Hero Blog General

Apa itu Cash Advance?

Agustus 12, 2023

Article by Carissa

Dalam bidang keuangan bisnis, orang mengenal cash advance adalah istilah yang digunakan untuk menyebut cara mendapatkan uang tunai melalui penggunaan kartu kredit yang ditawarkan dari bank. Umumnya cash advance dimanfaatkan oleh para pemilik bisnis untuk mencari tambahan dana saat kondisi keuangan bisnisnya sedang menurun. 

Key takeaways: 

  • Cash advance adalah pinjaman kartu kredit dalam jangka pendek berupa penarikan uang tunai.
  • Ketentuan biaya cash advance biaya layanan, biaya transaksi penarikan, dan biaya bunga
  • Keuntungan menggunakan cash advance adalah cash advance bisa sangat membantu Anda dalam kondisi darurat atau mendesak membutuhkan uang tunai
  • kekurangan menggunakan cash advance adalah biaya yang dibebankan relatif lebih besar dan masa pembayaran atau tenornya singkat.

Pengertian Cash Advance 

Cash advance adalah pinjaman kartu kredit dalam jangka pendek berupa penarikan uang tunai. Jadi kartu kredit memang tidak hanya bisa digunakan untuk pembayaran barang-barang tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk penarikan uang tunai. 

Akan tetapi, salah satu hal yang perlu Anda ketahui dari cash advance adalah limit atau batas penarikan uang tunai tergantung pada limit kartu kredit Anda. Dengan kata lain, Anda tidak dapat menarik uang tunai melebihi limit kartu kredit tersebut. Biasanya, jumlah maksimal limit kartu kredit beberapa bank untuk penarikan cash advance adalah sebesar 30% saja. Maka dari itu, Anda tidak dapat menarik uang secara berlebihan karena adanya sistem penawaran ini.

Lain daripada itu, harus Anda pahami bahwa bunga atau biaya cash advance adalah lebih tinggi dibanding bentuk pinjaman lainnya, hal itu juga biasa disebut dengan cash advance fee.

Ketentuan Biaya Cash Advance

Berdasarkan pengertian di atas, biaya cash advance adalah salah satu hal yang menjadi pertimbangan Anda ketika ingin melakukan pinjaman menggunakan sistem ini. Berikut beberapa ketentuan biaya cash advance:

Biaya layanan 

Biaya cash advance adalah biaya yang dikenakan pada penarikan uang tunai dengan sistem ini. Biaya pertama dari cash advance adalah biaya layanan, yaitu biaya tetap yang ditentukan oleh bank, dengan besarnya mulai dari Rp50.000 hingga Rp150.000.

Namun, ada juga bank yang membebankan biaya pelayanan sesuai jumlah tarikan uang. Biasanya, potongan biaya tersebut mulai dari 3% sampai 5% dari jumlah tarikan uang dan umumnya tidak melebihi Rp150.000.

Biaya transaksi penarikan 

Sama halnya dengan transaksi keuangan yang menggunakan mesin ATM, cash advance juga memberlakukan biaya transaksi penarikan. Biaya transaksi penarikan cash advance adalah ditentukan berdasarkan bank dan jenis kartu yang Anda pakai.

Biaya bunga

Biaya terakhir dari cash advance adalah biaya bunga saat Anda membayarkan uang tunai ini. Umumnya besaran bunga yang dibebankan dari penarikan cash advance adalah lebih besar dibanding ketika membeli barang menggunakan kartu kredit.

Apa saja keuntungan dan kekurangan dari cash advance? 

Untuk menjadi bahan pertimbangan Anda dalam menarik uang tunai menggunakan cash advance, terdapat beberapa keuntungan dan kekurangan dari sistem tersebut, antara lain:

Keuntungan cash advance

Sesuai dengan penjelasan di atas, cash advance bisa memungkinkan Anda mendapatkan uang tunai dengan mudah dan cepat. Cash advance bisa sangat membantu Anda dalam kondisi darurat atau mendesak membutuhkan uang tunai. Selain itu, jumlah penarikan uang juga tidak terlalu banyak, sehingga Anda dapat membayarnya pada jangka waktu yang singkat.

Kekurangan cash advance 

Beberapa hal yang menjadi kekurangan dalam cash advance adalah biaya yang dibebankan relatif lebih besar dan masa pembayaran atau tenornya singkat, jadi para penggunanya harus memastikan benar bahwa kondisi keuangannya memadai untuk melakukan pembayaran.

Appsensi Solusi Lengkap Pengelolaan Karyawan bagi Perusahaan

Untuk memastikan pengelolaan karyawan Anda terlihat profesional di mata perusahaan mitra, Anda membutuhkan sistem pengelolaan karyawan yang canggih dan mudah digunakan. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan Appsensi.

Dengan Appsensi, Anda bisa lebih percaya diri menjalin kerja sama dengan perusahaan lain karena pengelolaan karyawan Anda berada pada level terbaik. Appsensi menyediakan fitur-fitur yang memudahkan Anda dalam mengelola kehadiran, gaji, cuti, lembur, dan masih banyak lagi. Silakan kunjungi link ini untuk informasi selengkapnya. Bersiaplah untuk mengoptimalkan pengelolaan karyawan Anda dengan cara yang efisien dan profesional.

Carissa

Marketing Communications

Artikel Terkait

Top Artikel

Tulis Komentar

Nama

Email

Komentar

Artikel Terkait

TOC Icon