5 Kekurangan Aplikasi Absen Manual, HR Perlu Tahu!

Januari 25, 2023

Walaupun tidak banyak, namun masih ada beberapa perusahaan yang masih menggunakan aplikasi absen manual dikarenakan tidak ingin dicurangi atau dimanipulasi. Padahal faktanya, karyawan masih bisa mencurangi aplikasi absen manual. 

Umumnya perusahaan yang masih menggunakan aplikasi absen manual masih menganggap bahwa aplikasi absen manual adalah cara efektif untuk memonitor absensi kehadiran karyawan dan harganya lebih murah. Faktanya aplikasi absen manual justru lebih boros biaya serta bukanlah cara yang efektif untuk absensi karyawan.

aplikasi absensi manual

Key Takeaways

Dalam artikel ini Anda akan mengetahui alasan utama untuk beralih menggunakan aplikasi absensi manual kepada aplikasi absensi online yaitu:

  • Tidak Ramah Lingkungan
  • Boros Waktu dan Biaya
  • Perhitungan Rekap Absensi Tidak Akurat
  • Proses Perhitungan Gaji Yang Tidak Akurat
  • Rawan Kecurangan

Saat ini beberapa perusahaan, baik perusahaan nasional dan internasional, sudah beralih dari absensi manual dengan menggunakan software absensi atau sistem absensi. Terdapat beberapa alasan yang mengapa perusahaan tersebut memilih untuk beralih dan tidak lagi menggunakan aplikasi absen manual, yaitu:

  1. Tidak Ramah Lingkungan 

Kebanyakan perusahaan yang menggunakan sistem absensi manual akan menggunakan kertas absensi untuk mencatat waktu kehadiran karyawan. Setelah kertas terisi penuh, baik dalam hitungan mingguan ataupun bulanan, HRD baru akan merekapnya dan mencetak lembar yang baru. Tentunya hal ini sangat tidak ramah lingkungan karena HRD perlu mencetak berlembar-lembar kartu absensi untuk karyawan tiap minggunya. 

  1. Boros Waktu Dan Biaya

Mencetak kertas dalam jumlah banyak ataupun menggunakan mesin fingerprint sangatlah memakan biaya dan boros waktu. Mesin fingerprint seringkali mengalami kendala seperti sulit membaca sidik jari dan waktu untuk verifikasi yang cukup lama. Belum lagi, biaya operasionalnya cukup tinggi untuk perawatannya. Selain itu sistem rekapan absensi manual pun memakan banyak waktu yang cukup lama bagi HRD. 

  1. Perhitungan Rekap Absensi Tidak Akurat

Salah satu kendala yang akan dialami oleh HR yang masih menggunakan mesin absensi manual adalah perekapan absensi karyawan yang memakan waktu lama serta rawan kesalahan rekap absensi. Belum lagi HRD perlu menyimpan berkas-berkas dalam jumlah banyak serta memakan banyak tempat. Tentunya hal ini tidak efektif bagi HRD dalam menyimpan dokumen serta mengolah dokumen. 

  1. Proses Perhitungan Gaji Lebih Lama

Fungsi utama dari melakukan rekapan absensi adalah untuk mempermudah perhitungan payroll karyawan berdasarkan absensi kehadirannya. Namun bagaimana kalau HRD masih menggunakan absensi manual dan perhitungan payroll pun masih manual? Tentunya akan memakan banyak waktu dan tenaga serta sangat rawan kecurangan ataupun salah hitung. Beberapa kasus HRD salah menghitung gaji karyawan atau salah melakukan transfer gaji sudah cukup sering terjadi dan hal ini terjadi akibat perusahaan tidak menggunakan fitur payroll online dan absensi online. 

  1. Rawan Kecurangan

Kata siapa karyawan tidak bisa mencurangi mesin absensi manual? Karyawan justru bisa dengan mudah mencurangi mesin absensi manual dengan berbagai macam cara. Misalnya dengan memalsukan tanda tangan, menitipkan kertas absensi kepada karyawan yang datang lebih dulu ke kantor atau mengubah settingan waktu pada mesin fingerprint agar tidak terhitung terlambat. 

Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda juga beralih menggunakan aplikasi absensi online. Saat ini sudah banyak aplikasi absensi online yang dapat memudahkan kinerja HRD menjadi lebih efisien dan lebih hemat waktu. Berbagai fitur-fitur yang ditawarkan oleh sistem aplikasi absensi online dapat menunjang kinerja karyawan serta HRD. 

Salah satu pilihan untuk aplikasi absensi online yang direkomendasikan saat ini adalah Appsensi. Aplikasi Appsensi memiliki berbagai fitur yang sangat bermanfaat untuk kebutuhan absensi perusahaan. Appsensi sudah dilengkapi dengan fitur Geotagging dan Cloud yang dapat mengamankan data serta tidak mudah untuk dimanipulasi oleh karyawan. 

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda ingin mencoba aplikasi absensi dari Appsensi? Apabila iya, Anda bisa mengetahui lebih tahu mengenai fitur-fitur serta testimonial aplikasi ini dengan mengunjungi website resmi Appsensi. 

Mulai dari Fitur Absensi Online, Fitur Payroll, Earned Wage Access (EWA), Live-Tracking, Manajemen Shifting, Pengajuan Cuti dan Lembur, Perhitungan Pajak PPh21 terbaru hingga klaim cuti atau klaim reimburse dan lain sebagainya.

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut kemudahan-kemudahan yang disediakan oleh Appsensi? Klik link ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Appsensi. 

Author Profile

Nuritia Ramadhani

Content Manager

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments