlah yang banyak, sehingga ketika ada kejadian barang rusak atau hilang, tidak menimbulkan kerugian antara kedua belah pihak.

Transparansi Biaya

Ongkos kirim yang mahal menjadi pertimbangan konsumen terhadap perusahaan jasa pengiriman. Jika perusahaan Anda tidak ingin dianggap sebagai jasa yang mahal, maka berikanlah informasi terkait pendistribusian barang. Salah satunya dengan transparansi biaya, tidak perlu terlalu transparan hanya saja tunjukan fasilitas apa yang menjadi utama dari perusahaan Anda.

Gunakan Teknologi Logistik

Jika perusahaan Anda ingin mendapatkan kepercayaan oleh banyak konsumen, maka segeralah untuk menggunakan alat dan teknologi khusus perusahaan logistik. Salah satu teknologi logistik tersebut adalah GPS tracker, alat pelacakan yang menggunakan teknologi AVL (Automated Vehicle Locator) sehingga dapat mengetahui posisi barang yang sedang dikirim. Bukan hanya itu saja, GPS tracker kini telah terintegrasi dengan alat seperti TMS (Transportation Management System) yang memberikan berbagai fitur untuk mempermudah kegiatan operasional seperti meningkatkan layanan konsumen, meningkatkan efisien warehouse dan meningkatkan pendistribusian barang.

Demikian pembahasan tentang permasalahan logistik di Indonesia. Gunakan referensi dari artikel ini dan sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.Berbicara mengenai kebutuhan, Appsensi hadir untuk memenuhi kebutuhan perusahaan Anda akan platform absensi online berbasis mobile yang mendukung kebutuhan perusahaan, pemerintahan, dan UMKM. Appsensi memberikan solusi untuk pencatatan kehadiran, penjadwalan karyawan, dan penarikan laporan secara real-time.

Tertarik untuk mencoba menggunakan Appsensi? Atau Anda mempunyai pertanyaan seputar layanan Appsensi? jangan ragu untuk hubungi kami atau klik link ini untuk coba gratis selama 30 hari.

Carissa

Carrisa merupakan Marketing Communication Appsensi dengan pengalaman 4 tahun serta memiliki minat pada industri IT dan tech.

Artikel Terkait

Top Artikel

Tulis Komentar

Nama

Email

Komentar

TOC Icon