Hero Blog Absensi Online

5 Hal Yang Perlu Diketahui Mengenai Mesin Absensi Online

Januari 19, 2023

Article by Nuritia Ramadhani

Perusahaan saat ini telah banyak menggunakan mesin absensi online sebagai alat untuk monitoring kehadiran karyawan. Ada berbagai macam bentuk untuk absensi karyawan, namun yang paling populer saat ini adalah mesin absensi online.

Mesin absensi online adalah solusi terbaik untuk perusahaan untuk merekam data kehadiran karyawan, terutama pada saat pandemi. Dengan menggunakan smartphone, karyawan jadi lebih cepat untuk melakukan absensi dan mempermudah pekerjaan HRD jadi lebih efektif. 

Memilih mesin absensi online diperlukan beberapa ketelitian agar perusahaan Anda tidak rugi. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih mesin absensi online terbaik untuk perusahaan Anda, yaitu:

Penyimpanan data berbasis cloud

Data perusahaan yang berisi daftar nama dan jabatan karyawan di perusahaan adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh HRD. Untuk itu diperlukan sebuah sistem keamanan khusus agar data tidak bocor. Penyimpanan berbasis cloud lebih direkomendasikan karena memiliki sistem keamanan berlapis dan selalu update.

User-friendly dan mudah digunakan 

Salah satu point utama dari absensi online adalah tampilan interface yang user-friendly dan mudah digunakan. Mesin absensi harus memiliki tampilan yang mudah dipahami dan tidak sulit digunakan mengingat yang akan menggunakan mesin absensi online ada dari berbagai jenis golongan pekerja. Selain itu, absensi online pun haruslah ringan untuk diunduh ke smartphone karyawan agar lebih nyaman digunakan secara mobile. 

Terintegrasi dengan sistem payroll

Perhitungan payroll karyawan akan berpengaruh pada data absensi karyawan. Untuk itu diperlukan mesin absensi online yang terintegrasi secara khusus dengan sistem payroll guna memudahkan HRD dalam menghitung payroll karyawan secara lebih akurat dan tepat. 

Terdapat fitur live tracking 

Salah satu kekhawatiran HRD apabila karyawannya bekerja diluar kota, remote work ataupun dinas kerja adalah “Apakah karyawan ini benar-benar sedang bekerja diluar ataukah justru liburan?”

Untuk itu salah satu fitur penting yang harus ada dalam mesin absensi online adalah fitur live tracking. Fitur ini akan membantu HRD untuk mengetahui posisi karyawan secara real-time. Fitur ini sangat cocok digunakan oleh karyawan yang bekerja di lapangan seperti sales ataupun pekerja proyek. 

Adanya fitur-fitur anti kecurangan karyawan

Tidak dapat dipungki terkadang ada saja karyawan yang “jahil” dan menggunakan berbagai trik agar bisa tetap terdata absen di kantor walaupun secara fisik tidak di kantor. Untuk itu, HRD perlu melakukan trick khusus agar terhindar dari kecurangan karyawan, salah satunya adalah dengan absensi online. Saat ini absensi online memiliki beberapa fitur yang tidak dapat dipalsukan oleh karyawan, misalnya fitur face-recognition, fitur GPS Based dan fitur-fitur lainnya. Fitur yang biasanya digunakan dan terhindar dari kecurangan adalah fitur face-recognition, sehingga HRD perlu mempertimbangkan apakah mesin absensi tersebut memiliki fiturnya atau tidak. 

Harga terjangkau 

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah harga dari absensi online. Seperti yang diketahui biaya operasional perusahaan yang masih menggunakan absensi manual sangatlah membengkak serta membutuhkan biaya perawatan yang cukup mahal untuk mesin-mesin absensi seperti mesin fingerprint. Tentunya hal ini akan sangat merugikan perusahaan. Maka dari itu, menggunakan absensi online yang lebih hemat biaya operasional dan harga terjangkau adalah solusi terbaik untuk perusahaan. 

Mesin Absensi Online Terbaik Saat ini 

Apabila Anda bingung memilih aplikasi terbaik saat ini, maka Appsensi adalah rekomendasi terbaik untuk Anda. Appsensi telah digunakan oleh berbagai industri dan bisnis dengan berbagai fitur-fitur menarik. .

Fitur-fitur yang dibutuhkan sebagai aplikasi HRIS tersedia pada Appsensi. Mulai dari monitor kehadiran karyawan hingga penghitungan gaji serta tunjangan karyawan telah tersedia pada fitur-fitur Appsensi.

Mulai dari Fitur Absensi Online, Fitur Payroll, Earned Wage Access (EWA), Live-Tracking, Manajemen Shifting, Pengajuan Cuti dan Lembur, Perhitungan Pajak PPh21 terbaru hingga klaim cuti atau klaim reimburse dan lain sebagainya.

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut kemudahan-kemudahan yang disediakan oleh Appsensi? Klik link ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Appsensi. 

Nuritia Ramadhani

Content Manager

Artikel Terkait

Top Artikel

Tulis Komentar

Nama

Email

Komentar

TOC Icon