Interview Promosi Jabatan: Jenis Pertanyaan dan Tips Interview

Oktober 13, 2022

Mendapatkan tawaran promosi jabatan adalah hal yang sangat diimpikan oleh setiap karyawan. Sebelum menerima promosi jabatan, umumnya terdapat beberapa tahapan yang perlu dilalui oleh karyawan seperti adanya tes hingga interview. 

 interview promosi jabatan

Agar Anda sukses mendapatkan promosi jabatan yang diimpikan, Anda perlu tahu tips-tips untuk lolos tahap interview. Mari simak tipsnya di artikel berikut ini.

Key Take Points

  • Interview promosi jabatan adalah interview yang berbeda untuk pegawai baru yang ingin masuk ke perusahaan.
  • Terdapat lima jenis pertanyaan yang biasa ditanyakan dalam interview promosi jabatan
  • Sebelum melakukan interview promosi jabatan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar interview berjalan lancar.
  • HRD memerlukan banyak waktu dan tenaga untuk memilih kandidat yang pantas mendapatkan promosi jabatan

Bedanya Interview Promosi Jabatan dengan Interview Rekrutmen

Interview promosi jabatan adalah interview yang berbeda untuk pegawai baru yang ingin masuk ke perusahaan. Sehingga Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik agar HRD dan Perusahaan menginginkan Anda untuk posisi yang dijanjikan. Mengutip dari The Balance Careers, interview promosi jabatan diberikan kepada pegawai yang ingin menduduki jabatan lebih tinggi dan juga untuk jabatan baru.

Selain itu yang membedakan interview rekrutmen dan interview promosi jabatan adalah mekanisme interview dan juga kesan pertama yang tidak lagi berlaku untuk pihak yang akan melakukan interview. Namun keduanya tetaplah sama menantangnya sehingga memerlukan persiapan yang matang. 

Jenis Pertanyaan Interview Promosi Jabatan

Interview promosi jabatan umumnya memiliki pertanyaan yang hampir mirip dengan interview rekrutmen. Namun bukan berarti Anda bisa meremehkan pertanyaan yang akan diajukan. Karena jawaban yang Anda berikan nantinya akan sangat berpengaruh pada pengambilan keputusan untuk memberikan promosi jabatan atau tidak.

Untuk mempersiapkan diri Anda, ada baiknya Anda berlatih interview dengan beberapa jenis pertanyaan yang akan diajukan ketika interview promosi jabatan berlangsung. Berikut ini 5 jenis pertanyaannya:

Pertanyaan Wawancara Umum

Pertanyaan wawancara umum biasanya akan diajukan pada awal pembuka interview. Hal ini dimaksudkan agar HRD dapat mengetahui profil diri dan alasan Anda memilih posisi yang Anda inginkan. Walaupun HRD ataupun pewawancara sudah mengenal siapa Anda, namun Anda tetap harus meyakinkannya agar Anda bisa diterima di posisi tersebut. 

Contoh pertanyaan umum yaitu:

  • Silahkan ceritakan tentang dirimu?
  • Mengapa kami harus memilih Anda untuk posisi ini?
  • Boleh sebutkan apa saja kekuatan terbesar Anda?
  • Prestasi apa yang paling Anda banggakan?
  • Bagaimana Anda melihat diri Anda dalam lima tahun kedepan?

Pertanyaan Tentang Pekerjaan Saat Ini 

Pada interview promosi jabatan, umumnya Anda akan diberikan pertanyaan mengenai pekerjaan Anda saat ini. Saat menjawab pertanyaan ini, usahakan Anda tidak mengkritik ataupun menjelekkan pekerjaan yang anda lakukan. Fokuslah pada pekerjaan baru dan bagaimana pekerjaan tersebut sejalan dengan keahlian yang Anda miliki. Berilah penekanan pada nilai yang dapat diberikan dari pekerjaan tersebut. 

Contoh pertanyaan umum tentang pekerjaan Anda saat ini mungkin termasuk:

  • Mengapa Anda ingin meninggalkan pekerjaan Anda saat ini?
  • Mengapa Anda ingin dipromosikan?
  • Apakah atasan Anda tahu bahwa Anda telah melamar pekerjaan ini?
  • Apakah manajer Anda akan merekomendasikan Anda untuk posisi ini?
  • Menurut Anda, bagaimana deskripsi rekan satu tim dan mengenai Anda dan pekerjaan Anda?

Pertanyaan Tentang Pekerjaan Baru

HRD umumnya akan mempertanyakan pengetahuan Anda mengenai posisi atau pekerjaan yang Anda lamar. Anda harus memastikan untuk memberikan jawaban yang jelas dengan sangat baik agar HRD menjadi lebih yakin untuk memberikan Anda posisi yang Anda inginkan. 

Contoh pertanyaan untuk pekerjaan baru yaitu:

  • Bisakah Anda jelaskan pada saya mengenai yang Anda ketahui tentang posisi yang Anda pertimbangkan?
  • Apa yang Anda ketahui mengenai departemen kami?
  • Mengapa kami harus mempertimbangkan Anda untuk posisi ini?
  • Mengapa Anda menginginkan pekerjaan ini?
  • Jenis tantangan apa yang Anda cari dalam peran baru ini?
  • Apabila Anda diberikan tugas yang belum pernah dikerjakan, bagaimana cara Anda menjalankannya?

Pertanyaan Transisi

Pertanyaan model ini bertujuan untuk mengetahui cara Anda menangani transisi dari pekerjaan lama Anda ke pekerjaan yang baru. Anda perlu menjelaskan dengan cara yang mudah ketika mengalami masa transisi untuk diri anda, atasan saat ini dan juga atasan baru. 

Contoh pertanyaan transisi adalah:

  • Apakah manajer atau atasan Anda tahu bahwa ada melamar ke posisi ini?
  • Pelatihan apa saja yang Anda perlukan untuk berhasil dalam posisi ini?
  • Bagaimana cara Anda menangani transisi ke pekerjaan baru Anda?
  • Apabila Anda tidak mendapatkan pekerjaan ini, apa yang akan Anda lakukan?

Pertanyaan Tentang Perusahaan 

Pertanyaan tentang perusahaan umumnya ditanyakan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa tahu Anda tentang kinerja dan sistem organisasi dari perusahaan saat ini. Untuk itu, Anda perlu memamerkan pengetahuan Anda dengan menjelaskan mengenai tata cara kerja internal perusahaan, para pesaing dan inisiatif terbaru untuk menghadapi pesaing. 

Contoh pertanyaan perusahaan yaitu:

  • Bagaimana Anda melihat perusahaan ini berubah setelah Anda bekerja disini?
  • Apakah ada saran untuk membantu pengembangan perusahaan kedepannya?
  • Menurut Anda, apakah yang seharusnya menjadi prioritas utama perusahaan pada tahun mendatang? 
  • Apa yang membuat perusahaan ini menonjol dari para pesaingnya?
  • Apa strategi dan harapan Anda untuk 3-6 bulan pertama setelah menduduki jabatan ini?

Tips Interview Promosi Jabatan

Apabila Anda sudah menyiapkan jawaban terbaik untuk interview promosi jabatan, ada baiknya Anda juga melakukan beberapa hal berikut ini agar interview Anda berjalan dengan lancar, yaitu:

  1. Bicarakan dengan atasan Anda

Sebelum melakukan interview promosi jabatan, ada baiknya Anda berbicara dengan atasan Anda bahwa Anda menginginkan promosi jabatan. Dengan melakukan pembicaraan dengan atasan maka akan memudahkan Anda untuk menyampaikan niat kepada HRD karena telah mengetahui tujuan mendapatkan promosi jabatan serta rencana karir kedepannya. 

  1. Riset mengenai posisi yang Anda incar

Lakukan riset mengenai posisi yang Anda inginkan sebelum interview promosi jabatan. Dengan meneliti segala aspek yang diperlukan dari jabatan tersebut, Anda bisa mempersiapkan diri dengan lebih matang dan dapat dilirik oleh HRD. Anda bisa bertanya kepada atasan Anda mengenai tanggung jawab, tantang serta pencapaian yang mereka dapatkan agar dapat lebih memahami apa yang Anda harapkan ketika menempati posisi tersebut. 

  1. Buatlah daftar skill yang Anda miliki

Anda pastinya akan ditanyakan mengenai skill yang Anda miliki ketika interview promosi jabatan berlangsung. Hal ini disebabkan HRD ingin mengetahui kualifikasi yang Anda miliki apakah cocok untuk posisi yang Anda incar atau tidak. Untuk itu, ada baiknya Anda membuat daftar skill, kekuatan serta kelemahan Anda secara rapi. Ini bisa menjadi kekuatan saat interview dan membuat Anda lebih menonjol dibandingkan kandidat lainnya.

  1. Belatih interview 

Practice makes perfect. Setelah mengetahui jenis-jenis pertanyaan yang biasa diajukan pada interview promosi jabatan, ada baiknya Anda berlatih interview dengan teman ataupun keluarga Anda. Persiapkan diri untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tidak terduga dan siapkan jawaban yang profesional. 

  1. Tetap bersikap profesional

Interview promosi jabatan biasanya dilakukan oleh karyawan internal perusahaan, bisa jadi orang tersebut adalah HRD ataupun atasan Anda sendiri. Walaupun begitu, Anda tetap harus bersikap profesional saat proses interview berlangsung. Hindari terlalu banyak senda gurau saat interview ataupun terlihat terlalu santai ketika interview berlangsung. Pastikan pewawancara Anda mengetahui bagaimana antusiasme Anda untuk mendapatkan posisi tersebut dari cara bersikap dan berbicara Anda selama interview berlangsung.

  1. Persiapkan diri untuk menyikapi hasil interview

Tips terakhir adalh mempersiapkan diri untuk menyikapi hasil interview. Anda harus mempersiapkan diri untuk menyikapi apapun hasil yang akan keluar setelah interview. Apabila Anda mendapatkan promosi tersebut, Anda akan meninggalkan rekan kerja setra atasan Anda. Anda tetap harus memperlakukan mereka dengan rasa hormat seperti saat bekerja dengan mereka. Namun apabila anda tidak mendapatkan pekerjaan itu, tinggalkan perasaan negatif dan berlapang dadalah pada hasilnya. Anda tetap harus bersikap profesional dan mempersiapkan diri untuk kesempatan promosi berikutnya.

Tips HRD Memilih Kandidat Untuk Promosi Jabatan

Dalam memilih kandidat yang cocok untuk mendapatkan kesempatan promosi jabatan memerlukan peranan penting dari HRD. Hal ini dikarenakan HRD memegang seluruh data karyawan serta memiliki track record kinerja setiap karyawan. 

Untuk memilih kandidat yang cocok, HRD perlu melakukan evaluasi pada laporan absensi dan laporan kinerja karyawan serta melakukan riset mengenai bagaimana sikap dan cara kerja calon kandidat yang dipilih. Sehingga dalam prosesnya tentunya dibutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk melakukan analisa pada laporan-laporan tersebut, terutama bagi perusahaan yang masih menggunakan sistem absensi serta laporan kerja secara manual. 

Untungnya saat ini sudah tersedia aplikasi yang dapat membantu kinerja HRD dalam melakukan manajemen karyawan, mulai dari absensi kehadiran, payroll hingga laporan kinerja karyawan. Aplikasi yang paling direkomendasikan saat ini oleh berbagai industri dan bisnis yaitu Appsensi. 

Appsensi adalah aplikasi absensi online dan payroll karyawan yang dapat membantu HRD untuk melakukan manajemen karyawan mulai dari absensi hingga payroll. Hanya dalam satu dashboard, HRD dapat memonitor absensi karyawan secara online dan real-time hingga menghitung gaji karyawan secara mudah, tepat dan akurat. HRD akan dimudahkan untuk membuat laporan kinerja karyawan kapanpun dibutuhkan.

Tidak hanya itu, Appsensi pun memiliki banyak fitur yang dapat digunakan oleh karyawan secara mobile untuk melakukan absensi, mengecek payslip, melaporkan hasil kerja, pengajuan cuti, reimburse, klaim dan lain sebagainya. 

Anda tertarik dengan fitur-fitur lainnya dari Appsensi? Klik di sini untuk pelajari lebih lanjut mengenai kemudahan kelola Absensi online secara otomatis.   

Author Profile

Nuritia Ramadhani

Content Manager

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments